silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Nama: Nhoer Pamatu Espriyati
NIM: 857990102
Kesesuaian proses pembelajaran dengan kompetensi (aspek perkembangan) anak yang akan dicapai adalah melatih motorik kasar pada anak melalui kegiatan di luar ruangan dengan senam tradisional
Gambaran singkat proses pembelajaran yang dilakukan dalam video tersebut:
Anak diajak ke halaman sekolah untuk melakukan kegiatan senam tradisional
Guru menata anak dan mempersiapkan musik yang akan digunakan untuk senam tradisional
Guru memberi contoh gerakan senam dan anak-anak mengikutinya sampai senam selesai
Assalamualaikum wr,,wb..
Nama ; ARDILLA
NIM : 856500235
UPBJJ : PEKANBARU,RIAU
Senam sangat bermanfaat dalam mengemabngkan komponen fisik,membangun kekuatan tubuh,melatih keterampilan motorik,koordinasi dan keseimbangan. Dengan melakukan olahraga senam secara teratur akan membuat kesehatan dan perkembangan fisik anak menjadi lebih baik. jika tubuh sehat akan meningkatkan konsentrasi dalam melakukan tugas sehari-hari. selain itu,senam juga dapat memperkuat tulang ,membantu menormalkan aliran darah serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh.
Assalamualikum,,wr..wb..
NAMA : ARDILLA
NIM: : 856500235
UPBJJ: PEKANBARU,RIAU
Dengan mengikuti senam tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh,salah satunya adalah menambah konsentrasi dalam melakukan tugas sehari-hari.
untuk itu,sangat penting juga memprkenal kan senam kepada anak-anak..salah satunya adalah senam tradisional ini.
Nama : Rustini
NIM : 857536367
Senam tradisional dapat menjadi cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mengembangkan motorik anak-anak. Beberapa senam tradisional, seperti tari-tarian rakyat atau gerakan-gerakan tradisional, melibatkan gerakan yang dapat membantu memperkuat otot, meningkatkan koordinasi, dan memperbaiki keseimbangan. selain itu dengan iringan musik tradisional juga dapat menambah wawasan anak terhadap seni atau musik tradisional di wilayahnya.
Nama : Indah Hayati
NIM : 858449496
Dari tayangan vidio tersebut dapat nmenjadi inspirasi bagi saya bahwa dalam mengembangkan kemampuan motorik anak tidak hanya melalui senam-senam yang biasanya dilakukan anak-anak seperti senam ceria, senam gembira atau senam fantasi. Namun dapat dipadukan dengan gerakan-gerakan tari tradisional .
Hal ini sangat bagus, karena disamping kegiatan tersebut dapat mengembangkan kemampuan motorik anak, juga dapat mengenalkan anak pada budaya lokal/tradisional dari daerah masing-masing
Assalamualaikum wr. Wb.
Dari video senam tradisional tersebut kita sebagai guru dapat belajar bagaimana mengatasi anak yang bosan.
Dalam situasi ini, anak-anak mungkin merasa bosan dengan rutinitas senam yang biasa mereka lakukan. Oleh karena itu, guru dapat mencoba untuk membuat sesuatu yang baru dan menarik dengan menggabungkan unsur tarian tradisional dalam rutinitas senam. Hal ini dapat membuat anak-anak lebih tertarik dan fokus pada aktivitas tersebut. Selain itu, dengan menggabungkan tarian tradisional, anak-anak juga dapat belajar dan mengenal lebih banyak tentang budaya dan tradisi lokal.
Nama : EKA SUSILAWATI
NIM : 859164424
UPBJJ : Mataram
“Senam tradisional”
Dalam tayangan Video diatas sangat bagus untuk anak-anak karena mereka menggunakan senam tradisional.Mereka sangat antusias dalam mengikuti senam,dengan senam tradisional kita dapat mengajarkan anak untuk menambah kecintaan dan wawasan anak terhadap warisan budaya.Di Vidio tersebut ada anak-anak yang mudah bosan dengan senam tersebut,sehingga ia tidak fokus dan milih bermain sendiri.Dalam hal ini guru akan mengusahakan bagaimana caranya agar anak didik melakukan beberapa gerakan agar motorik mereka berkembang dengan baik.Yaitu dengan cara menggunakan media lain yang bisa membuat pertumbuhan motorik anak contohnya seperti bermain papan Titian.
senam tradisional dapat menggali wawasan dari diri anak akan kekayaan seni budaya kita dan penggunaan musik tradisonal dalam gerakan senam dengan menggabungkan antara gerakan tari tradisional dengan gerakan senam yang teratur dinamis dapat menjadi alternatif dalam pengembangan motorik halus bagi anak TK .
Dengan senam tradisional akan dapat melatih motorik halus dan seni anak, selain itu juga akan menambah wawasan anak akan kesenian dan kebudayaan daerah masing-masing.
Nama : Nurhayati
NIM : 855895361
Pada video diatas Kesesuaian proses pembelajaran dengan kompetensi (aspek perkembangan) anak yang akan dicapai adalah melatih motorik kasar pada anak melalui kegiatan di luar ruangan dengan senam tradisional. Namun dalam video senam tradisonal dapat mengembangkan perkembangan motorik saat melakukan gerakan senam, melatih otak anak, kebugaran jasmani Melatih motorik kasar. Dengan melakukan kegiatan bernyanyi anak dapat juga melakukannya dengan menari, bergaya, bejoget dan lainlain. Dan hal ini bisa meningkatkan dan melatih gerakan motorik anak. Menemukan bakat anak.Melatih kognitif dan perkembangan bahasa anak. Bernyanyi tentu saja tidak bisa lepas dari kata dan kalimat yang harus diucapkan. Dengan bernyanyi dapat melatih peningkatan kosa kata dan juga ingatan memori otak anak. Melatih kepekaan rasa dan emosi. Melatih mental utuk mencintai keselarasan, keharmonisan, keindahan, dan kebiasaan.
Nama : Rahmadela Adelia
NIM : 857526209
Dari senam tradisional ini saya bisa mengerti bahwa muatan motorik kasar pun bisa di mix dengan kemampuan mengasah seni anak. Apalagi dimasa zaman zaman anak milenial seperti sekarang ini banyak anakanak yg tidak mengetahui seni yang harus dilestarikan oleh kita sendiri. Mereka lebih memilih gerakan tarian dancing dari luarluar negeri dan mereka juga lupa bahkan tidak tahu bahwa kita pun memiliki sebuah seni tradisional yang harus kita lestarikan. Dari vdeo ini saya bisa sekalian mengajarkan anak seni seni tradisional entah itu dari sebuah iramanya, gerakannya yang lembut dan masih banyak lagi. Terimakasih banyak
Nama : Hesty Fithriani
NIM : 855714801
UPBJJ : Tarakan
Melatih perkembagan motorik anak dapat dilakukan dengan kegiatan senam. Pada tayangan di atas kegiatan motorik anak dilakukan dengan melakukan senam tradisional. Dalam senam terdapat banyak gerakan-gerakan yang dapat melatih aktifitas gerak tangan, kaki dan tubuh. Selain itu peserta didik berlatih konsentrasi untuk memperhatikan gerakan senam yang dilakukan oleh guru. Iringan musik tradisional menambah semangat peserta didik dalam melakukan gerakan senam serta menambah wawasan budaya peserta didik terhadap kebudayaan Indonesia.
Saran dalam kegiatan senam maka guru perlu lebih ekstra dalam memperhatikan kegiatan senam peserta didik, maka diperlukan lebih dari satu guru untuk melakukan kegiatan senam. Ada guru yang berperan sebagai instruktur senam dan satu guru lagi memberikan arahan dan membantu peserta didik yang kesulitan dalam melakukan kegiatan senam.