silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
NAMA : AINUN MUDRIFAH
NIM : 858756466
Video pesan berbisik tersebut memberikan contoh yang sangat baik tentang bagaimana guru dapat menggunakan permainan kreatif untuk mengembangkan keterampilan motorik anak-anak. Berikut tentang pembelajaran motorik anak usia dini yang terlihat dalam video :
1. Aktivitas yang Menarik: Melalui permainan pesan berbisik, anak-anak terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan dan menarik. Mereka tidak hanya belajar melalui kegiatan fisik, tetapi juga merasa terlibat secara emosional karena suasana kelas yang riuh rendah dan antusias.
2. Keterampilan bahasa : melalui kegiatan bercerita dengan boneka dan bercakap-cakap atau bertanya jawab. Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan dengan baik dan berkomunikasi yang sopan.
3. Pengembangan Keterampilan Motorik Halus dan Kasar: Aktivitas seperti berlari zig zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan membantu dalam pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar. Gerakan-gerakan ini membantu memperkuat otot-otot mereka serta meningkatkan koordinasi dan keseimbangan.
4. Pembelajaran Visual dan Kognitif: Anak-anak juga belajar secara visual dan kognitif melalui permainan ini. Mereka harus melihat gambar-gambar pada kartu dan menafsirkannya dengan benar untuk melakukan gerakan yang sesuai.
5. keterampilan sosial dan emosional : permainan ini juga mendorong kolaborasi dan interaksi sosial di antara anak-anak. Mereka belajar bekerja sama dalam tim, mendukung satu sama lain, dan menghargai perbedaan. Ini penting untuk pengembangan keterampilan sosial-emosional mereka.
6. Kesempatan untuk Kreativitas: Guru memberikan ruang bagi kreativitas anak-anak dengan memungkinkan mereka menirukan gerakan-gerakan yang mereka lihat di kartu. Hal ini mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan merasakan kebebasan berekspresi.
video tersebut menyajikan pendekatan yang holistik dalam pengembangan keterampilan motorik anak usia dini, yang mencakup aspek fisik, Bahasa, kognitif, sosial, dan emosional. Ini adalah contoh bagaimana pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan yang dapat membantu anak-anak tumbuh dan berkembang secara optimal.
NAMA : AINUN MUDRIFAH
NIM : 858756466
Video pesan berbisik tersebut memberikan contoh yang sangat baik tentang bagaimana guru dapat menggunakan permainan kreatif untuk mengembangkan keterampilan motorik anak-anak. Berikut tentang pembelajaran motorik anak usia dini yang terlihat dalam video :
1. Aktivitas yang Menarik: Melalui permainan pesan berbisik, anak-anak terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan dan menarik. Mereka tidak hanya belajar
melalui kegiatan fisik, tetapi juga merasa terlibat secara emosional karena suasana kelas yang riuh rendah dan antusias.
2. Keterampilan bahasa : melalui kegiatan bercerita dengan boneka dan bercakap-cakap atau bertanya jawab. Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan
keterampilan mendengarkan dengan baik dan berkomunikasi yang sopan.
3. Pengembangan Keterampilan Motorik Halus dan Kasar: Aktivitas seperti berlari zig zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan membantu dalam
pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar. Gerakan-gerakan ini membantu memperkuat otot-otot mereka serta meningkatkan koordinasi dan
keseimbangan.
4. Pembelajaran Visual dan Kognitif: Anak-anak juga belajar secara visual dan kognitif melalui permainan ini. Mereka harus melihat gambar-gambar pada kartu
dan menafsirkannya dengan benar untuk melakukan gerakan yang sesuai.
5. keterampilan sosial dan emosional : permainan ini juga mendorong kolaborasi dan interaksi sosial di antara anak-anak. Mereka belajar bekerja sama dalam
tim, mendukung satu sama lain, dan menghargai perbedaan. Ini penting untuk pengembangan keterampilan sosial-emosional mereka.
6. Kesempatan untuk Kreativitas: Guru memberikan ruang bagi kreativitas anak-anak dengan memungkinkan mereka menirukan gerakan-gerakan yang mereka
lihat di kartu. Hal ini mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan merasakan kebebasan berekspresi.
video tersebut menyajikan pendekatan yang holistik dalam pengembangan keterampilan motorik anak usia dini, yang mencakup aspek fisik, Bahasa, kognitif, sosial, dan emosional. Ini adalah contoh bagaimana pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan yang dapat membantu anak-anak tumbuh dan berkembang secara optimal.
Nama : Cucu Carwati
NIM : 857531218
video 1 berjudul pesan berbisik ,saya pernah mempraktekkannya tetapi tidak memakai gambar-gambar hanya menggunakan kata-kata saja ,dengan menonton video ini ilmu saya bertambah luas dan terbuka.
Video 2 berjudul senam tradisional ,saya akan mempraktikannya di sekolah sangat membuka cara berpikir saya bahwa senam bisa memakai lagu tradisional dan tariannya juga sangat bagus untuk memperkenalkan secara langsung kepada anak tarian dan musik tradisional agar tetap dilestarikan anak-anak penerus bangsa
NAMA : AINUN MUDRIFAH
NIM : 858756466
Video pesan berbisik tersebut memberikan contoh yang sangat baik tentang bagaimana guru dapat menggunakan permainan kreatif untuk mengembangkan keterampilan motorik anak-anak. Berikut tentang pembelajaran motorik anak usia dini yang terlihat dalam video :
1. Aktivitas yang Menarik: Melalui permainan pesan berbisik, anak-anak terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan dan menarik. Mereka tidak hanya belajar
melalui kegiatan fisik, tetapi juga merasa terlibat secara emosional karena suasana kelas yang riuh rendah dan antusias.
2. Keterampilan bahasa : melalui kegiatan bercerita dengan boneka dan bercakap-cakap atau bertanya jawab. Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan
keterampilan mendengarkan dengan baik dan berkomunikasi yang sopan.
3. Pengembangan Keterampilan Motorik Halus dan Kasar: Aktivitas seperti berlari zig zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan membantu dalam
pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar. Gerakan-gerakan ini membantu memperkuat otot-otot mereka serta meningkatkan koordinasi dan
keseimbangan.
4. Pembelajaran Visual dan Kognitif: Anak-anak juga belajar secara visual dan kognitif melalui permainan ini. Mereka harus melihat gambar-gambar pada kartu
dan menafsirkannya dengan benar untuk melakukan gerakan yang sesuai.
5. keterampilan sosial dan emosional : permainan ini juga mendorong kolaborasi dan interaksi sosial di antara anak-anak. Mereka belajar bekerja sama dalam
tim, mendukung satu sama lain, dan menghargai perbedaan. Ini penting untuk pengembangan keterampilan sosial-emosional mereka.
6. Kesempatan untuk Kreativitas: Guru memberikan ruang bagi kreativitas anak-anak dengan memungkinkan mereka menirukan gerakan-gerakan yang mereka
lihat di kartu. Hal ini mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan merasakan kebebasan berekspresi.
video tersebut menyajikan pendekatan yang holistik dalam pengembangan keterampilan motorik anak usia dini, yang mencakup aspek fisik, Bahasa, kognitif, sosial, dan emosional. Ini adalah contoh bagaimana pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan yang dapat membantu anak-anak tumbuh dan berkembang secara optimal.
NAMA : AINUN MUDRIFAH
NIM : 858756466
Video pesan berbisik tersebut memberikan contoh yang sangat baik tentang bagaimana guru dapat menggunakan permainan kreatif untuk mengembangkan keterampilan motorik anak-anak. Berikut tentang pembelajaran motorik anak usia dini yang terlihat dalam video :
>> Aktivitas yang Menarik: Melalui permainan pesan berbisik, anak-anak terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan dan menarik. Mereka tidak hanya belajar
melalui kegiatan fisik, tetapi juga merasa terlibat secara emosional karena suasana kelas yang riuh rendah dan antusias.
>> Keterampilan bahasa : melalui kegiatan bercerita dengan boneka dan bercakap-cakap atau bertanya jawab. Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan
keterampilan mendengarkan dengan baik dan berkomunikasi yang sopan.
>> Pengembangan Keterampilan Motorik Halus dan Kasar: Aktivitas seperti berlari zig zag, melompat, dan menirukan berbagai gerakan membantu dalam
pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar. Gerakan-gerakan ini membantu memperkuat otot-otot mereka serta meningkatkan koordinasi dan
keseimbangan.
>>Pembelajaran Visual dan Kognitif: Anak-anak juga belajar secara visual dan kognitif melalui permainan ini. Mereka harus melihat gambar-gambar pada kartu
dan menafsirkannya dengan benar untuk melakukan gerakan yang sesuai.
>> keterampilan sosial dan emosional : permainan ini juga mendorong kolaborasi dan interaksi sosial di antara anak-anak. Mereka belajar bekerja sama dalam
tim, mendukung satu sama lain, dan menghargai perbedaan. Ini penting untuk pengembangan keterampilan sosial-emosional mereka.
>> Kesempatan untuk Kreativitas: Guru memberikan ruang bagi kreativitas anak-anak dengan memungkinkan mereka menirukan gerakan-gerakan yang mereka
lihat di kartu. Hal ini mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan merasakan kebebasan berekspresi.
video tersebut menyajikan pendekatan yang holistik dalam pengembangan keterampilan motorik anak usia dini, yang mencakup aspek fisik, Bahasa, kognitif, sosial, dan emosional. Ini adalah contoh bagaimana pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan yang dapat membantu anak-anak tumbuh dan berkembang secara optimal.
Tiurma Yuliana Br Situmorang
858188359
Kegiatan bermain pesan berbisik, pernah saya lakukan di kelas yang saya bimbing.
Kegiatan ini, membantu anak dalam pengembangan bahasa anak. selain yang di jelaskan dalam video ini, permainan pesan berbisik juga menambah keakraban dan keceriaan pada saat anak bermain, umumnya ada beberapa anak yang salah dalam pengucapan sehingga mengubah makna yang sesungguhnya.
Video pengembangan kemampuan dasar ini sangat membantu, agar dapat saya terapkan di kelas bimbingan saya.
Demikan tanggapan saya .
Salam Sehat Selalu.
NAMA :NABELA MARYAMA
NIM :858957555
UPBJJ
NAMA :NABELA MARYAMA
NIM :858957555
Dengan vidio di atas dapat menambah pengetahuan saya dalam cara mendidik anak dan juga membuat saya dapat menmbah informasi cara yang baik dan benar dalam mendidik anak dan juga dapat mengetahui cara bermain yang menyenangkan tentunya.
Nama : Tri Wahyuni Estiningsih
NIM : 857994084
Vidio tersebut berguna sekali untuk mengembangkan motorik kasar, melalui jalan zig zag, menirukan gerakan pada gambar yang lebih bervareasi dan menarik.
cara ini akan saya praktekkan di kelas, untuk melatih pendengaran, pengena;lan kosakata, pengenalan tulisan, dan pengemnbangan bahasa melalui mengucapkan pesan.
Assalamualaikum wr.wb
Alhamdulillah dengan adanya Video senam tradisional memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh pemirsa, antara lain:
1. Pelestarian Budaya dan Tradisi:
– Video senam tradisional membantu dalam melestarikan budaya dan tradisi lokal yang terkait dengan gerakan dan musik tradisional.
2. Kesehatan dan Kebugaran:
– Senam tradisional sering kali melibatkan gerakan-gerakan yang melibatkan seluruh tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan kebugaran, fleksibilitas, dan kesehatan secara keseluruhan.
3. Relaksasi dan Kesejahteraan Emosional:
– Senam tradisional sering kali diiringi dengan musik yang menenangkan dan gerakan yang lembut, sehingga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, dan kesejahteraan emosional.
4. Pengenalan Budaya dan Nilai-nilai Tradisional:
– Melalui video senam tradisional, penonton dapat diperkenalkan pada budaya dan nilai-nilai tradisional yang terkait dengan gerakan dan musik tradisional tersebut.
5. Peningkatan Koneksi dengan Warisan Budaya:
– Menonton dan mengikuti senam tradisional dalam video dapat membantu penonton merasa terhubung dengan warisan budaya dan tradisi nenek moyang mereka.
6. Pengalaman Belajar yang Menyenangkan:
– Senam tradisional dalam video dapat menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif, terutama bagi mereka yang tertarik dalam seni dan budaya tradisional.
7. Inspirasi untuk Kreativitas:
– Video senam tradisional dapat menjadi sumber inspirasi untuk kreativitas dalam gerakan, musik, dan penggabungan elemen-elemen tradisional dengan kontemporer.
Dengan manfaat-manfaat tersebut, video senam tradisional tidak hanya memberikan kebugaran fisik, tetapi juga mendukung pelestarian budaya, kesehatan mental, dan koneksi dengan warisan budaya yang kaya dan beragam.