silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,424 Comments

  1. Menurut saya pada video tentang pembelajaran tersebut, Siswa tidak fokus belajar. terutama pada siang hari, dalam pembelajar matematika. karena seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam² terakhir.

    – Kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah :
    • Anak tidak semangat belajar di siang hari karena kondisi sudah lelah sehingga anak kesulitan menerima pelajaran dari guru.
    • Anak berisik selama pembelajaran.

    – Kelebihan pada video tersebut yaitu :
    • Memberikan media pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.
    • Guru dapat mengelola kelas dengan baik meskipun awalnya berisik karena dilawan dengan suara guru yang lantang dan intonasinya jelas.

  2. Nah, dari video ini, kelihatan banget ya kenyataan yang sering terjadi di kelas, terutama saat belajar matematika. Apalagi kalau belajarnya udah di jam-jam terakhir atau siang hari, itu sih tantangan banget. Siswa jadi gampang ngantuk, ngobrol sama temennya, dan susah fokus. Bukan karena mereka nggak bisa, tapi mungkin udah capek dan bosan.

    Solusi yang ditawarkan di video ini cukup menarik, yaitu ngajak siswa belajar di luar kelas. Jadi, suasananya lebih segar dan nggak monoton. Belajar pun jadi terasa lebih menyenangkan karena mereka bisa eksplorasi langsung sumber belajar yang ada di sekitar. Selain itu, belajar di luar kelas juga bisa bantu siswa lebih aktif dan semangat, karena mereka nggak cuma duduk diam aja, tapi juga bergerak dan berinteraksi.

    Menurut saya, vidio ini patut dicoba, apalagi kalau guru bisa merancang kegiatan luar kelas yang tetap terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Jadi, belajar matematika pun bisa terasa lebih hidup dan nggak membosankan.

  3. Kelebihan pembelajaran dalam vidio :
    1. Memberikan media pembelajaran bervariasi dan menyenangkan
    2. Guru dapat mengelola kelas demgan baik meskipun awalnya berisik karna dilawan dengan suara yang lantang dan intonasinya jelas
    3. memberikan contoh yang konkrit dan mudah dipahami siswa

    Kelemahan pembelajaran dalam vidio :
    1. Anak anak tidak semangat belajar disiang hari karena kondisi sudah lelah sehingga anak anak kesulitan menerima pelajaran dari guru
    2. Anak anak berisik selama pembelajaran

    Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran vidio :
    Menggunakan media pembelajaran berupa gambar yang dapat dilihat langsung oleh siswa

  4. Menurut saya pada video tentang pembelajaran tersebut, Siswa tidak fokus belajar. terutama pada siang hari, dalam pembelajar matematika. karena seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam² terakhir.

    – Kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah :
    • Anak tidak semangat belajar di siang hari karena kondisi sudah lelah sehingga anak kesulitan menerima pelajaran dari guru.
    • Anak berisik selama pembelajaran.

    – Kelebihan pada video tersebut yaitu :
    • Memberikan media pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.
    • Guru dapat mengelola kelas dengan baik meskipun awalnya berisik karena dilawan dengan suara guru yang lantang dan intonasinya jelas.

Leave a Reply