silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
NAMA : INCIK AFISA AINA ROHALIYA
NIM : 857029181
POKJAR : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya,
1. reaksi anak saat guru masuk ke ruang kelas anak anak sangat ribut, tetapi setelah guru memulai pelajaran dengan metode yang bagus, anak anak berhasil konsentrasi dalam pembelajaran.
2. Kelemahan guru dalam vidio pembelajaran itu adalah cara berpakaian guru yang kurang rapi, terlihat dari kemeja dan sendal yang dipakai guru tersebut.
3. Kelebihan guru dalam vidio pembelajaran itu adalah metode yang dilakukan guru tersebut sangat bagus dan berhasil membuat siswa konsentrasi ketika belajar, sehingga pembelajaran berjalan dengan baik.
4. hal unik yang saya lihat pada vidio pembelajaran tersebut adalah meskipun guru menggunakan alat peraga yang sederhana tetapi anak anak sangat senang mengikuti pelajaran tersebut.
NAMA : RITA RAHMAWATI
NIM : 856087585
UPBJJ KOTA BATAM
Setelah saya mengamati video ini, terlihat bahwa siswa mulai kehilangan fokus setelah pembelajaran berlangsung saat siang hari. Meskipun suara guru mampu mengendalikan kelas saat membuka pelajaran, fokus yang diterima siswa hanya sebentar. Banyak siswa yang sudah lelah sehingga mendorong mereka untuk mencari kegiatan lain seperti bergurau dengan temannya. Secara keseluruhan, kelemahan guru pada video ini adalah guru dominan menerangkan di depan saja dan kurang menguasai kelas. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya guru Menggunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, Mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, Membuat suasana kelas lebih menyenangkan dengan menggunakan humor dan interaksi yang positif dan Mengatur jadwal pembelajaran agar mata pelajaran yang membutuhkan konsentrasi tinggi tidak diberikan pada siang hari
Nama : Irma Hayani Daulay
Nim : 855860836
Pokjar : Asahan
Dari video pembelajaran tersebut saya dapat menganalisis bahwa pembelajaran matematika pada siang hari itu kurang efektif karena di jam tersebut konsentrasi siswa sudah terganggu sehingga siswa kurang fokus terhadap pelajaran. Untuk itu kepada
guru matematika perlu melakukan strategi seperti pada video tersebut. Bapak guru tersebut dapat mengambil alih kembali perhatian siswa dengan media ajar yg beliau gunakan. Sehingga membuat siswa tertarik, aktif dan antusias dalam pembelajaran. Beliau juga melibatkan siswa untuk penjelasan materi dan semua siswa fokus mendengarkan guru.
Saran dari saya sebaiknya jadwal pelajaran matematika diatur pada pagi hari karena konsentrasi siswa masih bagus lalu gunakan teknik belajar 25 menit, istirahat 5 menit agar siswa tetap fokus tanpa merasa jenuh.
Nama : Irma Hayani Daulay Nim : 855860836 Pokjar : Asahan Dari video pembelajaran tersebut saya dapat menganalisis bahwa pembelajaran matematika pada siang hari itu kurang efektif karena di jam tersebut konsentrasi siswa sudah terganggu sehingga siswa kurang fokus terhadap pelajaran. Untuk itu kepada guru matematika perlu melakukan strategi seperti pada video tersebut. Bapak guru tersebut dapat mengambil alih kembali perhatian siswa dengan media ajar yg beliau gunakan. Sehingga membuat siswa tertarik, aktif dan antusias dalam pembelajaran. Beliau juga melibatkan siswa untuk penjelasan materi dan semua siswa fokus mendengarkan guru. Saran dari saya sebaiknya jadwal pelajaran matematika diatur pada pagi hari karena konsentrasi siswa masih bagus lalu gunakan teknik belajar 25 menit, istirahat 5 menit agar siswa tetap fokus tanpa merasa jenuh.
Nama : Irma Hayani Daulay
Nim : 855860836
Pokjar : Asahan
Dari video pembelajaran tersebut saya dapat menganalisis bahwa pembelajaran matematika pada siang hari itu kurang efektif karena di jam tersebut konsentrasi siswa sudah terganggu sehingga siswa kurang fokus terhadap pelajaran. Untuk itu kepada guru matematika perlu melakukan strategi seperti pada video tersebut. Bapak guru tersebut dapat mengambil alih kembali perhatian siswa dengan media ajar yg beliau gunakan. Sehingga membuat siswa tertarik, aktif dan antusias dalam pembelajaran. Beliau juga melibatkan siswa untuk penjelasan materi dan semua siswa fokus mendengarkan guru.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih monoton dan terkesan ceramah selain itu kurang bisa mengkondisikan siswa dan tidak adanya ice breaking dalam pelaksanaan pembelajaran
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru bisa mengaplikasikan pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari dan bisa memberikan pertanyaan serta umpan balik pada siswa.
Hal unik yang ditemukan dalam video saat guru melaksanakan pembelajaran yaitu guru tiba-tiba terdiam seperti mengantuk selain itu guru cenderung pasif karena hanya berada di depan kelas sehingga siswa yang dibelakang kurang kondusif
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru. Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran diantara yaitu sebaiknya sebagai guru saat kegiatan pembelajaran diselingi dengan ice breaking agar siswa lebih semangat dan tidak mengantuk selain itu guru harus lebih aktif tidak hanya pasif di depan kelas. Serta sebaiknya jadwal pelajaran matematika diatur pada pagi hari karena konsentrasi siswa masih bagus lalu gunakan teknik belajar 25 menit, istirahat 5 menit agar siswa tetap fokus tanpa merasa jenuh.
NAMA : AHMAD FIRZATULLAH
NIM : 859537855
POKJAR : SIDOMULYO
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian pembelajaran matematika pada siang hari kurang efektif karena pada siang hari siswa sudah menurun semangat belajar dan konsentrasinya oleh karena itu sebaiknya pemberian pelajaran matematika bisa dialihkan ke pagi hari agar konsentrasi siswa masih fokus.
Lalu metode yang digunakan adalah masih menggunakan metode ceramah hal itu terkesan membosankan bagi siswa karena dengan metode ceramah siswa akan cepat bosan oleh karena itu sebaiknya penggunaan media pembelajaran yang menarik, dengan begitu fokus siswa akan tertuju kepada guru.
Adapun cara-cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan konsentrasi siswa belajar matematika pada siang hari adalah:
1. Guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif seperti pastikan ruangan belajar nyaman dengan pencahayaan yang cukup dan mengurangi gangguan seperti suara bising notifikasi gadget atau akses media sosial
2. Teknik belajar yang interaktif seperti menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti permainan kuis atau menggunakan media pembelajaran
3. atur jadwal dengan baik jadwal pelajaran matematika sebaiknya diatur pada pagi hari karena konsentrasi siswa masih bagus lalu gunakan teknik belajar 25 menit, istirahat 5 menit agar siswa tetap fokus tanpa merasa jenuh.
NAMA : AHMAD FIRZATULLAH
NIM : 859537855
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan pada siang hari kurang optimal. Hal ini disebabkan karena pada waktu tersebut semangat dan konsentrasi siswa mulai menurun. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika mata pelajaran matematika dijadwalkan pada pagi hari saat kondisi siswa masih segar dan fokus.
Selain itu, metode pengajaran yang digunakan masih dominan menggunakan metode ceramah, yang cenderung membuat siswa merasa bosan. Metode ini kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga tidak mendorong partisipasi yang tinggi. Sebaiknya, guru mulai memanfaatkan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif agar perhatian siswa lebih tertuju pada materi yang disampaikan.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kembali konsentrasi siswa dalam belajar matematika di siang hari antara lain:
Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, seperti memastikan ruang kelas memiliki pencahayaan yang baik serta meminimalkan gangguan seperti suara bising atau notifikasi dari perangkat elektronik.
Menggunakan metode pembelajaran yang interaktif, misalnya dengan menyisipkan permainan edukatif, kuis, atau media visual yang menarik agar siswa lebih aktif dan tidak mudah bosan.
Pengaturan jadwal yang efektif, seperti menjadwalkan pelajaran matematika di pagi hari ketika kemampuan fokus siswa masih tinggi. Selain itu, menerapkan teknik belajar seperti metode 25 menit belajar dan 5 menit istirahat bisa membantu menjaga konsentrasi tanpa membuat siswa merasa lelah atau jenuh
Nama: Irene Kolo
Nim: 859284098
Dari video pembelajaran matematika tersebut, saya analisis bahwa:
1.saat awal pembelajaran kita sebagai guru harus berusaha mengalihkan perhatian siswa pada proses pembelajaran dengan cara menjelaskan fungsi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Cara ini dilakukan agar siswa dapat mengingatkan kehidupan dan dapat mengaitkan dengan materi pembelajaran yang diberikan guru. Oleh karena itu, guru juga harus menambah kegiatan singkat berupa ice breaking(menyanyi), atau melakukan peragaan berdasarkan lagu Yang dinyanyikan.
Dengan hal-hal seperti ini, maka siswa memiliki semangat yang luar biasa untuk belajar dan menghilangkan rasa ngantuk atau bosan.
Terima kasih 🙏😇
NAMA : FIRDAUS LUKMAN
NIM : 859535647
POKJAR : MAMUJU
Dari video pembelajaran diatas dapat disimpulkan bahwa reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor, Misalnya, :
1. Jika pembelajaran dilakukan pada siang hari saat siswa merasa lelah atau mengantuk, bisa jadi mereka kurang fokus atau tidak aktif.
2. Jika metode yang digunakan guru membosankan atau tidak menarik bagi siswa, mereka cenderung kurang tertarik dan tidak berpartisipasi aktif.
3. Jika siswa merasa nyaman dengan guru dan teman-temannya, mereka mungkin lebih terbuka dan aktif dalam mengikuti pelajaran.
Nama : Nopia Aprianti
Nim :858071113
Prodi : PGSD-S1
Vidio tersebut menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran matematika di waktu-waktu yang kurang ideal, seperti jam terakhir sekolah atau siang hari. Ketika siswa sudah lelah dan konsentrasi menurun, gejala seperti ribut atau mengantuk memang sangat wajar terjadi. Solusi yang diajukan, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas, merupakan pendekatan yang kreatif dan menyegarkan. Pembelajaran di luar kelas bisa membantu membangkitkan semangat siswa, membuat suasana lebih menyenangkan, serta memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kontekstual. Namun, guru juga perlu memastikan bahwa kegiatan tersebut tetap terarah agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.