silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Nava’ Aftina Mujtahida
    NIM : 857589224
    Salut : Kedungreja
    Setelah melihat video tersebut dapat disimpulkan bahwa video ini menggambarkan seorang guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus luas bangun datar. Adapun kelebihan dari video tersebut adalah dalam membuka pembelajaran dan menutup pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik, siswa aktif dalam pembelajaran, dan guru juga berhasil memusatkan perhatian siswa dalam pembelajaran tersebut.
    Adapun kelemahan dari video tersebut adalah materi yang disampaikan tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas bangun datar sehingga siswa tidak terlalu menguasai konsep dari bangun datar tersebut. Ketika guru melakukan modifikasi terhadap lagu burung Kakak tua dengan mengganti lirik lagu menggunakan rumus luas bangun datar ada beberapa siswa yang masih kurang paham dengan konsep rumus tersebut. Dengan menggunakan media tersebut siswa merasa pembelajaran tersebut terasa monoton dan membosankan serta media pembelajaran tersebut hanya untuk hafalan jangka pendek.
    Berikut saran yang dapat saya berikan yaitu siswa harus difokuskan dalam menguasai konsep luas bangun datar terlebih dahulu sebelum menghafal rumus.

  2. Nama : Arischa Dewi Fitriastuti
    Nim : 857840893

    Berdasarkan vidio diatas yang berjudul “Siswa kesulitan menghafal rumus Matematika” maka berikut tanggapan saya,
    Didalam vidio tersebut memberikan gambaran tentang seorang guru yang sedang memberikan pembelajaran matematika dengan menghafal rumus, kendala yang dihadapi guru tersebut adalah kurangnya perhatian dari para siswa baik secara motivasi, perhatian dan focus belajar, dimana pelajaran matematika membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi.

    Maka dari itu sebagai seorang guru khususnya matematika, perlunya metode yang menyenangkan seperti bernyanyi, maupun memakai alat peraga.

    Pada vidio selanjutnya dijelaskan bahwa guru tersebut berusaha mengatasi kebosanan dengan cara bernyanyi, hal ini bertujuan agar siswa mudah dalam menghafal rumus, akan tetapi dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk memahami konsep terlebih dahulu. Menghafal rumus tanpa pemahaman yang mendalam sering kali membuat siswa merasa frustrasi dan kesulitan.

    Mungkin akan lebih efektif jika metode pengajaran difokuskan pada pemahaman konsep sebelum menghafal rumus.

    Contoh aktivitasnya yaitu :
    1. Berikan salam, doa dan apresiasi sederhana ke siswa
    2. Mengkondisikan kelas dengan cara bernyayi, ice breaking
    3. Berikan pendampingan secara personal bagi siswa yang merasa kesulitan
    4. Dengan memberikan contoh nyata atau menggunakan alat peraga agar lebih menarik perhatian siswa.

    Sekian tanggapan dari saya terhadap vidio tersebut
    Terima Kasih

  3. Assalamualaikum Wr.Wb.

    NAMA : ANISA ISTI NURAINI
    NIM: 857841333
    PRODI: PGSD-S1
    UT: SURAKARTA
    POKJAR: KALIKOTES

    Video 1B: Matematika (Siswa kesulitan mneghafal rumus matematika)
    Mohon ijin memberikan refleksi terkait video diatas:

    Setelah saya melihat dan menyimak video diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi agar siswa lebih senang belajar matematika dalam hal meghafal rumus bangun datar yaitu dengan menggunakan lagu/irama untuk menghafal. Sebelum itu, benar kita harus mengetahui cara dan mengatasi agar siswa tersebut mudah menghafal seperti;(1) mengenali permasalahan siswa dalam menerima materi, (2) memilih strategi belajar yang paing cocok untuk siswa, (3)dan menggunakan lagu/irama untuk menghafal rumus bangun datar.

    Nah saya setuju dengan apa yang disampaikan sang guru diatas, bahwa dalam hal mengajar bukan hanya menyampaikan materi saja, tetapi bagaimana agar siswa nantinya tertarik dan paham terhadap apa yang akan dipelajarinya. Dengan menghafal rumus menggunaka lagu/irama akan mudah diingat, apalagi jika anak tersebut memiliki memori auditori yang kuat. Selain itu, ini merupakan bentuk pendekatan yang paling efisien untuk diajarkan juga melalui alat bantu visual atau media pembelajaran seperti yang ditayangkan diatas yaitu sebuah kertas berisi lagu burung kakak tua yang iramanya diganti dengan rumus bangun datar. Cara ini merupakan yang paling sederhana untuk dilakukan. Kita sebagai pengajar juga harus konsisten dan bijak dalam menemukan metode yang cocok untuk gaya belajar kita.dengan begitu menghafal rumus tidak akan jadi beban, namun lebih menyenangkan dan produktif.

    Sekian dan Terimakasih.

  4. Nama : Yasir Akhmad Sholikhin
    Nim : 857844314
    Refleksi Pembelajaran – Video “Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika”
    Video ini menunjukkan kreativitas seorang guru dalam mengatasi kesulitan siswa, khususnya dalam menghafal rumus matematika seperti rumus luas bangun datar. Masalah yang diangkat sangat relevan, karena banyak siswa yang kesulitan mengingat rumus secara verbal tanpa konteks atau pengait yang bermakna.
    Salah satu strategi yang digunakan guru adalah mengubah lirik lagu yang sudah dikenal siswa, seperti lagu “Burung Kakak Tua”, menjadi media untuk menghafal rumus. Pendekatan ini memiliki beberapa keunggulan:
    ~ Menghubungkan pembelajaran dengan pengalaman yang menyenangkan: Lagu-lagu populer yang disukai siswa dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar.
    ~ Meningkatkan retensi memori: Musik dan irama dapat membantu otak mengingat informasi lebih mudah dan tahan lama.

    Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan: Dengan bernyanyi bersama, suasana kelas menjadi lebih hidup dan interaktif.
    Strategi ini menunjukkan bahwa dalam menghadapi tantangan pembelajaran, guru perlu kreatif dan adaptif. Saya belajar bahwa dengan pendekatan yang tepat, pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit dan membosankan bisa diubah menjadi menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

  5. Assalamualaikum Wr.Wb.
    NAMA : ANISA ISTI NURAINI
    NIM: 857841333
    PRODI: PGSD-S1
    UT: SURAKARTA
    POKJAR: KALIKOTES

    Video 1B: Matematika (Siswa kesulitan mneghafal rumus matematika)
    Mohon ijin memberikan refleksi terkait video diatas:

    Setelah saya melihat dan menyimak video diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi agar siswa lebih senang belajar matematika dalam hal meghafal rumus bangun datar yaitu dengan menggunakan lagu/irama untuk menghafal. Sebelum itu, benar kita harus mengetahui cara dan mengatasi agar siswa tersebut mudah menghafal seperti;(1) mengenali permasalahan siswa dalam menerima materi, (2) memilih strategi belajar yang paing cocok untuk siswa, (3)dan menggunakan lagu/irama untuk menghafal rumus bangun datar.

    Nah saya setuju dengan apa yang disampaikan sang guru diatas, bahwa dalam hal mengajar bukan hanya menyampaikan materi saja, tetapi bagaimana agar siswa nantinya tertarik dan paham terhadap apa yang akan dipelajarinya. Dengan menghafal rumus menggunaka lagu/irama akan mudah diingat, apalagi jika anak tersebut memiliki memori auditori yang kuat. Selain itu, ini merupakan bentuk pendekatan yang paling efisien untuk diajarkan juga melalui alat bantu visual atau media pembelajaran seperti yang ditayangkan diatas yaitu sebuah kertas berisi lagu burung kakak tua yang iramanya diganti dengan rumus bangun datar. Cara ini merupakan yang paling sederhana untuk dilakukan. Kita sebagai pengajar juga harus konsisten dan bijak dalam menemukan metode yang cocok untuk gaya belajar kita.dengan begitu menghafal rumus tidak akan jadi beban, namun lebih menyenangkan dan produktif.

    Sekian dan Terimakasih.

  6. Nama : Eni fatmasyari
    Prodi : PGSD

    Dari vidio diatas yang telah saya lihat dapat saya nilai bahwa anak anak masih sangat sulit untuk sistem pembelajaran menghafalnya dan upaya upaya yang perlu kita perlukan. Adalah :
    -memberi motivasi anak agar tetap semangat dalam belajar menghafal
    -memberi suasana suasana baru yang menarik agar anak lebih tertarik belajar sistem menghafal nya
    – sebelum kegiatan belajar ada baiknya anak anak diberi kan reflesi terlebih dahulu agar anak tidak bosen dan akhirnya siap menerima pembelajaran ..
    Ini tanggapan saya mengenai vidio yang saya lihat..

  7. Videonya sangat bermanfaat! Memang benar, banyak siswa yang kesulitan menghafal rumus karena tidak memahami konsep dasarnya. Semoga ke depannya semakin banyak guru yang menggunakan metode belajar kreatif agar matematika terasa lebih menyenangkan. Terima kasih sudah angkat topik ini!

  8. Nama : Nurul Febrian Rahmawati
    Nim : 857844529
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : Surakarta

    Video ini memberikan gambaran yang menarik tentang kreativitas seorang guru dalam mengatasi tantangan pembelajaran matematika, khususnya dalam membantu siswa menghafal rumus luas bangun datar melalui strategi bernyanyi. Mengubah lirik lagu yang akrab bagi siswa menjadi lirik yang berisi rumus matematika memang merupakan ide yang kreatif dan menyenangkan, terlebih untuk siswa sekolah dasar yang masih berada pada tahap belajar sambil bermain.

    Saya mengapresiasi usaha guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan berhasil menarik perhatian siswa di awal pembelajaran. Hal ini sangat penting untuk menciptakan iklim kelas yang positif dan membangun semangat belajar siswa. Namun, pembelajaran ini belum sepenuhnya optimal karena tidak diiringi dengan penanaman konsep yang kuat. Hafalan rumus tanpa pemahaman konsep dasar berisiko membuat siswa kesulitan ketika harus menerapkan rumus tersebut dalam konteks yang berbeda atau soal cerita.
    Tanpa pemahaman itu, proses belajar menjadi dangkal dan rentan dilupakan. Lagu memang bisa menjadi media bantu yang menarik, tetapi sebaiknya digunakan sebagai pelengkap, bukan sebagai inti dari pembelajaran.

    Bagi saya pribadi, video ini menjadi pengingat bahwa kreativitas dalam mengajar harus selalu diseimbangkan dengan ketepatan pendekatan pedagogis. Guru bukan hanya dituntut untuk membuat pembelajaran menarik, tetapi juga memastikan bahwa setiap aktivitas mendukung pencapaian pemahaman yang mendalam dan bermakna bagi siswa.

  9. Nama : Hasbi Ashshidiqy
    Nim : 860198348

    Setelah saya melihat tayangan video pembelajaran di Portal Guru Pintar pada Seri Pembelajaran SD yang berjudul “Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika”
    Dapat dilihat pada video reaksi anak terhadap pembelajaran pada mulanya sangat tidak antusias, hal itu disebabkan karena kelemahan guru dalam mengawali pembelajaran, dalam memulai pembelajaran guru langsung menyampaikan materi tentang rumus bangun datar sehingga siswa merasa tidak senang dan tidak menjadi kondusif. Namun, pada video tersebut juga menunjukan kelebihan guru dalam mengatasi situasi tersebut guru mempunyai ide baru untuk menambah konsentrasi dan semangat siswa untuk menghafal rumus bangun datar yaitu dengan cara menyanyikan rumus bangun datar sesuai nada burung kakak tua, dengan bernyanyi bersama sama siswa terlihat mulai antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dengan menyanyikan rumus bangun datar tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran.
    Upaya yang dapat dilakukan guru untuk pertemuan selanjutnya yaitu guru harus memulai pembelajaran dengan hal hal yanh menyenangkan terlebih dahulu, kemudian guru juga bisa memulai dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama-sama, serta berikan apersepsi dan pertanyaan pemantik pada awal pembelajaran.

  10. Assalamualaikum Wr Wb
    Nama : NUR HAYATI
    NIM: 857840324

    Izin menanggapi
    Vidio : Siswa kesulitan menghafal rumus matematika
    Dari vidio diatas terlihat bahwa siswa ketika pembelajaran matematika sulit memahami materi dan sulit menghafal rumus yang diberikan oleh guru. Pada vidio tersebut guru juga menggunakan alternatif lain untuk menjelaskan rumus rumus bangun datar agar mudah diterima dan dipahami oleh siswanya terlihat bahwa guru tersebut melakukan alternatif dengan cara menggunakan metode bernyanyi dengan cara mengubah lirik lagu “Burung Kakak tua” menjadi rumus-rumus bangun datar mulai dari lingkaran ,segitiga, dan persegi panjang. Akan tetapi ada beberapa siswa yang mungkin masih kesulitan dalam menyanyikan lagu tersebut dan mungkin cara tersebut kurang efektif bagi beberapa siswa di kelas tersebut. Mungkin beberapa siswa akan lebih mudah menghafal jika dengan menggunakan musik atau nyanyian akan tetapi mungkin ada beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan dengan metode tersebut, untuk itu guru bisa menggunakan Alternatif lain seperti cari tahu terlebih dulu kesulitan yang dialami oleh siswa, buatkan contoh contoh yang konkret yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, buat singkatan yang menarik atau kata kata kunci yang mudah diingat untuk rumus-rumus tertentu.

    Sekian dan terimakasih
    Waalaikumsalam Wr Wb

Leave a Reply