silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
A.Berdasarkan video diatas banyak masalah yang ditemukan yaitu
1. Anak tidak tertarik dengan pelajaran MTK karena dianggap sulit
2. Anak tidak tertarik dengan cara guru mengajar yang biasa saja,hanga berpedoman pada buku
3. Anak ramai sendiri karena belajar berhitung membuat bosan
B.strategi yang bisa digunakan guru dalam pemecahan masalah adalah
1. Diawal pembelajaran guru harus membuat umpan supaya anak semangat dalam belajar.seperti bernyanyi atau tepuk-tepuk supaya anak rileks dan tidak takut saat belajar
2. Guru harus menyiapkan media pembelajaran yang menarik seperti media gambar agar membuat anak tertarik untuk mempelajarinya
3. Dalam berhitung guru bisa mengajak anak dengan bermain sambil belajar supaya anak senang dan tidak bosan
C. Mendatangkan narasumber bisa membuat anak belajar hal yang baru sehingga anak tertarik untuk mencoba dan menambah ilmu pengetahuan juga
Nama : mujur Kristiani Gulo
Nim : 855992472
Pokjar : Mandrehe
Program : PGSD
Semester : 8
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut kenapa siswa tidak menyukai pembelajaran matematika. di karenakan guru tidak mempunyai kemampuan untuk membuat siswa menarik perhatian dalam melakukan pembelajaran tersebut karena tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar.
Dengan menggunakan media pembelajaran siswa lebih mudah memahami pelajaran yang di berikan oleh guru. Guru juga harus lebih aktif dalam memberikan semangat kepada siswanya jangan hanya dengan metode ceramah itu akan membuat siswa bosan dalam mengikuti proses belajar.
Nama : Cindi Priya Br Sembiring
Nim : 856027454
Prodi : PGSD
Semester : 6A.2
Kelompok : 4
Menurut analisis saya terkait video yang membahas siswa tidak menyukai pembelajaran matematika
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dari yang saya lihat reaksi siswa pada awal pembelajaran kurang sopan pada guru yang mengajar dan tidak tertib terbukti dengan ketika guru meminta siswa mengambil buku para siswa bersorak tidak senang dan saling berbicara ribut dengan teman sebangkunya. Tetapi pada saat guru memberi kabar akan datang seorang insinyur para siswa bereaksi antusias dan bersemangat. Setelah mendapat arahan dan berbincang-bincang dengan insinyur para siswa menjadi jauh lebih semangat serta lebih aktif ketika guru memintanya untuk membuat bangun ruang.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru tersebut ialah guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti menyapa siswa, berdoa, mengecek kehadiran ataupun menanyakan kesiapan siswa-siswinya, pada awal pembelajaran guru juga tidak melakukan motivasi terlebih dahulu sehingga siswa hal ini menurut saya, dapat membuat peserta didik semakin malas belajar matematika, guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa, sang guru langsung meminta peserta didiknya membuka buku sehingga membuat peserta didiknya bersorak tidak semangat dan tidak tertarik untuk mempelajari matematika.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran?
Kelebihan guru tersebut ialah dengan mendatangkan narasumber seorang insinyur sehingga siswa lebih tertib, semangat dan jauh lebih tertarik dengan belajar matematika, dengan mendatangkan narasumber. beberapa siswa menjadi tertarik akan profesi narasumber tersebut sehingga para siswa bercita-cita menjadi insinyur dan menjadi tertarik dan menyukai pelajaran matematika.
4. Hal -hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut analisis saya hal unik yang dilakukan guru ialah dengan mendatangkan seorang narasumber, sepengetahuan saya jarang seorang guru matematika SD memakai cara tersebut untuk memotivasi siswa agar lebih semangat belajar matematika. Dan hal lainnya ketika guru menerangkan tangan sang guru juga bergerak.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati dari tayangan video, upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? .l
Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ialah guru sebaiknya melakukan kegiatan pembukaan di awal pembelajaran untuk meningkatkan semangat siswa, pembukaan awal pembelajaran yang dapat guru lakukan seperti menceritakan kaitan atau manfaat matematika dengan kehidupan sehari-hari. Guru dapat menjelaskan gambar bangun-bangun ruang pada siswa menggunakan alat peraga, jika siswa mulai kehilangan semangat atau ketertarikannya dalam belajar matematika guru dapat menceritakan profesi-profesi lainnya yang berhubungan dengan matematika, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran sambil bermain kuis pada siswa terkait mata pelajaran bangun ruang tersebut sehingga siswa menjadi lebih aktif dan tidak bosan dengan hanya menggunakan metode ceramah, dan guru dapat meminta siswa kerja kelompok untuk membuat serta membahas materi matematika tersebut.
Nama : Cindi Priya Br Sembiring
Nim : 856027454
Prodi : PGSD
Semester : 6A.2
Kelompok : 4
Menurut analisis saya terkait video yang membahas siswa tidak menyukai pembelajaran matematika
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dari yang saya lihat reaksi siswa pada awal pembelajaran kurang sopan pada guru yang mengajar dan tidak tertib terbukti dengan ketika guru meminta siswa mengambil buku para siswa bersorak tidak senang dan saling berbicara ribut dengan teman sebangkunya. Tetapi pada saat guru memberi kabar akan datang seorang insinyur para siswa bereaksi antusias dan bersemangat. Setelah mendapat arahan dan berbincang-bincang dengan insinyur para siswa menjadi jauh lebih semangat serta lebih aktif ketika guru memintanya untuk membuat bangun ruang.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru tersebut ialah guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti menyapa siswa, berdoa, mengecek kehadiran ataupun menanyakan kesiapan siswa-siswinya, pada awal pembelajaran guru juga tidak melakukan motivasi terlebih dahulu sehingga siswa hal ini menurut saya, dapat membuat peserta didik semakin malas belajar matematika, guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa, sang guru langsung meminta peserta didiknya membuka buku sehingga membuat peserta didiknya bersorak tidak semangat dan tidak tertarik untuk mempelajari matematika.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran?
Kelebihan guru tersebut ialah dengan mendatangkan narasumber seorang insinyur sehingga siswa lebih tertib, semangat dan jauh lebih tertarik dengan belajar matematika, dengan mendatangkan narasumber. beberapa siswa menjadi tertarik akan profesi narasumber tersebut sehingga para siswa bercita-cita menjadi insinyur dan menjadi tertarik dan menyukai pelajaran matematika.
4. Hal -hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut analisis saya hal unik yang dilakukan guru ialah dengan mendatangkan seorang narasumber, sepengetahuan saya jarang seorang guru matematika SD memakai cara tersebut untuk memotivasi siswa agar lebih semangat belajar matematika.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati dari tayangan video, upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? .l
Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ialah guru sebaiknya melakukan kegiatan pembukaan di awal pembelajaran untuk meningkatkan semangat siswa, pembukaan awal pembelajaran yang dapat guru lakukan seperti menceritakan kaitan atau manfaat matematika dengan kehidupan sehari-hari. Guru dapat menjelaskan gambar bangun-bangun ruang pada siswa menggunakan alat peraga, jika siswa mulai kehilangan semangat atau ketertarikannya dalam belajar matematika guru dapat menceritakan profesi-profesi lainnya yang berhubungan dengan matematika, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran sambil bermain kuis pada siswa terkait mata pelajaran bangun ruang tersebut sehingga siswa menjadi lebih aktif dan tidak bosan dengan hanya menggunakan metode ceramah, dan guru dapat meminta siswa kerja kelompok untuk membuat serta membahas materi matematika tersebut.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Laila Adnin Zebua
Nim : 856038457
Program Studi : PGSD
Semester : 6
menurut pendapat saya, tentang tayangan video di atas terlihat dari awal guru memulai memberikan pelajaran, mereka tidak semangat dan ribut di kelas seolah-olah pelajaran matematika itu tidak seru dan tidak penting. secara keseluruhan itu terletak dari bagaimana sikap guru mendapatkan perhatian siswanya, dari video tersebut guru langsung memberikan pelajaran. hal tersebut membuat mereka tidak semangat belajar setidaknya sebelum memulai pelajaran bisa dilakukan ice breaking terlebih dahulu agar mereka semangat atau bernyanyi sambil belajar dan bisa juga menggunakan alat-alat untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran tersebut.
dari video tersebut guru mengundang nara sumber itu sudah bagus dan guna untuk siswa bisa luas pemikirannya,dapat termotivasi oleh narasumber tersebut sehingga mereka bersungguh-sungguh dan merasa bahwa pelajaran matematika itu penting.
demikian pendapat saya
terimaksih
wassalamu’alaikum wr.wb
nama : wulandari
nim: 856027447
semester : 6
1. Reaksi yang terjadi adalah Masing-masing siswa tidak menyukai ataupun tidak tertarik terhadap mata pelajaran mate-matika pada saat itu, terlihat siswa-siswa didalam kelas saling bersorak riuh saat sang guru memberitau mata pelajaran yang akan di bawakan pada saat itu
2. Kelemahan guru dalam vidio tersebut yaitu.Guru tersebut memulai pelajaran didalam kelas tidak di awali dengan pembuka seperti berdoa, icebeking, atau pun menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran yang akan di bawakan pada saat itu, serta guru tersebut kurang ber inovasi dengan alat peraga yang membuat masing-masing siswa tersebut tertarik pada mata pelajaran yang akan di pelajari.
3. Kelebihan yang di miliki guru dalam vidio tersebut yaitu guru tersebut tetap sabar Walaupun siswa didalam kelas terlihat tidak tertarik bahkan riuh untuk belajar, namun sang guru tersebut tetap mencari akal dengan cara bagai mana siswa dapat tertarik untuk mempelajari pelajaran yang terkait pada saat itu, salah satunya guru tersebut mendatangkan seorang insinyur sebagai salah satu alat pemicu semangat belajar siswa.
Masing -masing siswa antusias mendengarkan motivasi dari seorang insinyur tersebut bahkan ada yang ikut serta mengeluarkan suara untuk bertanya kepada insinyur tersebut.
Itu adalah salah satu hal yang menurut saya unik di karenakan guru tersebut melibatkan profesi yang dimana profesi tersebut diharuskan untuk menekuni pembelajaran matematika agar profesi tersebut berjalan dengan baik.
4. Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu ,Seharusnya guru membuka kelas dengan kreatif dan semangat , serta senantiasa membuat bahan peraga terkait materi yang akan di sampaikan agar setiap siswa tidak merasa jenuh dengan pelajaran yang akan mereka pelajari, dengan dengan membuka kelas dengan kreatif dan semangat, hal itu dapat menghilangkan rasa jenuh dan setres siswa untuk memulai pelajaran. Dan dengan menggunakan metode display realia yang dimana guru memberikan contoh dengan benda nyata dang dapat dilihat sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami, ataupun untuk menilai tingkat pemahaman siswa guru dapat membuat metode pembelajaran pemecahan masalah yang dapat di kerjakan per individu maupun secara berkelompok.
Dengan begitu daya Tarik untuk melakukan materi pembelajaran matematika terlihat menarik dan mengasikan bagi siswa dan guru.
Nama : wulandari
Nim : 856027447
semester : 6
1. Reaksi yang terjadi adalah Masing-masing siswa tidak menyukai ataupun tidak tertarik terhadap mata pelajaran mate-matika pada saat itu, terlihat siswa-siswa didalam kelas saling bersorak riuh saat sang guru memberitau mata pelajaran yang akan di bawakan pada saat itu
2. Kelemahan guru dalam vidio tersebut yaitu.Guru tersebut memulai pelajaran didalam kelas tidak di awali dengan pembuka seperti berdoa, icebeking, atau pun menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran yang akan di bawakan pada saat itu, serta guru tersebut kurang ber inovasi dengan alat peraga yang membuat masing-masing siswa tersebut tertarik pada mata pelajaran yang akan di pelajari.
3. Kelebihan yang di miliki guru dalam vidio tersebut yaitu guru tersebut tetap sabar Walaupun siswa didalam kelas terlihat tidak tertarik bahkan riuh untuk belajar, namun sang guru tersebut tetap mencari akal dengan cara bagai mana siswa dapat tertarik untuk mempelajari pelajaran yang terkait pada saat itu, salah satunya guru tersebut mendatangkan seorang insinyur sebagai salah satu alat pemicu semangat belajar siswa.
Masing -masing siswa antusias mendengarkan motivasi dari seorang insinyur tersebut bahkan ada yang ikut serta mengeluarkan suara untuk bertanya kepada insinyur tersebut.
Itu adalah salah satu hal yang menurut saya unik di karenakan guru tersebut melibatkan profesi yang dimana profesi tersebut diharuskan untuk menekuni pembelajaran matematika agar profesi tersebut berjalan dengan baik.
4. Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu ,Seharusnya guru membuka kelas dengan kreatif dan semangat , serta senantiasa membuat bahan peraga terkait materi yang akan di sampaikan agar setiap siswa tidak merasa jenuh dengan pelajaran yang akan mereka pelajari, dengan dengan membuka kelas dengan kreatif dan semangat, hal itu dapat menghilangkan rasa jenuh dan setres siswa untuk memulai pelajaran. Dan dengan menggunakan metode display realia yang dimana guru memberikan contoh dengan benda nyata dang dapat dilihat sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami, ataupun untuk menilai tingkat pemahaman siswa guru dapat membuat metode pembelajaran pemecahan masalah yang dapat di kerjakan per individu maupun secara berkelompok.
Dengan begitu daya Tarik untuk melakukan materi pembelajaran matematika terlihat menarik dan mengasikan bagi siswa dan guru.
A. Berdasarkan video diatas banyak masalah yang ditemukan yaitu:
1. Anak tidak tertarik dengan pelajaran MTK karena dianggap sulit
2. Anak tidak tertarik dengan cara guru mengajar yang biasa saja, hanya berpedoman pada buku
3. Anak ramai sendiri karena belajar berhitung membuat bosan
B. Strategi yang bisa digunakan guru dalam pemecahan masalah adalah:
1. Diawali pembelajaran guru harus membuat umpan supaya anak semangat dalam belajar. Seperti bernyanyi atau tepuk-tepuk supaya anak rileks dan tidak takut saat belajar
2. Guru harus menyiapkan media pembelajaran yang menarik seperti media gambar agar membuat anak tertarik untuk mempelajarinya
3. Dalam berhitung guru bisa mengajak anak dengan bermain sambil belajar supaya anak senang dan tidak bosan
C. Mendatangkan narasumber bisa membuat anak belajar hal yang baru sehingga anak tertarik untuk mencoba dan menambah ilmu serta wawasan
Nama : erma rahmawati
Nim : 18.01.03.031
Program studi : SI PGSD
1.reaksi siwa terhadap pembelajaran matematika adalah penolakan hal ini di tandai dengan sorokan dari siswa
2. kelemahan guru
a.kurangnya kreatifitas dari guru dalam pembelajaran matematika
b.di perlukan orang dalam membantu pembelajaran
c.kurangnya media pembelajaran dan faktor pendukung pembelajaran lainya
c.tidak membangun rasa ingin tahu siswa
3.kelebihan guru
a.membawah contoh keberhasilan dari pembelajaran matematika
4. hal unik dalam pembelajaran
siswa yang melakukan penolakan ketika mendegar pembelajaran matematika
5. upaya yang bisa dilakukan
a.guru harus bisa sekereatif mungkin membangun rasa ingin tahu siswa akan pembelajaran matematika
b.guru bisa menganti suasana kelas,misalnya pembelajaran di luar kelas
c. jika ingin memberikan contoh keberhasilan seseorang akan ilmu matematika guru bisa memperlihatkan di media pembelajaran
NAMA : PANGESTIA NOVI TRI DEWI
NIM : 857751805
POKJAR : SALUT CEMPAKA PATI
MATA KULIAH : PDGK4501 PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
SEMESTER 2
JURUSAN : PGSD BI
Dari video diatas yang berjudul Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika, terdapat masalah yang ditemukan yakni:
1. Sebagian siswa menganggap pelajaran matematika itu menyusahkan.
2. Terdapat siswa menganggap pelajaran matematika itu tidak penting.
3. Kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika
Kemudian mendapatkan hasil penyelesaian masalah dengan cara:
1. Mendatangkan narasumber dari berbagai profesi
2. Memberikan contoh nyata profesi yang membutuhkan ilmu matematika.