silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Izin menanggapi video di atas, siswa tidak antusias ketika guru menyampaikan materi pembelajaran. karna tidak adanya pendahuluan yg dilakukan oleh guru seperti salam, menanyakan kabar siswa, tidak ada ice breaking untuk menumbuhkan semangat dan antusias anak-anak, guru tidak megkondisikan siswa ketika kelas ramai.

  2. Nama : Sri Rahayu
    Nim : 856606335

    Izin menanggapi video di atas, siswa tidak antusias ketika guru menyampaikan materi pembelajaran. karna tidak adanya pendahuluan yg dilakukan oleh guru seperti salam, menanyakan kabar siswa, tidak ada ice breaking untuk menumbuhkan semangat dan antusias anak-anak, guru tidak megkondisikan siswa ketika kelas ramai.

  3. Nama : Aishna Wisesa Majaristi
    NIM :857164705
    Pokjar : Kalideres

    Setelah menyimak salah satu video pembelajaran dalam Portal Guru Pintar, Seri Pembelajaran SD yang berjudul “Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika” dapat disimpulkan bahwa:

    Video tersebut menampilkan bagaiman sebagai seorang guru kita harus membantu siswa dalam mengatasi tantangan seperti kesulitan mengahafal rumus matematika. Dalam video tersebut, solusi yang ditawarkan adalah dengan metode bernyanyi menggunakan lagu yang familiar bagi anak tetapi liriknya diganti. Namun, menurut saya hal tersebut kurang efektif. Dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk memahami konsep materi terlebih dahulu. Siswa akan merasa kesulitan jika harus mengahafalkan rumus. Konsep materi dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satunya dengan memberikan contoh konkret atau nyata dan penerapan praktis dalam kehidupan sehari-hari dari rumus tersebut.

  4. Nama : BONDAN LARASATI RAHAYU
    NIM : 859945127
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ UT JAKARTA

    Assalamualaikum wr wb,
    Saya mencoba menanggapi video di atas mengenai siswa kesulitan menghafal rumus matematika.
    Video di atas dibuka dengan Bapak Guru yang menanyakan tentang rumus matematika bangun dasar. Siswa mengalami kesulitan saat ditanya rumus luas bangun datar. Metode ceramah yang disampaikan oleh Bapak Guru kurang efektif dan mengena ke siswa.
    Sebaiknya, metode yang diajarkan agar siswa dapat cepat menghafal rumus matematika adalah dengan cara Singing Based Learning atau benyanyi sambil menghafal rumus bangun datar. Sistem ini dirasa efektif karena siswa menghafal dengan ceria karena mereka sudah mengenal lirik lagu yang digunakan dalam menghafal rumus bangun datar.

    Terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalamualaikum wr wb

  5. Nama: Dewi masitoh
    NIM : 860158376
    PRODI : S1 PGSD

    Dari video di atas tentang siswa kesulitan menghafal rumus matematika dapat disimpulkan bahwa seorang guru berusaha mengatasi siswa yang kesulitan menghafal rumus matematika.
    Kelebihannya yaitu guru menggunakan metode bernyanyi atau berirama dengan cara mengubah rumus menjadi sebuah lagu agar mudah diingat oleh siswa. Guru menggunakan lagu-lagu yang disukai siswa dengan mengubah liriknya. Namun kekuranganya pembelajaran sedikit monoton, sehingga ada beberapa siswa yang tidak tertarik dan antusias dalam belajar.
    Saranya bisa dengan ditambahkan melibatkan gerakan tubuh agar siswa dapat lebih antusias.

  6. Nama: FARIDHOTUROHMAH
    NIM: 858847337
    Setelah saya melihat video yang berjudul siswa kesulitan menghafal rumus matematika, saya dapat menyimpulkan bahwa video tersebut berisi tentang siswa yang tidak bersemangat ketika belajar matematika tentang mencari luas bangun datar, padahal siswa akan kesulitan menyelesaikan soal ketika siswa tidak memahami suatu rumus.Akhirnya seorang guru di video tersebut menggunakan strategi yang menarik yaitu dengan mengajak siswa bernyanyi yang liriknya diganti dengan rumus luas bangun datar. Siswa terlihat sangat senang dan langsung menanggapi strategi dengan bernyanyi tersebut karena terlihat ketika guru mencontohkan satu baris saja, siswa langsung melanjutkan dan bernyanyi bersama-sama karena lagu yang dipilih oleh guru tersebut juga lagu yang sudah familiar di dengar anak-anak.

    Saran saya untuk bernyanyinya jangan cuma satu kali, jadi misalnya bernyanyi bersama-sama itu 3 kali, kemudian setelah itu di tunjuk perkelompok untuk bernyanyi agar anak-anak benar-benar terampil dan hafal lirik dalam lagu tersebut karena ketika sudah hafal lirik berarti kan juga sudah hafal rumus matematika yang ada dalam lagu tersebut.

  7. Nama : Nining Paryati
    NIM : 855739311
    PRODI : FKIP S1 PGSD
    POKJAR : KALIANDA

    Setelah saya melihat video pembelajaran aktivitas di atas, tidak sedikit siswa yang kurang mencintai mata pelajaran matematika, sangat terlihat jelas dalam video di atas ketika guru sedang menjelaskan materi, semua siswa yang ada di dalam kelas tersebut sangatlah berisik dan tidak tenang.
    pada awal pembelajaran juga guru tersebut tidak adanya ucapan pembuka seperti salam, menanyakan kabar siswa dan tidak ada absensi kelas. Maka dari itu tidak adanya suasana untuk penyemangat siswa di awal pembelajaran. Tetapi semua itu berubah ketika guru tersebut dengan cepat mengubah situasi yang semula tidak menyenangkan menjadi sangat menyenangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menarik perhatian para siswanya seperti dalam video pembelajaran yang telah kita lihat guru tersebut menggunakan sebuah lagu untuk menarik perhatian siswa agar lebih mudah dalam menghafal rumus-rumus matematika dengan bernyanyi. guru tersebut juga sangat menguasai materi, menerangkan materi dengan sangat jelas dan suara yang lantang dan sangat menguasai kelas sehingga bisa dengan cepat mengkondisikan siswa untuk bisa menerima dengan baik materi yang disampaikan oleh guru tersebut.
    Hanya saja ada sedikit kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang ada dalam video ini https://drive.google.com/file/d/1zcsN1CFuUxTRHK_yesF4cht9NEcHmQzP/view?t=213&pli=1
    Kekurangan dari video tersebut metode dalam pembelajaran tersebut terasa monoton dan membosankan bagi siswa, sehingga ada beberapa siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pelajaran.

  8. Nama : Gina Fitri Lutfiana
    NIM : 877635333
    Prodi : S1 PGSD UPBJJ UT JAKARTA

    Tanggapan: Positif:
    Memanfaatkan kreativitas: Strategi ini menunjukkan pendekatan kreatif dalam pembelajaran, memadukan seni dan pendidikan. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
    Menarik dan menyenangkan: Bernyanyi membuat suasana belajar lebih interaktif dan mengurangi tekanan dalam memahami materi yang dianggap sulit.
    Memori yang lebih kuat: Melalui lagu, siswa cenderung lebih mudah mengingat karena musik dapat menciptakan pengulangan yang menyenangkan.
    Negatif:
    Tidak cocok untuk semua siswa: Tidak semua siswa nyaman dengan metode ini. Sebagian mungkin lebih memilih pendekatan visual atau lainnya.
    Resiko distorsi pemahaman: Fokus pada lagu bisa mengalihkan perhatian dari pemahaman konsep mendalam.
    Kesulitan implementasi pada materi kompleks: Metode ini mungkin efektif untuk materi sederhana, tetapi kurang praktis untuk rumus atau konsep yang lebih kompleks.
    Secara keseluruhan, metode ini merupakan langkah yang inovatif dan patut dicoba dengan tetap memperhatikan kesesuaian terhadap kebutuhan siswa serta memastikan pembelajaran tetap mendalam.

  9. Nama : Puji Citra Lestari
    NIM : 858535289

    Setelah melihat video pembelajaran pada Portal Guru pintar. Saya dapat menganalis bahwa model pembelajaran yang disampaikan masih mengacu pada pembelajaran masa lalu, sehingga siswa terkesan kurang menarik dalam mempelajari matematika dan kesulitan dalam menghafal rumus matematika. Lagu yang digunakan pun kurang memberi warna agar lebih semangat sehingga siswa terlihat kurang semangat dalam menghafal rumus menggunakan lagu.
    Namun pada video selanjutnya, guru mulai melakukan perbaikan metode belajarnya. Sehingga mempermudah siswa untuk melafalkan dan menghafalkan rumus matematika menggunakan lirik dan lagu.
    Melalui metode baru pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
    Terima kasih

Leave a Reply