silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama: Eva Nurarifah
NIM : 857503978
Menurut saya dalam video pembelajaran ini siswa masih belum siap belajar dikarenakan guru kurang maksimal dalam melakukan kegiatan pendahuluan, dimana kegiatan pendahuluan ini sangat penting dilakukan oleh guru yang salah satunya adalah untuk menarik perhatian siswa supaya lebih siap dan lebih fokus dalam proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Akan tetapi guru tersebut sangat terampil dalam mengkondisikan siswa/mengatasi masalah yang terjadi yaitu dengan mengubah lirik lagu burung kakak tua dengan rumus luas bangun datar tersebut kemudian menyanyikannya bersama-sama sehingga siswa lebih fokus belajar dan lebih bersemangat dalam pembelajaran. Dengan strategi seperti itu tentunya siswa juga lebih mudah menghapal dan mengingat rumus-rumus tersebut.
Nama : Julida Siagian
NIM : 855952114
Dalam video pembelajaran ini, yang dapat saya analisia yaitu :
Guru belum mampu untuk mengkondisikan awal pembelajaran, tidak adanya pendahuluan berupa apersepsi maupun doa pembuka, absensi. Terlihat siswa kurang semangat dalam memulai pembelajaran dikarenakan guru tidak mempersiapkan siswa lebih dahulu untuk menerima pembelajaran melainkan guru langsung masuk ke inti pembelajaran yang membuatsiswa menjadi jenuh dan bosan. Pada awal pembelajaran guruseharusnya memberikan motivasi dan semangat kepada siswa.
Tetapi di inti pembelajaran memang saya lihat guru mulai bisa mengkondisikan suasana kelas dengan mengganti strategi pembelajaran yaitu mengajak siswa bernyanyi lagu “Burung Kakaktua”, yang syairnya dirubah dengan lagu Rumus Luas Bangun Datar.
Dan saya melihat di video ini siswa begitu antusias mengikuti untuk menyanyikan lagu tersebut. Nah, disini bisa kita lihat sebagai guru tentu saja harus mampu untuk menghadapi permasalahan seperti pada video, disinilah kita sebagai guru dituntut untuk menggunakan sikap dan kreatifitas kita jika siswa belum memahami atau tidak menerima pembelajaran yang kita berikan, baik itu dengan mengganti strategi, metode atau menggunakan media pembelajaran yang ada.
Nama : GALUH INDAH FAJARWATI
Nim : 858911314
UPBJJ : JEMBER
Menurut saya ada kelebihan dan kekurangan dalam video yang disajikan
Kekurangannya :
Kurangnya upaya guru dalam memusatkan konsentrasi siswa dalam pembelajarannya. Guru seharusnya bisa melakukan hal-hal yang dapat memusatkan konsentrasi siswa. Bisa dengan Ice Breaking atau Tanya Jawab yang Variatif. Terlihat di video tersebut guru langsung memulai pelajarannya dengan menulis di papan tulis.
Kelebihannya :
Guru dapat memodifikasi sebuah lagu yang syairnya diubah menjadi rumus-rumus matematika yang tujuannya membantu siswa menghafalkan rumus-rumus yang sulit dihafalkan. Dengan begitu selain mudah dihafalkan oleh siswa juga menarik perhatian siswa untuk mau dan giat dalam belajar matematika.
sekian analisis dari saya, terimakasih.
Nama : muhammad karim amrullah
Nim. 857705159
Prodi. : PGSD S1
UPBJJ. Semarang
Setelah menyimak tayangan video tersebut, tanggapan saya yaitu sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika, hal tersebut mengakibatkan ketika guru menjelaskan rumus luas bangun datar, siswa terlihat bosan dan tidak tertarik dengan pelajaran tersebut. Namun, berbeda ketika guru menggunakan strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang sering didengar oleh mereka, dengan mengubah syairnya menggunakan luas bangun datar.
Dengan begitu anak” mudah mengingat rumus dengan cara dinyayikan
Nama : SERLI WIDIYA NINGRUM
NIM : 857009093
Prodi : S1-PGSD
berdasarkan video pembelajaran diatas saya menyimpulkan:
1. diawal pembelajaran terlihat guru kurang menguasai kelas, yang mana siswa masih terlihat belum siap untuk belajar, perhatian dan konsentrasi siswa belum sepenuhnya terkumpul.
2. masuk pada kegiatan inti terlihat siswa tidak bersemangat untuk menghafal rumus yang diberikan, namun setelah guru mengganti strategi pembelajaran dengan bernyanyi sambil menghafal rumus semua siswa terlihat senang dan mengikuti instruksi guru dengan baik.
3. sebagai guru tentu saja sudah terbiasa untuk menghadapi masalah seperti pada video , disinilah peran guru kita digunakan, bagaimana sikap dan kreatifitas kita digunakan jika siswa belum memahami pembelajaran yang sedang berlangsung, entah dengan mengganti strategi, metode, atau media yang kita gunakan.
Nama : Sulis Setiawarni
Nim : 856077158
Semester : 6 ( Enam )
Prodi : 118/PGSD-S1
Pokjar : Natuna
UPBJJ : UT Batam
Judul Vidio GPO : siswa kesulitan menghafal rumus matematika
Kekurangan
1. Guru Tidak mengucapkan salam
2. Guru tidak memahami siswa apakah siswa siap untuk belajar atau belum.
3. Siswa kurang fokus untuk belajar di kelas
4. Guru kurang menguasaimateri dan kelas
5. Guru juga tidak memberikan rangsangan stimulus terlebih dahulu, tiba-tiba langsung memberikan
materi.
6. tidak menggunakan media belajar yang baik pada siswa.
Kelebihan
1. Guru memberikan cara mudah dalam menjelaskan perkalian.
2. Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
Nama : Solikhatun Nasihah
Nim. : 857699671
Pokjar : Kebangsaan Bangsri.
Setelah mengamati video tersebut dapat disimpulkan
1. Awal pembelajaran
Pada awal pembelajaran, ketika Guru masuk ke dalam kelas, beliau kurang bisa menarik perhatian. Hal tersebut bisa kita lihat dari banyaknya siswa yang kurang antusias dan tertarik ketika guru sudah memulai pembelajaran.
Alangkah lebih baiknya ketika guru masuk, guru bisa menjadi pusat perhatian (center of interest).
Guru masuk kelas dengan tersenyum dan pembawaan yang menarik, dilanjutkan dengan menanyakan kabar, mengabsen, berdoa dan tidak lupa menyanyikan lagu nasional (fungsinya sebagai bentuk cinta tanah air, agar suasana kondusif dan mengompakkan).
2. Inti pembelajaran
Sebenarnya guru sudah melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Tetapi hal tersebut saya rasa kurang menarik perhatian para siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, guru bisa mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan menanyakan pengertian bangun datar, jenis-jenis bangun datar dan contoh benda yang ada di lingkungan sekitar (anak akan lebih antusias karena contohnya real dan ada dalam kehidupan sehari-hari).
Setelah apersepsi baru dilanjutkan materi pembelajaran yang sudah direncanakan.
Sebenarnya dalam video kita juga sudah melihat, salah satu metode yang bagus yang digunakan guru tersebut untuk menarik perhatian dan memfokuskan konsentrasi siswa kepada kegiatan pembelajaran yaitu dengan singing method atau metode bernyanyi.
Karena salah satu metode yang baik dalam mengajarkan mata pelajaran matematika adalah learning by doing, maka setelah mempelajari teori guru memperbanyak praktik (misalnya dengan mengerjakan contoh soal dan latihan).
3. Penutup
Pada bagian penutup, alangkah lebih baiknya guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan dan memberikan penguatan.
Misalnya dengan menyebutkan secara bersama-sama rumus-rumus bangun datar yang telah dipelajari atau bisa juga dengan menunjuk orang perorang untuk menyebutkan rumus bangun datar yang telah dipelajari.
Terimakasih
Nama : Nailah Nabila
NIM : 856034467
Setelah menyimak video tersebut yang berjudul “Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika” Seperti pengalaman yang saya rasakan menghafal rumus matematika sangatlah membosankan dalam hidup saya, begitu juga dengan anak zaman sekarang yang kesulitan menghafal rumus – rumus matematika.
Menurut saya metode yang dilakukan guru didalam video tersebut sudah mampu membantu siswa untuk menghafal rumus – rumus matematika dengan cara bernyanyi agar siswa lebih rileks dalam melakukan kegiatan menghafal rumus matematika tersebut.
Menurut saya setelah melihat video pertama diatas pak guru kesulitan untuk mengatasi siswa yang kurang kondusif dalam pembelajaran dikarenakan metode yang diberikan pak guru dalam belajar matematika sangatlah membosankan. Sehingga membuat siswa merasa bosan dan membuat keributan didalam kelas. Dalam belajar matematika seorang guru haruslah membuat strategi atau metode maupun alat peraga yang membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan membuat daya tarik siswa lebih semangat untuk belajar matematika.sehingga siswa tersebut tidak merasa bosan dan terpancing keingintahuan nya dalam belajar matematika. Apalagi dalam menghapal rumus, pak guru haruslah membuat metode/strategi yang baik sehingga para siswa menyenangi pelajaran matematika tersebut.
Dalam video kedua pak guru sudah memberikan inovasi baru dalam pembelajaran yaitu memberikan strategi/metode dalam pembelajaran matematika. Dimana pak guru mengganti lirik lagu dengan rumus matematika
Sehingga rumus rumus tersebut gampang untuk dihapal. Karena siswa lebih senang belajar dengan lagu dari pada dengan metode ceramah biasa.
Trima kasih🙏🙏
Menurut saya setelah melihat video pertama diatas pak guru kesulitan untuk mengatasi siswa yang kurang kondusif dalam pembelajaran dikarenakan metode yang diberikan pak guru dalam belajar matematika sangatlah membosankan. Sehingga membuat siswa merasa bosan dan membuat keributan didalam kelas. Dalam belajar matematika seorang guru haruslah membuat strategi atau metode maupun alat peraga yang membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan membuat daya tarik siswa lebih semangat untuk belajar matematika.sehingga siswa tersebut tidak merasa bosan dan terpancing keingintahuan nya dalam belajar matematika. Apalagi dalam menghapal rumus, pak guru haruslah membuat metode/strategi yang baik sehingga para siswa menyenangi pelajaran matematika tersebut.
Dalam video kedua pak guru sudah memberikan inovasi baru dalam pembelajaran yaitu memberikan strategi/metode dalam pembelajaran matematika. Dimana pak guru mengganti lirik lagu dengan rumus matematika
Sehingga rumus rumus tersebut gampang untuk dihapal. Karena siswa lebih senang belajar dengan lagu dari pada dengan metode ceramah biasa.
Trima kasih