silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Menurut saya bagus juga kegiatan kolaborasi senam dan tari dengan iringan irama gamelan ini untuk diterapkan dalam pendidikan anak usia dni untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar. Seperti banyak yang mengatakan pada waktu ibu hamil untuk menstimulus bayi yang ada dalam kandungan dengan mendengarkan musik tradisional seperti suara gamelan. Selain untuk mengembangkan motorik juga bisa untuk mengenalkan juga seni kepada anak melalui musik tradisional dan gerakan tari yang disajikan
Mengajarkan anak senam dengan musik tradisional akan menambah kecintaan dan wawasan anak terhadap warisan budaya. Selain itu motorik kasar dan juga sosial emosionalnya juga terstimulasi dengan baik. Akan tetapi seyogyanya gerakan yang diciptakan tidak terlalu sulit, dan banyak variasi. Akan lebih mudah dilakukan anak apabila gerakan mudah dan berulang tetapi tetap sesuai dengan ketukan nadanya. Ketepatan nada dan gerakan juga melatih konsentrasi dan koordinasi dalam melakukan tindakan yang lebih terkoordinir
Nama : Arum Eka Pratiwi
NIM : 858566774
Prodi : PGPAUD
Menurut saya memang kegiatan senam mungkin membosankan bagi beberapa anak, terutama bagi mereka yang kurang aktif. Dalam hal ini pastinya guru akan mengusahakan bagaimana caranya supaya anak didik melakukan beberapa gerakan agar motorik mereka berkembang dengan baik. Salah satu cara yang dilakukan dalam video sudah tepat yaitu memberi gerakan senam yang variatif dengan senam tradisional beriring gamelan, sehingga menumbuhkan rasa keingintahuan anak untuk melihat dan mengikutinya. Selain itu mengajarkan kebudayaan tradisional pada anak memang diperlukan supaya anak-anak dapat mengenal budaya sendiri
Nama : Dian ayu paramita
NIM : 858830666
Dalam Video yang berjudul senam tradisional, guru sudah mampu mengajak anak-anak untuk melatih motorik kasar dengan cara senam. anak-anak tampak bersemangat dan antusias untuk mengikuti gurunya. dalam video guru tersebut mengajak anak-anak untuk melakukan senam dengan iringan musik tradisional dan dengan gerakan tari-tarian. hal ini bertujuan untuk mengenalkan tari sekaligus lagu tradisional kepada anak. agar kelak budaya yang kita miliki tetap lestari. namun kebanyakan anak-anak kurang berminat melakukan kegiatan senam, apalagi dengan lagu tradisional. seperti disekolah saya, ketika hari jumat melakukan senam dengan musik tradisional, anak-anak tampak bermalas-malasan dan bermain sendiri dengan teman. ketika ditanya mereka menjawab tidak suka lagunya tidak bersemangat, selain itu, gerakan senam tradisional juga terlalu halus sehingga mereka kurang tertarik. namun ketika hari sabtu, kita memberikan lagu senam yang lagi viral seperti aia susanti mereka tampak bersemangat, mengikuti gerakan senam dengan tersenyum. inilah cara saya untuk tetap mengajak anak senang melakukan senam, dengan berganti lagu, mulai dari tradisional, senam ceria atau menggunakan lagu yang disukai anak-anak sekarang. namun tetap mengenalkan musik-musik tradisional kepada anak
nama : darsini
nim : 825845071
kegiatan senam pagi di sekolah tempat saya bekerja di laksanakan setiap hari sebelum kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kegiatan senam ini seharusnya menjai kegiatan yang menyenagkan bagi anak usia dini, namun pada kenyataan nya anak anak sering merasa bosan karena kegiatan senam di di sekolah kami di lakukan dengan iringan musik yang itu itu saja, anak anak merasa bosan dan tidak mau mengikuti gerakan senam di karenakan merasa capek, maka dari itu kami selaku pendidik mengganti musik dan gerakan senam dengan iringan musik tari dampeng yang merupakan tarian khas daerah kami yaitu suku singkil, selain untuk kegiatan senam, tujuan kami adalah memperkenalkan dan melestarikan tari khas suku singkil ini yang sudah mulai hilang dan kurang di minati oleh kaula muda. terimakasih
Nama : Siti Zulaikah
Nim : 858837841
Prodi : PGPAUD
Setelah melihat vidio di atas, apa yang dilakukan oleh guru sudah baik yaitu dengan melakukan aktifitas fisik dengan melakukan kegiatan senam, mungkin ada beberapa anak yang tidak antusias untuk mengikutinya karena gerakan senam yang monoton.
tetapi dengan pendekatan mengenalkan anak dengan tari tradisional dan senam dengan menggunakan musik yang teratur dan dinamis akan meningkatkan minat anak untuk mengikuti kegiatan tersebut.
selain itu dapat menambah wawasan anak dalam mengenal seni budaya dari daerah masing-masing.
Nama : IRKHAMNATUL KHABIBAH
NIM : 858713238
POKJAR MOJOKERTO
Dalam Vidio diatas sangat bagus untuk anak-anak karena mereka menggunakan senam tradisional.Mereka sangat antusias dalam mengikuti senam,dengan senam tradisional kita dapat mengajarkan anak untuk menambah kecintaan dan wawasan anak terhadap warisan budaya.Di Vidio tersebut ada anak-anak yang mudah bosan dengan senam tersebut,sehingga ia tidak fokus dan milih bermain sendiri.Dalam hal ini guru akan mengusahakan bagaimana caranya supaya anak didik melakukan beberapa gerakan agar motorik mereka berkembang dengan baik.Yaitu dengan cara menggunakan media lain yang bisa membuat pertumbuhan motorik anak contohnya seperti bermain papan Titian.
Nama : Desi Dwi Lestari
NIM : 857833336
UPBJJ : Surakarta
Dalam video tersebut tidak ditayangkan mulai dari kegiatan pembukaan, inti, mauun kegiatan penutup, langsung pada kegiatan inti saja, yaitu senam bersama-sama. Pada kegiatan senam tersebut sepertinya menggunakan musik yang sudah sering didengar anak serta gerakan yang sudah sering dilakukan anak setiap kegiatan senam, yaitu senam sehat ceria.
Setelah guru melihat anak-anak sepertinya tidak tertarik, pada tanyangan tersebut guru lalu mencoba mengajak anak-anak untuk senam atau melakukan gerakan lain dengan diiringi musik tradisional. Upaya tersebut ternyata efektif dan anak-anak lebih antusias melakukan gerakan serta semangat untuk bergerak sesuai arahan guru. Gerakan yang lain atau berbeda dari biasanya yang anak sering lakukan, seperti gerakan senam namun dipadukan dengan gerakan tari tradisional dan juga menggunakan musik tradisonal lebih menarik minat anak untuk bergerak.
Dalam video tersebut metode pengembangan motorik anak sudah sesuai dengan tahapan anak, yaitu melakukan koordinasi antara mata, tangan, kaki, dan kepala dengan gerakan yang teratur serta terorganisir sesuai irama musik serta mengikuti arahan guru.
Saran untuk video tersebut, ada baiknya guru yang ada dibelakang anak didik juga bisa ikut senam jadi tidak hanya berdiri mengawasi anak saja, namun juga ikut senam agar anak didik lebih semangat lagi jika melihat guru-gurunya ikut kegiatan senam. Setting ruangannya jika memungkinkan ditempat yang lebih luas sehingga anak bisa bergerak dengan bebas.
Menurut saya,anak paud kebanyakan sangat suka dg kegiatan senam,cuma kadang2 aada beberapa anak yang merasa bosan dg kegiatan tersebut di karenakan musik yang di gunakan itu2 saja,dan musik tradisional mungkin jadi salah satu alternatif buat mengganti atau sesekali diterapkan di sekolah karena buat pengenalan/pengetahuan anak jg.
Alhamdulillah di sekolah saya,anak2 selalu suka dan antusias kalo kegiatan senam atau motorik kasar,karena di setiap senam nya kami tidak hanya menggunakan 1 judul/musik senam saja tapi ada beberapa musik senam lain yg di pelajari dan ada beberapa musik
lainnya,salah satu nya musik senam pembuka,ikan berenang,atau musik yang lagi viral pada masa nya,tentu dg gerakan Yangs sesuai dg ank2 paud.
Terima kasih
NAMA : MAR’ATUS SHOLIHAH
NIM : 858740797
PRODI : PGPAUD
Menurut saya kegiatan senam adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh anak, dan wajar saja mereka merasa bosan. Tetapi guru harus bisa mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut agar kegiatan senam tidak membosankan, misalkan dengan memberikan musik yang bervariatif seperti musik tradisonal. Namun untuk pemberian senam dengan musik tradisional perlu diperhatikan pada gerakannya. Sebaikknya, untuk senam tradisional kita gunakan gerakan yang sederhana, gerakan yang mudah diikuti anak.
Demikian pendapat saya, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian. Terima kasih…