silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

539 Comments

  1. Nama: Nurul khayatul Qilmi
    Nim : 857631775
    UT Purwokerto, Salut Cilacap
    Dalam video pesan berbisik menggambarkan seorang guru Paud yang “kaya” . Yaitu memiliki kemampuan memodifikasi metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Guru mengajak anak bermain sambil belajar. Permainan “pesan berbisik” ini dapat mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak secara terpadu. Tidak hanya itu, permainan ini dapat mengembangkan sosial emosional dan kognitif anak.

  2. Video tersebut menggambarkan sebuah pendekatan inovatif yang dilakukan oleh seorang guru anak usia dini untuk mengembangkan keterampilan motorik anak melalui permainan yang menarik dan bervariasi. Dalam video tersebut guru mengajak anak untuk melakukan permainan pesan berbisik. Permainan berbisik adalah penyampaian pesan secara berantai dari satu anak ke anak yang lain. Tapi ada modifikasi yang dilakukan oleh guru dengan menambahkan kegiatan motoric. Dengan menggabungkan permainan fisik dan aktivitas menyenangkan, guru membuat proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Sehingga anak-anak tampak ikut berpartisipasi dan antusiasme dalam mengikuti kegiatan tersebut.

  3. menurut saya video pesan berbisik sangat menarik.. menginspirasi saya sebagai guru paud
    selain menarik tanpa di sadari walaupun terlihat main tapi banyak pembelajaran dialam permainan tersebut
    karena memang sejatinya PAUD adalah bermain sambil belajar

  4. sebagai guru paud
    saya sangat terinspirasi dengan adanya video tersebut
    menurut saya permainan pesan berbisik selain menyenangkan juga anak akan banyak mendapatkan pembelajaran dari permainan tersebut
    karena memang anak akan tertarik belajar ketika terlihat menarik dan menyenangkan

  5. Nama : Dina Khouf Nurul Karomah
    NIM : 857380947
    Mata Kuliah : Profesionalitaas Guru PAUD
    Pokjar : Bogor Utara
    Anak-anak belajar untuk meniru gerakan atau menyalin pola visual saat bermain pesan berbisik. Hal ini membantu dalam pengembangan persepsi visual-motorik mereka, di mana mereka menghubungkan apa yang mereka lihat dengan gerakan fisik yang dilakukan. ermain pesan berbisik juga melibatkan koordinasi antara berbagai bagian tubuh, seperti tangan, mata, dan kadang-kadang kaki. Ini membantu dalam pengembangan keterampilan koordinasi tubuh secara keseluruhan. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan anak-anak untuk berkonsentrasi dan fokus pada tugas-tugas yang memerlukan perhatian terbagi antara instruksi yang diterima dan tindakan yang harus dilakukan. Melalui bermain pesan berbisik, anak-anak dapat mengembangkan berbagai keterampilan motorik yang penting untuk perkembangan mereka secara keseluruhan, sambil tetap terlibat dan bersenang-senang dalam prosesnya.

  6. NAMA:FRISKA
    NIM:858103391
    PRODI:PGPAUD
    Menurut saya pada video seri pembelajaran pesan berbisik yang saya tonton sangat bagus sekali untuk pengembangan motorik dan bahasa anak.guru mengajar kan anak menstimulasi dengan mendengar dan bercerita.ini bertujuan untuk melatih pendengaran anak dan penyampaian bahasa anak melalui berbicara dengan baik kepada teman-teman dan guru nya.

  7. Nama : Umilah
    NIM : 857757662
    Prodi. : PGPAUD
    Pokjar : Semarang
    Setelah saya menonton video “pesan berbisik” ini, menurut saya video tersebut sangat menarik. Dalam video tersebut guru mempunyai berbagai macam cara yang unik dan bervariasi untuk meningkatkan perkembangan ketrampilan motorik dan bahasa pada anak. Ini sangat bagus untuk menjadi gaya tarik anak usia dini dalam belajar. Guru mengembangkan ketrampilan motorik dan bahasa anak lewat mendengarkan, mengulang kata, menirukan gerak binatang serta bermain kartu huruf. Dengan media pembelajaran bervariasi dan menarik tersebut anak sangat bersemangat dalam belajar serta menjadikan anak tidak bosan dalam kelas.

  8. vidionya bagus sekali. kegiatan yang sangat menyenangkan buat anak anak. kegiatan pesan berbisik ini dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak, ditambah lagi dengan modivikasi kegiatan motorik, semakin seru dan kemampuan motoriknya juga bertambah baik. melatih anak memahami suatu perintah. juga membuat hubungan antara guru dan anak, anak denagn teman semakin dekat.

  9. Nama : zianatussa’adah
    Nim :858304538
    Menurut saya pada video seri pembelajaran pesan berbisik yang saya tonton sangat bagus sekali untuk pengembangan motorik dan bahasa anak.guru mengajar kan anak menstimulasi dengan mendengar dan bercerita.ini bertujuan untuk melatih pendengaran anak dan menyampaikan bahasa anak melalui berbicara dengan baik kepada teman-teman dan gurunya.

  10. Menurut saya pada video seri pembelajaran pesan berbisik yang saya tonton sangat bagus sekali untuk pengembangan motorik dan bahasa anak.guru mengajar kan anak menstimulasi dengan mendengar dan bercerita Anak-anak belajar untuk meniru gerakan atau menyalin pola visual saat bermain pesan berbisik. Hal ini membantu dalam pengembangan persepsi visual-motorik mereka, di mana mereka menghubungkan apa yang mereka lihat dengan gerakan fisik yang dilakukan. ermain pesan berbisik juga melibatkan koordinasi antara berbagai bagian tubuh, seperti tangan, mata, dan kadang-kadang kaki. Ini membantu dalam pengembangan keterampilan koordinasi tubuh secara keseluruhan. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan anak-anak untuk berkonsentrasi dan fokus pada tugas-tugas yang memerlukan perhatian terbagi antara instruksi yang diterima dan tindakan yang harus dilakukan. Melalui bermain pesan berbisik, anak-anak dapat mengembangkan berbagai keterampilan motorik yang penting untuk perkembangan mereka secara keseluruhan, sambil tetap terlibat dan bersenang-senang dalam prosesnya.

Leave a Reply