silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
–
video ini juga sangat efektif dalam meningkatkan ketaatan peraturan pada anak-anak. Dengan membuat perlombaan yang terkait dengan peraturan, guru dapat meningkatkan kesadaran anak-anak akan pentingnya mengikuti peraturan dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengikuti peraturan.
Assalamualaikum wr.wb.
Judul video: perlombaan ” kompetisi”
Video ini berkaitan dengan proses pembelajaran dan perlombaan yang diadakan oleh guru. Guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak didik sebelum perlombaan dimulai. Ada beberapa langkah yang harus diikuti oleh anak-anak yang mengikuti perlombaan. Langkah-langkah tersebut meliputi mengikuti peraturan yang ada dalam perlombaan, menyusun peraturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan, memberikan hadiah untuk yang menang dan memberi konsekuensi untuk yang kalah. Video ini bisa diterapkan untuk pembelajaran di TK terutama untuk melatih ketaatan
Nama : Nita Ritani
Nim : 858450999
Vidio: perlombaan competitor
Menanamkan sikap mentaati aturan untuk anak anak PAUD mekanismenya bukan hanya sekedar teori akan tetapi anak diberikan pemahaman melalui praktik praktik melalui pembiasaan hingga anak anak benar paham dengan aturan. Salah satu cara menanamkan sikap mentaati aturan kepada anak PAUD yaitu melalui perlombaan atau competition seperti didalam video Gpp yang berjudul Perlombaan/ Competition dalam seri menanamkan ketaatan peraturan PAUD. Pada video tersebut bagaimana seorang guru mengenalkan anak didiknya untuk mentaati aturan melalui perlombaan pada kegiatan bermain pasir dan pantomim. Pada kegiatan bermain bak pasir menurut saya ketika pengulangan kembali tentang aturan itu guru sebaiknya mengulang poinnya saja karena akibat dari sebuah pelanggaran sudah dijelaskan diawal2.
Kemudian pada perlombaan yang kedua yaitu pantomim adalah guru tidak menjelaskan aturan aturan secara spesifik sehingga permainan menjadi kurang terkontrol dan guru tidak memastikan apakah anak anak bisa diajak kerjasama ketika membuat peraturan2 dan guru tidak memberikan reward kepada anak yang bisa menebak gambar agar permainan menjadi lebih seru.
Assalamualaikum wr.wb.
Dalam vidio tersebut guru Menanamkan taat aturan dan disiplin pada anak usia dini melalui perlombaan/competition, misalnya dengan memberikan pertanyaan kepada anak sebelum memulai bermain pasir dibak pasir dengan menjelaskan aturan main terlebih dahaulu. ada beberapa hal yang dapat dilakukan guru apabila anak belum bisa menaati peraturan diantaranya :
– jelaskan aturan perlombaan pada anak dan menanyakan apakah ada aturan yang belum jelas
– membuat kesepakatan anatara guru dengan anak dan antara anak dengan anak
– berikan contoh terlebih dahulu
– jelaskan hadiah yang dapat diperoleh anak jika anak tersebut taat aturan
– siapkan konsekuensi yang dapat diperoleh anak jika anak melanggar peraturan yang telah ditetapkan
treimakasih
Vidio tersebut merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan pada anak dalam sebuah kelas harus memiliki aturan atau kesepakatan yang di buat bersama sama untuk menunjang proses belajar mengajar. Dimana aturan tersebut harus dipatuhi oleh siswa dan jika anak dapat menerapkan aturan dengan baik , guru wajib memberikan apresiasi berupa pujian dan rewad.
Adapun kekurangan dalam vidio tersebut adalah seharusnya guru memberikan contoh adanya aturan dalam perlombaan tersebut dengan baik dan jelas ,sehingga mudah di tiru dan dipahami oleh anak.
Nama : Muhalimah
NIM : 857990159
Menurut saya dalam video tersebut sudah memberikan cara yang efektif untuk membentuk kedisiplinan pada anak , dengan cara membuat aturan dan kesepakatan bersama di kelas , dan membuat konsekuensi jika ada yang melanggar aturan tersebut. Hal itu akan membuat anak menjadi terbiasa disiplin dan mentaati peraturan , karena anak akan bermain dengan cara hati-hati tanpa melanggar aturan.
NAMA : DESSY WAHYU WIRASTI
NIM : 858948151
PRODI : S1 PGPAUD
UPBJJ UT : JEMBER
Penjelasan dari video ini adalah bahwa Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.
Masukan : Video ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi para guru tentang bagaimana mereka dapat menggunakan strategi perlombaan untuk membantu anak-anak belajar mematuhi aturan.
Saran : Tampilkan beberapa variasi strategi lain selain perlombaan yang dapat digunakan guru untuk menumbuhkan kedisiplinan di kelas, seperti permainan edukatif.
Nama : Ni Kadek Darmayanti Andriani
NIM : 859038351
Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menyenyesuaikan diri dan mematuhi peraturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.
Dalam video ini guru Menanamkan mematuhi aturan dan disiplin pada anak usia dini melalui perlombaan/kompetisi, misalnya dengan membuat kesepakatan kepada anak sebelum memulai bermain pasir dibak pasir dengan menjelaskan aturan main terlebih dahaulu.
ada beberapa hal yang dapat dilakukan guru apabila anak belum bisa menaati peraturan diantaranya :
• Menjelaskan aturan perlombaan pada anak dan menanyakan apakah ada aturan yang belum jelas
• Membuat kesepakatan antara guru dengan anak dan antara anak dengan temannya
• Memberikan contoh sebab akibat jika sebuah aturan dilanggar, misal jangan bermain pasir bagian atas wajah, nanti jika kalau kena mata, mata akan sakit dan merah.
• Jelaskan hadiah yang dapat memperoleh anak jika anak tersebut mematuhi aturan
• Memberi tahu konsekuensi yang dapat diperoleh anak jika anak melanggar peraturan yang telah ditetapkan.
Nama : Aksamina Tse
Nim : 859301051
Peran orangtua sebagai mitra guru juga sangat krusial, terutama dalam pembelajaran daring. Komunikasi yang intensif dan pemberian dukungan yang tepat dari orangtua akan sangat membantu anak-anak. masukan dan saran saya Kompetisi dapat memotivasi anak, tapi harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan kecemburuan atau tekanan.
Fokuskan pada proses belajar, kerja sama, dan peningkatan diri, bukan hanya pada hasil.
Berikan penghargaan dan apresiasi yang seimbang bagi seluruh peserta, bukan hanya pemenang.
Nama : Indah Melani
NIM : 857489813
Judul : Perlombaan
Tanggapan : Dalam perlombaan sering sekali kita temui anak yang tidak mau mengikuti aturan,maka dari itu pendidik harus menetapkan peraturan sebelum bermain,atau kesepakatan kelas sebelum belajar,dan menentukan hukuman apa yang sesuai bagi anak yang melanggar peraturan,misalnya bernyanyi di depan kelas. Dengan seperti itu,maka anak akan berkonsentrasi dan mau mengikuti aturan.
saran : untuk video GPO alangkah lebih baik jika diupdate sehingga akan lebih menarik.