silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
NAMA : DUHRI RIDHO FATHURRAHMAN
NIM : 858939328
POKJAR : WULUHAN
UPBJJ : JEMBER
Setelah melihat video diatas dapat saya simpulkan bahwa diawal proses pembelajaran, pada pembukaan guru terlalu tergesa-gesa, seharusnya diawali dengan salam dilanjut berdoa dan mengecek kehadiran siswa. Tetapi dalam video tersebut guru langsung melakukan apersepsi tanpa melihat kesiapan siswa sehingga membuat siswa terkesan berat dalam menerima materi.
Selanjutnya pada penyampaian awal materi terkesan membosankan karena guru tidak memanfaatkan media untuk mempermudah penjelasan dan dapat diterima oleh siswa atau solusi lain bisa disisipi dulu dengan tepuk- tepuk seperti tepuk konsentrasi/tepuk fokus agar siswa bisa konsentrasi dan mempunyai semangat untuk menerima pelajaran.
Namun ditengah-tengah proses pembelajaran, guru sudah mulai memahami kondisi kelas yang tidak kondusif sehingga berinisiatif memberikan materi dengan bernyanyi agar memudahkan siswa menghafalkan rumus matematikanya.
Menurut saya hal tersebut sudah cukup baik.
Untuk strategi lainnya mungkin bisa dibarengi dengan permainan mengingat salah satu karakteristik siswa SD adalah senang belajar dengan bermain. Salah satu contoh permainannya yaitu dengan membuat perlombaan antar 2 siswa secara bergantian yang nantinya yang tercepat dapat menentukan bangun datar mana yang akan disebutkan rumusnya.
Nama : Cucu Juariah
NIM : 857492488
Prodi : 119/PGSD S1 (Masukan Sarjana) Kurikulum Baru
UPBJJ Asal : 24/ BANDUNG
Hasil pengamatan video berjudul “Siswa Kesulitan Menghafal Rumus”
1. Guru tidak membuka pembelajaran dengan doa
2. Guru tidak menyapa dan tidak menyambut terlebih dahulu peserta didiknya
3. Guru tidak membuat kesepakatan terlebih dahulu mengenai tata terbib yang harus dilakukan selama kegiatan belajar.
4. Hanya menggunakan metode ceramah
5. Apersepsi yang dilakukan Guru sedikit sekali bahkan terkesan to the point.
Dampak dari kegiatan pembelajaran di atas adalah peserta didik meserspon negatif, ribut, bersikap acuh, ada yang ngobrol, dan tiduran karena merasa membosankan dan tidak menarik.
Melihat, memperhatikan, dan merasakan hal yang tidak sesuai dengan harapannya, Guru pun cepat melakukan refleksi (merenung) mengidentifikasi permasalahan yang terjadi.
Dari hasil refleksinya, guru langsung mengubah metodologi yang sekiranya cocok dengan karakter peserta didiknya. Metode yang digunakannya yaitu dengan bernyanyi. Menyanyikan lagu rumus – rumus bangun datar dengan irama lagu “Burung Kakak Tua” serta menghadirkan media karton yang bertuliskan lirik lagu rumus bangun datar dengan ditambah hiasan untuk menambah daya tarik pembelajaran sehingga peserta didik merasa lebih dihargai.
Apa yang terjadi?
Benar saja, peserta didik antusias dan menikmati hingga akhir pembelajaran sehingga peserta didik hafal rumus – rumus bangun datar. Hal tersebut membuat peserta didik percaya diri akan kemampuannya, dan peserta didik merasa yakin mereka dapat mempraktikkanya pada soal – soal menghitung luas bangun datar.
Saran :
Diawal pembelajaran guru menyapa dan menanyakan kabar lalu mengajak peserta didik berdoa.
Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait tata tertib selama pembelajaran.
Guru mengemukakan tujuan pembelajaran kemudian guru melakukan apersepsi.
Kesimpulan ;
Kegiatan pembelajaran akan menarik apabila disajikan dengan metode, pendekatan dan media yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didiknya sehingga tujuan pembelajaranpun tercapai.
Nama : Ratih Wulan Sari
NIM: 857167581
Setelah melihat tayangan tersebut dapat disimpulkan bahwa Pak Guru tersebut merasakan adanya masalah pada saat proses kegiatan belajar Matematika mengenai rumus luas bangun datar. Pak Guru melakukan refleksi diri untuk melakukan perbaikan dalam mengajar yaitu mengganti metode ceramah dalam mengajarkan rumus luas bangun datar dengan mengajak siswa bernyanyi untuk menghafal rumus luas bangun datar. terjadi perubahan yang signifikan terhadap respon siswa, semula siswa tidak tertarik terhadap pelajaran matematika menjadi bersemangat menyanyikan lagu rumus luas bangun datar menggunakan nada Burung Kakak Tua.
NAMA : HELDITA RIZKA YANI
NIM : 856075193
PRODI : 118 / PGSD S1
POKJAR : UPBJJ KOTA BATAM
Assalamualaikum wr.wb
pada awal pembelajaran siswa tidak disiplin dan tidak tertib sebaiknya guru menertibkan siswa terlebih dahulu agar murid lebih fokus saat pembelajaran
untuk pengajaran menghafal rumus strategi yang di ajarkan oleh pak guru dengan bernyanyi dan mengubah syair lirik lagu kerumus matematika dengan ini peserta didik tertarik dan mudah menghafal dengan cara kreatif dan inovatif seperti ini siswa dapat menghafal rumus tambahannya guru hendaknya menuliskan dipapan tulis dan peserta didik mencatat pada buku catatan beserta judul pilihan lagu seperti balonku ada lima ,burung kakak tua agar peserta didik lebih mengingat dan tidak lupa akan penghafalan rumus tersebut.
terima kasih
Nama : Afrida Haryanti
NIM : 857606811
Prodi : PGSD BI 2B
Pokjar : Purwokerto
Setelah melihat tayangan video diatas, ada beberapa hal yang menjadi sorotan :
1. Pada saat opening, guru langsung menyampaikan maksud dan tujuan pembelajaran kepada siswa tanpa adanya ice breaking terlebih dahulu atau opening yang membuat siswa tertarik atau memperhatikan. Kemudian siswa terlihat tidak sopan dan sangat tidak menghargai guru yang sedang mengajar. Guru juga tidak mengkondisikan kelas ketika siswa sibuk ramai sendiri. Siswa juga terlihat malas-malasan dan tidak bersemangat.
2. Pembelajaran inti, ketika masuk dalam materi inti yang awalnya mungkin bingung akhirnya guru memiliki inisiatif menghafal rumus dengan bernyanyi, ini sebuah ide yang bagus yang pada akhirnya siswa terlihat lebih memperhatikan dari pada waktu opening sebelumnya. Namun setelah itu ternyata siswa kembali ke kondisi semula yang tidak memperhatikan. Mungkin setelah mendapat penjelasan guru bisa melanjutkannya dengan sedikit games belajar agar anak semakin terbangun moodnya lagi.
3. Pada saat closing, guru sudah betul memberikan penekanan terhadap materi yang sedang diajarkan sehingga siswa diharapkan memahami materi tersebut.
Kemudian menurut saya pribadi untuk strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar itu sudah bagus namun perlu adanya tambahan kegiatan lainnya seperti memberikan contoh soal atau memberikan tugas berkelompok agar siswa semakin paham.
Nama : Rizqy Dyah Safitri
Nim : 857805795
Prodi : PGSD S-1
UPBJJ : UT Surakarta
Matematika merupakan pelajaran yang sangat penting dan diperlukan dalam berbagai hal dan kegiatan. Namun, banyak juga anak-anak yang tidak menyukai pelajaran tersebut karena cenderung sulit belajar dan mengajarkannya.
– Pada video tersebut, salah satu kesulitan guru dalam mengajarkan matematika yaitu, anak-anak kesulitan menghafal rumus matematika. Hal ini diakibatkan karena rumus matematika salah satu materi yang cukup sulit dan jika cara penyampaian guru monoton dan hanya satu arah akan membuat siswa kesulitan dalam memahami materi matematika yang disampaikan. Pola pengajaran yang lebih menekankan pada kecepatan berhitung, juga dapat mengakibatkan anak tidak menyukai matematika. Karena pola ini akan membuat anak menjadi jenuh dan kesulitan berpikir.
Banyak sekali rumus dan satuan yang harus dipahami dan dihapal siswa, yang membuat guru harus berpikir kreatif dalam mengemas penyampaian pelajaran matematika, agar siswa dapat menerima materi dengan baik.
– Metode atau solusi pada video yang dapat dilakukan yaitu cara kreatif guru matematika untuk menyampaikan materi, salah satunya menggunakan musik dalam pembelajaran matematika. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar. Musik dan lagu menjadi salah satu cara kreatif yang dapat dilakukan untuk membuat siswa lebih mudah menghapal rumus dan satuan dalam matematika. Musik bermanfaat dapat meningkatkan daya ingat anak salah satunya rumus matematika.
NAMA : Siti Hawa Sangaji
NIM : 856485623
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : Dumai
Setelah saya menyimak tayangan video tersebut, tanggapan dari saya yaitu sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika,
Identifikasi masalah : siswa kesulitan menghapal rumus-rumus matematika dan motivasi belajar siswa
kurang, Selain itu apersepsi yang dilakukan guru tersebut hanya sedikit maka kegiatan guru dengan siswa kurang berjalan dengan baik. Pada saat menjelaskan materi mengenai rumus luas bangun datar guru tersebut cenderung hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa siswi kesulitan dalam menghafal rumus matematika dan membuat siswa jenuh, bosan, mengantuk dan tidak ada semangat belajar matematika. Akan tetapi tidak akan lama mengingat rumus tersebut. Dikarenakan konsepnya belum mereka pahami. Kalau sudah paham dengan konsep nya, tanpa nyanyian pun mereka bisa.
Nama : Febriana Dewi
NIM : 043573931
Menurut saya, setelah menonton video di atas mengenai “Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika pada Bangun Datar”, kekurangannya adalah :
1. Guru tidak mengkondisikan terlebih dahulu suasana kelas yang tenang namun membiarkan peserta didik bercanda, ngobrol dengan temannya dan membiarkan peserta didik untuk teriak
2. Guru tidak menjelaskan dan menerangan kembali tujuan belajar menghafal rumus matematika walaupun itu sulit dan telah dipelajari di hari sebelumnya
3. Saat memberikan penjelasan tentang rumus bangun datar, guru tidak memperhatikan keseriusan belajar peserta didik karena guru asyik menerangkan sendiri tanpa memperdulikan pusat perhatian peserta didik terhadap guru.
Namun ketika berselang beberapa waktu, guru memberikan solusi agar peserta didik dapat menghafal rumus matematika pada bangun datar yaitu menyanyikan lagu burung kakak tua dengan mengubah liriknya rumus-rumus matematika tentang bangun datar sehingga peserta didik tertarik untuk bernyanyi sambil menghafal rumus-rumus tersebut
Nama : Yossi Mustika
NIM : 856944467
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Sidomulyo
Menurut saya dari video tersebut mempunyai Kelebihan dan Kekurangan,
Kelebihan dari video tersebut yaitu : Guru menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, yaitu melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang disukai peserta didik, melalui strategi tersebut peserta didik akan lebih cepat memahami Rumus Luas Bangun Datar.
Kekurangan pada video tersebut yaitu :
Pada sesi pembukaan guru tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu sehingga banyak peserta didik yang bercanda, dan sibuk dengan kegiatan masing-masing, sehingga suasana kelas tidak kondusif. Selian itu kekurangan pada video tersebut yaitu guru tidak memperhatikan peserta didik dalam keseriusan belajar.
Nama : YOSSI MUSTIKA
NIM : 856944467
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Sidomulyo
Menurut saya dari video tersebut mempunyai Kelebihan dan Kekurangan,
Kelebihan dari video tersebut yaitu :
Guru menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, yaitu melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang disukai peserta didik, melalui strategi tersebut peserta didik akan lebih cepat memahami Rumus Luas Bangun Datar.
Kekurangan pada video tersebut yaitu :
Pada sesi pembukaan guru tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu sehingga banyak peserta didik yang bercanda, dan sibuk dengan kegiatan masing-masing, sehingga suasana kelas tidak kondusif. Selain itu kekurangan pada video tersebut yaitu guru tidak memperhatikan peserta didik dalam keseriusan belajar.