silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Nama : Fariza Astuti
Nim : 857367489
Judul ” Kuda Berbisik”
Dalam penayangan vidio tersebut terlihat guru mencoba agar anak mau mengeluarkan bahasa tentang apa yang dibisikkan oleh temannya,melatih keberanian dan mengajarkan kepada anak tentang perbedaan. Kuda berisik salah satu permainan yang menarik untuk memancing anak agar mau ikut serta dalam sebuah permainan.
Tasya Nur Istiana
857321151
Video ini sangat menginspirasi dengan menampilkan inovasi seorang guru pendidikan anak usia dini dalam mengembangkan keterampilan motorik anak-anak melalui permainan pesan berbisik. Pendekatan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga efektif dalam merangsang perkembangan motorik kasar dan halus pada anak.
Dalam permainan ini, anak-anak terlibat dalam berbagai aktivitas fisik seperti berlari zig zag, melompat, dan menirukan gerakan berdasarkan gambar pada kartu yang disediakan oleh guru. Aktivitas berlari zig zag dan melompat membantu mengembangkan keseimbangan dan koordinasi motorik kasar. Sementara itu, menirukan gerakan dari kartu melatih keterampilan motorik halus serta kemampuan observasi dan interpretasi visual anak-anak.
Pendekatan ini juga memperkenalkan elemen interaktif dan kolaboratif, di mana anak-anak harus mendengarkan dan menyampaikan pesan secara berbisik. Ini meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerja sama tim di antara mereka. Penggunaan kartu dengan gambar juga menambahkan elemen visual yang mendukung pembelajaran multisensori.
Secara keseluruhan, permainan pesan berbisik yang diterapkan oleh guru ini merupakan metode yang kreatif dan efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik anak-anak. Ini menunjukkan bahwa kegiatan pengembangan keterampilan dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan bervariasi, sehingga anak-anak lebih tertarik dan termotivasi untuk berpartisipasi. Guru-guru anak usia dini lainnya dapat mengambil inspirasi dari metode ini untuk mengembangkan kegiatan yang menarik dan bermanfaat bagi perkembangan anak-anak didik mereka.
Terdapat beberapa poin yang menunjukkan bahwa mempelajari video-video pembelajaran dari Portal Guru Pintar (GPO) dapat membantu guru menjadi “kaya” dalam beberapa hal:
1. Pengetahuan dan Keahlian:
Video-video GPO menyediakan informasi dan pengetahuan yang luas tentang berbagai aspek perkembangan anak usia dini, termasuk motorik kasar, bahasa, dan aspek lainnya.
Video-video tersebut juga menunjukkan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak.
Hal ini dapat membantu guru untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian mereka dalam mengajar anak usia dini.
2. Kreativitas dan Inovasi:
Video-video GPO menampilkan berbagai kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang dapat menginspirasi guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak.
Video-video tersebut juga menunjukkan bagaimana guru dapat menggunakan berbagai media dan sumber belajar untuk mendukung pembelajaran anak.
Hal ini dapat membantu guru untuk meningkatkan kreativitas dan inovatif mereka dalam mengajar.
3. Komunikasi dan Kolaborasi:
Video-video GPO menunjukkan bagaimana guru dapat berkomunikasi secara efektif dengan anak-anak, orang tua, dan kolega.
Video-video tersebut juga menunjukkan bagaimana guru dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung bagi anak-anak.
Hal ini dapat membantu guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi mereka.
4. Passion dan Dedikasi:
Video-video GPO menunjukkan passion dan dedikasi para guru yang terlibat dalam pembuatan video tersebut.
Hal ini dapat menginspirasi guru lain untuk memiliki passion dan dedikasi yang sama dalam mengajar anak usia dini.
Video-video tersebut juga menunjukkan pentingnya memberikan pendidikan terbaik bagi anak usia dini.
Dalam kegiatan pesan berbisik selain motorik anak juga bisa mengembangkan kemamouan bahasa,sosial emosional, dan kognitif, banyak sekali manfaatnya.ini juga insyaalloh akan saya terapkan disekolah saya,terimakasih GPO good job
Video ” pesan berbisik” ini menginspirasi guru untuk menggunakan cara yang kreatif dan menyenangkan bagi anak dalam mengembangkan kemampuan motorik dan juga bahasa . Melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Tentunya anak menjadi senang terhadap kegiatan yang dilakukan karena berbeda dari kegiatan biasanya, yang lebih bervariasi. Anak tidak hanya diajak untuk bergerak aktif tetapi juga untuk berpikir dan mengasah kreativitas . Selain itu, permainan ini juga dapat meningkatkan interaksi sosial antara anak-anak, mereka bekerja sama dalam menjalankan permainan.
Nama : Arifa Liana Utami
Nim : 857506135
Video : Pesan berbisik
Setelah menonton video tersebut, melatih motorik banyak macam caranya tidak hanya berfokus pada gerak namun dapat juga dilakukan dengan bermain games seperti pesan berbisik. Sebagai penonton rasa kreativitas saya tentunya harus dikembangkan lebih lagi untuk mencari kegiatan motorik pada anak.
Nama : nazila lailatul qodri
Nim : 859164718
Dalam video tersebut merupakan sebuah inisiatif yang kreatif dan bermanfaat bagi perkembangan motorik anak usia dini.Melalui permainan ini anak diajak untuk bergerak dan berpikir ,dan mengembangkan aktivitas anak.
Selain itu ,permainan ini sangat membantu meningkatkan interaksi sosial anak.
Dalm video tersebut sangat kreatif dalam pembelajaran untuk mengembangkan motorik kasar dan bahasa dan membuat anak bisa bertanggung jawab,dan meningkatkan daya ingat anak
Assalamu’alaikum wr wb
NAMA: AGNES DEWI RUSMINAYA
NIM: 858532885
Dari video yang berjudul “PENGEMBANGAN MOTORIK ANAK TKMELALUI PERMAINAN PESAN BERBISIK”
Menurut saya, sebagai seorang guru sangat termotivasi dengan video tersebut. Dan menurut saya permainan yang dilakukan di video tersebut dapat diterapkan oleh guru-guru karena permainan pesan berbisik dapat melatih motorik anak dan membuat anak tidak bosan dengan pembelajaran yang diberikan guru.
Dari video tersebut, merupakan inspirasi baru untuk seorang pendidik anak usia dini, kegiatan tersebut sangat menyenagkan dan dapat menarik minat anak dalam belajar