silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Ramadaniah Anwar
    Nim : 855994025
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Tanjungbalai

    Komentar saya ialah di awal pembelajaran,guru belum bisa mengkondisi kan kelas agar siswa tenang dan tidak ribut. Seharusnya guru memberi salam lalu ,menyuruh salah satu siswa berdoa bersama kemudia mengabsen kelas . Setelah itu guru seharus nya langsung menyebutkan tentang topik pelajaran hari ini kepada siswa . Kemudian seharusnya guru membuat ice breaking terlebih dahulu untuk membuat siswa senang dalam pembelajaran,rumus bangun ruang juga masih menjadi hal yang sulit di pahami oleh siswa ,sangat terlihat sekali bahwa siswa tidak semangat mengikuti pembelajaran

  2. TUGAS TUWEB
    ANALISIS VIDEO LAMAN GPO

    NAMA :GRAFIKA SURYANI
    NIM :856598331
    POKJAR :KOTA JAMBI

    1. Analisislah 1 video pembelajaran dari laman GPO sesuai dengan format analisis video.
    a. Judul video : Siswa kesulitan menghafal rumus matematika
    Alamat sumber video : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/siswa-kesulitan-mengahafal-rumus-matematika/
    b. Ringkasan isi video
    • Identitas video
    Nama penulis naskah : Drs. Eded Tarmedi, MA.

    Sutradara : Pudji Setyo DJ.
    • Sinopsis atau ringkasan video
    Pada video yang berjudul “Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika” menggambarkan seorang guru SD yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan rumus bangun datar. Solusi yang ditawarkan oleh guru tersebut adalah dengan menyanyikan lagu “Burung Kakak Tua” yang liriknya telah diubah dengan rumus-rumus bangun datar.
    Media yang dipilih berupa kertas karton yang telah diberi tulisan lirik lagu rumus-rumus matematika.

    c. Kelemahan pembelajaran dalam video
    • Guru tidak menyempaikan tujuan dari pembelajaran dan tidak menyiapkan siswa untuk menerima pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik sehingga siswa kurang antusias.
    • Lagu yang dipilih terlalu lambat sehingga semangat siswa kurang terbangun.
    • Guru tidak memerintahkan siswa untuk menuliskan rumus matematika di buku tulis.
    • Guru tidak bertanya kepada siswa, apakah mereka sudah menghafal lirik terkait rumus bangun datar atau belum.
    • Kurangnya interaksi tanya-jawab dengan siswa.

    d. Kelebihan pembelajaran dalam video
    • Guru sudah melakukan apersepsi untuk mengingat kembali pelajaran sebelumnya serta pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Setelah pembelajaran berlangsung, guru mengetahui kekurangannya. Guru tersebut dengan sigap memperbaiki kegiatan pembelajaran dengan cara menyanyikan lagu yang berkaitan dengan rumus-rumus bangun datar supaya siswa mudah untuk mengingat.

    e. Hal unik yang terdapat dalam video
    • Ketika guru mengetahui kelemahannya, guru langsung mengambil media pembelajaran berupa kertas karton yang telah di tulis lirik lagu yang berkaitan dengan rumus-rumus matematika. Kemudian guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Burung Kakak Tua” yang liriknya telah diubah menjadi rumus bangun datar. Siswa pun antusias mengikuti bimbingan guru untuk menyanyikan lagu tersebut.

    f. Alternatif lain yang dapat ditempuh
    • Alternatif lain yang dapat ditempuh yaitu siswa dapat menyiapkan sendiri media pemblajaran berupa kertas karton atau kertas origami. Kemudian siswa dibentuk dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok menuliskan rumus matematika yang ditentukan oleh guru secara acak. Kemudian salah satu siswa mewakili kelompoknya mempresentasikannya di depan kelas. Setelah itu, guru dapat memberikan penguatan untuk memperjelas materi tentang rumus bangun datar. Setelah diskusi selesai, siswa dapat menempelkan hasil pekerjaan mereka di dinding, untuk mempermudah mengingat rumus bangun datar tersebut.

  3. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Setelah menyimak video tersebut, menurut saya proses pembelajarannya cukup baik. Ada kelebihan dan kekurangan dalam videon pembelajaran tersebut.
    Kekurangan :
    1. guru melakukan kegiatan awal dengan apersepsi tetapi tidak dilakukan dengan penguatan kepada peserta didik untuk menghadirkan semangat pada diri siswa.
    3. Guru tidak menyapa siswa seperti bagaimana kabar anak2ku hari ini?
    2. Guru tidak menyediakan media pembelajaran yang merupakan salah satu faktor daya tarik dalam pembelajaran

    Kelebihannya:
    1. Guru dengan kreatif mengatasi kesulitan anak dalam menghafal rumus2 matematika tersebut dengan menyanyi. Sehingga anak2 kelihatan siap untuk mengikut pembelajaran. Suasana menjadi kondusif.
    Oleh karena itu, seorang guru harus berpikir kreatif dan inovatif dalam setiap mengajar.

  4. Nama : Hanifa laina
    Nim : 856024047
    Prodi : PGSD S1

    Setelah saya melihat video diatas menurut saya strategi pembelajaran yg digunakan oleh bapak guru tersebut sudah benar dengan menggunakan media lagu untuk menghafal rumus matematika, terlihat dari vidio yang awalnya siswa tidak kondusif saat guru menjelaskan tentang rumus matematika namun pada saat pak guru meminta siswa untuk bernyanyi mereka terlihat senang dan lebih bersemangat untuk belajar. Media lagu dapat mempermudah anak untuk menghafal rumus matematika dengan cepat. Tetapi ada baiknya guru tidak hanya menggunakan metode ceramah saja melainkan dapat menggunakan media seperti kotak kapur dan metode tanya jawab agar siswa lebih memahami apa yang telah diajarkan oleh gurunya. Penggunaan media berfungsi untuk menjelaskan apa yang dimaksud oleh rumus rumus tersebut, contohnya: rumus persegi = s x s
    Yang dimaksud dengan sisi adalah ruas garis yang dihubungkan dengan dua titik sudut di suatu poligon (guru sambil menunjuk sisi pada kotak kapur)
    Hal ini dapat mempermudah anak untuk memahami rumus dengan mudah.

  5. NAMA : SITI KURNIAWATI
    NIM : 858857908

    kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan berhasil tidaklah terlepas dari upaya guru dalam mengondisikan kelas, bagaiman dia menguasai kelas, memahami karakter peserta didik dan memiliki berbagai inovasi agar pembelajaran senantiasa menyenangkan dan diminati peserta didik, ketika peserta didik merasa senang maka guru akan mampu membawa mereka ke dalam dunia pembelajaran yang guru ini jian sehingga tercapailah suatu tujuan pembelajaran yang diharapkan.
    Dari tayangan video pembelajaran di atas, pada kegiatan opening guru belum bisa mengkondisikan kelas dengan baik dan langsung masuk pada kegiatan inti sehingga peserta didik belum siap untuk menerima lek ajaran sehingga kegiatan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan baik dimana peserta didik banyak yang tidak memperhatikan, bicara dengan temannya, bermain, gaduh dll.
    dari masalah tersebut guru berupaya mengembangkan alternatif tindakan yaitu mengubah metode mengajar dari ceramah dan penjelasan melalui media papan tulis menjadi pembelajaran menghafal rumus dengan bernyanyi. bernyanyi merupan kegiatan yang menyenangkan sehingga banyak peserta didik yang antusias dalam pembelajaran tersebut dimana semua peserta didik ikut serta dalam kegiatan tersebut sehingga kegiatan pembelajaran akan tercapai dengan baik.

  6. Nama : Tutik Lestari
    NIM : 858418818
    UPBJJ : SAMARINDA
    Setelah menyaksikan vidio tersebut, menurut saya dalam pembelajaran matematika sudah cukup baik. ketika siswa sulit menghafal dengan cara dijelaskan dan dituliskan dipapan tulis, seorang guru berinisiatif untuk memilih metode lain yaitu dengan cara menggunakan lagu agar siswanya cepat dan mudah hafal.
    Akan tetapi sebelum proses pembelajaran matematika dimulai seharusnya seorang guru mengkondisikan siswanya terlebih dulu dan menyampaikan tujuan pembelajarannya juga apersepsinya, agar didalam kelas tercipta kondisi yang tenang dan kondusif dan siswa mengetahui apa tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari itu.
    Saat pembelajaran seorang guru seharusnya memberikan semangat agar siswa tidak bosan
    dan lelah. Setelah memeberikan semangat siswa diajak berdiskusi dan tanya jawab supaya bisa cepat diingat dan lebih bersemangat lagi dalam pembelajaran menghafal.

  7. NAMA :GRAFIKA SURYANI
    NIM :856598331
    POKJAR :KOTA JAMBI
    PRODI :S1 PGSD B1

    1. Analisislah 1 video pembelajaran dari laman GPO sesuai dengan format analisis video.
    a. Judul video : Siswa kesulitan menghafal rumus matematika
    Alamat sumber video : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/siswa-kesulitan-mengahafal-rumus-matematika/
    b. Ringkasan isi video
    • Identitas video
    Nama penulis naskah : Drs. Eded Tarmedi, MA.

    Sutradara : Pudji Setyo DJ.
    • Sinopsis atau ringkasan video
    Pada video yang berjudul “Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika” menggambarkan seorang guru SD yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan rumus bangun datar. Solusi yang ditawarkan oleh guru tersebut adalah dengan menyanyikan lagu “Burung Kakak Tua” yang liriknya telah diubah dengan rumus-rumus bangun datar.
    Media yang dipilih berupa kertas karton yang telah diberi tulisan lirik lagu rumus-rumus matematika.

    c. Kelemahan pembelajaran dalam video
    • Guru tidak menyempaikan tujuan dari pembelajaran dan tidak menyiapkan siswa untuk menerima pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik sehingga siswa kurang antusias.
    • Lagu yang dipilih terlalu lambat sehingga semangat siswa kurang terbangun.
    • Guru tidak memerintahkan siswa untuk menuliskan rumus matematika di buku tulis.
    • Guru tidak bertanya kepada siswa, apakah mereka sudah menghafal lirik terkait rumus bangun datar atau belum.
    • Kurangnya interaksi tanya-jawab dengan siswa.

    d. Kelebihan pembelajaran dalam video
    • Guru sudah melakukan apersepsi untuk mengingat kembali pelajaran sebelumnya serta pembelajaran yang akan dilaksanakan.
    • Setelah pembelajaran berlangsung, guru mengetahui kekurangannya. Guru tersebut dengan sigap memperbaiki kegiatan pembelajaran dengan cara menyanyikan lagu yang berkaitan dengan rumus-rumus bangun datar supaya siswa mudah untuk mengingat.

    e. Hal unik yang terdapat dalam video
    • Ketika guru mengetahui kelemahannya, guru langsung mengambil media pembelajaran berupa kertas karton yang telah di tulis lirik lagu yang berkaitan dengan rumus-rumus matematika. Kemudian guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Burung Kakak Tua” yang liriknya telah diubah menjadi rumus bangun datar. Siswa pun antusias mengikuti bimbingan guru untuk menyanyikan lagu tersebut.

    f. Alternatif lain yang dapat ditempuh
    • Alternatif lain yang dapat ditempuh yaitu siswa dapat menyiapkan sendiri media pemblajaran berupa kertas karton atau kertas origami. Kemudian siswa dibentuk dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok menuliskan rumus matematika yang ditentukan oleh guru secara acak. Kemudian salah satu siswa mewakili kelompoknya mempresentasikannya di depan kelas. Setelah itu, guru dapat memberikan penguatan untuk memperjelas materi tentang rumus bangun datar. Setelah diskusi selesai, siswa dapat menempelkan hasil pekerjaan mereka di dinding, untuk mempermudah mengingat rumus bangun datar tersebut.

  8. Nama : Kurnia Nurul Safitri
    Nim : 856942954
    Prodi : S1 PGSD

    Menurut saya dalam vidio pembelajaran tersebut :
    Anak – anak kurang kondusif seperti ketika guru menjelaskan anak – anak banyak yang tidak memperhatikan, tidak memdengarkan mereka asik mengobrol dan lesuh.

    Kemudian setelah guru menggubah strategi mengajarnya dengan cara bernyanyi dan menghafal rumus matematika, anak – anak semangat mengikuti nyanyian dan mulai memperhatikan ke depan.

    Guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan menggunakan lagu sebagai media mengajarnya.

  9. saya ayu mei madani
    nim 858520368
    izin menjawab
    masalah yang dihadapi: pembelajaran kurang menarik ditandai dengan banyak anak tidur di meja karena bosan, selama pembelajaran guru tidak menggunakan media belajar.

    solusi: pembelajaran yang berkaitan dengan menghafal gunakan dengan teknik bernyanyi sehingga lebih menarik dan tidak membosankan

  10. Nama :POPY ADELIA NASUTION
    Nim : 856037036
    Prodi : S1-PGSD

    Dalam video diatas, guru mengajarkan siswanya menghapal rumus menggunakan lagu, karna banyak sekali rumus dan satuan yang harus dipahami dan dihapal siswa, yang membuat guru harus berpikir kreatif dalam mengemas penyampaian pelajaran matematika, agar siswa dapat menerima materi dengan baik. Banyak cara kreatif yang dapat dilakukan guru matematika untuk menyampaikan materi, di antaranya dengan mempraktekkan langsung materi yang diajarkan dengan konkret, melakukan percobaan atau bedah rumus, bermain games dan menggunakan musik dalam pembelajaran matematika. Musik dan lagu menjadi salah satu cara kreatif yang dapat dilakukan untuk membuat siswa lebih mudah menghapal rumus dan satuan dalam matematika.
    maka menggunakan musik dan lagu untuk memudahkan siswa dalam menghapal rumus dan berbagai satuan dalam matematika. Siswa-siswa zaman now identik dengan menyanyi. Guru harus mengerti apa yang disukai oleh siswa. Dengan mengemas rumus-rumus matematika dalam bentuk lagu, diharapkan siswa mudah menerima materi dan tidak merasa takut lagi pelajaran matematika. Caranya:

    1. Membuat lagu yang bekaitan dengan rumus matematika.Pada tahap ini, guru dan siswa dapat bekerja sama untuk membuat lagu yang berkaitan dengan rumus matematika yang dipelajari. Siswa dan guru dapat membuat lagu sendiri ataupun memilih nada lagu dari lagu-lagu yang sedang popular saat ini lalu menggubah lirik lagunya.
    2. Menyanyikan lagu tersebut bersama-sama secara berulang-ulang .Pada tahap ini, guru matematika dapat bekerjasama dengan guru seni musik, untuk membua kegiatan bernyanyi bersama di kelas. Siswa juga dapat menyanyikan lagu saat awal ataupun akhir dari pembelajaran.

Leave a Reply