silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
NAMA : ANGGUN DUWI LESTARI
NIM : 857000818
POKJAR : WAYTUBA
Dari video tersebut terlihat Kondisi kelas yang bising, gangguan dari teman sekelas, serta suara luar ruangan dapat mengganggu pemusatan perhatian siswa. Ketidakmampuan untuk memfokuskan perhatian mereka pada materi yang diajarkan. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif dapat menyebabkan siswa kehilangan minat dan fokus dalam memahami materi pelajaran . Jika siswa hanya diberikan penjelasan yang panjang lebar tanpa adanya interaksi atau kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif, maka siswa cenderung menjadi bosan dan sulit untuk berkonsentrasi.pelajaran matematika tidak selalu dilakukan dengan cara perhitungan namun bisa juga dilakukan dengan cara pengaplikasian pada benda-benda yang mudah diperoleh. pembelajaran yang diberikan tidak mototon siswa diajak aktif dalam kelas, misal dengan bermain peran agar siswa tidak bosan.
Dan kemungkinan dari Lingkungan belajar yang tidak sesuai Ruangan kelas yang tidak nyaman, panas, atau kurang pencahayaan dapat mengganggu konsentrasi siswa.Kondisi kelas yang bising, gangguan dari teman sekelas, atau suara luar ruangan dapat mengganggu pemusatan perhatian siswa. Ketidakmampuan untuk memfokuskan perhatian mereka pada materi yang diajarkan
NAMA : MAYANG ANJARSARI
NIM : 857002266
POKJAR: WAY TUBA
UPBJJ. : BANDAR LAMPUNG
Reaksi anak pada video pembelajaran tersebut yaitu terlihat pada awal pembelajaran kurangnya kesiapan dan alat tulis mereka, ada yang tidak membawa buku maupun pensil, dan kurangnya semangat dalam diri mereka.
Kelemahan
Kelemahan pada video pembelajaran tersebut yaitu materi yang diajarkan guru tersebut tidak sesuai dengan materi yang seharusnya diajarkan.
Kelebihan
Kelebihan video pembelajaran tersebut yaitu anak-anak terlihat sangat fokus dan memperhatikan saat guru menerangkan materi.
Hal-hal unik
Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut yaitu anak sangat berpartisipasi dalam pembelajaran tersebut walaupun materi yang diajarkan oleh guru tersebut tidak sesuai dengan mata pelajaran yang seharusnya.
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut yaitu pada awal pembelajaran sebaiknya diawali dengan doa secara bersama-sama, dan materi yang disampaikan sebaikyhatus sesuai dengan mata pelajaran yang akan dipelajari.
Nama : MAR’ATUS SOLIKAH
NIM: 858878048
1. KELEBIHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO :
– Guru sigap dalam mengidentifikasi masalah yang ada saat pembelajaran
– Guru mencoba mencari solusi alternatif.
– Guru mampu beradaptasi dengan situasi yang tidak kondusif menjadi lebih kondusif dengan memberikan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
– Guru juga menunjukkan kemampuan untuk memotivasi siswa.
– Guru mampu mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
2. HAL UNIK YANG TERDAPAT DALAM VIDEO PEMBELAJARAN
Terlihat pada proses pembelajaran guru menunjukkan fleksibilitas dan kemampuan untuk berpikir kreatif dalam menangani situasi kelas yang tidak kondusif.
Guru juga mampu mengarahkan perhatian siswa dari kegiatan yang tidak produktif menjadi fokus pada pembelajaran.
Bagus sekali
Nama : A Rahman
Nim : 856467102
Upbjj : Pekanbaru
Dari analisis saya terhadap video tersebut, terdapat Kelemahan yang terlihat dalam video pembelajaran ialah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang memadai. Hal ini dapat mengakibatkan kurangnya kejelasan dalam penyampaian materi dan mempersulit siswa untuk memahami konsep yang diajarkan. Selain itu, ketiadaan kegiatan ice breaking pada awal pembelajaran juga dapat menyebabkan kurangnya keterlibatan siswa dan kesulitan dalam menciptakan ikatan antara guru dan siswa.Selanjutnya, dalam video tersebut terlihat bahwa anak-anak didik tidak sepenuhnya fokus dengan penjelasan yang diberikan oleh guru. Mayoritas dari mereka terlihat lebih asik dengan kegiatan mereka sendiri, yang mengindikasikan kurangnya keterlibatan dan minat dalam pembelajaran.
Agar lebih mendekatkan dan juga memberikan semangat pada siswa sebelum memulai sesi belajar, sebaiknya Guru memberikan sesuatu hal yang menarik yang bisa menarik fokus siswa,seperti hal nya melakukan tanya jawab seputar materi/keseharian yang berhubungan dengan materi, melakukan ice breaking, berhitung kehadiran siswa dan cara lain sebagainya.
Nama : Verni Raulyah
Nim : 846467847
Pokjar : Rengat
Reaksi anak pada video pembelajaran tersebut yaitu lihat terlihat awal pembelajaran kurangnya kesiapan dan alat tulis siswa , ada yang tidak bawak buku, pensil, penggaris, dan kurang semangat dalam dri siswa
NAMA:DEVI WULANDARI
NIM:857001271
UPBJJ:BANDAR LAMPUNG
Dari analisis saya terhadap video tersebut , terhadap kelemahan terlihat dalam video pembelajaran yang memadai. Hal ini dapat mengakibatkan kurangnya kejelasan dalam menyampaikan materi dan mempersulit siswa memahami konsep pembelajaran . Selain itu ketidak ada kegiatan ice breaking pada awal pembelajaran juga dapat mengakibatkan kurangnya keterlibatan siswa kesulitan dalam menciptakan ikatan guru dan siswa.
Nama : Margareta Tirta Alfani Saputri
NIM : 857002241
UPBJJ : Bandar Lampung
Judul : siswa tidak konsentrasi belajar matematika
menurut saya, guru tersebut dapat menarik perhatian murid-murid dengan cara menerapkan media pembelajaran menggunakan gambar jadi murid-murid tertarik dengan apa yang guru bicarakan, sehingga pada saat pembelajaran murid-murid bisa bercanda dan menjawab dengan benar apa yang dipertanyakan guru.
Murid-murid juga bisa berkonsentrasi dengan pelajaran yang diajarkan oleh bapak guru.
Nama : Melda Mei Wulan
NIM :858825711
UPBJJ:Malang
Menurut saya analisis dari vidio tersebut setiap siswa sibuk dengan kesibukan nya masing – masing dan sedikit alat peraga yang digunakan serta penjelasan yang sangat singkat.Setelah mereka diberi tugas mengukur meja mereka tidak sibuk lagi dengan kegiatannya
Nama : Nor Azirawati
NIM: 856234941
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
Kelebihan:
Kelebihan guru:
✓suara guru yang lantang membuat siswa fokus pada materi yang disampaikan
✓Pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran
✓Dengan media gambar sederhana guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif
Kelemahan:
Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang memadai.
Hal unik:
Anak sangat berpartisipasi dalam pembelajaran tersebut walaupun materi yang diajarkan oleh guru tersebut tidak sesuai dengan mata pelajaran yang seharusnya.