silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Silvi Rachmayani
    Nim : 855860345
    Jurusan : S1-PGSD
    Pokjar : Labuhanbatu Selatan
    UPBJJ : Medan

    Menurut pendapat saya dari video tersebut belajar matematika pada siang hari kurang efektif bagi sebagian siswa karena pada waktu tersebut mereka cenderung merasa lelah, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi. Hal ini bisa disebabkan oleh kelelahan setelah kegiatan di pagi hari, rasa kenyang setelah makan siang, dan cuaca yang panas. Oleh karena itu, sebaiknya pelajaran yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti matematika disusun pada pagi hari saat pikiran siswa masih segar dan fokus.

    Penjelasan yang ada di dalam video tersebut sangat bagus karna mengajak siswa untuk belajar di luar kelas. Oleh karena itu, suasana kelas tidak membosankan dan belajar di luar kelas dapat membantu siswa menjadi lebih ceria dan aktif. Karena belajar mengajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi bisa juga dilakukan di luar kelas untuk mencari suasana yang baru.

  2. menurut saya proses belajar mengajar di siang hari khusus mata pelajaran saran mapel matematika itu di mata pelajaran di awal les

  3. Nama : Muhammad Faqruq
    NIM : 877328238
    di dalam vidio ini siswa kurang memperhatikan di karnakan jam matematika di siang hari siswa kurang fokus dang kurang semngat .
    tetapi guru dengan sigap untuk segera mengondisikan siswa sehingga siswa kembali fokus dan kosentrasi dan mengikuti pembelajaran dengan senang dan semangat guru juga sudah baik menggunakan media visual berupa gambar bisa membuat siswa tidak jenuh . dan terimakasih untuk tayangan yang sangat bermanfaat sebagai bahan refleksi bagi para guru.

  4. Topik “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika pada Siang Hari” di tingkat SD sangat penting untuk dikaji, karena banyak siswa mengalami kesulitan fokus ketika pelajaran berlangsung pada waktu siang. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelelahan setelah aktivitas pagi, kondisi lingkungan kelas yang panas atau kurang nyaman, serta metode pembelajaran yang monoton atau kurang menarik.
    Matematika adalah pelajaran yang membutuhkan konsentrasi tinggi, sehingga ketika diajarkan pada siang hari, hasil belajar siswa bisa menurun jika tidak ada penyesuaian. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi konkret, misalnya dengan menyarankan perubahan jadwal pelajaran, meningkatkan variasi dalam metode mengajar, menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif, atau memberikan waktu istirahat yang cukup sebelum pelajaran dimulai.

  5. Nama : Cece Aquarista Sari
    Nim : 857047054

    Setelah saya menyimak video di atas, siswa tidak konsentrasi pada pelajaran matematika di siang hari, menurut saya bukan cuma pada pelajaran matematika tetapi pelajaran yang lain juga apalagi di jam terakhir, siswa tidak konsentrasi.
    Maka dari itu guru harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik, sehingga siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang efektif.
    Seperti video di atas, menebak gambar dan menghitung tinggi atau lebar sebuah gedung bertingkat.
    Sehingga siswa tertarik mengikuti pembelajaran itu.

  6. Menurut saya pada video tentang pembelajaran tersebut, Siswa tidak fokus belajar. terutama pada siang hari, dalam pembelajar matematika. karena seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam² terakhir.

    – Kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah :
    • Anak tidak semangat belajar di siang hari karena kondisi sudah lelah sehingga anak kesulitan menerima pelajaran dari guru.
    • Anak berisik selama pembelajaran.

    – Kelebihan pada video tersebut yaitu :
    • Memberikan media pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.
    • Guru dapat mengelola kelas dengan baik meskipun awalnya berisik karena dilawan dengan suara guru yang lantang dan intonasinya jelas.

  7. Nama : Frikawati Nababan
    NIM : 878258474
    UPBJJ : Medan

    Kekurangan Pembelajaran Matematika di Siang Hari berdasarkan video tersebut adalah:
    1. Menurunnya Konsentrasi Siswa
    Setelah jam makan siang, siswa cenderung mengantuk atau lelah sehingga sulit fokus pada pelajaran yang membutuhkan logika seperti matematika.
    2. Kelelahan Fisik dan Mental:
    Setelah setengah hari mengikuti pelajaran, stamina siswa bisa menurun, yang berdampak pada partisipasi aktif dan pemahaman materi.
    3. Lingkungan Belajar Kurang Kondusif
    Suhu udara yang lebih panas dan suasana kelas yang pengap dapat menyebabkan ketidaknyamanan belajar.
    4. Risiko Bosan dan Jenuh
    Jam siang biasanya merupakan waktu siswa mulai bosan, sehingga pembelajaran matematika bisa terasa berat dan membosankan jika tidak dikemas dengan menarik.
    5. Pada Video pembelajaran matematika tersebut, Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, biasanya jika kondisi anak sudah mulai jenuh pada awal pembelajaran dapat melakukan ice breaking terlebih dahulu atau kegiatan positif lainnya yang bisa Kembali membangkitkan semangat anak – anak untuk belajar.

    Kelebihan Pembelajaran Matematika di Siang Hari seperti yang ditunjukkan pada video diatas:
    Guru Bisa Lebih Kreatif:
    Karena sudah mengetahui kondisi siswa lelah, guru bisa berinisiatif menggunakan metode yang lebih variatif seperti yang telah ditunjukkan pada video diatas, dimana Guru menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang dapat memacu rasa ingin tahu dan konsentrasi siswa dalam belajar matematika

  8. Menurut pendapat saya terkait video tersebut, cara mengajar guru saat awal memang belum dapat mempersiapkan siswa untuk belajar. Apalagi jika pembelajaran matematika dilakukan di siang hari. Walaupun demikian, guru harus memiliki cara atau teknik khusus agar siswa dapat belajar matematika dengan baik walaupun di siang hari. Seperti yang sudah dilakukan oleh guru tersebut, yaitu:
    1. Mengajak siswa untuk berpikir kritis dengan mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, pemanfaatan matematika dalam kehidupan seperti apa
    2. Pembelajaran dilakukan secara kontekstual yaitu dengan memberikan contoh yang nyata, yaitu menghidung benda-benda konkret
    3. Lalu pembelajaran juga dibangun oleh pengetahuan siswa (kontruktivis), hal ini akan mempermudah guru dalam menggali pengetahuan siswa
    4. Penggunaan media pembelajaran yang menarik, apalagi saat ini sudah banyak media pembelajaran yang lebih menarik lagi yang berbasis teknologi.

  9. Menurut saya ada beberapa poin pada video tersebut yaitu 1 reaksi siswa terlihat asyik sendiri lebih suka bermain dan mengobrol bersama temannya
    2. kelemahan guru:
    a. pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari di mana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang
    b.guru tidak memberikan penguatan materi guru hanya fokus pada materi yang diajarkan c.guru tidak memberikan awalan dan ice breaking
    3.kelebihan guru :
    suara guru yang lantang membuat siswa fokus pada materi yang disampaikan pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab yang terlibat dalam pembelajaran dengan media gambar sederhana guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif.

  10. NAMA : DELLA PUTRI PERMATASARI
    NIM : 85893759
    setelah melihat video ini Kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar matematika pada siang hari disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelelahan, rasa kantuk setelah makan siang, dan suhu ruangan yang panas. Untuk mengatasi hal ini, perlu adanya penyesuaian jadwal pelajaran, menciptakan suasana kelas yang lebih nyaman, serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik agar siswa tetap fokus dan termotivasi.

Leave a Reply