silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

565 Comments

  1. NAMA : SRI RATI SAFITRI
    NIM : 859790873

    VIDEO PESAN BERBISIK : Melalui Video Pesan Berbisik Ini bisa melatih motorik Kasar Melalui Lompat Kodok Dan Berjalan Gig Zag ,Bahasa,Pendengaran,Sosial Emosional Saat Anak Menerima Kekalahan,Kognitif saat Anak Berimajinasi sesuai Pesan Yang diterima.

  2. Nama : Raodatul Jannah
    Nim : 858613375
    Semester : 4
    UT : Tarakan

    Pembelajaran yang dilakukan oleh guru lebih mendominasi proses daripada hasil karena kegiatan yang dilakukan yaitu memusatkan anak, pembelajaran yang dilakukan juga dapat menghasilkan proses yang baik dan dapat membantu anak belajar lebih efektif Mengenai konsep bahasa yang dilakukan melalui pembelajaran pesan berbisik, adanya sikap dan partisipasi yang aktif terjadi antara guru dan murid satu sama.
    Hasil yang didapatkan juga dari pembelajaran tersebut dapat lebih objektif dan mendalam, penerapan langsung pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga menjadikan anak lebih percaya diri dalam berekspresi dan adanya penambahan kosakata baru, melatih anak untuk mental dalam berbicara, serta bekerja sama antar tim.

  3. Nama: Lailatul syahidah ummina
    Nim: 858316439

    Komentar tentang Video “Pesan Berbisik”:
    1. Metode Pembelajaran yang Menarik:
    Video ‘Pesan Berbisik’ menghadirkan metode pembelajaran yang sangat menarik dan interaktif. Permainan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga mengajarkan pentingnya keterampilan komunikasi dan mendengarkan.”

    2. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat:
    “Permainan pesan berbisik dalam video ini sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat siswa. Mereka harus mendengarkan dengan seksama dan mengingat pesan untuk meneruskannya dengan benar.”

    3. Kolaborasi dan Kerja Sama:
    “Video ini juga menunjukkan pentingnya kerja sama dan kolaborasi antara siswa. Mereka belajar untuk bekerja dalam tim dan menghargai peran masing-masing anggota dalam menyampaikan pesan.

    Masukan dan Saran untuk Video “Pesan Berbisik”:

    1. Penyampaian Instruksi yang Lebih Jelas:
    “Sebaiknya instruksi untuk permainan disampaikan dengan lebih jelas dan rinci di awal video. Hal ini akan membantu siswa memahami aturan dan tujuan permainan sebelum memulai.”

    2. Peningkatan Kualitas Visual:
    “Kualitas visual dari video dapat ditingkatkan agar setiap detail permainan dapat terlihat dengan jelas. Ini penting terutama saat siswa berbisik dan meneruskan pesan.”

    3. Evaluasi dan Feedback:
    “Menambahkan sesi evaluasi dan feedback di akhir permainan akan sangat bermanfaat. Guru dapat memberikan umpan balik tentang kinerja siswa dan memberikan saran untuk perbaikan di masa depan.”

    4. Variasi dalam Pesan:
    “Menggunakan variasi pesan yang lebih kompleks dapat membuat permainan lebih menantang dan menarik. Pesan yang berbeda-beda akan menguji kemampuan siswa dalam memahami dan menyampaikan informasi secara lebih mendalam.”

    5. Penyertaan Semua siswa:
    “Pastikan bahwa semua siswa mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam permainan. Ini akan memastikan bahwa setiap siswa merasakan manfaat dari aktivitas ini dan merasa dihargai dalam proses pembelajaran.

  4. Assalamu’alaikum wr.wb
    Perkenalkan nama saya Yuli Yuliyani, NIM 857524807,UPBJJ Bandung.

    Dalam Video tersebut menggambarkan sebuah pendekatan kreatif dalam pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Permainan pesan berbisik yang disajikan dalam video memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk tidak hanya mengembangkan motorik kasar mereka melalui kegiatan fisik seperti berlari zig zag dan melompat, tetapi juga untuk menirukan gerakan yang ditunjukkan oleh gambar-gambar pada kartu yang digunakan guru.

    Pendekatan ini tidak hanya memberikan variasi dalam kegiatan pengembangan motorik anak, tetapi juga menambahkan unsur kesenangan dan interaktifitas. Anak-anak akan merasa tertarik dan terlibat dalam permainan tersebut, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dan berkembang.

    Selain itu, penggunaan kartu gambar sebagai alat bantu juga dapat membantu anak-anak dalam mengasosiasikan gerakan fisik dengan gambar-gambar yang mereka lihat, sehingga membantu memperkuat koneksi antara pikiran dan tubuh mereka.

    Secara keseluruhan, pendekatan ini menunjukkan betapa pentingnya kreativitas dan variasi dalam pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Melalui permainan yang menarik dan beragam seperti pesan berbisik ini, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak-anak.
    Terimakasih

  5. Assalamu’alaikum wr.wb
    Perkenalkan nama saya Yuli Yuliyani, NIM 857524807, UPBJJ Bandung

    Dalam video tersebut menggambarkan sebuah pendekatan kreatif dalam pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Permainan pesan berbisik yang disajikan dalam video memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk tidak hanya mengembangkan motorik kasar mereka melalui kegiatan fisik seperti berlari zig zag dan melompat, tetapi juga untuk menirukan gerakan yang ditunjukkan oleh gambar-gambar pada kartu yang digunakan guru.

    Pendekatan ini tidak hanya memberikan variasi dalam kegiatan pengembangan motorik anak, tetapi juga menambahkan unsur kesenangan dan interaktifitas. Anak-anak akan merasa tertarik dan terlibat dalam permainan tersebut, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dan berkembang.

    Selain itu, penggunaan kartu gambar sebagai alat bantu juga dapat membantu anak-anak dalam mengasosiasikan gerakan fisik dengan gambar-gambar yang mereka lihat, sehingga membantu memperkuat koneksi antara pikiran dan tubuh mereka.

    Secara keseluruhan, pendekatan ini menunjukkan betapa pentingnya kreativitas dan variasi dalam pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Melalui permainan yang menarik dan beragam seperti pesan berbisik ini, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak-anak.
    Terimakasih

  6. Nama : Kristin Mandalle
    NIM : 859879454
    Tanggapan :
    Judul Vidio : Pengembangan Motorik Anak TK Melalui Permainan Pesan Berbisik
    Ringkasan Vidio:
    Secara keseluruhan kegiatan bermain yang disusun oleh guru untuk mengembangkan motorik anak melalui permainan pesan berbisik sangat menyenangkan bagi anak diantaranya;
    1. Ketika anak berbalik meloncat seperti katak
    2. Ketka anak berlari dengan cepat
    3. Ketika anak memperagakan pesan sesuai imajinasinya

    Pada aspek bahasa diantaranya:
    1. Melatih anak mendengar pesan yang harus diterimanya
    2. anak belajar mengenal beragam kosa kata, yaitu saat menyampaikan pesan
    3. Menyebutkan pesak yang dibisikkan dengan keras

    Pada aspek emosi, yaitu anak-anak dapat bersikap sportif

    Pada aspek kognitif yaitu anak-anak berimajinasi saat memainkan kartu bergambar

    Terimakasih

  7. Nama : Ni Kadek Darmayanti Andriani
    NIM : 859038351

    Menurut saya informasi yang disajikan dalam vidio 2 ini sangat bermanfaat bagi saya, karena memberikan saya inpirasi dan dapat saya modifikasi sesuai dengan kegiatan tema yang akan dilaksanakan disekolah agar kegiatan lebih menarik bagi anak, dimana saya bisa menyediakan media seperti kartu/gambar. Dalam kegiatan dividio 2 ini selain melatih kemampuan motoric kasar dan bahasa anak, kegiatan ini juga untuk melatih kepekaan indra pendengaran dan konsetrasi anak.

  8. Nama : Tanti Muchtar
    NIM : 857777356
    Tujuan dari permainan pesan berbisik ini adalah untuk merangsang perkembangan motorik kasar anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Selain itu, melalui permainan ini, anak-anak juga dilatih untuk memahami instruksi dan mengekspresikan gerakan secara fisik.

    Permainan pesan berbisik merupakan salah satu alternatif kreatif bagi guru anak usia dini untuk menjadikan kegiatan pengembangan motorik lebih bervariasi dan menarik bagi anak-anak. Dengan melibatkan elemen permainan dan interaksi antar anak-anak, permainan ini tidak hanya membantu dalam pengembangan motorik, tetapi juga memperkuat koneksi sosial dan keterampilan koordinasi anak-anak.

  9. Perkenalkan nama saya ASWI NORDIA,,,permainan pesan berantai dalam video ini anak mampu mengembangkan motorik,bahasa,dan memerlukan kerjasama antar tim dengan baik,,
    Tetetapi terkadang ada beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan ini.

  10. Nama : Uswatun Khasanah
    NIM : 857779637

    Dengan pembelajaran pesan berbisik, akan melatih motorik pada anak, terutama dalam bahasa. Anak dapat melatih kosa kata, pengenalan kosa kata melalui berbagai media, menyebutkan bahasa yang sesuai dan melatih tanggung jawab terhadap anak dalam penyampaian pesan sampai selesai.

Leave a Reply