silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Siti hawa sangaji Nim : 856485623
Beradasarkan video yang saya amati, kita dapatkan hasil analisis sebagai berikut : Identifikasi masalah : Siswa kesulitan menghafal rumus-rumus matematika. Penyebab Masalah : Guru hanya menggunakan metode ceramah
Alternatif pemecah Masalah : Rumus-rumus matematika dibuat dalam bentuk lagu untuk difalakan dan di nyayikan bersama.
Bagi siswa : Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi luas bagun datar
Bagu Guru : Meningkatnya kinerja guru dalam menerapkan strategi pembelajaran pada materi luas bangun datar.
Dari pengamatan saya, dari awal pembelajaran kelas sudah tidak kondusif, dengan adanya siswa yang sangat ramai membuat suasana untuk belajar akan sulit, mungkin itulah salah satu penyebab siswa kesulitan untuk menghafal dikarenakan kurang fokus, dan langkah yang diambil oleh Guru sudah lumayan tepat dengan mencairkan suasana kelas dengan cara mengajak siswa bernyanyi, me-refresh fokus kelas agar menjadi padu bersama-sama semua siswa bernyanyi, dan sekaligus membuat lagu tersebut diganti liriknya dengan rumus-rumus matematika yang membuat siswa lebih mudah untuk menghafalkannya/ mengingatnya
Nama: Riva Fakhria Fadhilah
NIM: 857505283
Prodi: S1-PGSD
Pada vidio ini siswa kurang bersemangat belajar matematika, bahkan kelas menjadi ramai karena teriakan siswa yang merasa tidak suka pembelajaran matematika apalagi yang harus menggunakan rumus. maka guru mencari solusi dari permasalahn yang dihadapi untuk meningkatkan suasana menyenangkan dalam pembelajaran. gurupun mengambil solusi dengan menghafal rumus lewat bernyanyi. siswa mulai terlihat senang dan menghafal rumus lewat lagu hingga akhirnya bisa menghafal rumus dan menyelesaikan soal.
Nama : Ratna Army Tanjung
Nim : 850055339
Kelemahan pembelajaran dalam video :
Setelah di analisis, video tersebut yaitu guru yang kurang menguasai kelas sehingga keadaan kelas menjadi rebut dan membuat siswa menjadi kurang konsentrasi dalam pembelajaran.
Nama : Achmad Rifa’i
Nim : 856484922
Pokjar : Dumai
Setelah menyimak tayangan video tersebut, tanggapan saya yaitu sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika, hal tersebut mengakibatkan ketika guru menjelaskan rumus luas bangun datar, siswa terlihat bosan dan tidak tertarik dengan pelajaran tersebut. Namun, berbeda ketika guru menggunakan strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang sering didengar oleh mereka, dengan mengubah syairnya menggunakan luas bangun datar. Strategi yang digunakan guru tersebut dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam menghafalkan rumus matematika. Terlihat dari tayangan video tersebut, siswa yang tadinya tidak berminat dengan pelajaran matematika, turut ikut bernyanyi dengan syair rumus luas bangun datar. Dengan strategi yang diterapkan tersebut, diharapkan siswa memiliki minat pada pelajaran matematika dan dapat meningkatkan pemahamannya terhadap materi dalam pembelajaran matematika terutama dalam materi luas bangun datar.
Nama : Miftaqul Jannah
NIM : 857167338
PGSD. BI
Pokjar Duren Sawit.
Beradasarkan video yang saya tonton, berikut hasil pengamatannya
Identifikasi masalah : – Siswa kesulitan menghafal rumus-rumus matematika ; – Siswa tidak tertarik mengikuti pembelajaran matematika (terlihat ada yang bermain, mengobrol dengan temannya dan ada juga yang tidur-tiduran).
Analisis Masalah : berdasarkan identifikasi masalah diatas, penyebab dari pembelajaran tersebut adalah Guru hanya menggunakan metode ceramah, metode pembelajaran yang disampaikan guru tidak bervariasi, dan siswa tidak memahami rumus-rumus matematika yang disampaikan oleh guru.
Alternatif Pemecah Masalah : Meningkatkan minat siswa dalam menghafal rumus luas bangun datar dengan media berupa lagu burung kakak tua yang liriknya diganti dengan rumus-rumus bangun datar.
Rumusan Masalah : Bagaimana peningkatan minat siswa dalam menghafal rumus luas bangun datar dengan media berupa lagu burung kakak tua yang liriknya diganti dengan rumus-rumus bangun datar?
Manfaat Bagi siswa : Meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika pada materi luas bagun datar.
Manfaat Bagi Guru : Meningkatnya kinerja guru dalam menerapkan strategi pembelajaran pada materi luas bangun datar.
NAMA : AFIFATUL MURSYIDAH
NIM : 858736045
Setelah melihat video kegiatan belajar mengajar tersebut dapat disimpulkan bahwa di awal pembelajaran siswa tidak begitu memperhatikan guru saat menerangkan, asyik main sendiri. mungkin karena pembelajarannya monoton sehingga siswa tidak tertarik. Kemudian guru menyadari akan hal itu dan guru mencoba mencari solusi atau mencari bagaimana menjadikan suasana kelas yang menyenangkan dengan menggunakan media menghafalkan rumus matematika dengan bernyanyi. dan ternyata cara itu berhasil dan menjadikan siswa lebih tertarik dan aktif ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Nama: Gadi Ikhda Lail
NIM : 857819073
Berdasarkan video tersebut, siswa kurang memperhatikan guru yang sedang menjelaskan rumus Matematika di awal kegiatan pembelajaran. Beberapa siswa justru ngobrol dengan temannya sendiri, asyik bermain sendiri. Hal ini dapat terjadi karena cara atau metode yang tidak menarik sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Akibatnya siswa mengalami kesulitan menghafal rumus Matematika yang dijelaskan oleh guru. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, guru mencoba mencari solusi, yaitu dengan cara bernyannyi untuk menghafalkan rumus Matematika. Dan ternyata cara tersebut berhasil, siswa menjadi lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Nama: Gadi Ikhda Lail
NIM : 857819073
Berdasarkan video tersebut, siswa kurang memperhatikan guru yang sedang menjelaskan rumus Matematika di awal kegiatan pembelajaran. Beberapa siswa justru ngobrol dengan temannya sendiri, asyik bermain sendiri. Hal ini dapat terjadi karena cara atau metode yang tidak menarik sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Akibatnya siswa mengalami kesulitan menghafal rumus Matematika yang dijelaskan oleh guru. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, guru mencoba mencari solusi, yaitu dengan cara bernyannyi untuk menghafalkan rumus Matematika. Dan ternyata cara tersebut berhasil, siswa menjadi lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Sintia sri wahyuni
Nim : 856227867
Upbjj : Padang
Dari video diatas terlihat bahwa pada awal jam pelajaran dimulai suasana kelas tidak kondusif, ditambah lagi guru yang mengajar juga tidak dapat menarik perhatian siswa untuk belajar, akibatnya terjadi kericuhan dikarenakan peserta didik kesulitan menghafal rumus-rumus pada pembelajaran matematika (bangun datar) maka cenderung peserta didik akan merasa malas untuk mengikuti pembelajaran matematika. Hingga pada akhirnya guru tersebut menggunakan media lagu yang dimana dapat menarik perhatian siswa serta lebih mudah dipahami oleh siswa.