silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : rindi mayang sari
Nim : 856024015
Semester : 8
Pokjar : asahan
Dari video yang saya lihat di atas saya menganalisis mengenai motivasi dan apersepsi guru tersebut dalam mengajar.guru tersebut tidak memberi ice breaking kepada siswa sehingga siswa memulai pelajaran kurang semangat . Dan tidak refleksi kepada siswa sehingga pada saat guru menjelaskan masik banyak yang kurang pabam. Di karenakan mata pelajaran matematika jam nya pada siang hari sehingga kosentrasi kelas pun kurang membaik.
Pada dasarnya banyak hal yanng mempengaruhi kosentrasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di siang hari.di karenakan jam ny sudah siang anak anak ngantuk, guru yang menjelaskan dengan metode cerama saja , kebisingan lingkungan sekolah yang membuat nya tidak kosentrasi.
Nama : Tiara
NIM : 858071191
UPBJJ : UT Pontianak
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : Opu Daeng Manambon (Mempawah)
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Tanggapan saya mengenai video pembelajaran “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” Yaitu berdasarkan video yang telah saya simak, diawal masuk kelas suasana nya kurang meng-enakkan saat dipandang, jika kita lihat dari awal video tersebut anak-anak yang berada di kelas tersebut tidak tertib saat guru ada dikelas, anak-anak ribut dan riuh suasana dikelas, ada yang bersenda gurau, ada yang bercerita, bermain, bahkan mengantuk.
1. Dari video tersebut reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut cukup antusias saat sudah memasuki pembelajaran, karena guru tersebut sudah memberikan kan salam dan sudah memotivasi siswa membuat siswa semangat dan memulai pembelajaran nya sudah cukup baik, ada memberi gambaran pengertian dari materi tersebut, dan pada saat pembelajaran berlangsung anak-anak cukup antusias, karena guru tersebut pada saat pembelajaran berlangsung menggunakan media poster sebagai media pembelajaran dan melibatkan anak dalam pembelajaran seperti mengukur suatu gedung yang didalam poster tersebut, dan mengukur benda-benda disekitar yaitu panjang, lebar dan lain lain nya menggunakan penggaris sehingga anak-anak tidak mengantuk pada saat ppembelajaran karena ada kegiatan yang membuat anak aktif dan beraktivitas, tidak hanya mendengar kan penjelasan materi tetapi juga melakukan, atau mempraktekkan kegiatan sehingga anak tidak mudah mengantuk dan semangat dalam belajar nya.
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu menurut saya diawal masuk kelas, kurang nya tegas dan memikat hati anak-anak kalau ada guru sudah masuk kelas tidak boleh bersenda gurau dan ribut, dan diawal pembelajaran guru tidak ada ice breaking agar anak-anak tambah semangat dan antusias.
3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya yaitu pada saat pembelajaran berlangsung,guru tersebut tidak hanya menjelaskan materi tetapi menambahkn media dalam pembelajaran yaitu poster sehingga anak tersebut bisa antusias dan bisa mengontrol diri tidak seperti di awal” masuk kelas, tidak hanya itu guru tersebut sudah tanya jawab kepada siswa, memberikan siswa untuk berpendapat atas jawabannya ini sudah sangat bagus untuk dalam pembelajaran.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dari video tersebut menurut saya adalah guru tersebut bisa mewujudkan kelas dari awal suasana kelas kurang kondisif, masih ribut dan sibuk diri nya masing dan kebetulan pas pelajaran matematika pada siang hari guru tersebut bisa mengendalikan anak-anak pada saat pembelajaran dan cukup antusias dan bisa berdiskusi dan menjawab pertanyaan dari guru tersebut.
5. Menurut saya upaya yang dapat diusulkan untuk meningkat kualitas kegiatan pembelajaran berikut nya yaitu:
1. guru harus membuat strategi pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi tidak hanya ceramah dan tanya jawab, bisa ditambahkan dengan berkelompok, berdiskusi, dan kuis misal nya siapa yang tahu jawaban nya dan betul akan dikasi hadiah atau reward
2. Guru tersebut seharusnya pada saat membuka pelajaran dilakukan ice breaking dulu, bernyanyi dan meregang kan otot agar anak-anak tidak mengantuk dan tambah semangat, tidak hanya diawal menggunakan ice breaking, di pertengahan pembelajaran pun boleh menggunakan ice breaking jika anak-anak sudah hilang konsentrasi agar konsentrasi nya kembali lagi
3. Media pembelajaran bisa ditambahkan lagi tidak hanya poster, boleh ditambahkan misal nya kapur warna warni untuk menulis di papan tulis, papan planel dan lain-lain nya.
Nama : Tiara
NIM : 858071191
UPBJJ : UT Pontianak
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : Opu Daeng Manambon (Mempawah)
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Tanggapan saya mengenai video pembelajaran “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” Yaitu berdasarkan video yang telah saya simak, diawal masuk kelas suasana nya kurang meng-enakkan saat dipandang, jika kita lihat dari awal video tersebut anak-anak yang berada di kelas tersebut tidak tertib saat guru ada dikelas, anak-anak ribut dan riuh suasana dikelas, ada yang bersenda gurau, ada yang bercerita, bermain, bahkan mengantuk.
1. Dari video tersebut reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut cukup antusias saat sudah memasuki pembelajaran, karena guru tersebut sudah memberikan kan salam dan sudah memotivasi siswa membuat siswa semangat dan memulai pembelajaran nya sudah cukup baik, ada memberi gambaran pengertian dari materi tersebut, dan pada saat pembelajaran berlangsung anak-anak cukup antusias, karena guru tersebut pada saat pembelajaran berlangsung menggunakan media poster sebagai media pembelajaran dan melibatkan anak dalam pembelajaran seperti mengukur suatu gedung yang didalam poster tersebut, dan mengukur benda-benda disekitar yaitu panjang, lebar dan lain lain nya menggunakan penggaris sehingga anak-anak tidak mengantuk pada saat ppembelajaran karena ada kegiatan yang membuat anak aktif dan beraktivitas, tidak hanya mendengar kan penjelasan materi tetapi juga melakukan, atau mempraktekkan kegiatan sehingga anak tidak mudah mengantuk dan semangat dalam belajar nya.
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu menurut saya diawal masuk kelas, kurang nya tegas dan memikat hati anak-anak kalau ada guru sudah masuk kelas tidak boleh bersenda gurau dan ribut, dan diawal pembelajaran guru tidak ada ice breaking agar anak-anak tambah semangat dan antusias.
3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran menurut saya yaitu pada saat pembelajaran berlangsung,guru tersebut tidak hanya menjelaskan materi tetapi menambahkn media dalam pembelajaran yaitu poster sehingga anak tersebut bisa antusias dan bisa mengontrol diri tidak seperti di awal” masuk kelas, tidak hanya itu guru tersebut sudah tanya jawab kepada siswa, memberikan siswa untuk berpendapat atas jawabannya ini sudah sangat bagus untuk dalam pembelajaran.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dari video tersebut menurut saya adalah guru tersebut bisa mewujudkan kelas dari awal suasana kelas kurang kondisif, masih ribut dan sibuk diri nya masing dan kebetulan pas pelajaran matematika pada siang hari guru tersebut bisa mengendalikan anak-anak pada saat pembelajaran dan cukup antusias dan bisa berdiskusi dan menjawab pertanyaan dari guru tersebut.
5. Menurut saya upaya yang dapat diusulkan untuk meningkat kualitas kegiatan pembelajaran berikut nya yaitu:
1. guru harus membuat strategi pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi tidak hanya ceramah dan tanya jawab, bisa ditambahkan dengan berkelompok, berdiskusi, dan kuis misal nya siapa yang tahu jawaban nya dan betul akan dikasi hadiah atau reward
2. Guru tersebut seharusnya pada saat membuka pelajaran dilakukan ice breaking dulu, bernyanyi dan meregang kan otot agar anak-anak tidak mengantuk dan tambah semangat, tidak hanya diawal menggunakan ice breaking, di pertengahan pembelajaran pun boleh menggunakan ice breaking jika anak-anak sudah hilang konsentrasi agar konsentrasi nya kembali lagi
3. Media pembelajaran bisa ditambahkan lagi tidak hanya poster, boleh ditambahkan misal nya kapur warna warni untuk menulis di papan tulis, papan planel dan lain-lain nya.
Nama : rindi mayang sari
Nim : 856024015
Semester : 8
Pokjar : asahan
Dari video yang saya lihat di atas kekurangan nya yaitu :
Pak guru yang kurang memberi semangat kepada siswa saat memulai pejaran,seperti ice breaking. Dengan tidak memberi ice breaking siswa akan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran , di tambah lagi pembelajaran matematika di siang hari,sehingga anak tidak berkosentrasi dalam belajar
< pak guru yang kurang menguasi kelas ,hanya berfaktor pada materi saja .dan kurang nya motivasi kepada siswa.
X
Setuju dengan apa yang
Nama : Zintia Dwi Rahmawati
NIM : 859402421
Prodi : PGSD-S1
Upbjj : Makassar
Pokjar : Luwu Timur
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Pada video pertama reaksi siswa kurang memperhatikan guru dan juga beberapa siswa terlihat lelah sebelum memulai pelajaran di jam siang hari.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa masih kurang fokus.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Pada video kedua, guru telah berusaha menarik perhatian siswa dengan melibatkan siswa untuk mengikuti pembelajaran sehingga siswa dapat lebih berkonsentrasi karena dilibatkan secara langsung.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru menggunakan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa agar lebih berkonsentrasi dan juga melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Dalam melakukan kegiatan pembelajaran guru perlu memperhatikan kondisi dan situasi pembelajaran. Selanjutnya guru perlu melibatkan siswa secara aktif agar siswa lebih berkonsentrasi di jam pelajaran pada siang hari. Pada jam pembelajaran di siang hari sebaiknya guru juga menghindari penjelasan materi secara full ceramah dengan materi penjelasan konsep dan sebaiknya memberikan soal dan mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran serta menggunakan media pembelajaran yang baik agar siswa tetap dapat berkonsentrasi.
NAMA : ESTY ANGGRAINI DEWI
NIM : 858880804
POKJAR : MUSI NGANJUK
UPBJJ : UT MALANG
Kelebihan
Guru sudah mencairkan suasana dalam mengajar matematika pada siang hari yaitu dengan cara memberi gambar yang menarik siswa sehingga siswa menjadi semangat dan berkonsentrasi kembali tentang pelajaran matematika, guru juga sudah memberi kesempatan siswa untuk praktik menghitung panjang gambar yang di tempelkan di papan tulis, anak-anak memperhatikan dengan seksama apa yang di ajarkan guru
Kelemahan
Awalnya anak-anak tidak memperhatikan di karenakan guru menggunakan metode ceramah padahal sudah siang hari
Saran
Dalam mengajar matematika di siang hari sebaiknya guru tidak hanya menggunakan metode ceramah saja tetapi harus menggunakan metode yang kreatif dan tidak membosankan agar siswa tetap semangat untuk memperhatikan pelajaran
NAMA : ESTY ANGGRAINI DEWI
NIM : 858880804
POKJAR : MUSI NGANJUK
UPBJJ : UT MALANG
Kelebihan
Guru sudah mencairkan suasana dalam mengajar matematika pada siang hari yaitu dengan cara memberi gambar yang menarik siswa sehingga siswa menjadi semangat dan berkonsentrasi kembali tentang pelajaran matematika, guru juga sudah memberi kesempatan siswa untuk praktik menghitung panjang gambar yang di tempelkan di papan tulis, anak-anak memperhatikan dengan seksama apa yang di ajarkan guru
Kelemahan
Awalnya anak-anak tidak memperhatikan di karenakan guru menggunakan metode ceramah padahal sudah siang hari
Saran
Dalam mengajar matematika di siang hari sebaiknya guru tidak hanya menggunakan metode ceramah saja tetapi harus menggunakan metode yang kreatif dan tidak membosankan agar siswa tetap semangat untuk memperhatikan pelajaran
Nama. : Joy Asri N Siregar
UPBJJ UT MEDAN
POKJAR HUMBANG HASUNDUTAN
Menurut saya terjadi nya ketidak nyamanan saat proses pembelajaran matematika adalah banyak siswa yang tidak fokus terhadap apa yang di jelaskan oleh guru.
Yang kedua anak murid kurang konsentrasi karena pelajaran matematika adalah di jam pelajaran terakhir. Yang ketiga banyak siswa yang sudah kecapean pada saat istirahat mungkin saja mereka lari lari di lapangan pada saat istirahat sehingga pada saat masuk kelas mereka tidak fokus