silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Luthfia Safitri
NIM : 857007978
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah menyimak dan menonton video tentang ” Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika” terdapat beberapa hal yang saya temukan.
1. Kelemahan guru:
a. Tidak adanya salam pembuka serta apersepsi pada awal pembelajaran
b. Tidak adanya absensi siswa oleh guru
c. Guru tidak memperhatikan kesiapan siswa pada awal pembelajaran
d. Guru tidak mengkondisikan siswanya agar kelas menjadi tenang
e. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa
f. Tidak adanya kesimpulan, penguatan dan evaluasi di akhir pembelajaran 2. Kelebihan guru:
a. Guru menguasai materi pembelajaran dengan baik
b. Guru dapat merespon dengan cepat situasi kelasnya dan mengubah strategi pembelajarannya dengan cara bernyanyi agar menarik perhatian siswanya.
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut, hal yang perlu ditingkatkan adalah guru sebaiknya adalah guru dapat memberikan salam pembuka dan penutup pada awal dan akhir pembelajaran, mengabsen siswa, menambahkan ice breaking, dan memberikan motivasi kepada siswanya agar siswanya mendapatkan energi positif dan kembali bersemangat untuk belajar.
Nama : Luthfia Safitri
NIM : 857007978
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah menyimak dan menonton video tentang ” Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika” terdapat beberapa hal yang saya temukan.
1. Kelemahan guru:
a. Tidak adanya salam pembuka serta apersepsi pada awal pembelajaran
b. Tidak adanya absensi siswa oleh guru
c. Guru tidak memperhatikan kesiapan siswa pada awal pembelajaran
d. Guru tidak mengkondisikan siswanya agar kelas menjadi tenang
e. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa
f. Tidak adanya kesimpulan, penguatan dan evaluasi di akhir pembelajaran
2. Kelebihan guru:
a. Guru menguasai materi pembelajaran dengan baik
b. Guru dapat merespon dengan cepat situasi kelasnya dan mengubah strategi pembelajarannya dengan cara bernyanyi agar menarik perhatian siswanya.
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut, hal yang perlu ditingkatkan adalah guru sebaiknya adalah guru dapat memberikan salam pembuka dan penutup pada awal dan akhir pembelajaran, mengabsen siswa, menambahkan ice breaking, dan memberikan motivasi kepada siswanya agar siswanya mendapatkan energi positif dan kembali bersemangat untuk belajar.
NAMA : HERNAWATI
NIM : 817163711
Menanggapi vidio yang disajikan, guru telah melakukan adaptasi dengan gaya belajar peseta didik, yang akan memudahkan peserta didik mengingat dengan cepat rumus matematika. Hal ini juga menunjukkan minat belajar peserta didik terhadap matematika baik, karena mereka mengikuti dan fokus mengikuti guru bernyanyi.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Saya Wahyu Nurjali mahasiswa S1 PGSD semester 6 mohon ijin menganalisis video yang berjudul Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika.
Dari video tersebut terdapat beberapa hal yang saya amati dan saya analisis diantaranya:
a. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dari link video diatas yaitu diawal pembelajaran terlihat anak tidak begitu antusias, gaduh dan ada yang tiduran.
b. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
1. Permulaan pembelajaran seharusnya berdoa terlebih dahulu.
2. Guru melihat kesiapan siswa. Apakah siswa sdh siap atau belum.
3.Guru dapat mengajak dengan kegiatan ice breaking dengan bernyanyi ataupun games supaya siswa lebih bersemangat.
c. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
1. Guru menggunakan metode bernyanyi untuk mempermudah anak-anak dalam menghafal rumus.
2. Dengan memberikan tugas menghafal lagu otomatis anak hafal rumus-rumus karena lirik sudah disesuaikan dengan materi pembelajaran.
d. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah mengubah lirik lagu dengan rumus-rumus matematika membuat siswa tertarik dan dapat memahami rumus-mrumus matematika dengan mudah.
e. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah :
1. Guru lebih dahulu mengajak berdoa siswa
2. Melihat kesiapan siswa : apabila siswa masih gaduh dan asyik sendiri tarik perhatian mereka dengan kegiatan ice breaking dan permainan-permainan seru.
3. Guru bisa mengeksplore motode lain misal menggunakan video yang disertai gambar-gambar yang menarik.
Sekian
Terima Kasih
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Analisis dari video Siswa Kesulitan Menfhafal Rumus Matematika tersebut menunjukkan beberapa aspek penting terkait pendekatan pembelajaran matematika, khususnya dalam konteks penguasaan rumus luas bangun datar.
Dalam tujuan pembelajaran dari video adalah untuk mengajarkan cara menghafal rumus matematika, tetapi tampaknya pendekatan yang digunakan kurang efektif karena tidak memfokuskan pada pemahaman konsep yang mendalam. Kemudian
Pembukaan yang Efektif,
Guru berhasil memusatkan perhatian siswa pada awal pembelajaran, yang merupakan langkah positif. Namun, transisi ke materi inti tidak diiringi dengan pengantaran yang tepat, sehingga siswa kesulitan mengaitkan konsep yang sudah ada dengan rumus baru.
Pentingnya Pemahaman Dasar,
Kesulitan siswa dalam menyebutkan rumus luas bangun datar mengindikasikan kurangnya pemahaman dasar tentang konsep luas. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika harus dimulai dengan penguatan konsep dasar sebelum beralih ke hafalan rumus.
Keterbatasan Media Pembelajaran,
Penggunaan lagu sebagai alat bantu untuk menghafal rumus terbukti hanya efektif untuk hafalan jangka pendek. Ini mengarah pada pengertian bahwa strategi ini mungkin tidak mendukung pemahaman yang berkelanjutan.
Meskipun menggunakan lagu dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menarik perhatian siswa, penting untuk diimbangi dengan metode lain yang mendukung pemahaman yang lebih dalam. Mengubah syair lagu menjadi rumus dapat membantu, tetapi harus disertai dengan penjelasan konsep yang mendalam.
Kesimpulan :
Secara keseluruhan, analisis ini menunjukkan bahwa meskipun upaya guru untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik dengan menggunakan lagu adalah langkah positif, pendekatan ini harus dikombinasikan dengan penguatan pemahaman konsep dasar. Guru perlu merancang pembelajaran yang lebih komprehensif untuk memastikan siswa tidak hanya menghafal rumus, tetapi juga memahami aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Nama : Imam Munazat
NIM : 877678586
UPBJJ : Bandung
Menanggapi video tersebut tampak seorang guru yang sedang melaksanakan pembelajaran matematika pada materi luas bangun datar. terdapat masalah ketika siswa kesulitan untuk menghafalkan rumus yang ada dan diberikan alternatif berupa menghafal rumus melalui bernyanyi. beberapa poin yang dapat saya cermati adalah sebagai berikut:
bapak guru sebaiknya menganalisis dulu alasan kesulitan siswa menghafalkan rumus luas bangun datar. jika permasalahnya terletak pada kurangnya pemahaman, bisa jadi alternatif solusinya adalah menggunakan media atupun memahamkan dulu konsep luas bangun data. namun jika kesulitan siswa didasarkan pada meteri rumus yang terlalu banyak, maka bapak guru dapat membagi materi luas bangun datar secara bertahap, misalkan satu bangun datar dalam 2 JP.
ataupun jika alternatif menghafal rumus dengan cara menyanyi telah dirasa cocok, bapak guru tetap diharuskan untuk mengevaluasi atau merefleksikan apakah hasil pembelajaran siswa setelah strategi tersebut dilaksanakan sesuai dengan capaian pembelajaran yang bapak guru inginkan.
Nama : Fotani Laia
NIM : 859794301
UPBJJ : Medan
1. Judul video yang dianalisis:
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
2. Link video yang dianalisis:
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/siswa-kesulitan-mengahafal-rumus-matematika/
Video ini berisikan tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah syairnya dengan rumus luas bangun datar. Lagu yang dirubah syairnya dan digunakan untuk menghafal rumus luas bangun datar adalah lagu burung kakak tua.
adapun Kelemahan Pembelajaran dalam Video ini adalah
Guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Murid kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas bangun datar yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai setiap siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seharusnya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Cara mengajar matematika seperti dalam video terlihat membosankan bagi murid sekolah dasar. Mereka tidak akan mampu mengerjakan soal matematika dengan kesulitan soal yang lebih kompleks, karena mereka hanya hafal rumus tetapi tidak memahami konsep dasar tentang bangun datar. Apalagi metode menyelesaikan soal matematika dengan menghafal rumus, hanya mampu bertahan dalam jangka pendek dan tidak bias menumbuhkan perilaku anak berfikir kritis.
Kelebihan Pembelajaran dalam Video adalah mengingatkan kembali murid tentang lagu anak-anak yang sekarang sudah banyak hilang digantikan lagu-lagu percintaan remaja dan orang dewasa.
Nama : Fotani Laia
NIM : 859794301
UPBJJ : Medan
1. Judul video yang dianalisis:
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
2. Link video yang dianalisis:
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/siswa-kesulitan-mengahafal-rumus-matematika/
Video ini berisikan tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah syairnya dengan rumus luas bangun datar. Lagu yang dirubah syairnya dan digunakan untuk menghafal rumus luas bangun datar adalah lagu burung kakak tua.
Adapun Kelemahan Pembelajaran dalam Video ini adalah Guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Murid kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas bangun datar yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai setiap siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seharusnya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman. Cara mengajar matematika seperti dalam video terlihat membosankan bagi murid sekolah dasar. Mereka tidak akan mampu mengerjakan soal matematika dengan kesulitan soal yang lebih kompleks, karena mereka hanya hafal rumus tetapi tidak memahami konsep dasar tentang bangun datar. Apalagi metode menyelesaikan soal matematika dengan menghafal rumus, hanya mampu bertahan dalam jangka pendek dan tidak bias menumbuhkan perilaku anak berfikir kritis. Kelebihan Pembelajaran dalam Video adalah mengingatkan kembali murid tentang lagu anak-anak yang sekarang sudah banyak hilang digantikan lagu-lagu percintaan remaja dan orang dewasa.
Setelah menyimak video tentang “Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika” Berikut refleksi saya:
1. Hal yang menarik dari video tersebut yaitu guru dapat mencari strategi dalam pembelajaran yaitu mengajarkan anak untuk menghafal rumus dengan bernyanyi.
2. Kelebihan video tersebut yaitu guru menguasai materi sehingga dapat mengatasi permasalahan dengan cepat membuat anak lebih antusias dalam menghafal rumus dengan strategi bernyanyi.
3. Kekurangan video tersebut yaitu tidak adanya salam pembuka, apersepsi, pengecekan kehadiran siswa, guru sebelum memulai pembelajaran tidak memastikan kesiapan siswa dan tidak mengkondisikan siswa terlebih dahulu sehingga siswa masih ada yg ngobrol dan bermain, interaksi antara guru dan murid kurang.
4. Alternatif dari kekurangan yaitu guru mempersiapkan dan memahami sintak-sintak dalam RPP sebelum melakukan pembelajaran sehingga semua sintak dapat dijalankan dengan tertip tanpa ada yang terlewati dan siswa dapat terkondisikan.
Nama : Ari Puji Astuti
NIM : 859946286
UPBJJ : Jakarta
1. Judul video yang dianalisis:
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
2. Link video yang dianalisis:
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/siswa-kesulitan-mengahafal-rumus-matematika/
Video ini berisikan tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Menakutkannya pelajaran Matematika masih membayangi siswa di semua kalangan hingga saat ini. Banyaknya rumus yang harus dihafal dan membosankannya cara mengajar guru juga merupakan faktor terkendalanya anak dalam pembelajaran Matematika terutama di SD.
Dalam video tersebut guru berusaha semaksimal mungkin menumbuhkan minat belajar matematika dengan menggunakan nyanyian. Dengan bernyanyi siswa akan mudah menghafal rumus dan mengingatnya.
Kekurangan dari video pembelajaran tersebut adalah guru belum mengkondisikan keadaan anak dengan baik dan tidak adanya pertanyaan pemantik yang dapat memicu anak untuk dapat berpikir secara kritis..
Terima kasih