silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Mey Rama Sitorus
    Nim : 878256796
    Setelah menonton vidio tersebut menurut saya cara anak-anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut ada anak yang serius mendengar, ada yang bermain dan ada yang tidak fokus. Menurut saya sebagai seorang guru ada baiknya membuat awal pembelajaran serta memberikan ice breaking untuk mengembalikan semangat para murid. Karena di jam-jam terakhir atau siang hari belajar matematika membuat anak-anak tidak fokus untuk belajar, ini disebabkan karena menurut siswa-siswi matematika itu sulit. Maka dari situ kita dapat menyampaikan materi dengan menarik dengan membuat media belajar serta melibatkan siswa-siswi tersebut agar tercipta suasana kelas yang menyenagkan menarik perhatian murid tersebut.

  2. Nama:Elza Melinda
    NIM : 856460869
    Pokjar : Sungai Lala

    Menurut saya pembelajaran yg dilakukan guru dalam video tersebut kurang efektif karena diawal pembelajaran guru tidak melakukan ice breaking sehingga siswa tidak fokus,aktif dan tidak semangat dalam pembelajaran kemudian guru hanya menggunakan gambar sebagai media pembelajaran sehingga kurang menarik.

  3. Nama : Rani Sri Rahayu
    Nim : 857503161

    Izin menjawab,

    Berdasarkan video pembelajaran yang sudah saya lihat diketahui di awal pembelajaran siswa terlihat suntuk dan malah gaduh bermain dengan temannya kondisi kelas dinilai kurang kondusif untuk melakukan pembelajaran. Hal ini bisa jadi karena pembelajaran tersebut ada di jam siang sehingga kondisi siswa sudah tidak segar untuk menghadapi pelajaran matematika.

    Selanjutnya dipertengahan pelajaran, guru yang menjelaskan pun terlihat kantuk dan sempat ketiduran sebentar pada saat siswa sedang menuliskan materi. Tak lama bapa guru kembali terbangun dan mulai menjelaskan kembali materi dengan metode ceramah. Selanjutnya pada saat menjelaskan pengukuran para siswa mulai berpartisipasi membantu pak guru menyelesaikan masalah pengukuran suatu bangunan dengan media pembelajaran berupa kertas yang di print.

    Berdasarkan paparan diatas, ada beberapa hal yang sebaiknya diperbaiki dalam pembelajaran tadi yakni:
    1. Pembelajaran matematika sebaiknya dilakukan di pagi hari agar guru dan murid sama-sama dalam kondisi yang masih fresh sehingga mau untuk menghadapi pelajaran yang membutuhkan ketajaman untuk berhitung.
    2. Media pembelajaran yang disediakan terlalu sedikit, sehingga pembelajaran terasa monoton
    3. Adapun apabila jadwal pembelajaran di siang hari maka sebaiknya guru memberikan ice breaking di kelas agar dapat mencairkan suasana kelas sehingga tidak bosan dan kantuk.

    Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf

  4. Nama SRI SAHARA
    NIM 856079896

    Mendengar nama matematika tidak heran sebagai siswa merasa menjadi hantu yang menakutkan, apalagi pembelajaran dilakukan pada siang hari dengan keadaan sudah jenuh ngantuk bosan akan sangat sulit menyampaikan apa yang menjadi tujuan pembelajaran pada saat itu, namun tidak kita punkiri bahwasanya banyak cara atau metode yang menyenangkan dan berpusat aktif kepada siswa yang agar mereka tidak merasa jenuh maka kita sebagai seorang guru perlu jeli dalam penggunaan media atau alat peraga yang dapat membangkitkan semangat dan minat belajar siswa misalnya bisa menggunakan media TPACK misal mengunakan infokus yang materi ajarnya sudah kita rancang dalam bentuk power point yang indah dengan fitur yang bagus dan game2 yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan saat itu sehingga siswa tidak merasa bosan dalam penerimaan karana lebih bervariasi.

  5. Nama : OKTARI SUSANTI
    NIM : 877323672

    Menurut pendapat saya tentang vidio diatas anak2 mengalami kesulitan berkonsentrasi apa lagi pada jam-jam terahir disebabkan beberapa hal diantaranya adalah:
    1. Kelelahan setelah kegiatan di jam jam pertama dan seterusnya
    2. Lingkungan dan suasana kelas yang bising sehingga mengganggu konsentrasi
    3. Minat rendah siswa terhadap mata pelajaran
    4. Metode pengajaran yg kurang menarik
    Oleh karena itu beberapa upaya yang harus dilakukan seorang guru untuk membangkitkan semangat dan konsentrasi pada siswa diataranya adalah:
    1. Pengaturan waktu belajar di pagi hari ketika siswa merasa lebih segar
    2. Variasi metode pengajaran yang interaktif seperti permainan kelompok diskusi atau aplikasi pendidikan
    3. Menciptakan lingkungan yang nyaman
    4. belajar diruang kelas
    5. Mengikut sertakan keterlibatan orang tua dalam proses belajar.

  6. NAMA JUNIAT KRISDAYANTI GULO
    NIM 855835223
    PRODI S1-PGSD
    Menurut pendapat saya dalam video tersebut adalah siswa banyak yg lelah dan kurang konsentrasi dalam mengikuti proses belajar diakibatkan karena sudah siang hari. jadi, kadang-kadang siswa ada yg mengantuk dalam mengikuti pembelajaran akan tetapi dalam video tersebut Guru memiliki kreatif untuk membangkitkan semangat belajar siswa seperti bertanya dengan siswa,dan menggunakan media gambar sehingga siswa mempunyai peran aktif dalam belajar.
    Demikian terimakasih

  7. Nama : Monalisa
    Nim : 856505639
    Berdasarkan vidio yang sudah saya lihat, Menurut pendapat saya dalam pembelajaran matematika sangat membutuhkan media pembejaran seperti alat peraga dan guru juga harus mampu mengajak siswa untuk memanfaatkan media pembelajaran yang digunakan. Strategi yang digunakan harus sesuai dengan media pembelajaran. Contoh yang terdapat dalam vidio, salah satu strategi yang digunakan yaitu ceramah dan tanya jawab yang dapat membuat ruang diskusi antara guru dan siswa. Apalagi pembelajaran dilakukan di siang hari, maka disinilah peran guru untuk lebih kreatif menciptakan yang menyenangkan. Terimakasih

  8. NAMA : Mahrina Sinaga
    NIM : 877522861
    Setelah saya melihat video tersebut,guru sudah berusaha untuk berinteraksi kepada siswa dengan melibatkan siswa dalam hal mengukur. tetapi ketika pelajaran matematika di siang hari konsentrasi anak sudah berkurang bahkan sebagian anak sudah tidak fokus untuk belajar matematika. energi mereka sudah habis dipelajaran sebelumnya. oleh karena itu,kita sebagai guru harus kreatif dan menciptakan suasana yang senang ketika pelajaran matematika berlangsung di siang hari. misalnya kita menggunakan alat peraga dan tidak hanya menggunakan metode ceramah saja.

  9. Nama : Ridwany Dwi Syah Putri
    NIM : 856078482
    Prodi : UPBJJ Batam
    Berdasarkan video tersebut, Video yang menggambarkan situasi di mana siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika di siang hari, sementara guru menjelaskan menggunakan poster gambar, menyoroti beberapa hal penting. Salah satunya adalah tantangan mengajar di waktu siang ketika energi siswa mulai menurun dan fokus mereka berkurang. Penggunaan alat bantu visual seperti poster sebenarnya merupakan strategi yang baik untuk memfasilitasi pemahaman, tetapi efektivitasnya bergantung pada bagaimana guru mempresentasikan materi dan bagaimana suasana kelas dikelola. Guru bisa mempertimbangkan teknik lain, seperti melibatkan siswa dalam diskusi interaktif atau memberikan contoh-contoh praktis yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ini bisa membantu menarik perhatian mereka dan membuat pembelajaran lebih relevan, bahkan di waktu yang lebih sulit seperti siang hari. Selain itu, memperhatikan durasi pelajaran atau memberikan jeda singkat untuk aktivitas fisik juga bisa meningkatkan konsentrasi siswa.

  10. Nama : Ridwany Dwi Syah Putri
    Nim. : 856078482
    UPBJJ : Batam
    Menurut saya berdasarkan video tersebut , Video yang menggambarkan situasi di mana siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika di siang hari, sementara guru menjelaskan menggunakan poster gambar, menyoroti beberapa hal penting. Salah satunya adalah tantangan mengajar di waktu siang ketika energi siswa mulai menurun dan fokus mereka berkurang. Penggunaan alat bantu visual seperti poster sebenarnya merupakan strategi yang baik untuk memfasilitasi pemahaman, tetapi efektivitasnya bergantung pada bagaimana guru mempresentasikan materi dan bagaimana suasana kelas dikelola.
    Guru bisa mempertimbangkan teknik lain, seperti melibatkan siswa dalam diskusi interaktif atau memberikan contoh-contoh praktis yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ini bisa membantu menarik perhatian mereka dan membuat pembelajaran lebih relevan, bahkan di waktu yang lebih sulit seperti siang hari. Selain itu, memperhatikan durasi pelajaran atau memberikan jeda singkat untuk aktivitas fisik juga bisa meningkatkan konsentrasi siswa.

Leave a Reply