silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.

Vera Maya Santi, M,Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga cepot.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang bilangan bulat pada garis bilangan sudah benar, yaitu bilangan positip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kanan, sedangkan bilangan negatip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kiri.

Guru dalam memberikan contoh pengurangan bilangan 5 – 9 = … dengan peraga cepot dan garis bilangan bulat sudah benar dan bagus, sehingga anak-anak cepat paham.

Selanjutnya guru menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan pengurangan bilangan 3 – (-5) = …. dengan peraga cepot dapat melakukan dengan langkah yang cepat dan benar.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa akan lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, sehingga siswa dapat membuktikan konsep tersebut melalui garis bilangan dengan benar.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran sudah terlihat jelas.

Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media/alat evaluasi pembelajaran sudah sesuai.

Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

65 Comments

  1. Nama : Erica Christina Manalu
    NIM : 857814311
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ-UT Surakarta Pokjar Wonogiri

    Setelah menyimak video di atas, dapat saya simpulkan beberapa hasil analisis sebagai berikut:
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah siswa terlihat memperhatikan dan semangat dalam mengikuti pembelajaran, Hal itu dikarenakan terdapatnya alat peraga sehingga membuat siswa penasaran materi apa yang akan disampaikan gurunya.
    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru tidak melakukan apersepsi mengenai materi bilangan bulat sehingga membuat siswa kurang mengerti mengenai bilangan bulat meskipun siswa mampu menyelesaikan soal.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru sangat sabar dan tidak terburu-buru dalam mengajarkan operasi hitung bilangan bulat. Didukung dengan alat peraga si cepot yang membuat anak semakin paham untuk menghitung bilangan bulat.
    4. Hal-hal unik dari guru yang saya temukan saat melaksanakan pembelajaran adalah dalam pembelajarannya guru menggunakan alat peraga yang membuat anak penasaran dan bisa mengalihkan perhatian anak supaya fokus pada pembelajaran matematika tersebut.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video tersebut, upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah seharusnya guru melakukan apersepsi mengenai materi yang akan dibahas supaya siswa benar-benar siap untuk menerima materi yang akan diajarkan. Selain itu guru harus lebih berinovasi dalam mengembangkan alat peraga yang melibatkan siswa sendiri secara langsung. Seperti dalam pembelajaran bilangan bulat tersebut anak secara berkelompok maupun individu membuat garis bilangan sendiri-sendiri dan siswa sendirilah yang berperan sebagai subjek yang bergerak maju maupun mundur sehingga siswa lebih mudah memahami konsep karena siswa terlibat langsung.

  2. Nama : MUHAMMAD RUSLI
    NIM : 856975991
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Didalam Vidio yang saya lihat, Guru menggunakan alat peraga yang menarik perhatian siswa yaitu boneka cepot. Sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran.

    Kekurannya dalam video diatas :
    1. Guru terlalu fokus dalam bercerita, sehingga terlihat kurang dalam mengajak siswa berinteraksi
    2. Tidak ada pendahuluan dan penutup serta guru hanya fokus terhadap beberapa murid saja.
    3. Harusnya guru mebuat kelompok. Agar peserta didik lebih cepat memahami materinya.

  3. Nama : Rahmawaty Rachman
    NIM : 857065575
    Prodi : PGSD S1

    Dalam video pembelajaran guru membuka pelajaran dengan baik, alangkah lebih baik lagi jika di awali dengan icebreaking yang berhubungan dengan pembelajaran yang akan di berikan untuk menambah semangat siswa dalam belajar. Dalam video tersebut guru menggunakan metode Pragram Based Learning dengan media wayang sicepot yang membantu siswa memahami konsep bilangan bulat. Metode ceramah dan diskusi juga sudah di lakukan sehingga siswa terlibat dalam proses pembelajaran dan siswa menyimak dengan baik penjelasan dari guru. Guru juga merangsang keberanian siswa untuk memecahkan soal yang diberikan dengan baik. Media pembelajaran si cepot tepat di gunakan sehingga siswa lebih mudah memahami konsep bilangan bulat.
    Jika guru tidak menggunakan metode yang tepat dan media yang menarik maka siswa tidak akan menyimak dengan baik, karena tidak ada ketertarikan untuk belajar Matematika.
    Maka dari itu pemilihan metode dan media yang tepat akan sangat membantu siswa untuk membangkitkan semangat belajarnya dan memudahkan siswa untuk memahami konsep dalam matematika. Guru perlu melakukan refleksi setiap kali habis mengajar agar bisa memperbaiki dan meningkatkan minat siswa untuk beljar dan meningkatkan nilai siswa.

  4. Bismillah
    Nama : Jihan SalsaFadila
    Nim : 855988838
    Pokjar : Sei Balai, Batu Bara

    Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan, menurut saya ada beberapa kelebihan dan juga kelemahan dari cara mengajar guru tersebut.
    Adapun kelebihannya yaitu:
    a. Kelas kondusif
    b. Guru menggunakan media
    c. Sebagian besar siswa aktif
    d. Berlangsungnya kegiatan tanya jawab antara guru dan juga siswa
    e. Beberapa siswa dapat mempraktikkan cara menghitung bilangan bulat dengan bantuan si Cepot
    Kemudian, kelemahan dari video pembelajaran yang dilakukan yaitu:
    a. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan baik
    b. Masih ada siswa yang tidak fokus mendengarkan penjelasan guru
    c. Guru tidak melakukan evaluasi dan juga tindak lanjut untuk benar-benar memahamkan materi kepada siswa
    d. Siswa tidak melakukan akhir pembelajaran dengan baik.

  5. Nama : Novi Yanti Sitio
    NIM : 857164436
    UPBJJ : 21-Jakarta

    Setelah saya menyaksikan video sicepot ini ada beberapa hal yang dapat saya tarik kesimpulannya :
    1. Pada dasarnya, siswa yang hadir di kelas semuanya tertib, sehingga suasana belajar juga berjalan dengan tertib, namun tidak semua siswa di kelas memiliki ketertiban seperti ini, seharusnya dapat digambarkan juga bagaimana pengelolaan kelas dalam pembelajaran matematika dilakukan.
    2. Kegiatan pendahuluan dalam KBM tidak ditampilkan baik itu berupa appersepsi atau salam dan pendataan kehadiran siswa.
    3. Dalam melakukan pembelajaran konsep operasi hitung bilangan bulat penting untuk menggunakan media pembelajaran, hanya media pembelajaran sicepot tidak semua dapat disediakan oleh sekolah, dan media pembelajaran si cepot juga terbatas untuk angka-angka kecil saja, jika sudah masuk kelas tinggi pastinya akan memiliki angka yang lebih besar. Namun guru sudah berhasil menyatakan pentingnya media pembelajaran dalam mempelajari materi operasi hitung pengurangan bilangan bulat.
    4. Hanya satu siswa yang diminta untuk maju ke depan dirasakan cukup, padahal satu siswa belum tentu mewakili semua siswa.
    Demikianlah pendapat saya tentang video yang ditampilkan.
    Terima kasih

  6. NAMA : SILVIANA RAHMASARI
    NIM : 8
    POKJAR : UT SURAKARTA
    PRODI : S-1 PGSD

    Menurut saya penggunaan alat peraga dari ibu guru sangat bagus, karena menarik siswa, dan membuat siswa lebih cepat memahami penjumlahan dan pengurangan pecahan…
    Bu guru dalam vidio kurang dekat dengan siswa, tidan ada salam, berdoa, aben dan apresiasi terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran,
    Jika guru tidak menggunakan metode yang tepat dan media yang menarik maka siswa tidak akan menyimak dengan baik, karena tidak ada ketertarikan untuk belajar Matematika.
    Maka dari itu pemilihan metode dan media yang tepat akan sangat membantu siswa untuk membangkitkan semangat belajarnya dan memudahkan siswa untuk memahami konsep dalam matematika. Guru perlu melakukan refleksi dan kesimpulan setiap kali habis mengajar agar bisa memperbaiki dan meningkatkan minat siswa untuk beljar dan meningkatkan nilai siswa.

    Terimakasih…

  7. Nama. : Midarniat lafau
    Nim. : 856022749
    POKJAR. : Idanogawo
    UPBJJ : Medan

    Menurut saya pada video di atas yaitu bu guru sudah mengawali sapa/salam,… Tetapi belum berdoa, mengabsen,..Tetapi langsung pada mata pelajaran, kurang dekat sama siswa/kurang semangat. Harusnya guru menyemangati siswa agar tidak bosan pada Matri yang di ajarkan.

    Dalam mengajar sudah bagus di mana Bu guru menggunakan alat peraga, sehingga siswa mudah mengerti/paham dalam melakukan pengurangan bilangan pecahan.

    Untuk mengakhiri pembelajaran Bu guru tidak melakukan yang namanya kesimpulan. Harusnya dalam mengakhiri pembelajaran menyimpulkan materi untuk mengingatkan siswa agar tidak lupa materi hari ini

  8. NAMA : Inggrid Janiyati Silalahi
    NIM : 855991804
    PRODI : S1-PGSD AKPMM
    POKJAR : Pematangsiantar Upbjj Medan

    Menurut saya, Video ini sudah sangat bagus dan membantu memberi pemahaman untuk menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat.
    Guru dalam membuka kelas sudah baik dan melakukan apersepsi dengan mengaitkan dengan pelajaran sebelumnya. Guru juga dalam memberikan pemahaman tentang bilangan bulat pada garis bilangan sudah benar, yaitu menunjukkan bilangan positip dari posisi bilangan 0 ke arah kanan, sedangkan bilangan negatip dari posisi bilangan 0 ke arah kiri. dan memberikan contoh pengurangan bilangan dengan peraga cepot dan garis bilangan bulat sudah benar dan bagus, sehingga anak-anak mudah memahami. Selanjutnya guru menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.
    Guru melakukan interaksi dnegan baik kepada siswa sehingga siswa juga aktif mengikuti pembelajaran dan menyimak penjelasan guru, namun di akhir pelajaran guru tidak menyimpulkan pelajaran sehingga kegiatan penutup kurang baik.
    Namun secara keseluruhan cara-cara yang diperagakan guru, membuat siswa lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, dan membuat siswa dapat membuktikan konsep pengurangan bilangan bulat melalui garis bilangan dengan benar.
    selain dengan alat peraga Sicepot melalui garis bilang, dalam memberikan pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat dapat dilakukan dengan media konkret yaitu kancing baju atau manik-manik.

  9. Nama : Arya Lassita
    NIM : 856336782
    Program Studi : PGSD BI
    Pokjar: Pangkalan Baru
    UBJJ: Pangkalpinang

    Dari video pembelajaran ini terdapat kelebihan dan kekurangan yang saya amati.
    Kelebihan:
    1. Pada kegiatan awal pembelajaran guru sudah melakukan apersepsi dan mengaitkan materi sebelumnya, dengan tujuan mengingatkan kembali materi tersebut sehingga materi saat ini bisa paham kembali.
    2. Guru sudah menggunakan media yang tepat sehingga dapat menarik perhatian siswa dan siswa dapat memahami konsep pengurangan bilangan bulat,
    3. Guru sudah melalukan interaksi yang baik yaitu berupa pertanyaan untuk membangkitkan peran aktif siswa di dalam kelas,
    4.Guru sudah menngunakan metode pembelajaran yang tepat untuk menarik perhatian dan siswa, yaitu metode demonstrasi,
    5. Guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa secara langsung untuk mendemontrasikan atau memprakatekkan media pembelajaran ke depan kelas.

    Adapun kekurangannya sebagai berikut:
    1. Kegiatan pembuka yang belum menghadirkan semangat belajar, seperti icebreaking yang berkaitan dengan bilangan bulat.
    2. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung seperti terlihat kaku, karena guru seolah-olah merasa semua siswa sudah paham. Alangkah baiknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya bagian mana yang belum paham. Karena terkadang ada siswa yang perlu penjelasan berulang untuk memahami suatu konsep.
    3. Saat kegiatan pembelajaran, guru hanya memberikan kesempatan kepada satu siswa untuk mendemontrasikan media pembelajaran ke depan kelas. Alangkah baiknya, guru memberikan kesempatan tersebut lebih dari satu siswa. Agar suasana kelas lebih interaktif dan dapat membangkitkan rasa percaya diri siswa yang lainnya,
    4. Kegiatan penutup pembelajaran kurang, yaitu belum ada kesimpulan mengenai materi tersebut. Tetapi guru langsung memberikan latihan soal. Sebaiknya guru memberikan sebuah penekanan berupa kesimpulan konsep pengurangan bilangan bulat.

    Secara keseluruhan kegiatan pembelajaran pada video ini, guru sudah menerapkan pembelajaran aktif, menyenangkan, dan bermakna. Karena guru sudah menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat pada siswa. Terlihat suasana kelas yang tertib dan kondusif.

  10. Nama : Arya Lassita
    NIM : 856336782
    Program Studi : PGSD BI
    Pokjar: Pangkalan Baru
    UBJJ: Pangkalpinang
    Dari video pembelajaran ini terdapat kelebihan dan kekurangan yang saya amati.

    Adapun kelebihannya:
    1. Pada kegiatan awal pembelajaran guru sudah melakukan apersepsi dan mengaitkan materi sebelumnya, dengan tujuan mengingatkan kembali materi tersebut sehingga materi saat ini bisa paham kembali.
    2. Guru sudah menggunakan media yang tepat sehingga dapat menarik perhatian siswa dan siswa dapat memahami konsep pengurangan bilangan bulat,
    3. Guru sudah melalukan interaksi yang baik yaitu berupa pertanyaan untuk membangkitkan peran aktif siswa di dalam kelas,
    4.Guru sudah menngunakan metode pembelajaran yang tepat untuk menarik perhatian dan siswa, yaitu metode demonstrasi,
    5. Guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa secara langsung untuk mendemontrasikan atau memprakatekkan media pembelajaran ke depan kelas.

    Adapun kekurangannya sebagai berikut:
    1. Kegiatan pembuka yang belum menghadirkan semangat belajar, seperti icebreaking yang berkaitan dengan bilangan bulat.
    2. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung seperti terlihat kaku, karena guru seolah-olah merasa semua siswa sudah paham. Alangkah baiknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya bagian mana yang belum paham. Karena terkadang ada siswa yang perlu penjelasan berulang untuk memahami suatu konsep.
    3. Saat kegiatan pembelajaran, guru hanya memberikan kesempatan kepada satu siswa untuk mendemontrasikan media pembelajaran ke depan kelas. Alangkah baiknya, guru memberikan kesempatan tersebut lebih dari satu siswa. Agar suasana kelas lebih interaktif dan dapat membangkitkan rasa percaya diri siswa yang lainnya,
    4. Kegiatan penutup pembelajaran kurang, yaitu belum ada kesimpulan mengenai materi tersebut. Tetapi guru langsung memberikan latihan soal. Sebaiknya guru memberikan sebuah penekanan berupa kesimpulan konsep pengurangan bilangan bulat.
    Secara keseluruhan kegiatan pembelajaran pada video ini, guru sudah menerapkan pembelajaran aktif, menyenangkan, dan bermakna. Karena guru sudah menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat pada siswa. Terlihat suasana kelas yang tertib dan kondusif.

Leave a Reply