silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Siti Nurhaliza
NIM : 856254595
Program Studi : PGSD BI
Setelah saya melihat vidio pembelajaran di atas tampak jelas sekali ketika bapak guru mengatakan akan belajar matematika anak-anak langsung memelas karena tidak menyukai pelajaran matematika. Hal tersebut tentu mengakibatkan situasi kelas menjadi gaduh. Dividio juga tampak anak-anak tidak fokus ketika belajar karena malas mengikuti pelajaran matematika tersebut. Bapak guru yang mengajar juga tampak tidak menguasai kelas. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk menarik perhatian anak-anak. Setelah guru menyadari akan situasi kelasnya dan menemukan cara mengatasinya dengan cara mendatangkan narasumber yang dapat menumbuhkan semangat dan motivasi belajar matematika maka anak-anak menyadari bahwa pelajaran matematika sangat bermanfaat dan mulai termotivasi dan siap belajar Matematika.
Nama: MOHD.FAISAL
NIM : 819276797
PROGRAM STUDI : S1.PGSD
Setelah menonton video di atas,dapat dilihat bahwa siswa tidak berminat untuk belajar matematika.hal ini disebabkan karna guru pada saat mengajar tidak bisa menciptakan daya tarik atau siswa terhadap palajaran yang akan disampaikan.selain itu pada awal pembelajaran guru tidak membukanya dengan hal yang dapat menarik perhatian siswa dengan menyanyi misalnya.
Tapi dari sisi lain untung saja guru ini bisa mendatang narasumber yang bisa menjelaskan bagaimana manfaat matematika yang kita pelajari.sehingga siswa menjadi fokus memdengarkan nya.
Nama : Tri Nurmawati
Nim : 856482531
Prodi: PGSD Sem 2
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, siswa mengeluh untuk belajar matematika. Karna mereka beranggapan matematika itu pelajaran yang sulit. Setelah adanya alat peraga, baru mereka semangat untuk belajar. Jadi kita sebagai guru, buatlah matematika itu menyenangkan bagi siswa kita, apabila mereka paham dengan konsep dasar matematikanya, pasti mereka bilang matematika itu mudah. Mereka yang beranggapan sulit itu, karna mereka belum paham konsep dasar matematikanya. Dan gunakanlah alat peraga atau media yang cocok pada materi yang kita ajarkan.
Nama : Nurrahmi Ma kalian
NIM : 838359956
Video pembelajaran diatas memberikan kita pelajaran bahwa dengan menghadirkan narasumber untuk membangkitkan semangat belajar siswa tidak lah cukup. Dan tidak sesuai dengan pembelajaran di tingkat SD kita harus menggunakan metode pembelajaran lain yang lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan agar siswa betah belajar dengan kita sebagai guru kelasnya, karena sebagai guru kitalah yang seharusnya mengupayakan keberhasilan pembejaran di kelas. Coba bayangkan saat narasumber itu pergi pasti kelas kembali gaduh. . Masalah dalam video ini jelas karena guru hanya menggunakan metode ceramah dlm pembelajaran, saat memasuki kelas pun beliau tidak menyapa siswa dgn salam, tidak pula melakukan penjajakan terhadap siswa berkaitan dgn materi yg akan dibawakannya untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi, juga beliau tidak menggunakan alat peraga atau media pembelajaran. Solusinya ialah mengganti metode pembelajaran. Misalnya dgn menggunaka model pembelajaran Problem bassed learning. Terima kasih… Salam sehat selalu
Nama : Nurrahmi Makapia
NIM : 838359956
Video pembelajaran diatas memberikan kita pelajaran bahwa dengan menghadirkan narasumber untuk membangkitkan semangat belajar siswa tidak lah cukup. Dan tidak sesuai dengan pembelajaran di tingkat SD kita harus menggunakan metode pembelajaran lain yang lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan agar siswa betah belajar dengan kita sebagai guru kelasnya, karena sebagai guru kitalah yang seharusnya mengupayakan keberhasilan pembejaran di kelas. Coba bayangkan saat narasumber itu pergi pasti kelas kembali gaduh. . Masalah dalam video ini jelas karena guru hanya menggunakan metode ceramah dlm pembelajaran, saat memasuki kelas pun beliau tidak menyapa siswa dgn salam, tidak pula melakukan penjajakan terhadap siswa berkaitan dgn materi yg akan dibawakannya untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi, juga beliau tidak menggunakan alat peraga atau media pembelajaran. Solusinya ialah mengganti metode pembelajaran. Misalnya dgn menggunaka model pembelajaran Problem bassed learning. Terima kasih… Salam sehat selalu
Nama : Intan Purnamasari
NIM : 858055459
Prodi : S-1 PGSD
Kesan pertama di awal video siswa tidak menyukai pelajaran matematika dikarenakan guru tidak menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik yaitu kondisi belajar dapat dipengaruhi oleh sikap guru didepan kelas. guru harus memperlihatkan sikap yang menyenangkan supaya siswa tidak merasa tegang atau tidak senang dalam mengikuti pelajaran matematika seperti pada video tersebut. kekurangan pada pembelajaran di video tersebut juga tampak guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa tidak senang dan malas mengikuti kegiatan pelajaran, guru juga tidak membangkitkan motivasi dan perhatian siswa pada tahap awal kegiatan pembelajaran. berbeda setelah menghadirkan seorang arsitek dalam kelas hal ini menambah motivasi siswa untuk mempelajari matematika. arsitek sangat tepat dijadikan contoh atau motivasi siswa untuk menyukai matematika karena arsitek membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang dan ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan. hal ini bisa menjadi motivasi siswa untuk senang mengikuti pembelajaran matematika.
Nim. 856483042
Prodi. PGSD BI
Menurut saya bukan hanya dari video si atas di kenyataan di tempat yang lain pun sama kebanyakan anak-anak memang kurang menyukai matematika, karena mereka berpikiran bahwa itu sulit dan membosankan. Sebagai guru sudah seharusnya mencari alternatif agar anak-anak yang didik dari yang awalnya tidak menyukai matematika menjadi menyukai matematika. Dan refleksi yang dilakukan pada video tersebut termasuk menarik karena mengundang seorang narasumber yang sangat diminati oleh anak-anak sehingga mereka merasa tersemangati.
Nama : Siti Aminah
NIM : 857563554
Prodi : PGSD
Setelah saya melihat tayangan video pembelajaran di atas,saya melihat banyaknya siswa di dalam kelas dan kurangnya penguasaan kelas oleh guru membuat kelas sangat gaduh.Untuk menarik perhatian siswa saat pembelajaran matematika yaitu dengan menggunakan media pembelajaran.Selain untuk menarik perhatian dan semangat siswa media pembelajaran juga akan sangat membantu siswa untuk mudah memahami materi yang disampaikan. Namun, guru mulai menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi dapat menumbuhkan semangat dan motivasi belajar matematika,maka anak-anak menyadari bahwa pelajaran matematika sangat bermanfaat dan mulai termotivasi dalam mengikuti pembelajaean dikelas
Nama : Novia Sari
NIM :858305278
PRODI : PGSD
Setelah menonton video di atas,dapat dilihat bahwa siswa tidak berminat untuk belajar matematika.hal ini disebabkan karna guru pada saat mengajar sangat monoton .selain itu pada awal pembelajaran guru tidak membuka pembelajaran dengan hal-hal yang menarik, selain itu siswa kelas 1 cenderung masih berada pada fase anak usia dini, sebaiknya pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan metode atau media yang menarik
Nama : Nurutul Lutfia
Nim : 858808905
Program Studi : S1 PGSD
Dari video tersebut menurut saya ada kekurangan dari bapak guru tersebut yaitu mengajar dengan terlalu kaku sehingga para siswanya kurang bersemangat untuk belajar. Apalagi untuk pembelajaran matematika sebagai seorang guru kita harus interaktif dan inovatif sehingga siswa tidak merasa bosan. namun guru tersebut juga sudah mencari cara agar siswanya tertarik dengan pembelajaran matematika, yaitu dengan mendatangkan seorang insinyur yang terkenal agar memberikan semangat untuk para siswanya. Menurut saya sebaiknya bapak guru tersebut membuat alat peraga yang bisa digunakan untuk siswanya, agar siswanya lebih tertarik dalam pembelajaran matematika.