silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Nama: Sarifatun Khasanah
NIM : 857607877
Permainan pesan berbisik memang mudah diterapkan karena tidak membutuhkan alat. Bermain pesan b@erbisik dalam vidio melatih motorik anak
Nama : sarifatun khasanah
NIM : 857607877
Permainan pesan berbisik memang mudah diterapkan karena tidak membutuhkan alat. Bermain pesan berbisik dalam vidio diatas bertujuan untuk melatih motorik anak karena anak diminta memeragakan sesuai nama yang didengar serta berlatih berjalan zig zag. Selain untuk mengembangkan motorik, kegiatan ini juga mengembangkan bahasa anak. Permainan yang kreatif, karena dalam satu permainan sudah dapat menstimulasi dua aspek perkembangan sekaligus.
Vidio yang inspiratif
Nama : Pawitna Sari
NIM : 822179953
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Video ini sangat bermanfaat bagi saya.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaarakatuh.
Nama: Nia Marda Widuri
Nim: 856646575
Judul vidio: Pesan Berbisik
Masa usia dini adalah masa yang paling efektif untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak.
Salah satu perkembangan yang sangat penting untuk distimulasi adalah perkembangan motorik dan bahasa.
Salah satu alternatif yang dapat mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak secara terpadu yaitu melalui permainan pesan berbisik.
Permainan pesan berbisik merupakan permainan tanpa alat dan permainan yang bisa dilakukan kapan saja. Permainan ini bersifat konpetetif antara dua kelompok anak dengan masing-masing terdiri dari 3-10 orang anak dan terdiri dari anak laki-laki maupun anak perempuan, sehingga menimbulkan kebanggaan kepada kelompok yang memperoleh kemenangan.
Dalam permainan pesan berbisik ini perkembangan motorik kasar anak dapat distimulasikan melalui beberapa kegiatan yaitu:
1. Ketika berbalik dengan cara melompat seperti katak
2. Ketika dia menjadi pemain terakhir dia harus berlari kedepan dengan cepat secara zig zag
3. Ketika anak melakukan atau memperagakan isi pesan sesuai dengan imajinasinya
Dalam permainan pesan berbisik ini perkembangan bahasa anak dapat distimulasikan melalui beberapa kegiatan yaitu:
1. Melatih pendengaran pesan
2. Pengenalan beragam kosa kata secara lisan
3. Pengenalan beragam kosa kata melalui tulisan
4. Menyebutkan pesan yang dibisikkan dengan suara keras.
Vidio ini sangat bermanfaat bagi saya dan mudah dipahami. Solusi yang diberikan dalam vidio bisa diterapkan disekolah untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar dan bahasa anak.
Nama : Eka Nurdianti
NIM : 857357692
video di atas sangat bermanfaat dan membantu dalam pengelolaan kelas saya untuk mengajar anak usia dini dengan suasana yang kondusif dan efektif dalam mengembangan aspek kemampuan anak. Upaya guru anak usia dini dalam menerapkan permainan pesan berbisik dalam video di atas memberikan pengembangkan keterampilan motorik anak yang baik. Dalam permainan pesan berbisik ini, selain dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. tetapi juga permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Nama : Dwi Wahyu Julia Sari
NIM : 858756918
Dalam vidio pesan berbisik menjelaskan kemampuan motorik yang dimiliki anak melalui permainan pesan berbisik. Kemampuan motorik yang dikembangkan dalam permainan ini merupakan kemampuan motorik kasar, selain itu terdapat pula kemampuan bahasa yang dapat dikembangkan melalui permainan tersebut. Sehingga permainan tersebut sanggat berguna bagi pendidik PAUD sebagai salah satu contoh permainan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan motorik dan kemampuan bahasa serta dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.
Nama : Safira Putri Agustin
Nim : 858966318
Menurut saya dapat dipelajari dari video tersebut adalah kita sebagai guru dapat melatih perkembangan motorik anak dengan melakukan permainan pesan berbisik permainan yang tidak menggunakan alat dan dapat dilakukan kapan saja.
Nama :Ruwanti
Nim. :857994812
Vidio ini sangat bermanfaat untuk memberikan metode pengajaran yang menyeluruh yang dapat mengembangkan aspek ,bahasa dengan kosa kata /pesan yang disampaikan kepada teman ,motorik kasar dengan berlari zig zag dan juga saat memperagakan pesan yang akan disampaikan kelenturan tubuh saat bergerak,dan juga kognitif,anak akan berpikir dengan melihat gerakan dan menambah kosa kata atau kemampuan berbahasa anak
Dari video tersebut merupakan sebuah permainan yang menyenangkan sekaligus pembelajaran yang dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak.
Seperti kemampuan motorik anak terutama motorik kasar, dimana anak memperagakan gerakan binatang katak dengan melompat, serta berlari. Selain itu permainan ini dilakukan secara kelompok yang dapat menjalin interaksi sosial untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak serta sekaligus dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan juga kemampuan kognitif saat anak berimajinasi untuk menebak binatang apa yang diperagakan.
Nama : HALIDAE
NIM : 858191823
Prodi : PGPAUD
TUGAS : Sesi 7. Guru/ pendidik PAUD yang “kaya”
Video ini secara efektif mengajarkan keterampilan motorik melalui aktivitas yang menarik dan interaktif. Peningkatan visualisasi dan kejelasan instruksi dapat lebih memudahkan anak-anak dalam mengikuti kegiatan, sementara saran tentang keamanan akan membantu menciptakan lingkungan bermain yang aman.