silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
–
NAMA : Sumarlin Ningsih
NIM : 858868781
Prodi : PG-PAUD
Melatih sikap taat aturan kepada anak memanglah perlu waktu. anak selalu dibiasakan untuk selalu menaati peraturan karena ini demi kebaikan bersama.
anak harus diberi contoh sebab akibat jika melanggar sebuah peraturan. maka anak akan mengerti mengapa peraturan itu perlu diterapkan.
pendidik harus membuat kesepakatan apabila ada anak yang melanggar aturan.
Nama : Binti Fatikhatus Saadah
NIM : 858869809
menurut saya hal yang di lakukan guru dalam video diatas sangatlah bagus, yaitu guru memberi contoh secara langsung bagaimana menaati peraturan yang ada dan konsekuensi bagi yang tidak mentaati peraturan tersebu melalui kegiatan perlombaan. sehingga dengan melibatkan anak-anak secara langsung itu akan membantu mereka untuk belajar dan memahami aturan-aturan yang ada.
untuk masalah yang muncul di sekolah saya biasanya anak-anak ketika mengikuti lomba pada ronde pertama mereka akan mengikuti arahan dan aturan dari guru, namun pada ronde ke dua dan ronde ke tiga terkadang anak-anak mulai tidak memperhatikan lagi aturan yang telah bu guru buat. nah untuk mengatasinya biasanya guru akan melakukan pembacaan ulang peraturan dan konsekuensi yang melanggar aturan tersebut. dari pembacaan ulang peraturan tersebut anak-anak berusaha untuk tidak melanggarnya.
Nama : RISKINA INDAH NURLAILI
NIM : 858830659
Prodi : S1 PGPAUD AKPMM
Menanggapi video diatas bahwa menerapkan aturan didalam kelas / sekolah tidaklah mudah dan langsung bisa ditaati oleh anak. Karena setiap anak memiliki latar belakang yang berbeda dan setiap anak juga memiliki kebiasaan dalam keluarga yang berbeda. Oleh karena itu, guru PAUD harus memiliki strategi agar anak dapat mengikuti peraturan yang ada didalam kelas, salah satunya yaitu dengan mengadakan lomba. Sebelum anak diajak untuk melakukan kegiatan, guru menyebutkan beberapa peraturan yang harus ditaati oleh anak. Guru menyebutkan tata cara bermain, memberi contoh, menyebutkan konsekuensi apa yang diperoleh anak jika ia tidak mentaati aturan, dan hadiah apa yang akan ia dapat ketika ia bisa bermain dengan tertib sesuai aturan. Kemudian anak akan berusaha mengendalikan diri serta emosi supaya ia bisa mendapatkan hadiah tersebut. Dengan demikian anak akan mulai belajar dan terbiasa mentaati aturan aturan yang diberikan oleh guru di sekolah dan juga bisa diterapkan dilingkungan keluarga anak.
Assalamu’alaikum Wr Wb
Nama saya : SIPAIYAH
NIM : 859170671
Jurusan : S1 PGPAUD
Ijin Menanggapi
Menurut saya penerapan ketaatan aturan melalui kegiatan perlombaan seperti Vidio tersebut sudah bagus karena menurut saya pada setiap kegiatan perlombaan tentunya selalu ada aturan atau tata tertib yang harus dipatuhi atau ditaati oleh setiap peserta lomba.
Karena masa taman kanak-kanak (TK) adalah masa bermain bagi anak maka penerapan ketaatan melalui kegiatan perlombaan akan membuat anak lebih semangat dan antusias untuk mengikutinya karena perlombaan merupakan kegiatan bermain sehingga nantinya akan membuat anak lebih mudah memahami tentang aturan perlombaan dan terbiasa melaksanakan aturan dalam perlombaan jika kegiatan perlombaan sering dilakukan bahkan tidak hanya pada kegitan perlombaan anak akan menaati aturan, anak juga akan terbiasa menaati aturan-aturan yang lain baik itu aturan yang ada disekolah, dirumah, maupaun aturan yang ada ditempat-tempat yang lainnya karena anak sudah terbiasa.
Untuk membuat anak semangat dan antusias mengikuti perlombaan tentunya guru harus mampu memilih kegiatan perlombaan menarik.
Agar anak bisa memahami perlombaan yang akan dilakukan dan memahami aturan dalam perlombaan serta bisa melaksanakan perlombaan dan melaksanakan aturan perlombaan dengan baik maka seperti yang ada dalam Vidio terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan perlombaan terlebih dahulu guru harus menjelaskan perlombaan yang akan dilakukan agar anak tahu apa yang akan dilakukan, menjelaskan aturan perlombaan dan menanyakan kepada anak aturan yang belum pas, menyusun bersama aturan perlombaan, dan membuat kesepakatan aturan agar guru dan anak sama-sama menaati aturan yang ada dan tidak saling langgar, kemudian guru mencontohkan kegiatan yang dilakukan agar anak bisa melakukannya dan guru juga harus mengumumkan hadiah yang akan didapat anak jika menang dalam perlombaan agar anak lebih semangat dan antusias untuk mengikuti perlombaan dan termotivasi untuk menang. Namun dalam Vidio tersebut ada anak yang masih belum bisa mendengarkan penjelasan guru dan menaati aturan perlombaan mungkin karna anak tersebut belum terbiasa untuk itu perlu melaksanakan kegiatan perlombaan sesering mungkin agar anak terbiasa.
Terimakasih 🙏
Nama : Siti Maulidah
Nim : 858871511
Prodi : PGPAUD BI
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, mohon izin menanggapi Bu..
Dalam video tersebut guru sudah menjelaskan aturan-aturan yang ada namun pada saat prakteknya kurang begitu lengkap, anak-anak belum diberi contoh tentang perlombaannya, cara mainnya bagaimana, contoh menangnya bagaimana, kalau salahnya bagaimana.
Karena yang kita hadapi ini adalah anak-anak bukan orang dewasa yg dimana dg hanya sekali diberi tahu tentang aturan mereka langsung memahami.. namun sangat berbeda dengan anak-anak, meskipun terkadang kita menjelaskan berkali-kali tetap ada saja yang belum memahami, mereka lebih mudah memahami apa yang mereka lihat, maka dari itu kita perlu memberi contoh secara langsung.
Sama halnya dengan yang pernah saya alami saat mengajak anak-anak berlomba memasukkan bola di keranjang secara kelompok dan estafet. Di kelas pada saat perlombaan
siswa yang masuk berjumlah 30, Pertama Anak-anak dibagi kelompok menjadi 3, Bu guru langsung menata atau membantu mereka berbaris mengurut ke belakang sesuai kelompoknya. Setelah mereka berbaris rapi pertama ibu guru menjelaskan kegiatan perlombaan yaitu lomba memasukkan bola di keranjang secara estafet, setelah itu ibu guru menjelaskan aturan-aturan yang harus mereka taati dalam perlombaan ini
1. Bagi kelompok yang memasukkan bola di keranjang paling banyak mereka yang menang
2. Kelompok yang anggotanya menjatuhkan bola berarti mereka kalah
3. Semua anggota harus duduk rapi tetap duduk diam di tempat tidak boleh berdiri.
4. Anggota paling depan yang pertama mengambil bola kemudian diberikan kepada anggota belakangnya dan seterusnya, di sini yang bermain adalah tangan semua anak tetap hadap ke depan cuma tangannya saja yg mengambil bola dan mengarahkan tangannya ke belakang kemudian teman yang belakangnya mengambil bola dari tangan anggota depannya untuk diberikan ke anggota belakangnya dan seterusnya.
5. Bola diambil satu-satu tidak boleh langsung diambil banyak, karena kalau banyak-banyak nanti akan jatuh kalau ada yang jatuh nanti akan kalah.
*Setelah ibu guru menjelaskan ibu guru bertanya kepada semua anak-anak apakah mereka sudah memahami cara mainnya atau aturan-aturan dalam perlombaan tersebut
*Selanjutnya ibu guru memberi contoh bagaimana cara mengambil bola dan cara memberikan bola kepada temannya. Ibu guru juga memberi contoh dengan cara menjatuhkan bolanya sambil menjelaskan kembali bahwa kalau ada bola yang jatuh berarti kalah.
*Selanjutnya setelah mereka semua memahami cara dan aturan bermain maka perlombaan langsung dimulai.
Saat perlombaan sudah mulai awalnya mereka bermain atau berlomba dengan rapi seperti arahan ibu guru duduk rapi dan mengambil bola satu persatu untuk diberikan kepada temannya, namun setelah waktu berlangsung beberapa menit kemudian ada anak yang berdiri mengambil banyak bolanya sampai bulannya jatuh jatuh dan teman yang lain menirukannya.
*Akhirnya perlombaan jadi tidak kondusif
Kemudian ibu guru menghentikan sejenak perlombaan tersebut sambil menyampaikan kembali aturan dalam perlombaan tersebut, mungkin karena terlalu banyak anggota jadi terlalu lama waktu untuk memasukkan bola dalam keranjang
*Akhirnya ibu guru membagi ulang kelompoknya menjadi 5 anak perkelompok dan memulai lagi perlombaannya. Dan alhamdulillah perlombaan berjalan dengan lancar.
RESTY SIS FAUZIAH ( 857585542 )
PG-PAUD
Izin menanggapi video tersebut,
Dalam tayangan video guru sudah benar dalam menjelaskan aturan permainan pada anak sebelum kegiatan main di mulai agar anak dapat mengikuti kegiatan main dengan teratur. Hal ini dapat membantu mengingatkan anak tentang hal yang tidak boleh dilakukan, sehingga nantinya anak pun terbiasa menaati peraturan. Namun, sebaiknya guru juga memberikan contoh nyata cara bermain agar anak lebih menangkap dan memahami apa yang dijelaskan guru. Isi video tidak menampilkan secara lengkap proses kegiatan pembelajaran, sehingga tidak terlihat apakah anak benar-benar menaati peraturan atau tidak.
Nama :Ika Yulia Purmasari
Nim :858830824
Izin menanggapi, menurut saya dalam vidio tersebut pendidik sudah menjelaskan dengan baik peraturan dalam permainan yang harus ditaati oleh anak anak, tetapi perlu diperhatikan juga dalam memberikan arahan kepada harus dilakukan setiap hari atau harus dibiasakan, karena dalam seketika anak akan faham dengan apa yang pendidik ajarkan tetapi jika tidak dulang ulang atau dibiasakan mereka akan lupa ataupun lalai. Dan dalam vidio tersebut hanya menampilkan awal kegiatan nya saja dan tidak menggambarkan keseluruhan kegiatan bermain dari awal sampai akhir sehingga belum nampak anak menaati peraturan atau tidak.
Assalamualaikum
Nama:Siti halimatussa’diah
Nim:859162896
Video tentang menanamkan ketaatan pada aturan dengan perlombaan/competition
Berdasarkan video tersebut yang dapat saya analisis yaitu fakta Yang ada guru sudah menjelaskan aturan-aturan sebelum dilaksanakan permainan, akan tetapi guru tidak menjelaskan secara detail kegiatan bermain yang akan dilakukan oleh anak sehingga terlihat anak kurang berminat dalam permainan, media yang digunakan juga hanya 1 jenis yaitu pada permainan pasir hanya ada sekeop dan membuat anak kurang bisa mengekspresikan permainannya, mungkin akan lebih menarik permainannya jika anak diberikan cetakan bentuk-bentuk bangunan, sebelum dilaksanakan permainan juga guru tidak mengecek kehadiran siswa.
Pada permainan ke 2 terlihat guru tidak bisa mengkondisikan kelas karena terdapat anak yang asik sendiri dengan permainannya. video juga terlalu singkat sehingga tidak terlihat apakah anak benar-benar mentaati aturan atau tidak, hanya dijelaskan tips+tipsnya saja. Mungkin bisa diperpanjang durasinya sampai terlihat hasil dari metode yang digunakan oleh guru.
assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
nama: siti halimatussa’diah
nim:859162896
judul video menanamkan ketaatan aturan dengan perlombaan/competition
berdasarkan video tersebut saya menganalisis fakta yang ada yaitu guru sudah menjelaskan aturan-aturan sebelum dilaksanakan perlombaan, sedangkan fakta yang tidak ada yaitu guru tidak mengecek kehadiran siswa, guru tidak mencontohkan secara detail bentuk perlombaan yang akan dilaksanakan sehingga anak terlihat kurang tertarik dengan perlombaan yang diberikan, media yang digunakan terbatas hanya menggunakan satu media, guru belum bisa mengkondisikan kelasa ketika kegiatan perlombaan sedang berlangsung sehingga terdapat anak yang asik sendiri dengan permainannnya tanpa memperhatikan guru, tidak diperlihatkan hasil dari metode yang digunakan apakah berhasil atau tidak karena dari video tersebut hanya membahas tips-tips yang bisa digunakan.
solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan yang muncul diantaranya yaitu: guru terlebih dahulu mengecek kehadiran siswa, guru harus mencontohkan secara detail bentuk perlombaan seperti apa mengingat yang dihadapi adalah anak usia dini yang pemahamannya masih terbatas tidak seperti orang dewasa yang 1 kali dijelaskan langsung bisa dipahami, guru dapat menyediakan lebih banyak lagi media yang digunakan dalam perlombaan sehingga dapat menarik minat siswa dalam melakukan kegiatan, guru harus mengatur tempat duduk anak masing-masing sebelum dilakukan perlombaan agar semua anak dapat mengikuti perlombaabn tersebut dengan baik, dan yang terakhir alangkah lebih bagusnya jika hasil dari metode yang digunakan diperlihatkan hingga akhir sebagai bisa diketahui apakah metode yang digunakan berhasil atau tidak.
Nama : Sonia Munggarani
NIM: 857450459
POKJAR : Ciparay
Ijin menanggapi video pada seri Menanamkan ketaatan peraturan dengan perlombaan (competition). Dalam video tersebut sudah cukup baik, guru menjelaskan terlebih dahulu peraturan-peraturan dalam permainannya sebelum di lakukan. Guru juga mengingatkan anak tentang hal yang tidak boleh dilakukan serta akibat jika hal tersebut dilakukan. Hal tersebut dapat membantu anak untuk terbiasa mentaati peraturan.