silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Aulia Vanny Darwan
Nim :856363168
Setelah melihat video tadi dapat saya simpulkan,anak tidak tertarik belajar matematika karena mereka sebelumnya tidak diberi tahu gunanya belajar matematika,murid hanya terpaku dengan pelajaran dimana pelajaran matematika butuh konsentrasi tinggi.
Cara mengatasi supaya anak menyukai pelajaran matematika dengan menjelaskan manfaatnya,salah satunya mendatangkan narasumber insinyur untuk menjelaskan perlunya belajar matematika dan memberikan siswa motivasi untuk menyenangi pelajaran matematika
Nama: Enung Setiawati
Nim: 857401377
Prodi: PGSD
Agar siswa tertarik dengan pelajaran matematika salah satunya dengan cara menggunakan alat peraga contohnya buah jika tema nya adalah pembagian,,dana memberi semangat dulu kepada anak² dengan cara menjelaskan bahwa ilmu matematika itu sangat berguna ketika kita sudah dewasa dan bisa membantu tercapainya cita²
Nama : Bambang Dwi Hermanto
NIM : 820306316
Salah satu penyebab anak tidak menyukai matematika adalah karena banyak orang tua menceritakan kepada anak betapa bencinya atau trauma mereka pada pelajaran matematika di sekolah, hal ini sebaiknya tidak dilakukan, karena ini bisa menular ke anak. Solusinya adalah kita bantu anak meningkatkan kesukaan terhadap matematika dengan menunjukkan bahwa orang tua percaya diri ketika menyelesaikan tugas-tugas rutin sehari-hari seperti menghitung uang dan memperkirakan biaya pembelian. Perubahan kecil cara orang tua berbicara tentang matematika dapat membuat anak tertarik akan matamatika.