silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.
Sri Tatminingsih
–
–
a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.
b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.
d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.
Rahmawati
Assalammualaikum wr.wb
Nama : Tarri Oftayani
Nim : 856820939
Izin menanggapi mengenai video diatas mengenai permainan pesan berbisik pada anak usia dini,yang dapat saya tanggap dari video diatas:
1.Reaksi anak terhadap kegiatan permainan pesan berbisik anak sangat merasa senang karena kegiatan dilakukan sambil bermain selain itu juga anak dapat menggembangkan fisik motorik kasar pada anak seperti berlari zig zag,melompat serta anak juga dapat menirukan berbagai gerakan .
2.menurut saya kelemahan guru dalam kegiatan pembelajaran ini yaitu sebaiknya guru lebih menata tempat sebelum melakukan kegiatan kemudian sebaiknya pada saat melakukan kegiatan bisik berantai anak-anak duduk melingkar saja.
3.Kelebihan guru dapat mengajak anak bermain sambil belajar dengan baik seperti anak dapat melakukan hal-hal sesuai bidang pengembangan bahasa serta motorik kasar pada anak.
4.Hal-hal unik anak dapat dengan tertib mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut kemudian anak juga dapat memahami apa yang disampai guru.
5.upaya usulan untuk kedepannya lebih memanilisirkan keadaan kelas,lebih mencari hal-hal yang lebih menarik perhatian anak seperti melakukan kegiatan menari sambil bernyanyi kemudian untuk lebih menggunakan alat peraga alami seperti terbuat dari bahan alam atau dalam
Kegiatan berbisik anak-anak dapat menggunakan media visual audio.
Video ini menunjukkan upaya seorang guru anak usia dini dalam menerapkan permainan pesan berbisik untuk mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan ini, anak-anak berlari zig-zag, melompat, dan meniru berbagai gerakan sesuai kartu yang disediakan. Metode ini menjadi alternatif menarik bagi guru untuk memperkaya kegiatan pengembangan motorik anak dan menjaga keterlibatan mereka.
Wassalammualaikum wr.wb
Nama : Nita Fitriani
NIM : 857441743
Berdasarkan vidio yang saya lihat mengenai “Menanamkan Kejujuran Anak melalui Cerita” dalam pembelajaran diatas peran pendidik dalam mengajak anak-anak mendengarkan cerita sangat baik. penyampaian cerita yang sederhana dengan intonasi yang tepat dapat dimengerti oleh anak, pemilihan buku cerita yang tepat menampilkan gambar-gambar yang dapat menarik minat anak terbukti dari anak-anak dengan seksama mendengarkan cerita tanpa ribut dan mendengarkan dengan antusias. menanamkan kejujuran melalui cerita sangat efektif digunakan untuk PAUD pembiasaan secara tidak langsung salah satuya dengan cerita ini. biasanya anak akan lebih mudah mengingatnya, diakhir cerita pun pendidik menanyakan kembali apa yang telah didengar anak dalan cerita dan membuat kalimat pertanyaan yang membuat anak berpikir, mengutarakan pendapatnya. dan tidak lupa pendidik pun memberikan pesan moral yang terkandung di dalam cerita tersebut. dengan seiring waktu anak-anak pun akan senantiasa dapat membedakan perilaku yang baik dan perlu di contoh dalam kehidupa seharihari nya.
tentunya pembelajaran diatas dapat kita kembangkan dan terapkan di sekolah masing-masing, karena menurut saya pribadi sangat bagus dan membantu dalam pembiasaan di sekolah untuk anak-anak.
terimakasih,
Nama: Nur’aida Fitri
Nim: 856032155
Assalamualaikum berdasarkan video diatas mengenai kegiatan “pesan berbisaik”kegiatan ini dapat membantu saya ingat anak dalam mengingat sesuatu bersama teman temannya dalam sebuah permainan yang dibuat pendidik, kegiatan ini juga bisa mengukur tingkat kecakapan anak dan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik.
Nama : Wilda Fahriyah
Nim : 859939789
Berdasarkan video tersebut “Permainan Berbisik” adalah aktivitas yang melibatkan komunikaasi dan interaksi sosial yang menyenangkan di antara anak-anak yang sangat mengembangkan keterampilan dan merupakan alat pendidikan yang efektif untuk mengembangkan keterampilan mendengakan, berbicara, bahasa, sosial,emosiaonal,kreatifitas dan imajinasi pada anak-anak. saat melakukan pendekatan yang tepat permainan ini dapat menjadi bagian integral dari kurikulum Paud yang mendukung perkembangan holistik anak.
Nama : Diana Nur Aisyah
Nim : 877837639
UPbjj : Bandung
Asalamualaikum, berdasarkan dengan video yang saya lihat tentang pesan berbisik kegiatan yang melatih anak dalam daya ingat anak, konsentrasi anak, bahasa, dan kejujuran, dalam permainan ini anak dapat berkonsentrasi agar tidak salah menyampaikan pesan kepada temannya, menambah kosakata anak. permainan ini permainan yang di sukai oleh anak-anak didik saya sebelum kami melakukan kegiatan inti.
Nama : Aura fatya amatullah
Nim : 857441428
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kegiatan belajar anak bermain permainan pesan berbisik,ketika diminta guru untuk menyampaikan pesan serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh kepada anak. Anak cenderung bingung dan lupa apa yang guru bisikan. Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan bermain pesan berbisik); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru. Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap menyimak dan berbicara, sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum
Dalam video “Pesan Berbisik” kegiatan bermain sudah sangat menarik, sebelum bermain pesan berbisik anak berjalan zig zag, melompat katak, terlebih dahulu untuk melatih perkembangan motorik kasar anak, kemudian untuk melatih perkembangan bahasa anak dengan cara bercerita menggunakan media boneka yang menarik bagi anak, melakukan tanya jawab dengan anak menggunakan media kartu bergambar, dan bermain pesan berbisik dengan membagi 2 kelompok yang dapat melatih anak untuk menyampaikan pesan dengan sesuai. saran saya untuk berjalan zig zag bisa diberi garis zig-zag sehingga anak bisa mengenal garis zigzag dan berjalan sesuai garis.
Nama : Husnul Khatimah
Nim : 859177642
Menurut saya tentang video diatas, permainan pesan berbisik tidak hanya mengembangkan keterampilan motorik halus melalui aktivitas mendengar dan berbicara, tetapi juga meningkatkan keterampilan komunikasi, konsentrasi, serta kemampuan sosial anak. Anak belajar bekerja sama, mendengarkan dengan saksama, dan menyampaikan pesan secara jelas, yang mendukung perkembangan kognitif dan sosial-emosional mereka.
Nama : Husnul khatimah
Nim : 859177642
Menurut saya tentang video diatas. Permainan pesan berbisik tidak hanya mengembangkan keterampilan motorik halus melalui aktivitas mendengan dan berbicara, tetapi juga meningkatkan keterampilan komunikasi, konsentrasi, serta kemampuan sosial anak. Dalam video tersebut anak belajar bekerja sama, mendengarkan dengan seksama, dan menyampaikan pesan secara jelas. Guru juga sangat bagus dalam mengarahkan anak-anak dalan permainan bisik tersebut.ds,
Assalamualaikum..
Izin menanggapi terkait video diatas yang berjudul “Pesan Berbisik”.
Pada kegiatan anak di atas, terlihat banyak Aspek perkembangan yang di stimulasi, Diantara nya :
1. Perkembangan Sosial : Pada kegiatan permainan pesan berbisik ini, anak di latih melakukan secara tim atau kelompok dimana setiap anak akan estafet dalam menyampaikan informasi kata yang sudah di terimanya kepada teman lainnya. Secara tidak langsung ada pembelajaran sosial antar sesama yang di sebut kerjasama yang anak jalani. Hal ini tentu melatih perkembangan dari sisi Sosial nya.
2. Perkembangan Kognitif : Di kegiatan ini penerimaan informasi lewat pesan berbisik, melatih kognitif anak dalam mengingat kata atau kalimat yang di sampaikan, jelas ini menjadi hal yang melatih otak dan kognitif pada anak tersebut.
3. Perkembangan Bahasa : Stimulasi pada kegiatan ini jelas mempunyai pengaruh besar dalam Perkembangan Bahasa pada anak usia dini, diama anak tersebut harus menyampaikan kalimat yang secara tidak langsung menambah kosakata bahasa nya. Pada permainan pesan berbisik ini anak anak tentu terstimulasi pada perkembangan bahasa nya.
4. Perkembangan Moral : Game Pesan berbisik ini dilakukan dengan mentaati peraturan, mereka dengan senang hati duduk berbaris dan menunggu giliran untuk temannya membisikan kalimat ke telinganya. Hal ini perlu di apresiasi karna tidak mudah bagi anak bisa disiplin jika mereka tidak merasa nyaman. Makan permainan ini melatih anak merasa senang untuk belajar disiplin.
5. Perkembangan Fisik motorik : Dimana pada permainan ini organ telinga dan tangan secara otomatis bekerja, telinga di siapkan untuk menyimak bisikan kalimat dari temannya, dan berbisik membuat tangan berpartisipasi dalam menutupi hembusan suara yang masuk ke telinga, di akhir kegiatan anak juga di minta melompat menirukan katak, berjalan mengekor kepada guru dan berlari secara zigzag. Hal ini jelas membantu perkembangan fisik motorik anak.