silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
–
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Yuli Yuliyani
NIM : 857524807
UPBJJ : Bandung
Setelah menyaksikan program video ini, saya berpendapat bahwa strategi mengadakan perlombaan untuk membantu anak-anak TK memahami dan mematuhi aturan di kelas adalah metode yang efektif dan inovatif. Video tersebut menunjukkan bahwa dengan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan kompetitif secara sehat, anak-anak lebih termotivasi untuk mengikuti aturan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelas.
Pengalaman Pribadi dan Solusi yang Ditemukan
Saya pernah menghadapi masalah serupa ketika berusaha melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan menaati aturan di kelas. Salah satu tantangan utama adalah membantu anak-anak yang memiliki latar belakang keluarga dan kepribadian yang berbeda-beda untuk menyesuaikan diri dengan aturan sekolah.
Solusi yang Berhasil Saya Terapkan:
1. Penggunaan Sistem Penghargaan:
Selain perlombaan, saya juga menerapkan sistem penghargaan harian dan mingguan. Misalnya, anak-anak mendapatkan bintang untuk perilaku baik atau mematuhi aturan, yang kemudian bisa ditukar dengan hadiah kecil atau pujian khusus di akhir minggu.
2. Permainan Edukatif:
Saya sering mengintegrasikan aturan kelas ke dalam permainan edukatif. Misalnya, bermain “Simon Says” untuk mengajarkan anak-anak mendengarkan instruksi atau “Red Light, Green Light” untuk mengajarkan mereka tentang berhenti dan memulai sesuai perintah.
3. Cerita dan Dongeng:
Menggunakan cerita atau dongeng yang mengandung pesan moral tentang pentingnya disiplin dan menaati aturan. Anak-anak cenderung lebih memahami dan mengingat pelajaran yang disampaikan melalui narasi yang menarik.
4. Partisipasi Orang Tua:
Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran dengan mengadakan pertemuan rutin dan menginformasikan perkembangan anak-anak mereka. Ini membantu memastikan bahwa aturan yang diajarkan di sekolah juga didukung di rumah.
5. Contoh dari Guru:
Menjadi teladan yang baik. Anak-anak belajar banyak melalui pengamatan, jadi sangat penting bagi guru untuk selalu menunjukkan perilaku yang sesuai dengan aturan yang diterapkan.
Terimakasih
Nama : Zerlina Wulandari
Nim : 858936308
Video : Perlombaan “Competition”
Tanggapan saya dalam video tersebut sangat bagus,dimana anak anak usia tersebut kadang kadang susah diatur .tapi dengan ada penerapan strategi kedisiplinan pada Anak usia ,pada saat kegiatan bermain ,sangat membantu dan bermanfaat .karena dengan Cara seperti itu anak -anak dapat terlatih menaati aturan yang berikan oleh ibu guru.contoh nya dalam permainan bak pasir dan juga tebak -tebakkan dan lain lain.ini sangat membantu Saya jika menemukan anak anak yang sama dalam video tersebut, sebagai pedoman bagi saya dalam pembelajaran tersebut. Termotivasi
Nama : SAMSINAR
Nim: 859412841
Program video ini memberikan pandangan yang bermanfaat tentang bagaimana kompetisi dapat digunakan sebagai alat untuk mengajarkan aturan kepada anak-anak TK. Dengan berbagi pengalaman dan strategi yang berhasil, kita dapat saling membantu dan menginspirasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan efektif bagi anak-anak.
Nama : Sintiya
Nim : 858303165
Dari video di atas dapat disimpulkan bahwa perlombaan dalam pembelajaran memiliki beberapa manfaat yaitu :
1. meningkatkan motivasi pada anak untuk terus semangat belajar.
2. adanya tantangan untuk mencapai tujuan keberhasilan anak.
3. merangsang anak bekerja bersama untuk mencapai hasil yang baik.
4. dapat mengembangkan keterampilan dan kerja keras anak.
Nama : Suharningsih
Nim : 858449568
Upbjj : Samarinda
Assalammualllaikum wr,wb.
Ijin menanggapi.
Menurut saya video ini memberikan wawasan mendalam kepada guru tentang konsep perlombaan ,mencakup teori dasar serta manfaat dan tantangan yang terkait dengan kompetisi dalam berbagai konteks, untuk menumbuhkan ketaatan peraturan terhadap anak.
Nama : Isnawati
Nim : 859174457
Upbjj: Mataram
Dengan adanya penerapan yang di ajarkan oleh guru melalui metode Strategi kedisiplinan pada anak saat kegiatan bermain atau membuat perlombaan sangat efektif dilakukan sehingga anak mudah memahami cara bermain dan mengerti aturan yang disampaikan oleh guru
Nama : Amellia Putri
NIM : 858315057
Video diatas memberikan penjelasan mengenai menanamkan sikap disiplin dan taat pada anak melalui kompetisi. Guru memberikan aturan awal main yang harus ditaati oleh peserta didik agar memberikan penekanan sikap taat aturan. Kemudian guru memberikan materi berupa pertanyaan yang akan dijawab anak kemudian bagi anak yang bisa menjawab, anak bisa masuk ke bak pasir tersebut, ini berguna untuk menanamkan kedisiplinan anak melalui kompetisi dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.
Terima Kasih
Nama : Fariza Astuti
Nim : 857367489
UPBJJ : Bogor
Judul vidio Perlombaan “Competition”
Dalam vidio tersebut sering sekali saya alami. Memang dengan kita membuat perlombaan,tanpa disadari anak mereka sudah belajar tertib dan menjadi lebih disiplin. Terimakasih dengan adanya vidio ini nanti bisa saya terapkan dalam pembelajaran.
NAMA : INTAN SATRIA CAHYANI
NIM : 858873135
Masukan dan Saran :
Pada vidio tersebut telah dijelaskan bagaimana cara yang apat dilakukan agar anak bisa menaati peraturan, seperti :
– Jelaskan aturan perlombaan
– Buat kesepatan perlombaan tersebut
– Contohkan terlebih dahulu pada anak
– Jelaskan hadiah yang diberikan
– Jelaskan konsekuensi jika anak melanggar aturan
Cara tersebut tepat untuk dilakukan karena dapat melatih anak secara perlahan dalam menaati peraturan. Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan ice brieking / tepuk-tepuk agar anak bisa kondusif dan menaati peraturan.
Cara tersebut sudah pernah saya lakukan dan memang efektif untuk mendisiplinkan anak. Meskipun memang butuh waktu dan tentunya tidak hanya sekali dua kali saja saya menerapkannya untuk mengajarkan anak konsep disiplin, guru harus sabar dan juga mencari alternatif kegiatan kreatif lainnya untuk menanamkan disiplin pada anak.