silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Media ahmawati
NIM : 857857675
Jurusan : S1 PGSD
UPBJJ : Wonogiri
Setelah mencermati video “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ” Di jam terakhir pasti konsentrasi siswa menurun ada banyak faktor yang mempengaruhi, dan untuk pelajaran matematika mungkin untuk anak-anak itu pelajaran yang cukup sulit, maka dari itu dibutuhkan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk memacu semangat siswa dan konsentrasi siswa di siang hari. Bisa melakukan ice breaking diawal pembelajaran menggunakan alat peraga yang menarik untuk siswa.
nama yana triputri caniago
nim : 856234776
UPBJJ: Padang
menurut saya setelah mencermati video “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ” Di jam terakhir pasti konsentrasi siswa menurun ada banyak faktor yang mempengaruhi, dan untuk pelajaran matematika anak-anak menganggap pelajaran yang cukup sulit, maka dari itu dibutuhkan pembelajaran yang inovatif dan metode yang menyenangkan untuk memacu semangat siswa dan konsentrasi siswa di siang hari. Bisa melakukan ice breaking diawal pembelajaran menggunakan alat peraga yang menarik untuk siswa.
nama : Halinar
Nim : 856975493
Pokjar : Kotaagung, Lampung
Setelah mencermati video “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ” Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. terjadi karena banyak faktor salah satunya jam siang adalah jam dimana siswa seudah merasakan lelah sehingga Mempengaruhi berkonsetarsi belajar. dalam menyampaikan materi guru harus mampu untuk memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Nama : Yanatri Putri Caniago
nim : 856234776
prodi : S1-PGSD
Setelah saya melihat video ” siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari “, guru tidak ada melakukan kata sambutan dan pembukaan.
Ada beberapa siswa yang belum siap belajar, seperti masih ada yang bermain-main dengan temannya, ada juga yang tertinggal buku tulis dan alat tulis.
Konsentrasi belajar tidak akan datang dengan sendirinya atau bukan karena pembawaan bakat sejak lahir, akan tetapi konsentrasi belajar harus diciptakan dan direncanakan serta dijadikan kebiasaan belajar. Jika
diperhatikan banyak siswa yang kesulitan berkonsentrasi misalnya sulit menerima penjelasan dari guru meskipun sudah dijelaskan berulang-ulang.
Pada dasarnya setiap orang mempunyai potensi yang sama untuk melakukan konsentrasi. Adapun penyebab kesulitan konsentrasi ialah lemahnya minat pada pelajaran, jika siswa kurang berminat untuk belajar
maka siswa akan mudah terpengaruh pada hal-hal lain yang lebih menarik perhatiannya, sehingga pada akhirnya siswa tidak mengerti isi pelajaran yang seharusnya diperhatikan secara intensif.
pada waktu siang hari konsentrasi siswa menurun, siswa yang fokus akan mudah menerima pelajaran begitupun sebaliknya siswa yang tidak fokus sulit menerima pelajaran.
Menurut penelitian pernyataan hasil analisis sangat sesuai, Pada dasarnya setiap orang mempunyai potensi yang sama untuk melakukan konsentrasi. Adapun penyebab kesulitan konsentrasi ialah Lemahnya minat
pada pelajaran, kebanyakan siswa banyak yang kurang minat dengan matematika akibatnya mereka akan kesulitan ketika menghitung matematika.
Apalagi ketika siang hari maka otomatis konsentrasi mereka kan menurun, karena disebabkan oleh rasa lapar, haus, ngantuk, dan tenaga mereka otomatis akan berkurang.
Sebagai seorang guru harus mampu dalam membantu siswa yang bermasalah dalam belajar. Adapun kesulitan-kesulitan yang sering dialami siswa yang bermasalah dalam belajar. Adapun kesulitan – kesulitan yang sering dialami siswa di antaranya adalah kesulitan konsentrasi belajar, lupa dalam
belajar dan kejenuhan dalam belajar.
Apa yang dilakukan seorang guru dalam pembelajaran sudah benar menggunakan alat peraga dalam pembelajaran untuk menarik perhatian siswa, selain itu pula guru menjelaskan materi di depan kelas dengan metode ceramah agar siswa bisa konsentrasi dalam belajar.
Dan guru pun meminta bantu kepada seorang siswa untuk mengukur sebuah gambar.
Selain itu ada berbagai cara untuk mengembangkan konsentrasi belajar seperti Kesiapan belajar, sebelum melakukan belajar, harus benar-benar dalam kondisi fresh (segar) untuk belajar. Untuk siap melakukan aktivitas belajar ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu kondisi fisik dan psikis.
Menanamkan minat dan motivasi belajar dengan cara mengembangkan imajinasi berfikir. Maksudnya menjelajah dengan berusaha membayangkan gambaran bentuk yang dipelajari. Kemudian pikirkan unsur-unsur penting yang membentuk gambaran tersebut. Dengan demikian siswa dapat belajar
aktif dan kreatif.
Belajar membutuhkan lingkungan yang kondusif.
Pada akhir penjelasan guru mengajak siswa mengukur meja untuk mengembalikan konsentrasi mereka
dan membangkitkan semangat belajar siswanya
NAMA : RINI PUSPITO WATI
NIM : 858435688
UPBJJ : SAMARINDA
Pada video yang saya tonton, saya dapat mengetahui strategi atau cara membuat anak berkonsentrasi belajar matematika pada siang hari. Seperti yang kita ketahui, bahwasannya kita sangat sulit membuat anak berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika pada siang hari. Sebab saat siang hari anak mulai lelah, sehingga Tingkat konsentrasi mereka cenderung menurun.
Seperti pada video tersebut, terlihat guru yang membuka pelajaran dengan penuh semangat namun peserta didiknya tidak semangat. Saat guru menjelaskan, anak-anak sibuk sendiri. Ada yang bermain, ada yang berbicara dengan dengan temannya, ada yang mengantuk dan bermalas-malasan. Guru tersemut sempat berfikir sejenak untuk mencari solusi agar anak dapat berkonsentrasi memperhatikannya menjaelaskan materi. Apa lagi pelajaran matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Setelah guru mendapatkan strategi yang cocok, lalu guru tersebut menerapkannya sehingga anak-anak dapat dengan teang memerhatikannya.
Dalam video tersebut dapat saya simpulkan ada beberapa strategi yang di gunakan guru tersebut :
1. Guru menggunakan strategi tanya jawab, hal ini dilakukan agar anak terfokus denga napa yang ditanyakan oleh guru tersebut.
2. Guru menggunakan alat peraga. Dengan alat peraga anak akan lebih mudah tertarik konsentrasinya. Dan secara otomatis anak memperhatikan apa yang dipegang oleh gurunya.
3. Guru mengajak anak praktik. Anak di ajak terjun langsung dalam mengukur suatu Panjang benda-benda yang ada disekitar mereka.
4. Guru membuat kelompok kecil. Anak dalam mengukur benda dapat dilakukan secara kelompok sehingga anak dalam perbelajaran tidak jenuh dalam melakukan hal tarsebut, dan dapat berbagi tugas dengan teman kelompoknya.
Nama : Fina Gustina
NIm : 856501459
Dari Vidio tersebut kelebihan nya adalah guru memakai alat peraga dan melakukan tanya jawab sehingga membuat siswa bersemangat dan tidak mengantuk ketika belajar. Kekurangan nya yaitu siswa belum siap belajar guru sudah memulai pelajaran sehingga siswa menjadi bosan.
Nama : Fina Gustina
NIm : 856501459
Dari Vidio tersebut kelebihan nya adalah guru memakai alat peraga dan melakukan tanya jawab sehingga membuat siswa bersemangat dan tidak mengantuk ketika belajar. Kekurangan nya yaitu siswa belum siap belajar guru sudah memulai pelajaran sehingga siswa menjadi bosan.
Nama : Luh Gede Mita Wiriana Dewi
NIM : 859039281
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : UT Denpasar
Ringkasan Isi Video :
Video ini menayangkan tentang situasi pembelajaran matematika pada saat siang hari. Pada kegiatan pembukaan Guru langsung mengarahkan siswanya untuk menyiapkan alat pembelajarannya. Pembelajaran matematika pada siang hari menjadi tantangan untuk Guru dalam mengajak siswanya untuk belajar, karena pada siang hari banyak siswa yang tidak berkonsentrasi karena sudah merasa lelah dan mengantuk sehingga situasi kelas menjadi ribut dan siswa juga cenderung bermain – main/bercanda dengan temannya. Dengan melihat situasi seperti ini Guru mengubah stategi/metode pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa, seperti mengubah metode ceramah dengan menggunakan menggunakan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda.
Kelemahan pembelajaran dalam video :
1. Pada awal pembelajaran, Guru kurang melakukan kegiatan pembukaan dengan baik seperti mengucapkan salam, berdoa, melakukan absensi sehingga siswa menjadi tidak tertarik dan cenderung bermain dengan temannya.
2. Penggunaan metode ceramah pada saat pembelajaran matematika.
3. Pada saat pembelajaran Guru kurang menguasai kelas.
4. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
5. Tidak adanya kegiatan penutup, seperti menyimpulkan pembelajaran dan evaluasi
Kelebihan pembelajaran dalam video :
1. Guru memotivasi siswa untuk bersemangat dalam belajar dengan membahas tentang cita-cita, yang mengaitkan bahwa pelajaran matematika akan dipergunakan diberbagai pekerjaan.
2. Dengan mengubah metode ceramah menjadi metode tanya jawab sehingga memicu adanya interaksi antar Guru dan siswa.
3. Penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa.
4. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran dalam menjelaskan materi pembelajaran.
Hal Unik dalam Pembelajaran Video
Penggunaan media gambar dapat menarik perhatian siswa serta siswa diajak untuk mengukur benda konkret sehingga siswa dapat memahami cara mengukur benda dengan benar.
Rencana Perbaikan yang dapat dilakukan:
Rencana perbaikan yang dapat dilakukan yaitu mengubah kegiatan pembukaan agar menarik perhatian siswa, seperti mengajaknya bernyanyi bersama untuk mengilangkan rasa kantuknya, dapat mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas, penayangkan video pembelajaran serta juga dapat menyelipkan ice breaking seperti permainan sederhana ditengah – tengah pembelajaran.
Nama: Fitra Resti Widyanita
NIM : 858878886
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Batu Cerdas
UPBJJ : Malang
Setelah menyimak video ini, dapat kita lihat bahwa konsentrasi anak pada siang hari akan menurun. Dari permasalahn ini maka, perlu dilakukan evaluasi dalam metode pembelajaran untuk membangkitkan motivasi dan mengembalikan konsentrasi anak. Karna itu, pembelajaran yang kreatif dan inovatif dibutuhkan agar anak tidak merasa bosan dan kembali bersemangat dalam pembelajaran.
Beberapa hal yang dapat kita lakukan salah satunya dengan menggunakan permainan, agar anak lebih tertarik, bersemangat yang akhirnya membangkitkan konsentrasinya lagi.
NAMA : MUHAMMAD RUSLIAN NASUTION
NIM : 877521268
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : MEDAN
Video ini memperlihatkan masalah pembelajaran matematika pada waktu siang, di mana siswa mengalami kesulitan konsentrasi dalam pelajaran. Guru mencoba menyesuaikan strategi pembelajaran, menggabungkan metode ceramah, strategi tanya jawab, peragaan media, dan praktik kerja seperti mengukur gambar dan benda untuk memperkenalkan pembelajaran yang lebih menarik dan menggugah minat siswa pada matematika pada waktu siang, mencoba mengatasi kesulitan yang muncul dalam kondisi tersebut. Guru mengubah cara belajar yang lebih menarik, termasuk metode ceramah yang diikuti oleh strategi tanya jawab, peragaan media, dan praktik kerja seperti mengukur gambar dan benda. Hal ini bertujuan untuk menggugah minat siswa pada matematika pada waktu siang dan membuat pembelajaran lebih efektif dan menarik.