silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Menurut pendapat saya pada pembelajaran tersebut kurang adanya media pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa mudah merasa bosan dan tidak fokus pada saat pembelajaran. Guru dapat membuat media pembelajaran yang lebih seru contohnya dengan melibatkan siswa agar lebih aktif dan guru bisa melakukan ice breaking untuk menarik perhatian siswa dan menghilangkan rasa ngantuk siswa.
NAMA : NIKEN PUTRI ANDANI
NIM : 857002352
1. Bagaimana reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru: Anak-anak sudah terlihat lelah sehingga mereka lebih suka bermain-main dan merasa enggan dengan apa yang diperintahkan oleh guru.
2. Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru kurang dalam menyemangati siswa
3. Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru menggunakan media pembelajaran yang menarik berupa gambar yang menarik perhatian siswa.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan kegiatan pembelajaran?
Belajar dengan media gambar yang disenangi siswa ternyata akan membuat siswa lebih semangat belajar
5. Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan dari guru yang diamati di video, upaya apa saja yang diusulkan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran berikutnya?
Sebaiknya guru sering-sering melakukan ice breaking dengan tepuk-tepukan atau menyanyi agar pembelajaran siswa tambah semangat dan mengurangi kejenuhan saat siang hari.
Pada
Menurut saya ada video tersebut tentang Siswa tidak fokus belajar matematika pada siang hari yaitu dalam belajar matematika seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam² terakhir.
– Kelemahan pada video tersebut yaitu :
• Anak² tidak semangat belajar di siang hari karena kondisi sudah lelah sehingga anak² kesulitan menerima pelajaran dari guru.
• Anak² berisik selama pembelajaran.
– Kelebihan pada video tersebut yaitu :
• Memberikan media pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.
• Guru dapat mengelola kelas dengan baik meskipun awalnya berisik karena dilawan dengan suara guru yang lantang dan intonasinya jelas.
Nama : Fardila Tri Wahyuni
NIM. : 857610607
UPBJJ : Purwokerto
Pokjar : Kemangkon
Judul Video GPO : Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Di Siang Hari
Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut siswa tidak semangat belajar disiang hari karena kondisi mereka sudah lelah atau cuaca sedang panas sehingga siswa kesulitan menerima pelajaran dari guru. Sebagai guru kita juga harus bisa peka dengan kondisi siswa, dan bisa memberikan motivasi supaya siswa semangat belajar. Pada saat pertengahan pembelajaran guru dapat memberikan ice breaking agar siswa tidak merasa bosan. Untuk kelebihannya guru telah memberikan model dan media pembelajaran yang bervariasi.
Demikian tanggapan saya terhadap video tersebut.
Nama : Maretta Adi Saputri
NIM : 836560544
UPBJJ : Purwokerto
dalam video tersebut alangkah baiknya guru lebih memperbanyak ice breaking, bernyanyi dengan lirik yang mengacu pada pembelajaran di siang hari tersebut, karena pada pembelajaran matematika disiang hari anak sudah tidak konsentrasi sehingga pembelajaran matematika kurang kondusif.
guru dalam video tersebut sudah bagus karena menggunakan gambar dan intonasi guru jelas serta lantang membuat anak tidak mengantuk.
Nama : Zulfa Aini
Nim : 857332606
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa mengajar matematika di siang hari guru mungkin mengalami kelemahan atau hambatan yaitu :
1. Kelelahan siswa setelah hari beraktivitas konsentrasi siswa biasa nya menurun sehingga sulit bagi guru untuk menjaga fokus kelas
2. Keterbatasan energi guru juga bisa merasa lelah secara fisik dan mental yang berdampak pada antusiasme dan kejelasan penyampaian materi
3. Kesulitan manajemen kelas menjaga kedisiplinan dan motivasi siswa bisa lebih sulit di siang hari dibanding pagi hari
Meskipun pembelajaran matematika disiang hari memiliki tantangan ada juga kelebihan yang bisa dimiliki atau dimanfaatkan oleh guru yaitu :
1. Fleksibilitas dalam evaluasi guru bisa lebih leluasa memberikan penilaian formatif dan melakukan refleksi pembelajaran karena suasana kelas bisanya lebih longgar dibanding pagi hari
2. Peluang pembelajaran kolaboratif sesi siang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kelompok, diskusi karena siswa mungkin lebih santai dan terbuka untuk berinteraksi
3. Pemanfaatan teknologi atau media guru dapat menggunakan media pembelajaran digital seperti vidio dan kuis untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan mengurangi kejenuhan
Nama: Tiara antonia
Nim:857332566
Pokjar: Bogor selatan
menurut pendapat saya mengenai video tersebut yaitu bahwa kegiatan pembelajaran matematika yang dilaksanakan di jam siang memperlihatkan keadaan kelas yang sudah tidak kondusif, hamper semua siswa tidak konsentrasi ketika kegiatan pembelajaran akan dimulai.Mulai dari anak anak yang gaduh, mengantuk, tertawa, dan sibuk dengan aktivitasnya masing masing dikarenakan dengan kondisi siswa yang sudah Lelah. Kemudian guru menggunakan alternatif lain berupa media pembelajaran yang kaitannya dekat dengan kehidupan siswa atau hal yang disukai oleh siswa.
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Berikut merupakan
kelemahan- kelemahan guru yang ditemukan dalam video
pembelajaran 1 diantaranya.
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu.
– Guru tidak memperhatikan kesiapan siswa ketika kegiatan pembelajaran akan dimulai.
– Guru mengajak langsung siswa untuk masuk ke kegiatan inti, akan tetapi lupa jika konsentrasi siswa harus difokuskan terlebih dahulu agar kondusif mengikuti kegiatan pembelajaran.
– Guru masih terlalu banyak menggunakan metode ceramah,
– Guru masih bersifat statis karena hanya diam di satu tempat.
– Guru tidak memberikan penguatan di akhir pembelajaran
– Guru tidak melakukan evaluasi di akhir pembelajaran.
Adapun Kelebihan Pembelajaran dalam Video tersebut
– Guru menyampaikan materi dengan jelas dan lantang.
– Guru melakukan tanya jawab dan memberikan umpan balik kepada jawaban siswa.
– Guru menggunakan media pembelajaran gambar dan gambar yang dipergunakan sangat,
berkaitan dengan lingkungan sekitar dan hal yang disukai siswa.
Hal Unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video Guru menggunakan metode tanya jawab yang memicu keaktifan peserta didik dalamkegiatan pembelajaran. Kemudian media pembelajaran berupa gambar yang digunakan oleh guru adalah benda benda yang sangat disenang oleh peserta didik.
menurut saya vidionya sudah bagus hanya saja pada saat awal pelajaran guru tidak memberikan bentuk penyemangatan melainkan langsung menyuruh anak mengeluarkan alat tulis, hal itu lah menyebakan menurunnya semangat anak saat pembelajaran matematika di siang hari.
pada vidio tersebut menggambarkan situasi kelas yang tidak kondusif untuk pembelajaran matematika pada siang hari, di mana sebagian besar siswa tampak tidak konsentrasi. Beberapa kelemahan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran meliputi:
1. Tidak Menyampaikan Tujuan Pembelajaran: Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran terlebih dahulu, sehingga siswa kehilangan arah dan motivasi.
2. Tidak Memperhatikan Kesiapan Siswa: Guru tidak memeriksa kesiapan siswa sebelum memulai kegiatan inti, menyebabkan siswa merasa tidak terlibat.
3. Mengajak Langsung Tanpa Fokus: Guru mengajak siswa langsung ke kegiatan inti tanpa memastikan mereka sudah siap dan terfokus.
Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat:
– Menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas.
– Memeriksa kesiapan siswa sebelum memulai kegiatan.
– Membangun lingkungan kelas yang kondusif dengan memberikan perintah yang jelas dan konsisten.
Dengan strategi ini, diharapkan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.