silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kepribadian latar belakang anak serta keluarganya dan hubungan anak dengan orang lain di rumah mempengaruhi kemampuan anak dalam menenyesuaikan diri dan mematuhi aturan di kelas. Strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran di TK adalah dengan mengadakan perlombaan agar siswa secara perlahan mengerti dan dapat terbiasa mematuhi aturan di kelas.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, sebelum perlombaan
dimulai guru memberikan peraturan yang disepakati antara guru dan anak
didik sebaliknya anak-anak yang mengikuti pelombaan. Ada beberapa
langkah yang harus di ikuti: anak mengikuti peraturan yang ada dalam
perlombaan, menyusun aturan dalam perlombaan, membuat kesepakatan
bersama, memberi contoh terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan,
pemberian hadiah untuk yang menang, konsekuensi untuk anak yang
melanggar aturan tidak mendapatkan sesuai kesepakatan bersama. Kegiatan
tersebut disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik dan
disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
–
Alfi Nur Hidayati _ 858838843 _ S1PGPAUD
Assalamualaikum wr.wb
Ijin menanggapi video yang berjudul “perlombaan/competition” dalam seri menanamkan ketaatan peraturan pada anak usia dini. Dalam video tersebut, menampilkan kegiatan bermain di bak pasir dan bermain tebak pantomim. Kami dalam mengamati video, tidak ditemukan anak yang melanggar peraturan permainan dan anak bisa mentaati aturan bermain sehingga anak berhak mendapat penghargaan reward.
Terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb.
dalam vidido di atas menunjukkan suatu kegiatan pembelajaran yang masih nampak guru dominan dalam memotivasi anak, membuat kesepakatan main dengan anak sangatlah penting, karena untuk melatih disiplin dan pembiasaan rapi, namun perlu diperhatikan bahwa anak harus pada posisi yang nyaman, bisa dilakukan dengan duduk, guru pun duduk sejajar dengan anak. sebisa mungkin menghindari kata “tidak boleh”, pemilihan kata itu bisa diganti dengan kata yang lebih halus untuk anak, misalnya “kita semua harus menjaga agar pasir tidak kemana-mana dengan cara tidak melempar pasir”. saya sangat setuju dengan pemberian reward, karena itu akan memicu semangat anak untuk berkembang maksimal. terimakasih
Nama : Khafidlotul Ilmiyah
NIM : 858747363
Jurusan : PG PAUD BI
Judul Vidio : Perlombaan ” Competition”
Seri Menanamkan ketaatan peraturan PAUD
Pengembang : Sri Tatminingsih
Dalam Vidio tersebut anak anak diperkenalkan untuk mentaati peraturan saat bermain.
Seperti yang sudah saya lakukan dilembaga kami sebelum anak anak melakukan permainan atau perlombaan anak anak diperkenalkan untuk mentaati peraturan supaya bisa tertib dalam bermain.
Dan guru menjelaskan akibat jika tidak mau tertib dalam bermain karena sikap disiplin harus ditanamkan sejak dini.
Cara untuk menanamkan sikap disiplin dalam bermain di antaranya :
1. Menjelaskan aturan lomba
2. Mengajak anak untuk menyusun aturan bersama
3. Membuat kesepakatan tersebut dengan guru dan anak
4. Mencontohkan terlebih dahulu
5. Memberikan hadiah
6. Mendapatkan hukuman / konsekwensi jika melanggar aturan
Assalamu’alaikum wr.wb
Nama : Baiq Husnul Hidayah
NIM : 859167168
Izin menanggapi video mengenai penerapan aturan melalui kegiatan perlombaan diatas. pada video tersebut, guru mengenalkan aturan bermain sebelum melakukan kegiatan bersama. Dimana, aturan tersebut harus ditaati oleh peserta didik selama proses bermain. Pada kegiatan awal (bermain bak pasir), setelah menyebutkan beberapa aturan, guru melakukan sesi tanya jawab mengenai aturan bermain, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai aturan main tersebut. Namun pada kegiatan kedua (pantomim), guru tidak menjelaskan aturan bermain secara spesifik, sehingga suasana kelas menjadi tidak terkontrol.
Mohon izin menanggapi video diatas
Nama: Fitriyah
NIM: 857364659
Dalam video tersebut guru memberikan dan menjelaskan beberapa aturan sebelum melakukan kegiatan dan menanyakan kembali aturan apa saja yang belum dimengerti serta konsekuensi dan hadiah apa yang didapat jika anak mematuhi aturan tersebut, upaya yang dilakukan guru dalam video agar bisa menerapkan aturan adalah dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada anak. Pada kegiatan pertama (bermain bak pasir) Anak yang bisa menjawab dengan benar dipersilahkan untuk bermain lebih dulu. Guru dalam video tersebut sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini, terlihat sebelum melakukan kegiatan guru memberikan hal apa saja yang harus dipatuhi anak dengan cara menjelaskan aturan bermain, konsekuensi yang didapat jika tidak bermain sesuai aturan dan hadiah apa yang anak dapat jika berhasil mematuhi peraturan permainan serta mencontohkan terlebih dahulu bagaimana aturan dan cara bermain kepada anak.
Namun menurut saya ada beberapa hal perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut yaitu kurang ekspresif dan tersesan kaku saat menjelaskan peraturan, juga tidak ada pertanyaan dua arah/ pertanyaan terbuka yang bisa ditanyakan kepada anak. Sehingga membuat anak hanya mendengarkan penjelasan satu arah dari guru. Pada kegiatan berikutnya (bermain pantomim) guru belum memberikan penjelasan yang lebih detail dan spesifik kepada anak, sehingga anak terlihat kurang memahami aturan bermain dan membuat kelas menjadi kurang kondusif.
Demikian tanggapan dari saya, terima kasih
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Yuniar
Nim : 856606833
Menurut saya penerapan tersebut sudah bagus dilakukan dalam satuan lembaga paud karena dalam melakukan suatu perlombaan kita juga akan memperkenalkan anak apa itu sportifitas dan displin serta nilai kejujuran anak dalam melakukan perlombaan.
Setelah saya melihat video tentang mengajarkan anak untuk menyesuaikan diri dan mau mengikuti aturan pada link https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/06/perlombaan-competition/ Perlombaan “Competition” dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk membentuk ketaatan peraturan pada anak usia dini. Dalam perlombaan tersebut, guru memberikan contoh secara langsung bagaimana menaati peraturan yang ada dan konsekuensi bagi yang tidak menaati peraturan tersebut melalui kegiatan perlombaan. Hal ini dapat membantu anak-anak belajar dan memahami peraturan yang diterapkan.
Perlombaan dapat menjadi salah satu cara untuk membentuk ketaatan peraturan pada anak usia dini.
Perlombaan dapat diadakan dengan memberikan hadiah “Praise” kepada anak-anak yang mentaati peraturan yang telah ditetapkan. Selain itu, perlombaan juga dapat diadakan dengan memberikan hadiah kepada anak-anak yang menang dalam perlombaan tersebut. Hal ini dapat memotivasi anak-anak untuk menaati peraturan yang telah ditetapkan.
Setelah saya melihat vidio pada seri kegiatan peraturan perlombaan saya menyimpulkan ,bahwa ibu guru sudah bagus untuk menjelaskan kepada anak anak untuk berdisiplin sejak kecil , mengenal aturan aturan perlombaan ,memberikan hadiah bila menang dari perlombaan .membuat anak anak menjadi semangat dalam mengikuti perlombaan.
NAMA : JENNI MANURUNG
NIM : 856098255
Pada Video tersebut Guru sudah menjelaskan aturan-aturan kompetisi dan itu sangat baik untuk dilaksanakan dalam pembelajaran disekolah dimana tujuannya agar anak-anak dapat melatih ketaatan dalam melaksanakan perturan yang sudah di sepakati sebelum di lakukan kompetisi. Namun sampai akhir video tersebut tidak menunjukkan adanya kegiatan kompetisi. Sehingga tidak terlihat anak yang taat aturan atau melanggar aturan. Sebaiknya Guru mampu menciptakan sebuah kompetisi yang menunjukkan anak-anak mematuhi aturan atau melanggar aturan. Ketika anak melanggar aturan tugas guru adalah memberikan nasihat.
Sesudah saya melihat dari dalam video tersebut guru mempunyai ide maupun cara yang cocok dan baik dalam membuat anak murid lebih teratur, lebih tertib dan lebih disiplin sejak dini dan mengenal aturan dalam perlombaan , memberikan reword ataupun suatu hadiah bagi anak yang memenangkan perlombaan sehingga membuat anak – anak menjadi tetap dan lebih semangat dalam mengikuti perlombaannya