silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Wirdatul Umairoh
NIM : 857160951
Program : S1 – PGSD
Pokjar : Taruma Jaya
Berdasarkan vidio tersebut, menurut saya ada bebrapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung diantanya ;
-Kekurangan :
1. Guru kurang mempersiapkan kondisi kelas.
2. Tidak ada kegiatan awal pembelajaran dimana kegiatan tersebut sangat penting untuk menyiapkan mental siswa dalam memasuki kegiatan inti pembelajaran. selain itu kegiatan awal dapat membangkitkan motivasi dan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran. sehingga pembelajaran akan berjalan dengan efektif.
3. Tidak menggunakan media saat pembelajaran berlangsung. penggunaan media saat pembelajaran dapat mengoptimalkan efektifitas pembelajaran, selain itu dapat mengurangi verbalisme siswa terhadap informasi yang diberikan oleh guru.
– Kelebihan dari vidio tersebut adalah :
1. guru peka terhadap situasi siswa, dimana guru langsung mencari solusi yang tepat untuk mencari perhatian siswa dengan merubah lirik burung kaka tua dengan rumus-rumus bangun datar yang merupakan inti dari pembelajaran tersebut.
Nama: Silvi Juwita
NIM: 857161534
Prodi: PGSD
Pokjar: Pakis Jaya
Menurut saya dalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya.
Kelebihan:
Ketika peserta didik mengalami permasalahan dalam mengingat rumus luas bangun datar, guru sangat peka dan tepat memberi solusi berupa cara menghafal rumus bangun datar melalui metode bernyanyi. Karena pada umumnya, anak usia sekolah dasar sangat menyukai bernyanyi.
Kekurangan:
Dalam video tersebut guru kurang atraktif ketika bernyanyi. Seharusnya guru memberi sedikit gerakan serta eye contact yg meyakinkan agar suasana bernyanyi semakin ceria, dan menyenangkan. Karena sangat diyakini memori anak akan menyimpan dengan baik suatu kejadian yang menyenangkan.
Terimakasih.
Nama: Silvi Juwita
NIM: 857161534
Prodi: PGSD
Pokjar: Pakis Jaya
Menurut saya dalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya.
Kelebihan:
Ketika peserta didik mengalami permasalahan dalam mengingat rumus luas bangun datar, guru sangat peka dan tepat memberi solusi berupa cara menghafal rumus bangun datar melalui metode bernyanyi. Karena pada umumnya, anak usia sekolah dasar sangat menyukai bernyanyi.
Kekurangan:
Dalam video tersebut guru kurang atraktif ketika bernyanyi. Seharusnya guru memberi sedikit gerakan serta eye contact yg meyakinkan agar suasana bernyanyi semakin ceria, dan menyenangkan. Karena sangat diyakini memori anak akan menyimpan dengan baik suatu kejadian yang menyenangkan.
Nama : Nova Damayanti
Nim : 856996583
Prodi : PGSD S1
Pokjar : Sidomulyo
Dalam komentar saya dengan pembelajaran ini terdapat kekurangan dan kelebihan yang terdapat dari
Kekurangan
dalam kekurangan pembelajaran ini terdapat guru kurang Permulaan dalam melaksanakan pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran ini dan kekurangan kreatif sehingga siswa kurang memperhatikan disaat guru menjelaskan dan menimbulkan rasa bosan untuk belajar dan guru kurang memiliki ketegasan dalam mengkondisikan siswa nya di dalam kelas disaat belajar yaitu :
1.) Guru tidak ada pembukaan atau membaca do’a sebelum belajar .
2.) Guru kurang keceriaan dalam belejar sehingga anak tidak kondusif dikelas disaat guru menjelaskan
3.) Guru banyak kurang kreatif sehinggak anak jenuh dan bosan untuk melaksanakannnya
Kelebihan
dalam kelebihan ini guru memiliki Imajinatif yaitu adanya dalam mengatasi dengan melaksanakan cara bernyanyi dalam menghafalkan rumus – rumus matematika, sehingga siswa dapat menimbulkan rasa senang dan mudah untuk memahami penghafalan rumus – rumus matematika.
NAMA : M KHOIRUL FAIZIN
NIM : 857695058
KELAS : BOJA A
• Dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru diatas mendapatkan respon yang kurang baik dari siswa. Siswa kurang semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar pelajaran matematika.
• Secara keseluruhan terdapat kelemahan dari guru, dimana pada awal pembelajaran guru tidak dapat mengkondisikan siswanya untuk siap mengikuti pembelajaran, sehingga kelas terlihat tidak kondusif.
• Terdapat kelebihan dari guru dimana guru dapat berinovasi menyampaikan materi pembelajaran dengan cara mengubah syair lagu burung kakak tua yang sering didengar anak-anak menjadi rumus bangun datar sehingga siswa menjadi lebih mudah dalam menghafalnya.
• Tedapat beberapa hal unik yang saya temukan dapam pembelajaran tersebut, dengan kreatifitas guru yang mengubah lirik burung kakak tua menjadi rumus bangun datar mendapat respon yang positif dan dampak positif dari siswa, sehingga siswa memnjadi kondusif dan mereka menjadi mudah untuk menghafal rumus bangun datar.
• Pada awal pembelajaran guru seharusnya memberikan motivasi dan semangat kepada siswa. Selain itu dalam pembelajaran matematika guru seyogyanya melakukan kegiatan utama seperti penanaman konsep dasar dan proses pemahaman materi.
NAMA : ELYZYA FITRIANI
NIM : 857451411
PRODI : S1-PGSD
JUDUL : SISWA KESULITAN MENGHAFAL RUMUS MATEMATIKA
Dalam video diatas, saat proses pembelajaran dimulai,para siswa kurang kondusip atau kurang disiplin. karena, pada saat guru swedang memberikan materi dan menyuruh para siswa untuk mengeluarkan buku, siswa-siswa tersebut malah berbuat gaduh,bersorak,menyoraki guru tersebut. saat siswa sedang berbuat gaduh,guru tersebiut malah meneruskan memberikan materi tentang rumus-rumus matematika. namun ada juga kelebihan dari guru tersebut, yaitu guru tersebut bisa mengatasi masalah pada siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus-rumus matematika. guru tersebut memberikan sebuah nyanyian yang lirik lagunya diganti dengan rumus-rumus matematika. dengan cara bernyanyi murid-murid lebih mudah menghafal dan lebih menyenangi pembelajaran itu. upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya guru tersebut harus memulai pembelajaran dengan memberi salam,dan menyapa para siswa terlebih dahulu. lalu seharusnya jika ada siswa yang tidak memperhatikan kit pada saat mengajar,kita sebagai guru seharusnya menegur siswa tersebut agar siswa tersebit dapat mengikuti pembelajaran dengan serius.
NAMA: Ismaturrahmi
nim : 855885916
Prodi : PGSD
Menurus analisa saya dalam video tersebut guru memnpunyai kelebihan dan kekurangan pada saat pembelajaran
Kelebihannya :
– guru mengambil langkah yang tepat dimana pada saat aank-anak mulai tidak berkonsentrasi lagi pada pemnbelajaran, maka guru mengajak anak-anak untu menyanyikan sebuah lagu agar mereka semangat belajar mereka berjalan dengan baik
kekurangannya :
– pada awal kegiatan pembelajaran , guru tidak mengecek kehadiran siswa.
– guru tidak membuat kelas menjadi kondusif
– sebahagian dari siswa tersebut masih dalamkeadaan sibuk sendiri misalnya bergurau dengan temannya
– guru yidak menggunakan media yang membuat anak -anak tertarik seperti media gambar dengan warna yang menarik / fullcolour.
Nama : Arman Lombu
NIM : 856098818
Jurusan : PGSD
Berdasarkan video yang ditampilkan, guru memberikan penjelasan materi dan hanya menayakan “ Apakah ingat materi minggu lalu?”. Guru memberikan bentuk rumus dan gambar seperti segi empat, segi tiga. Guru melakukan stimulus respon dengan kondisi ruangan yang kurang kondusif seperti memberikan sorakan dengan penggunaan kata “ wuuuhhhhh” dan guru tidak memberikan nasehat atas ungkapan siswa/i-nya. Beberapa menit setelah mencatat rumus yang diberikan guru mengajak siswa untuk bernyanyi dengan mengubah liriknya menjadi rumus. Terlebih dahulu menampilkan lirik rumus dan di tempelkan di papan tulis. Setelah dinyanyikan guru memastikan siswa melalui pertanyaan “ apakah sudah ingat rumusnya melalu lagu ini?”
Nama : Annisa Putri
Nim. : 856024237
Pokjar. : Labusel
Pendapat saya dari vidio tersebut adalah, secara keseluruhan guru tersebut bisa memahami situasi siswa,yang malas dalam pembelajaran matematika, apalagi dalam menghapal rumus, karena diawal pembelajaran siswa sangat tidak menyukai bagian rumus matematika, tetapi guru tersebut bisa mengatasi hal tersebut dengan cara menghapal rumus dengan cara bernyanyi, karena siswa akan lebih cepat memahami tentang rumus matematika dengan cara bernyanyi, saya sebagai guru akan mempraktekkan metode pengajaran tersebut di sekolah saya, karena anak didik saya juga kalau lagi belajar matematika sangat tidak merespon, jadi saya akan memperaktikkan ini disekolah tempat saya mengajar, terima kasih.
Analisis 2. Siswa kesulitan menghafal rumus matematika
Respon siswa
Respon siswa saat menghafal rumus matematika pada vidio tersebut adalah pada awal-awal pembelajaran siswa masih kurang merespon pembelajaran ditandai dengan siswa masih ada yang tidur-tiduran,bercanda dan tidak fokus, tetapi setelah guru mencairkan suasana dengan mengajak siswa bernyanyi lagu anak-anak yang di ganti liriknya dengan rumus,siswa sangat antusias menerima pembelajaran.
Kelebihan
Untuk membuka pelajaran , guru tidak langsung masuk ke pelajaran inti, tetapi di awal pelajaran guru mengingatkan kembali tentang pelajaran kemarin
Guru sangat paham karakter siswa sekolah dasar yang pada dasarnya senang bermain dan bernyanyi, guru mencairkan suasana dengan cara bernyanyi.
Guru sangat kreatif , guru merubah lirik lagu anak-anak menjadi syair rumus-rumus bangun datar agar siswa mudah mengingatnya.
Kekurangan
Pada vidio tersebut guru tidak terllau bisa menguasai kelas, guru terlalu cepat memberikan pelajaran sementara siswa masih asyik mengobrol.
Guru asyik dengan penjelasannya tanpa menyadari dan memperhatikan konsentrasi dan pusat perhatian siswa.
Terlihat di awal video siswa masih ogah-ogahan pada pembelajaran matematika, terlihat sekali kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika terutama dalam menghafal rumus-rumus.
Cara mengatasi
Terlebih dahulu, guru harus bisa menguasai kelas dan memperhatikan suasana hati siswa, agar penerimaan pembelajaran menjadi lebih maksimal.
Guru harus lebih kreatif dan inovatif, agar siswa tidak kesulitan dalam menghafal rumus-rumus bangun datar, seperti mengubah lirik lagu menjadi rumus-rumus bangun datar, karena musik bermanfaat dapat meningkatkan daya ingat anak, salah satunya menghafal rumus matematika