silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. Nama : Istiqomah
    NIM: 856807639
    Pokjar: Curup
    Program studi: S1 PGSD

    Setelah saya menyimak video di atas guru terlihat tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada saat awal membuka pelajaran, tidak meminta anak untuk berdoa terlebih dahulu, siswa terlihat tidak tertarik dengan pembelajaran matematika tersebut. Seorang guru tersebut juga terlihat kurang menguasai dalam pengelolaan kelas sehingga siswa tampak ribut sendiri dan sibuk sendiri dan ribut serta media pembelajaran yang digunakan juga kurang menarik sehingga siswa kurang mempunyai minat terhadap pembelajaran matematika. Kemudian guru mengundang insinyur sebagai contoh pekerjaan dalam bidang arsitek yang di mana pekerjaan tersebut berhubungan dengan matematika dengan adanya hal tersebut secara tidak langsung guru sudah memotivasi dan mengajak siswa supaya giat belajar terutama belajar matematika karena pembelajaran matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.
    Terimakasih

  2. Nama : Risma Monica
    NIM. : 858416205
    Program Studi : S1 PGSD

    Berdasarkan video diatas, Menurut saya, saya menemukan bahwa reaksi siswa kurang memiliki minat dan tidak suka dengan pelajaran matematika. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi gaduh dan tidak fokus didalam kelas karena efek dari rasa malas mereka terhadap pelajaran matematika. Guru didalam video tersebut juga nampak kurang menguasai kelas saat kondisi kelas gaduh. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika. Namun, guru mulai menemukan cara menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat dan mengetahui bahwa matematika sangat bermanfaat. Sehingga siswa mulai memiliki semangat dan siap untuk belajar matematika.

  3. Nama : Panji Ibnu Sina
    NIM : 857733649

    Setelah melihat dan mempelajari video yang berjudul “Siswa tidak menyukai matematika” Memang benar aktualisasi pembelajaran matematika yang dianggap oleh siswa sebagai pelajaran yang sulit, pelajaran yang membosankan karena berakitan dengan angka angka yang menuntut jawaban tepat dan presisi. Namun adanya video tersebut membuka cakrawala baru sebagai guru bahwasanya guru perlu membuat sebuah metode untuk menghilangkan stigma anak yang beranggapan bahwa matematika sulit dan membosankan. Berdasarkan video tersebut diuraikan bahwasanya ada sebuat tips untuk memancing minat anak agar menyukai dengan pelajaran matematika.

  4. Menurut saya, di video itu identifikasi masalahnya adalah di awal mula pembelajaran saja reaksi siswa sudah menunjukkan kurang ada minat dan tidak suka dengan pelajaran matematika. Dan itu salah satu yang menyebabkan keadaan siswa di kelas menjadi dan tidak kondusif. Guru didalam video tersebut juga nampak kurang begitu menguasai cara menangani kelas saat kondisi kelas gaduh seperti itu. Seharusnya ada inisiatif melakukan ice breaking.
    Namun,disini guru mulai berupaya menemukan cara menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat dan mengetahui bahwa matematika sangat bermanfaat. Sehingga siswa mulai memiliki semangat dan siap untuk belajar matematika.

  5. Nama : Sa’adah Nisa’un Afiyah
    NIM : 857116625
    Prodi : PGSD S1 semester 6

    Setelah melihat video tersebut, Menurut saya Pak Guru sudah menyampaikan dengan baik, namun sayangnya siswa kurang tertarik dan kurang fokus dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu menurut pendapat saya, agar membuat siswa tertarik Bapak guru bisa menggunakan alat peraga atau video pembelajaran yang berkaitan dengan matematika yang mungkin bisa meningkatkan semangat siswa dalam belajar.

    Terima kasih

  6. nama : Chitra Dewi Sundari
    nim : 856946747

    setelah menonton vidio tersebut, cara menyampaikan materi sudah baik hanya saja pak guru terlihat begitu kaku jadi kurang menarik perhatian siswa. mungkin pak guru bisa menggunakan alat peraga atau dengan belajar sambil bermain. pada saat pak guru mengundang narasumber lain, secara tidak langsung siswa akan penasaran dengan narasumber dan memperhatikan apa yang sedang dijelaskan oleh narasumber, diharapkan dapat memotifasi siswa untuk giat belajar serta meningkatkan semangat siswa dalam pembelajaran matematika yang terkesan sulit dan membosankan.

  7. Fitri Zuhri Wahdini
    857156937
    PGSD UPBJJ-UT JAKARTA

    Setelah menyaksikan video diatas, ada hal yang bisa saya simpulkan :
    1. Guru tidak melakukan tahapan pembelajaran,
    2. Guru tidak membuat siswa tertarik dengan apa yang akan disampaikan guru karena siswa sudah punya mindset matematika adalah pembelajaran yang tidak menyenangkan
    3. Guru mencari solusi dengan mendatangkan insinyur/arsitek namun cara penyampaian arsitek tersebut kurang membuat anak-anak tertarik pada awalnya
    4. Setelah memberikan beberapa gambar anak-anak mulai tertarik dengan menanyakan beberapa hal sehingga membangkitkan minat anak pada pelajaran matematika

  8. Laellia Hening Kharisma
    857606599
    S1 PGSD BI

    Setelah melihat video pembelajaran ini dapat di simpulkan bahwa ketika kita melihat kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika, karena sudah tidak suka maka ketika sedang pembelajaran siswa menjadi tidak perhatian dan tidak fokus. Pada video ini, salah satu metode yang di gunakan adalah mengundang tamu atau pakar dari luar sehingga anak menjadi termotivasi, jadi tidak selalu harus guru kelas yang melakukan action. Guru juga dapat menggunakan berbagai media pembelajaean yang menarik, seperi simulasi, peraga, alat konkret sehingga siswa menjadi tertarik dan senang belajar matematika.

  9. Nama : Zuliana Azzahra
    Nim : 857208302
    Prodi : PGSD

    Setelah melihat tayangan video tersebut, menurut saya cara penyampaiannya Pak guru sudah baik namun siswa kurang fokus dan kurang memperhatikan pelajaran. dalam video tersebut Pak guru juga nampak kurang menguasai kelas saat kondisi kelas gaduh. Mungkin Pak guru bisa menggunakan alat peraga atau video pembelajaran agar proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa.
    Pada saat Pak Guru mengundang narasumber lain, secara tidak langsung siswa akan penasaran dengan narasumber dan memperhatikan apa yang narasumber jelaskan, hal ini diharapkan dapat memotivasi siswa sehingga siswa memiliki semangat dan siap untuk belajar Matematika yang terkesan sulit dan membosankan.
    Terima kasih

  10. Nama : Tiara Evita Rani
    NIM : 856984518
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Way Tuba

    Kelebihan : Jika dilihat dari video dengan mendatangkan narasumber yaitu arsitek dapat menarik perhatian siswa dengan apa ia sampaikan, hal itu dapat menarik minat dan motivasi siswa sehingga memungkinkan siswa untuk mulai semangat dalam mengikuti pelajaran matematika.

    Kekurangan : Jika dilihat pada video guru yang mengajar terlalu monoton dan kurang aktif serta tidak memanfaatkan media dalam pembelajaran sehingga siswa yang diajarkan pun menjadi tidak aktif dan juga kurang semangat dalam mengikuti pelajaran.

    Saran : Sebaiknya guru yang mengajar lebih aktif lebih aktif dan menggunakan media pembelajaran seperti video atau alat peraga nyata yang mampu menarik perhatian siswa.

Leave a Reply