silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

250 Comments

  1. Nama : Bunga Sari
    Nim : 858758287
    Guru menerapkan perlombaan dalam pembelajaran memiliki beberapa manfaat. Pertama, dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar karena adanya tantangan dan dorongan untuk mencapai tujuan tertentu. Kedua, perlombaan dapat merangsang kolaborasi dan kerja tim di antara siswa, karena mereka mungkin perlu bekerja bersama untuk mencapai hasil yang baik. Ketiga, dapat membantu mengembangkan keterampilan kompetitif yang penting dalam kehidupan, seperti kerja keras, ketekunan, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah.
    Video tersebut sangat bermanfaat sekali

  2. Nama : Jumiati
    Nim : 856104438
    Pendapat saya tentang video kedua yang berjudulkan “Perlombaan (Penerapan Ketaatan Aturan Melalui Kegiatan Perlombaan, Competition)” ialah menanamkan kedisiplinan dan taat aturan pada anak usia dini tidaklah mudah karena para guru membutuhkan waktu dan kesabaran untuk membiasakan dirinya. Guru dianjurkan untuk lebih kreatif dalam menemukan sebuah cara agar anak-anak dapat mentaati aturan tanpa merasa takut dan terancam. Dalam hal ini guru bisa membuat sebuah perlombaan atau permainan di dalam kelas. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru kepada anak yang masih belum mentaati aturan, pertama guru bisa menjelaskan terlebih dahulu aturan dari perlombaan kepada anak dan menanyakan apakah ada aturan yang belum dipahami anak, kedua mengajak anak untuk menyusun aturan, ketiga buatlah kesepakatan aturan tersebut antara guru dengan anak dan antara anak dengan anak lainnya yang terlibat dalam perlombaan, keempat guru bisa mencontohkan terlebih dahulu perlombaan atau permainan tersebut, kelima guru bisa menjelaskan hadiah yang diperoleh anak jika anak tersebut mampu disiplin dan taat kepada aturan, keenam guru menjelaskan konsekuensi yang akan diperoleh anak jika anak melanggar aturan yang telah ditetapkan.

  3. nama : noviyatul islamiyah
    nim : 858190133

    Penting untuk diingat bahwa setiap anak itu unik dan memiliki kebutuhan yang berbeda. Guru harus menyesuaikan pendekatan mereka terhadap disiplin dengan kebutuhan individual setiap anak.
    Komunikasi yang terbuka dan positif antara guru, orang tua, dan anak sangat penting untuk menanamkan disiplin yang berhasil.
    Guru harus menciptakan lingkungan kelas yang positif dan suportif di mana anak-anak merasa aman dan dihargai

  4. Assalamu’alaikum Wr,Wb

    Nama : Yuliyanti
    Nim : 858288798
    Upbjjj : Banjarmasin

    Menangapi dari video di atas,bagaimana cara seorang guru dalam menanamkan rasa ketaatan peraturan kepada anak melalui sebuah perlombaan dalam sebuah permainan.Dalam sebuah perlombaan guru dapat menjelaskan kepada anak bagaimana peraturan yang mereka harus taati antara guru juga antara teman mereka,apa saja hadiah yang mereka dapat jika menaati peraturan dan apa konsekuensinya jika mereka melanggar aturan tersebut.Melalui sebuah perlombaan dalam sebuah permainan anak akan secara perlahan mengerti dan terbiasa mematuhi aturan di kelas.

    Terima Kasih,Wassalam…

  5. Program video ini memberikan pandangan yang bermanfaat tentang bagaimana kompetisi dapat digunakan sebagai alat untuk mengajarkan aturan kepada anak-anak TK. Dengan berbagi pengalaman dan strategi yang berhasil, kita dapat saling membantu dan menginspirasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan efektif bagi anak-anak.

  6. Video ini menggambarkan dengan baik bagaimana kepribadian, latar belakang keluarga, dan hubungan anak di rumah memengaruhi kemampuan mereka dalam menyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Dengan menggunakan strategi perlombaan, guru bisa membantu anak-anak secara perlahan memahami dan terbiasa mematuhi aturan di kelas. Perlombaan bisa menjadi metode yang menyenangkan dan efektif untuk mengajarkan disiplin.

  7. Anwargani Saputra
    836860408

    Menanamkan disiplin dan taat aturan dibutuhkan waktu dan kesabaran. Guru diharapkan lebih kreatif. Salah satu caranya adalah dengan cara perlombaan. Perlombaan yang dimaksud dengan cara memberikan pertanyaan kepada anak. Jika yang bisa menjawab dia akan masuk di suatu kegiatan.
    Tipsnya antara lain:
    1. Jelaskan aturan perlombaan kepada anak
    2. Libatkan anak untuk menyusun aturan
    3. Buat kesepakatan antara guru dengan anak dan anak dengan anak
    4. Beri contoh kepada anak
    5. Jelaskan hadiah kepada anak
    6. Jelaskan konsekuensi kepada anak jika melanggar aturan

  8. Nama : Dwi Indah Cahyati
    Nim : 859788662
    Matakuliah : profesional guru
    UPBJJ : palembang

    Didalam vidio ini tentang Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas. Sebelumnya dengan memberikan aturan-aturan dalam perlombaan agar anak dapat tertib mengikuti kegiatan perlombaan tersebut.

  9. Nama : Nur Aisyah Indri Astutik
    NIM : 858937546

    Video Perlombaan ” competition” ini sangatlah bermanfaat sekali, bagaimana perlombaan dapat digunakan sebagai alat untuk mengajarkan aturan kepada anak-anak TK. Mengajarkan aturan dan disiplin pada anak usia dini tidaklah mudah. Maka dari itu, sebagai guru harus sabar dan kreatif. Dengan mengadakan perlombaan yang membuat anak menganal akan aturan dan taat terhadap peraturan. Secara perlahan anak akan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.

  10. Nama : Lailatul syahidah ummina
    Nim : 858316439

    Pendapat saya tentang video kedua yang berjudulkan “Perlombaan (Penerapan Ketaatan Aturan Melalui Kegiatan Perlombaan, Competition)” ialah menanamkan kedisiplinan dan taat aturan pada anak usia dini tidaklah mudah karena para guru membutuhkan waktu dan kesabaran untuk membiasakan dirinya. Guru dianjurkan untuk lebih kreatif dalam menemukan sebuah cara agar anak-anak dapat mentaati aturan tanpa merasa takut dan terancam. Dalam hal ini guru bisa membuat sebuah perlombaan atau permainan di dalam kelas. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru kepada anak yang masih belum mentaati aturan, pertama guru bisa menjelaskan terlebih dahulu aturan dari perlombaan kepada anak dan menanyakan apakah ada aturan yang belum dipahami anak, kedua mengajak anak untuk menyusun aturan, ketiga buatlah kesepakatan aturan tersebut antara guru dengan anak dan antara anak dengan anak lainnya yang terlibat dalam perlombaan, keempat guru bisa mencontohkan terlebih dahulu perlombaan atau permainan tersebut, kelima guru bisa menjelaskan hadiah yang diperoleh anak jika anak tersebut mampu disiplin dan taat kepada aturan, keenam guru menjelaskan konsekuensi yang akan diperoleh anak jika anak melanggar aturan yang telah ditetapkan.

Leave a Reply