silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Khairil Anwar
    NIM : 858305522
    Jurusan : masukan sarjana S1-BI PGSD

    Pembelajaran mata pelajaran matematika seharusnya dilakukan pada awal jam pembelajaran atau pada pagi hari. Dalam video ini siswa berbicara satu sama lain, uring-uringan,seperti siswa merasa jenuh dan kelelahan dan siswa melakukan aktifitas yang tidak konsentrasi dalam pelajaran dikarenakan pembelajaran matematika di siang hari. Dalam menyikapi hal seperti di video ini guru harus mempunyai strategi yang handal dan perlu mengubah cara pembelajaran agar siswa konsentrasi dalam pelajaran matematika di siang hari dan lebih menyenangkan. Kalau kita lihat di video ini Ada daya tarik siswa setelah guru menunjukkan media berupa gambar, ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika harus dikemas sedemikian rupa agar lebih menyenangkan bagi siswa untuk menerima materi pelajaran matematika. Selanjutnya guru juga dapat menggunakan benda konkrit/nyata yang ada disekitar untuk mengukur panjang seperti meja atau kursi yang ada disekitar siswa agar siswa lebih terlibat dengan aktivitas pembelajaran. Karena dengan tindakan atau aktivitas siswa dalam mengukur artinya siswa sudah merasa bahwa pembelajaran ini memang bermanfaat bagi kehidupannya sehari-hari.

    Terima kasih. Dengan adanya video GPO kami para mahasiswa dapat menganalisis permasalahan yang terjadi pada video dalam pembelajaran yang ditayangkan dan dapat memberikan kami penerapan pembelajaran yang akan kami lakukan

  2. nama : indah pertiwi
    NIM: 858084926
    prodi : S1 PGSD BI Masukan Sarjana

    setelah saya menonton video kegiatan belajar mengajar tersebut. pelajaran matematika jika dilaksanakan pada wktu siang hari memang berpengaruh pada kondisi siswa yang semangat dan fokus nya semakin berkurang dikarenakan faktor lelah dan jenuh.untuk itu jika pembelajaran matemaika tetap dilakukan pada siang hari perlu adanya strategi yany tepat untuk diterapkan dalam menambah semangat dan meningkatkan kefokusan anak untuk memahami materi, seperti didalam video guru menjelaskana dengan menggunakan media dan media fisik sehingga anak menjadi tertarik dalam melakukan pembelajaran.selain itu guru juga menjelaskan kepada siswa menggunakan bahasa yang sederhana sehingga siswa lebih mudah dalam menvernah materi pelajaran di siang hari.

  3. nama : indah pertiwi
    NIM: 858084926
    prodi : S1 PGSD BI Masukan Sarjana

    setelah saya menonton video kegiatan belajar mengajar tersebut. pelajaran matematika jika dilaksanakan pada wktu siang hari memang berpengaruh pada kondisi siswa yang semangat dan fokus nya semakin berkurang dikarenakan faktor lelah dan jenuh.untuk itu jika pembelajaran matemaika tetap dilakukan pada siang hari perlu adanya strategi yany tepat untuk diterapkan dalam menambah semangat dan meningkatkan kefokusan anak untuk memahami materi, seperti didalam video guru menjelaskana dengan menggunakan media dan benda kongkrit sehingga anak menjadi tertarik dalam melakukan pembelajaran.selain itu guru juga menjelaskan kepada siswa menggunakan bahasa yang sederhana sehingga siswa lebih mudah dalam menvernah materi pelajaran di siang hari.

  4. Nama : Mega Setya Nurmalasari
    NIM : 858305973
    Program studi : PGSD BI
    Setelah menyaksikan video tersebut maka yang jadi permasalahan di atas yaitu soal waktu pembelajaran matematika di taruh di jam siang dan sayaa melihat bahwa guru tersebut mengajar hanya ceramah saja yang membuat peserta didik tidak fokus. Banyak hal dilakukan peserta didik dikelas yaitu mengobrol dengan teman, bermain dengan teman dan mengantuk.
    seharusnyaa yang dilakukan oleh guru agar peserta didik dapat fokus memperhatikan saat menjelaskan yaitu guru dapat menggunakan media atau model pembelajaran. Setelah guru menerapkan media pembelajaran yaitu dengan menampilkan gambar-gambar maka peserta didik antusias sekali dalam mendengarkan penjelaskan guru tersebut.

  5. Tayangan video mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi. Guru suara cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun siswa fokus pada proses pembelajaranhanya sewaktu-waktu. Rasa lelah mendorong siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, seperti berguru dengan teman atau tidur di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi pada hari sebelum menyajikan materi , guru mampu menarik perhatian siswa dengan menjelaskan pentingnya matematika dan mengubah strategi perkuliahan menjadi format tanya jawab yang dipadukan dengan media dan praktikum seperti menggambar dan membungkuk. Sudah sepantasnya seorang guru membantu seorang anak menilai tugas secara langsung.

    Saran dari bu Vivi cukup bagus. Seorang guru harus menggunakan metode yang kreatif dimana bisa manarik perhatian dari siswanya sehingga ketika guru menjelaskan pembelajaran, siswa dapat fokus dan berkonsentrasi agar bisa memahami pembelajaran yang diberikan guru.

  6. Nama : MISPAWATI
    Nim : 859167849
    Prodi. : SI _ PGSD

    Setelah mengamati vidio pembelajaran di atas, menurut saya di awal pembelajaran, guru membuka pembelajaran dengan cara yang kurang tepat, ketika siswa di suruh untuk mengeluarkan alat tulis, kondisi kelas kurang efektif ( masih bermain, berisik,dan bercanda dengan temannya).

    Namun ketika guru memberikan motivasi sebelum memulai pembelajaran, memberi tahu siswa manfaat / mengaitkan pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari_hari, kemudian guru menggunakan alat peraga sederhana berupa gambar, melakukan tanya jawab, bisa menarik/ memusatkan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran.
    Cuma memang, dalam penguasaan kelas, guru masih berpusat pada satu tempat ( di depan jelas saja ) dan juga guru tidak mengulang kembali pembelajaran sebelumnya di awal.

  7. Tayangan video mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi. Guru suara cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun siswa fokus pada proses pembelajaranhanya sewaktu-waktu. Rasa lelah mendorong siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, seperti berguru dengan teman atau tidur di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi pada hari sebelum menyajikan materi , guru mampu menarik perhatian siswa dengan menjelaskan pentingnya matematika dan mengubah strategi perkuliahan menjadi format tanya jawab yang dipadukan dengan media dan praktikum seperti menggambar dan membungkuk. Sudah sepantasnya seorang guru membantu seorang anak menilai tugas secara langsung.

    Saran dari Rori cukup bagus. Seorang guru harus bisa meningkatkan semangat siswa dalam belajar, oleh karena itu guru juga harus semangat dan menguasai materi yang akan kita sampaikan, bagaimana siswa akan semangat, jika guru yang mengajar di depan kelas lemas tidak bersemangat dan tidak menguasai materi. Selain itu seorang guru harus menggunakan metode yang kreatif dimana bisa manrik perhatian dari siswanya sehingga ketika guru menjelaskan pembelajaran, siswa dapat fokus dan berkonsentrasi agar bisa memahami pembelajaran yang diberikan guru.

  8. Tayangan video mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi. Guru suara cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun siswa fokus pada proses pembelajaranhanya sewaktu-waktu. Rasa lelah mendorong siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, seperti berguru dengan teman atau tidur di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi pada hari sebelum menyajikan materi , guru mampu menarik perhatian siswa dengan menjelaskan pentingnya matematika dan mengubah strategi perkuliahan menjadi format tanya jawab yang dipadukan dengan media dan praktikum seperti menggambar dan membungkuk. Sudah sepantasnya seorang guru membantu seorang anak menilai tugas secara langsung.

    Saran dari Bu Ria cukup bagus. Seorang guru harus bisa meningkatkan semangat siswa dalam belajar, oleh karena itu guru juga harus semangat dan menguasai materi yang akan kita sampaikan, bagaimana siswa akan semangat, jika guru yang mengajar di depan kelas lemas tidak bersemangat dan tidak menguasai materi. Selain itu seorang guru harus menggunakan metode yang kreatif dimana bisa manarik perhatian dari siswanya sehingga ketika guru menjelaskan pembelajaran, siswa dapat fokus dan berkonsentrasi agar bisa memahami pembelajaran yang diberikan guru. Guru juga menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa, dengan adanya kreatifitas dari guru maka proses belajar mengajar akan menjadi menarik, menyenangkan dan mengembalikan konsentrasi siswa.

  9. nama : Hartini
    Nim : 858306105
    program studi : PGSD
    Setelah saya menonton video, merupakan tantangan yang sangat besar untuk mengajarkan matematika kepada murid pada siang hari, pada saat itu murid sudah dalam keadaan lelah, sangat diperlukan strategi yang tepat agar dia menjadi tertarik dengan kegiatan pembelajaran matematika, selain itu media yang menarik juga dapat mempengaruhi konsentrasi belajar mereka.
    dalam video tersebut saya menemukan bahwa guru tidak melakukan appersepsi untuk mengingat kembali pembelajaran tentang mengukur pada kelas sebelumnya, pada saat memberi tugas guru tidak memberi kesempatan kepada murid untuk bertanya apakah ada kendala dalam mengukur suatu benda,siswa langsung disuruh untuk mengerjakan tugas, pada saat murid menanggapi pertanyaan dari gurunya tidak ada umpan balik yang diberikan oleh guru

  10. Nama : MARIATI
    NIM : 856455154
    PRODI : PGSD-S1
    UPBJJ UT PEKANBARU POKJAR KEMUNING
    Dari video diatas sangat sering terjadi pada setiap siswa, apabila beajar matematika di siang hari sangalah sulit untuk konsentrasi. karena faktor lelah, lapar, mengantuk, maupun gerah akibat cuaca. jadi seorang guru dapat menggunakan metode belajar yang menyenangkan. boleh diawalidengan permainan, atau gerakan badan atau bahkan tepuk-tepukan yang dapat membangkitkan semangat siswa kembali. guru juga bisa menggunakan metode diskusi atau kelompok dengan berpindah tempat duduk, bisa juga berkelompok lalu pembelajarannya di luar ruangan atau alam terbuka(bebas). selanjutnya anak-anak mengukur semua benda yang ada di sekitar bersama kelompoknya. dengan cara mengukur yang benar dan baik yang telah diajarkan guru sebelumnya. setelah selesai guru memberi kata pujian, aplus atau apresiasi yang bekerja dengan baik dan kompak pada kelompoknya

Leave a Reply