silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.

Tri Ekowati

Similar Posts

719 Comments

  1. NAMA : YIYIN REVI SETIA KRISMAWARDANI
    NIM : 858677654
    SEMESTER : 7
    PROGRAM STUDI : S1-PGPAUD
    FAKULTAS : KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

    MELATIH MOTORIK KASAR ANAK DAN SENI ANAK MELALUI KEGIATAN SENAM TRADISIONAL

    Menurut pendapat saya, nampak dalam video tersebut guru melakukan kegiatan evaluasi untuk melatih motorik kasar anak dengan inovasi yang lebih kreatif dan tidak monoton/membosankan yaitu melalui kegiatan senam dengan iringan lagu tradisional karena asesmen sebelumnya dimana anak kurang bersemangat, tidak antusias, asyik dengan kegiatannya sendiri dan terlihat bosan dengan senam yang monoton. Yang mana kegiatan senam tersebut gerakannya dikombinasikan antara gerakan senam dengan gerakan tari tradisional.
    Dalam video tersebut menjelaskan hal yang harus dilakukan oleh guru dengan berpedoman pada kompetensi dasar dalam pengembangan motorik kasar anak TK adalah anak mampu melakukan hal berikut ini :
    1. Melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan persiapan menulis, keseimbangan kelincahan dan melatih keberanian.
    2. Mengekspresikan diri dan berkreasi dgn berbagai gagasan dan imajinasi.

    Alternatif dalam pengembangan motorik kasar anak TK :
    1.Penggunaan musik tradisional dan gerakan senam dengan menggabungkan antara gerakan tari tradisional dengan gerakan senam yang teratur dan dinamis.
    2. Penggunaan musik dan gerakan tradisional akan menambah wawasan anak tentang kesenian tradisional atau seni budaya dari daerah masing-masing.
    Kegiatan senam ini dapat diterapkan di TK masing-masing dengan menggunakan musik tradisional khas daerah dan gerakan senam yang di kombinasi dengan gerakan tari tradisional dari daerah masing-masing.

    Kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam :
    1. Kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam dalam video tersebut guru tidak hanya mengembangkan satu aspek perkembangan PAUD tetapi ada beberapa aspek seperti aspek fisik motorik aspek seni, aspek bahasa dimana anak mendengar lagu dan menyelaraskan dengan Gerakan senam, anak jadi lebih mengenal tentang lagu-lagu tradisional yang ada di Indonesia, serta sosial skill anak melatih kekompakan gerakan bersama teman-teman dan gurunya.
    2.Kelebihan guru dalam video tersebut bahwa adanya inovasi dalam mengajar tidak hanya membangun satu aspek perkembangan saja tetapi beberapa aspek perkembangan diantaranya fisik motorik, seni, bahasa dan sosial skill.

    Kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam :
    Kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam yang dilihat dalam tanyangan video bahwa guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak bisa lebih bersemangat lagi dalam melakukan gerakan senam, karena beberapa anak masih terlihat kurang semangat dalam mengikuti gerakan yang di modelkan gurunya sendiri. Pemilihan lagu tradisional yang mendayu-dayu kurang cocok untuk karakter anak TK yang cepat bosan.

    Hal yang perlu di perbaiki guru dalam video tersebut adalah :
    1. Guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak kurang bersemangat dalam mengikuti gerakan, seharusnya guru lebih menunjukkaan dan meningkatkan lagi semangatnya dalam mengekspresikan gerakan senam bersama anak-anak.
    2. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru sebaiknya memilih jenis senam tradisional yang sesuai minat anak misalnya pemilihan lagu anak dan irama musik yang lebih ceria dan membangkitkan semangat, pemilihan gerakan yang mudah diikuti, meminta guru pendamping untuk berkeliling menyapa, dan membantu anak-anak yang kesulitan untuk melakukan gerakan.
    3. Ruang gerak anak sebaiknya di lakukan di halaman yang luas agar anak lebih maksimal mengekspresikan emosional dan gerakannya.

    Terimakasih

  2. NAMA : YIYIN REVI SETIA KRISMAWARDANI
    NIM : 858677654
    SEMESTER : 7
    PROGRAM STUDI : S1-PGPAUD
    UPBJJ UT SURABAYA

    MELATIH MOTORIK KASAR ANAK DAN SENI ANAK MELALUI KEGIATAN SENAM TRADISIONAL

    Menurut pendapat saya, nampak dalam video tersebut guru melakukan kegiatan evaluasi untuk melatih motorik kasar anak dengan inovasi yang lebih kreatif dan tidak monoton/membosankan yaitu melalui kegiatan senam dengan iringan lagu tradisional karena asesmen sebelumnya dimana anak kurang bersemangat, tidak antusias, asyik dengan kegiatannya sendiri dan terlihat bosan dengan senam yang monoton. Yang mana kegiatan senam tersebut gerakannya dikombinasikan antara gerakan senam dengan gerakan tari tradisional.
    Dalam video tersebut menjelaskan hal yang harus dilakukan oleh guru dengan berpedoman pada kompetensi dasar dalam pengembangan motorik kasar anak TK adalah anak mampu melakukan hal berikut ini :
    1. Melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan persiapan menulis, keseimbangan kelincahan dan melatih keberanian.

    2. Mengekspresikan diri dan berkreasi dgn berbagai gagasan dan imajinasi.

    Alternatif dalam pengembangan motorik kasar anak TK :
    1.Penggunaan musik tradisional dan gerakan senam dengan menggabungkan antara gerakan tari tradisional dengan gerakan senam yang teratur dan dinamis.
    2. Penggunaan musik dan gerakan tradisional akan menambah wawasan anak tentang kesenian tradisional atau seni budaya dari daerah masing-masing.
    Kegiatan senam ini dapat diterapkan di TK masing-masing dengan menggunakan musik tradisional khas daerah dan gerakan senam yang di kombinasi dengan gerakan tari tradisional dari daerah masing-masing.

    Kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam :
    1. Kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam dalam video tersebut guru tidak hanya mengembangkan satu aspek perkembangan PAUD tetapi ada beberapa aspek seperti aspek fisik motorik aspek seni, aspek bahasa dimana anak mendengar lagu dan menyelaraskan dengan Gerakan senam, anak jadi lebih mengenal tentang lagu-lagu tradisional yang ada di Indonesia, serta sosial skill anak melatih kekompakan gerakan bersama teman-teman dan gurunya.
    2.Kelebihan guru dalam video tersebut bahwa adanya inovasi dalam mengajar tidak hanya membangun satu aspek perkembangan saja tetapi beberapa aspek perkembangan diantaranya fisik motorik, seni, bahasa dan sosial skill.

    Kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam :
    Kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam yang dilihat dalam tanyangan video bahwa guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak bisa lebih bersemangat lagi dalam melakukan gerakan senam, karena beberapa anak masih terlihat kurang semangat dalam mengikuti gerakan yang di modelkan gurunya sendiri. Pemilihan lagu tradisional yang mendayu-dayu kurang cocok untuk karakter anak TK yang cepat bosan.

    Hal yang perlu di perbaiki guru dalam video tersebut adalah :
    1. Guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak kurang bersemangat dalam mengikuti gerakan, seharusnya guru lebih menunjukkaan dan meningkatkan lagi semangatnya dalam mengekspresikan gerakan senam bersama anak-anak.
    2. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru sebaiknya memilih jenis senam tradisional yang sesuai minat anak misalnya pemilihan lagu anak dan irama musik yang lebih ceria dan membangkitkan semangat, pemilihan gerakan yang mudah diikuti, meminta guru pendamping untuk berkeliling menyapa, dan membantu anak-anak yang kesulitan untuk melakukan gerakan.
    3. Ruang gerak anak sebaiknya di lakukan di halaman yang luas agar anak lebih maksimal mengekspresikan emosional dan gerakannya.

    Terimakasih

  3. Ijin berpendapat, menurut saya kegiatan senam tradisonal sangatlah tepat untuk diterapkan pada anak usia dini. Hal tersebut dikarenakan dengan kegiatan senam selain mengembangkan kemampuan fisik motorik (motorik kasar), anak juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri dalam kemampuan seni. Dimana senam tradisional yang menggunakan gerakan tradisional seperti tari-tari daerah, bertujuan untuk mengenalkan anak-anak akan kesenian daerah setempat dan budaya lainnya, khususnya yang ada di Indonesia. Dengan senam tradisonal, anak menjadi lentur dan nantinya memiliki bekal dalam persiapan menulis karena gerak jari tangan juga dilibatkan dalam kegiatan ini. Selain itu, anak dapat mengekspresikan dirinya dengan berbagai gagasan dan imajinasi, mengenalkan nilai-nilai budaya dan cinta akan tanah air Indonesia yang berkaitan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

  4. Nama : Ni Nyoman Putriyani
    NIM : 859028644
    Ijin berpendapat, menurut saya kegiatan senam tradisonal sangatlah tepat untuk diterapkan pada anak usia dini. Hal tersebut dikarenakan dengan kegiatan senam selain mengembangkan kemampuan fisik motorik (motorik kasar), anak juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri dalam kemampuan seni. Dimana senam tradisional yang menggunakan gerakan tradisional seperti tari-tari daerah, bertujuan untuk mengenalkan anak-anak akan kesenian daerah setempat dan budaya lainnya, khususnya yang ada di Indonesia. Dengan senam tradisonal, anak menjadi lentur dan nantinya memiliki bekal dalam persiapan menulis karena gerak jari tangan juga dilibatkan dalam kegiatan ini. Selain itu, anak dapat mengekspresikan dirinya dengan berbagai gagasan dan imajinasi, mengenalkan nilai-nilai budaya dan cinta akan tanah air Indonesia yang berkaitan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

  5. Menurut saya vidio yang ditampilkan di atas sangat bagus,namun gerakan yang digunakan masih monoton jadi anak-anak ada yang bersemangat ada pula yang terlihat kurang menarik minat untuk melakukan gerakan.
    Sebenarnya anak – anak dalam aktifitas fisik seperti senam apalagi mengenalkan senam tradisional pada anak sangat bagus,karena pengenalan budaya tradisional pada anak usia dini sangat penting.
    Seperti yang dilakukan daerah kami,khususnya untuk TK/KB di kecamatan kami sudah mengenalkan senam tradisional daerah yaitu senan kampung pesilat,yang diiringi dengan perpaduan musik tradisional dan modern serta gerakan senam yang mengacu pada gerakan pencak silat didaerah kami,membuat anak – anak bersemangat untuk belajar senam kampung pesilat.Dan gerakannya pun tidak monoton sehingga anak – anak tidak bosan melakukan gerakannya.Dan senam itu dilakukan secara rutinitas setiap hari dilembaga kami sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran.Anak – anak pun senang dengan aktifitas fisik itu yang melatih motorik kasarnya lebih aktif bergerak.

  6. Nama: Kuspitasari
    Nim :858677575
    Semester :7
    Dalam video tersebut ,sangat bagus karena divideo dijelaskan bahwa kegitab tersebut kegiatan rutin sehingga menarik minat anak anak dalam melakuakn gerakan tari ,selain itu gerakan mudah ditiru dan guru pun sangat teliti pada kgiatan anak selain itu Anak – anak pun senang dengan aktifitas fisik itu yang melatih motorik kasarnya lebih aktif bergerak.anak dapat mengekspresikan dirinya dengan berbagai gagasan dan imajinasi, mengenalkan nilai-nilai budaya dan cinta akan tanah air Indonesia yang berkaitan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)Dengan senam tradisonal, anak menjadi lentur dan nantinya memiliki bekal dalam persiapan menulis karena gerak jari tangan juga dilibatkan dalam kegiatan ini. Sekian dan terima kasih

  7. 1. Dalam video tersebut tidak ditayangkan mulai dari kegiatan pembukaan, inti, mauun kegiatan penutup, langsung pada kegiatan inti saja, yaitu senam bersama-sama. Pada kegiatan senam tersebut sepertinya menggunakan musik yang sudah sering didengar anak serta gerakan yang sudah sering dilakukan anak setiap kegiatan senam, yaitu senam sehat ceria.
    2. Setelah guru melihat anak-anak sepertinya tidak tertarik, pada tanyangan tersebut guru lalu mencoba mengajak anak-anak untuk senam atau melakukan gerakan lain dengan diiringi musik tradisional. Upaya tersebut ternyata efektif dan anak-anak lebih antusias melakukan gerakan serta semangat untuk bergerak sesuai arahan guru. Gerakan yang lain atau berbeda dari biasanya yang anak sering lakukan, seperti gerakan senam namun dipadukan dengan gerakan tari tradisional dan juga menggunakan musik tradisonal lebih menarik minat anak untuk bergerak.
    Dalam video tersebut metode pengembangan motorik anak sudah sesuai dengan tahapan anak, yaitu melakukan koordinasi antara mata, tangan, kaki, dan kepala dengan gerakan yang teratur serta terorganisir sesuai irama musik serta mengikuti arahan guru.
    3. Dalam video tersebut terdapat kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran. Yaitu sebaiknya guru memilih gerakan yang mudah untuk ditiru oleh anak-anak. guru juga perlu memberi pengarahan kepada anak-anak terlebih dahulu supaya anak tidak bingung untuk mengikutinya. sebaiknya guru juga memilih lagu tradisional yang berirama ceria atau energik sehingga dapat membuat anak lebih semangat untuk ikut melakukannya.
    4. Kelebihannya guru dalam video tersebut yaitu mempunyai inisiatif yang bagus dengan mengajak anak-anak untuk mengenal senam tradisional supaya anak mengenal kebudayaan indonesia melalui senam tradisional dengan iringan musik gamelan.
    5. Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran yaitu guru yaitu semangat guru mengajarkan hal baru ke anak didiknya ketika anak-anaknya merasa bosan dengan kegiatan senam yang sudah sering mereka lakukan
    6. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru tersebut, upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya yaitu sebaiknya guru memilih jenis senam tradisional yang sesuai dengan minat anak-anak seperti pemilihan lagu anak-anak dan musik yang ceria, pemilihan gerakan yang mudah diikuti, meminta bantuan guru pendamping untuk membantu anak-anak yang kesulitan untuk melakukan gerakan,

  8. Pada vidio diatas guru melakukan stimulasi motorik kasar anak dengan melakukan gerakan senam. Dimana gerakan tersebut melatih otot-otot besarnya, dengan diawali lagu ceria menambah semangat anak-anak untuk melakukan gerakan senam. Guru sangat kreatif selain lagu ceria guru mengenalkan lagu daerah yang ternyata lagu tersebut bukan hanya untuk menari melainkan senam juga dapat dilakukan. Guru berkreasi mencontohkan gerakan -gerakan sederhana sehingga anak dapat mengikuti.
    Dalam kegiatan senam guru pun sangat tepat dalam pemilihan tempat yaitu diruang terbuka sehingga anak langsung terkena sinar matahari pagi. Tubuh sehat tulang pun menjadi kuat. Sebagai guru kita harus melatih motorik kasar sesering mungkin agar anak lebih luwes untuk melakukan gerakan-gerakan sehingga tubuh dapat terkoordinasi dengan baik. Selain gerakan untuk melatih motorik anak, guru juga memilih musik dengan memunculkan musik gamelan agar anak juga mengetahui musik tradisional serta dapat menumbuhkembangkan sikap nasionalisme pada anak.

  9. Nama : UMI WAHIDATUR ROHMAH
    NIM : 858677608
    SEMESTER : 7
    PROGRAM STUDI : S1-PGPAUD
    UPBJJ UT SURABAYA

    Pada vidio diatas guru melakukan stimulasi motorik kasar anak dengan melakukan gerakan senam. Dimana gerakan tersebut melatih otot-otot besarnya, dengan diawali lagu ceria menambah semangat anak-anak untuk melakukan gerakan senam. Guru sangat kreatif selain lagu ceria guru mengenalkan lagu daerah yang ternyata lagu tersebut bukan hanya untuk menari melainkan senam juga dapat dilakukan. Guru berkreasi mencontohkan gerakan -gerakan sederhana sehingga anak dapat mengikuti.
    Dalam kegiatan senam guru pun sangat tepat dalam pemilihan tempat yaitu diruang terbuka sehingga anak langsung terkena sinar matahari pagi. Tubuh sehat tulang pun menjadi kuat. Sebagai guru kita harus melatih motorik kasar sesering mungkin agar anak lebih luwes untuk melakukan gerakan-gerakan sehingga tubuh dapat terkoordinasi dengan baik. Selain gerakan untuk melatih motorik anak, guru juga memilih musik dengan memunculkan musik gamelan agar anak juga mengetahui musik tradisional serta dapat menumbuhkembangkan sikap nasionalisme pada anak.

  10. Nama : Siti Lailatul Musfiroh
    Nim : 858162467
    Prodi. : PG PAUD BI

    Dari hasil tayangan video tadi jika anak kurang semangat dalam melakukan gerakan senam maka,kita sebagai guru bisa menambahkan dengan diiringi musik tradisional dan gerakannya juga bisa dikombinasikan dengan gerakan tarian tradisional yang ada di daerah kita. Saya menambahkan bisa juga kita berikan musik yang lagi hits pada zaman era digital ini misalnya dengan musik tik tok tapi masih ada batas pendidikan dengan diberikan gerakan yang sederhana yang diciptakan guru sesuai perkembangan anak usia dini.Kemudian jika senam ini sudah dilakukan sangat lama maka perlu pergantian dengan senam baru agar anak tidak bosan……
    Terima kasih

Leave a Reply