silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Bismillah … Izin menanggapi
Video tersebut menunjukkan bahwa seorang guru matematika khususnya memang haruslah lebih kreatif dalam menggunakan media belajar. Pada siang hari memang sebagian besar konsentrasi siswa sudah terpecah dan cenderung agak bosan bila harus belajar apalagi mendengarkan materi pelajaran yang monoton. Namun, guru dalam video bisa membuat kelas matematika yang menyenangkan dengan membuat siswa melakukan suatu kegiatan yang bisa dilakukan dalam keseharian terkait penghitungan matematika. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk lebih membuat menyenangkan dan menantang bagi siswa adalah dengan membawa siswa tersebut d luar kelas dan melakukan pengukuran pada benda – benda di luar kelas.
Terima kasih.
Izin menanggapi
menurut saya, berdasarkan 2 contoh video diatas cara yang diterapkan agar siswa bisa aktif, interaktif dan nyaman masing-masing ada kelebihan dan kekurangan. secara penerapannya untuk membuat para siswa aktif sudah cukup baik. namun rasanya kurang maksimal jika guru masih memberi instruksi kepada siswa pada pembelajarannya secara monoton dari depan kelas saja (contoh pada video belajar matematika disiang hari). karena ini di tuntut aktif maka sebagai guru kita aktif bergerak dikelas pula seperti memperhatikan sisi demi sisi ke tempat duduk siswa secara menyeluruh atau mengitari tempat duduk siswa sambil memberi instruksi.
memanfaatkan benda-benda di sekitar juga efektif untuk mendukung keaktifan siswa selama belajar. agar siswa secara spontan dapat melakukan instruksi yang diberikan sebelumnya. pemanfaatan benda-benda di dalam ruang lingkup kelas menurut saya juga termasuk menggunakan media pembelajaran dengan relevan. dari situ kita bisa mengambil sisi positifnya bahwa menggunakan media pembelajaran dengan benda peragaan tidaklah harus rumit dan mahal.
kemudian sesekali siswa di berikan penerapan ice breaking baik di awal, di tengah, atau menjelang bagian akhir pada pembelajaran agar siswa tidak mudah mengantuk, dan mengecek apakah dari awal sampai akhir kefokusan atau konsentarsi siswa masih terjaga atau tidak selama belajar.
Assalamu’alaikum, wr, wb.
Nama : ANI SURYA YULIANA
NIM : 858528656
Menurut pendapat saya, berdasarkan video tersebut terdapat beberapa kelemahan yaitu : Guru tidak mengucapkan salam pembuka, guru tidak mengabsen siswa, guru tidak mengajarkan anak bagaimana cara menggunakan alat ukur (penggaris), dan tidak mengucapkan salam penutup.
Namun, dalam video tersebut juga terdapat beberapa kelebihan, yaitu : Guru memberikan motivasi kepada siswa, menggunakan media untuk pembelajaran, mengajukan pertanyaan yang bertujuan untuk membangun siswa menjadi aktif.
Pembelajaran matematika pada di siang hari, menurut saya memang kurang efektif karena anak – anak sudah tidak fokus atau bahkan lelah. Hal ini menyebabkan anak – anak tidak memperhatikan materi yang disampaikan karena mereka merasa bosan, ada yang mengantuk, dan berbicara dengan temannya.
Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh guru agar anak dapat konsentrasi ketika belajar matematika pada siang hari, yaitu :
1. Menggunakan games / permainan matematika.
Guru bisa memasukkan game ke dalam pembelajaran matematika, sehingga menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Hal ini tentu sangat menarik bagi anak – anak dan mereka tidak merasa bosan. Contoh : Guru bisa menggunakan permainan Puzzle / teka – teki.
2. Menggunakan Lagu.
Guru bisa menggunakan lagu untuk pembelajaran matematika, ini juga dapat menarik perhatian siswa di kelas sehingga mereka tidak merasa mengantuk. Lagu yang berhubungan dengan matematika dapat membantu anak mengingat fakta – fakta matematika dengan lebih mudah. Ada banyak lagu matematika yang tersedia secara online yang mudah diakses oleh guru.
Setiap anak mempunyai cara belajar yang berbeda, jadi sebagai guru tentu harus menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Yang paling penting adalah menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung agar anak merasa nyaman dan termotivasi untuk belajar matematika.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum wr, wb.
“Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” memang selalu menjadi permasalahan yang sering dijumpai. Dalam hal ini guru harus bisa menggunakan strategi pembelajaran yang menantang dan menarik serta dibantu media konkret yang ada di sekitar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran juga perlu diselipkan “ice breaking” sehingga pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan bagi siswa. Eksplorasi benda-benda konkret sangat membantu dalam pembelajaran matematika apalagi ditambah dengan mengaitkan dengan cita-cita siswa. Sehingga Matematika terkesan lebih dekat dengan siswa. Terima Kasih
NAMA : YUSI DARTI
NIM : 856582007
Menurut saya, setelah menonton video pembelajaran “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” masalah yang terjadi yaitu pada kegiatan awal pembelajaran terlihat bahwa siswa sudah tidak bersemangat dalam mengikut pembelajaran, ada yang bercanda, tiduran, lupa membawa pensil dan juga buku. Kurangnya semangat dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Kegiatan belajar yang dilakukan kurang menarik dan membosankan. Kurangnya motivasi guru dalam pembelajaran di kelas.
Hal yang perlu dilakukan yaitu pada kegiatan awal hendaknya memberikan salam seperti memberikan sapaan, apersepsi, dan yel-yel penyemangat siswa-siswa dalam belajar. dan guru juga harus menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran, dimana semua kegiatan tersebut sangatlah penting dilakukan sebelum pembelajaran dimulai agar siswa dapat terfokus dan membayangkan materi yang akan mereka pelajari. Selain itu menggunakan strategi pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa seperti menggunakan bahasa yang memberi semangat, meyakinkan siswa agar siswa menjadi lebih terbuka untuk matematika, dan pada akhirnya akan merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk belajar. Strategi belajar dapat juga digunakan belajar diluar kelas, belajar dengan sebuah permainan, atau belajar didalam kelas menggunakan infokus menayangkan video-video yang berhubungan dengan pembelajaran. Adanya pemberian motivasi kepada siswa dalam belajar juga penting agar siswa menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang digunakan juga harus menarik agar dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif.
Nama : JELITA NOYA
Nim : 859949962
Upbjj-UT : MANADO
Berdasarkan hasil vidio yang saya amati pembelajaran matematika di siang hari kurang efektif dan kondusif disebabkan anak sudah lelah, tidak fokus dan mengantuk.
Guru matematika khususnya memang haruslah lebih kreatif dalam menggunakan media belajar. Pada siang hari memang sebagian besar konsentrasi siswa sudah terpecah dan cenderung agak bosan bila harus belajar apalagi mendengarkan materi pelajaran yang monoton. Namun, guru dalam video bisa membuat kelas matematika yang menyenangkan dengan membuat siswa melakukan suatu kegiatan yang bisa dilakukan dalam keseharian terkait penghitungan matematika. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk lebih membuat menyenangkan dan menantang bagi siswa adalah dengan membawa siswa tersebut d luar kelas dan melakukan pengukuran pada benda – benda di luar kelas jika suasana dalam kelas tidak menarik minat siswa dalam proses KBM.
guru sebaiknya menggunakan metode yang lebih kreatif dalam pembelajaran matematika seperti
1. guru terlebih dahulu melakukan ice breaking
2. menggunakan lagu dalam pembelajaran
3. menggunakan games seru
4.media pembelajaran yang kreatif
5. memotivasi siswa agar lebih antusias dalam pembelajaran
Ririn Setia Ningsi Pamungkasih (859789618)
UPBJJ Palembang
menurut saya untuk mendapatkan atensi siswa ketika sedang jenuh belajar, guru dapat melakukan ice breaking terlebih dahulu sebelum memulai penjelasan materi agar atensi siswa terarah pada guru sehingga akan lebih mudah untuk pengkondisian siswa sebelum memulai Pelajaran
Nama: Fatmawati
Nim: 856271932
Upbjj: Padang Pokjar Bukittinggi
Setelah mengamati Vidio pembelajaran matematika di atas saya menyimpulkan beberapa masalah:
1. suasana pembelajaran sangat tidak kondusif. Dapat dilihat siswa2 tidak fokus bahkan terkesan enggan untuk belajar ditandai sorakan di awal pembelajaran dan mreka sibuk dengan kegiatan masing, pelajaran matematika sebaiknya diadakan pagi hari krna pagi hari anak2 masih fress dan fokus dalam belajar sedangkan siang hari kondisi siswa sudah lelah di tambah cuaca yang bikin gerah membuat siswa2 tidak konsentrasi.
2. Sebelum memulai pelajaran untuk menarik perhatian siswa guru bisa memberikan inovasi seperti kuis kecil, bernyanyi sambil berhitung,ice breaking atau membuat guyonan positif yang membuat siswa kembali terfokus perhatiannya pada pembelajaran
3. Proses pembelajaran kurang menarik. menurut saya guru terlalu monoton dalam menjelaskan materi sehingga kurang bisa menumbuhkan minat dan ketertarikan dalam pembelajaran, meskipun ada feedback dan umpan balik dri beberapa siswa.namun kurang mnyeluruh. Pada saat bertanya guru bisa sambil berjalan kebelakang untuk mengontrol siswa yang masih belum memperhatikan guru.
Dri permasalahan tersebut menggunakan media cukup membantu dalam proses pembelajaran namun guru bisa menggunakan media- media lain yang lebih inovatif
setelah menyaksikan vidio pembelajaran tentang “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”, karena memang pada waktu siang hari siswa sudah lelah dan berkurang kefokusan mereka dan ada pula sebagian dari siswa yang mengantuk, ribut dll. sehingga suasana kelas menjadi tidak efektif dan kondusif dan akhirnya banyak siswa yang tidak paham karena tidak memperhatikan penjelasan dari guru tersebut. menurut saya pembelajaran matematika itu sebaiknya dilakukan pada pagi hari, karena dipagi hari siswa pemikiran nya masih segar dari pada disiang hari. Oleh karena itu, pembelajaran matematika disiang hari harus diperlukan metode dari guru untuk membuat siswa bersemangat, seperti yang dilakukan pada vidio kita bisa menarik perhatian anak dengan gambar-gambar yang menarik dan menggunakan media pembelajaran yang terdapat disekitar lingkungan kelas.
Terimakasih
Siswa tidak menyukai pembelajaran matematika pada siang hari dalam tayangan tersebut dikarenakan kurang fokus dan konsentrasi dari pelajaran sebelumnya sudah menguras konsentrasi ,guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika,serta guru juga harus bisa mengkondisikan siswa agar tertarik belajar matematika disiang hari.
guru masih mengajar dengan cara kinvensional(ceramah).
guru tidak memperhatikan kindisi siswa yang sudah jenuh dan lelah sehingga tidak konsentrasi saat akan menerima pelajaran matematika.