silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Riska Ayunda Permatasari
    NIM : 858549398
    Dalam video tersebut, perlu diingat bahwa permberian pembelajaran matematika pada jam siang memang kurang efektif. Selain itu siswa juga kurang konsentrasi karena sudah merasa jenuh dan bosan. Untuk menarik perhatian siswa, maka seorang guru harus membuat pembelajaran matematika semenarik mungkin dengan memberikan game/permainan yang sesuai dengan pelajaran dan kuis yang menarik untuk siswa. Diharapkan dengan memberikan permainan dan kuis dalam pembelajaran matematika anak menjadi lebih semangat dalam belajar.

  2. Nama Vichyanus Irvan Mau Bere
    NIM 859285756

    Dari Video tersebut sy menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika kurang efektif di lakukan di siang hari karena pada siang hari konsentrasi, semangat, dan fokus siswa telah menurun yg kemungkinan nya karena rasa lelah dan lapar. Tapi pada video guru menggunakan Media pembelajaran yang bagus dan menarik sehingga siswa bisa kembali semangat dan fokus kembali dalam pembelajaran

  3. Nama : Elli Syafrida Lubis
    Nim : 860110299
    Prodi : PGSD-S1

    Judul : Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari
    tema : Matematika SD
    Nama Penulis Naskah : Drs, Eded Tarmodi, MS
    Sutradara : Pudji Setyo DJ
    Pelaku : Guru dan Siswa/Siswa

    Selamat siang untuk kita semua, izinkan saya untuk memberikan tanggapan atau komentar mengenai vidio yang tertera diatas.
    Dalam video tersebut yang dapat saya simpulkan bahwa pemberian pembelajaran matematika pada siang hari kurang efektif karena pada siang hari konsentrai atau fokus siswa serta semangat belajar siswa siswa sudah mulai menurun, oleh karena itu sebaiknya pemberian pelajaran matematika bisa dipindahkan jam belajarnya ke pagi hari agar siswa masih fokus dalam emalksanakan proses belajar mengajar dalam hal ini mata pelajaran matematika.

    Metode yang digunakan pada kegiatan belajar di vidio tersebut masih menggunakan metode ceramah, hal itu tentunya terkesan membosankan bagi siswa. DIkarenakan hal tersebut, Diharapkan agar menerapkan penggunaan media pembelajaran yang menarik, dengan begitu fokus siswa akan tertuju kepada guru.

    Adapun cara-cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan konsentrasi siswa belajar matematika pada siang hari adalah:
    1. Guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif seperti pastikan ruangan belajar nyaman dengan pencahayaan yang cukup dan mengurangi gangguan seperti suara bising notifikasi gadget atau akses media sosial

    2. Teknik belajar yang interaktif seperti menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti permainan kuis atau menggunakan media pembelajaran

    3. atur jadwal dengan baik jadwal pelajaran matematika sebaiknya diatur pada pagi hari karena konsentrasi siswa masih bagus lalu gunakan teknik belajar 25 menit, istirahat 5 menit agar siswa tetap fokus tanpa merasa jenuh.

    demikian yang dapat saya sampaikan, saya ucapkan terimakasih.

  4. NAMA : ZUHROTUL AMALIYAH
    NIM : 857030724
    POKJAR : SIDOMULYO
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    Menurut saya, ada beberapa point pada video tersebut, yaitu:
    1. Reaksi siswa terlihat asyik sendiri, lebih suka bermain dan mengobrol bersama temannya
    2. Kelemahan guru:
    – pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari dimana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang
    – guru tidak memberikan penguatan materi
    – guru hanya fokus pada materi yang di ajarakan
    – guru tidak memberikan awalan dan ice breaking

    3. Kelebihan guru:
    – suara guru yang lantang membuat siswa fokus pada materi yang disampaikan
    – pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran dengan media gambar sederhana guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif

    4. hal unik pada video: pembelajaran masih tetap bisa berjalan meskipun siswa sudah terlihat malas di siang hari
    5. Guru perlu meningkatkan kualitas mengajar dengan mengganti jam pada pagi hari disaat siswa masih fresh
    – seharusnya media yang digunakan harus lebih menarik perhatian dan konsentrasi siswa, seperti menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang disampaikan

  5. NAMA : ALINDA AZILIA
    NIM : 857029783
    Pada video tersebut terlihat siswa yang mulai tidak fokus setelah belajaran sampai siang hari, walaupun suara guru mampu menguasai kelas saat membuka pelajaran namun fokus yang diterima siswa hanya sebentar, banyak siswa yang sudah lelah sehingga mendorong siswa untuk mecari kegiatan lain seperti bergurau dengan temannya. secara keseluruhan kelemahan guru pada video tersebut adalah guru dominan menerangkan di depan saja dan kurang menguasai kelas. adapun saran saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah tersebut sebaiknya kegiatan pembelajaran matematika tidak diberikan pada siang hari, karena siswa sudah merasa bosan dan lelah, hal ini mengakibatkan siswa sulit menerima pelajaran.

  6. NAMA : ALINDA AZILIA
    NIM : 857029783
    Pada video tersebut terlihat siswa yang mulai tidak fokus setelah belajaran sampai siang hari, walaupun suara guru mampu menguasai kelas saat membuka pelajaran namun fokus yang diterima siswa hanya sebentar, banyak siswa yang sudah lelah sehingga mendorong siswa untuk mecari kegiatan lain seperti bergurau dengan temannya. secara keseluruhan kelemahan guru pada video tersebut adalah guru dominan menerangkan di depan saja dan kurang menguasai kelas. adapun saran saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah tersebut sebaiknya kegiatan pembelajaran matematika tidak diberikan pada siang hari, karena siswa sudah merasa bosan dan lelah, hal ini mengakibatkan siswa sulit menerima pelajaran.

  7. NAMA : ALINDA AZILIA
    NIM : 85702978
    POKJAR : SIDOMULYO
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Pada video tersebut terlihat siswa yang mulai tidak fokus setelah belajaran sampai siang hari, walaupun suara guru mampu menguasai kelas saat membuka pelajaran namun fokus yang diterima siswa hanya sebentar, banyak siswa yang sudah lelah sehingga mendorong siswa untuk mecari kegiatan lain seperti bergurau dengan temannya. secara keseluruhan kelemahan guru pada video tersebut adalah guru dominan menerangkan di depan saja dan kurang menguasai kelas. adapun saran saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah tersebut sebaiknya kegiatan pembelajaran matematika tidak diberikan pada siang hari, karena siswa sudah merasa bosan dan lelah, hal ini mengakibatkan siswa sulit menerima pelajaran.

  8. Dalam video pembelajaran matematika tersebut guru tidak memberikan apersepsi di awal pembelajaran sehingga siswa kurang dirangsang untuk mengikuti pembelajaran matematika. Karena pemberian pembelajaran matematika di jam terakhir atau di jam siang maka siswa sudah merasa bosan dan lelah dalam mengikuti pembelajaran tersebut maka guru harus memberikan sedikit pancingan atau kegiatan yang memberikan semangat untuk siswa seperti kegiatan games interaktif kepada siswa atau yel yel yang memberi semangat. Pemberian pembelajaran matematika bisa dengan menggunakan cara :
    1. Pemutaran Video pembelajaran yang menarik sesuai materi yang akan diberikan (Jika memungkinkan)
    2. Membentuk kelompok kecil
    3. Menggunakan gambar atau alat peraga yang dapat diukur sesuai materi
    4. Memberikan pertanyaan kepada kelompok dan siswa mendiskusikan jawaban secara kelompok serta presentasi ke depan dalam memberikan jawaban.
    5. Pembelajaran diluar kelas dengan cara mengukur benda-benda sekitar sekolah di luar kelas secara kelompok (di halaman sekolah, taman sekolah)
    Dengan contoh kegiatan pembelajaran diatas diharapkan siswa dapat lebih antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika meskipun di siang hari. Terimakasih

  9. Nama : Astina Sary
    NIM : 8775279

    Kekurangan:
    Kurangnya Konsentrasi Siswa
    Durasi Pembelajaran yang Kurang Efektif
    Minimnya Variasi Media Pembelajaran
    Motivasi Belajar Rendah
    Kelebihan:
    Penyajian Materi yang Sistematis
    Kesadaran terhadap Tantangan Pembelajaran
    Saran:
    Gunakan Media Interaktif
    Ciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman
    Variasikan Metode Pembelajaran
    Motivasi Siswa dengan Konteks Kehidupan Nyata
    Hal Unik:
    Fokus pada Waktu Pembelajaran (Siang Hari):
    Video ini menyoroti waktu belajar siang hari sebagai tantangan utama dalam menjaga konsentrasi siswa, sesuatu yang jarang dibahas secara spesifik dalam konteks pembelajaran matematika.

  10. Nama : Astina Sary
    NIM : 8775279

    Kekurangan:
    Kurangnya Konsentrasi Siswa,
    Durasi Pembelajaran yang Kurang Efektif,
    Minimnya Variasi Media Pembelajaran,
    Motivasi Belajar Rendah.

    Kelebihan:
    Penyajian Materi yang Sistematis,
    Kesadaran terhadap Tantangan Pembelajaran.

    Saran:
    Gunakan Media Interaktif,
    Ciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman,
    Variasikan Metode Pembelajaran,
    Motivasi Siswa dengan Konteks Kehidupan Nyata.

    Hal Unik:
    Fokus pada Waktu Pembelajaran (Siang Hari): Video ini menyoroti waktu belajar siang hari sebagai tantangan utama dalam menjaga konsentrasi siswa, sesuatu yang jarang dibahas secara spesifik dalam konteks pembelajaran matematika

Leave a Reply