silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Konka Dewi Lestari
NIM : 858907647
Prodi : S1-PGSD
Dari tayangan video, dapat terlihat bahwa reaksi siswa diawal pembelajaran tidak tertarik namun ketika guru mendatangkan narasumber, siswa mulai tertarik mengikuti pembelajaran.
Kelemahan guru dari tayangan video adalah tidak menarik perhatian siswa diawal pembelajaran dan membiarkan siswa sibuk sendiri.
Kelebihan guru adalah memberikan motivasi terhadap siswa dengan mendatangkan narasumber seorang arsitek sehingga siswa beranggapan bahwa belajar matematika itu penting.
Hal unik yang saya temukan adalah guru memperkenalkan narasumber sebagai salah satu wali murid supaya memiliki kesan dekat dengan anak.
Upaya yang mungkin bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah dengan menggunakan media/alat pembelajaran yang menarik bagi siswa, karena siswa terlihat tertarik ketika narasumber menunjukkan gambar bangunan yang beliau rancang.
nama : AHMAD KAMIL
NIM : 857101499
PRODI : S1 PGSD
POKJAR : SUKAKARYA/TAMBELANG
Dari video pembelajaran yang telah saya tonton tentang siswa tidak menyukai pelajaran Matematika, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran Matematika, yaitu :
1. Diawal pembelajaran guru tidak mengecek kesiapan belajar siswa, mengabsen, dan berdoa.
2. Guru tidak memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat lagi dalam belajar matematika
3. Dalam proses pembelajaran guru terlalu serius atau terlalu tegang saat menjelaskan materi.
4. Guru tidak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
5. Seharusnya dalam pembelajaran matematika seorang guru menggunakan alat media belajar yg dapat menarik minat belajar siswa
Nama : fally vebriyana ahmad
NIM : 857700672
Prodi : PGSD
setelah melihat video pembelajaran tersebut, menurut saya pada awal video pembelajaran siswa terlihat tidak antusias dalam mengikuti pelajaran matematika, hal itu yang membuat siswa menjadi tidak fokus, gaduh dalam kelas. namun setelah guru mendatangkan narasumber lain yang ahli di bidang matematika, terlihat siswa menjadi antusias, semangat, serta fokus pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan. untuk itu bentuk upaya perbaikan pembelajaran mata pelajaran matematika di sesi selanjutnya, guru perlu memiliki inovasi-inovasi pembelajaran yang menarik perhatian agar siswa semangat mempelajari matematika.
Nama : Wiwik Ayu Laili Nur
Nim : 858907955
Prodi : PGSD
Dari video pembelajaran di atas, guru sudah cukup baik dalam kegiatan pembelajaran dengan mendatangkan narasumber dari bidang yang selaras dengan matematika. Narasumber dapat memberikan motivasi agar siswa lebih semangat dalam belajar matematika. Sehingga siswa termotivasi akan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari Selanjutnya, agar siswa lebih tertarik dan mudah dalam memahami pelajaran matematika, guru dapat menggunakan media pembelajaran, misalnya seperti video atau media pembelajaran 3 dimensi.
Nama: Elvira Rosianah
Nim: 858733365
Prodi: PGSD
Setelah menonton tayangan video pembelajaran tersebut, saya menjadi tau solusi untuk alasan jika peserta didik tidak berminat dengan pelajaran matematika. Guru tersebut sudah baik dalam menyampaikan pembelajaran namun, mungkin dari banyak siswa kurang menyukai dengan pembelajaran tersebut mungkin dikarenakan pembelajaran terlihat monoton dan kurang menyenangkan. menurut saya guru dapat menyiapkan alat peraga atau media pembelajaran dalam menyampaikan pembelajarn pada suatu kelas. dan pada video tersebut guru sangat bagus untuk mencari solusi dalam suatu masalah yang dialami di dalam kelas yakni mendatangkan narasumber yang bisa menjadi motivator untuk peserta didik dalam menyukai pembelajaran matematika tersebut.
Pada vidio pembelajaran yang dilakukan guru dengan judul Siswa tidak menyukai pembelajaran matematika.
Yang guru lakukan pada saat membuka pembelajaran, guru tidak memotivasi siswa saat membuka pembelajaran, disitu sangat terlihat jika siswa tidak menyukai pembelajaran matematika. Guru langsung mempersilahkan siswa untuk menyiapkan alat tulisnya, sangat terlihat siswa yang langsung bersorak seakan siswa tidak menyukai pembelajaran tersebut. Guru langsung menuliskan materi matematika pada papan tulis tanpa mengkoordinir kelas terlebih dahulu agar kondusif.
Setelah melakukan refleksi, guru mendatangkan seorang insinyur untuk mengenalkan pembelajaran, agar anak lebih tertarik lagi saat mengikuti pelajaran, sangat terlihat siswa sangat antusias saat mengikuti pelajaran , tersebut.
Nama : Ida Kumalasari
NIM : 858711947
Prodi : PGSD
Pokjar : Surabaya
Assalamu’alaikum
Menanggapi video di atas, bahwasannya di awal pembelajaran siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika. Hal ini karena di awal pembelajaran, guru langsung kepada inti pembelajaran tanpa adanya apersepsi untuk menstimulus siswa tentang pelajaran hari ini atau yang akan diberikan. Guru kurang bervariasi dalam memberikan model pembelajaran. Sebenarnya guru bisa memberikan penjelasan lewat alat peraga, soal cerita yang disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pelajaran matematika. Tetapi usaha guru tersebut sudah bagus, karena dengan mendatangkan narasumber lain akan sedikit banyak menarik minat siswa untuk belajar matematika. Karena siswa perlu ditunjukkan bahwa matematika berkaitan erat dengan segala profesi bidang pekerjaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Dengan adanya narasumber yang baru, akan menciptakan suasana yang baru juga. Sehingga di kelas tidak terjadi kebosanan dan tidak ketertarikan pada suatu mata pelajaran.
nama : NURMA HETTY
nim : 857116743
pokjar : Kalideres
melihat tayangan video tersebut, menurut saya cara penyampaiannya Pak guru sudah baik namun terlalu kaku jadi kurang menarik perhatian siswanya. Mungkin Pak guru bisa menggunakan alat peraga atau video pembelajaran agar proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa.
Pada saat Pak Guru mengundang narasumber lain, secara tidak langsung siswa akan penasaran dengan narasumber dan memperhatikan apa yang narasumber jelaskan, hal ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk giat dalam belajar sera meningkatkan semangat siswa dalam memperlajari pelajaran Matematika yang terkesan sulit dan membosankan.menurut saya guru dapat menyiapkan alat peraga atau media pembelajaran dalam menyampaikan pembelajarn pada suatu kelas. dan pada video tersebut guru sangat bagus untuk mencari solusi dalam suatu masalah yang dialami di dalam kelas yakni mendatangkan narasumber yang bisa menjadi motivator untuk peserta didik dalam menyukai pembelajaran matematika tersebut.Upaya yang mungkin bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah dengan menggunakan media/alat pembelajaran yang menarik bagi siswa, karena siswa terlihat tertarik ketika narasumber menunjukkan gambar bangunan yang beliau rancang.
Nama : APRILIA SAFIRA
NIM : 858691433
Program : PGSD
UPBJJ UT : SURABAYA
Setelah melihat tayangan video tersebut, bisa saya menyimpulkan bahwa memang pelajaran matematika dimana mana memang kurang disukai oleh anak anak, karena memang pelajaran matematika yg memang agak rumit bagi anak anak, oleh karena itu kita sebagai guru harus selalu mempunyai inovasi inovasi bagaimana cara agar anak dapat terpacu motivnya atau ke triger untuk belajar matematika, seperti dengan contoh diatas dengan mendatangkan seorang insinyur, dengan begitu anak anak akan tahu jika anak tersebut pandai matematikanya, maka kelak akan menjadi insinyur juga. Ya seperti itulah kita sebagai guru harus pintar pintar mencari cara agar anak mau, mampu dan semangat untuk belajar matematika.
Terima Kasih
Nama: Arin Shifa Widdatul Ummah
NIM: 858734912
Program Studi: PGSD BI
Setelah mengamati video pembelajaran diatas, menurut saya masalah yang terlihat ialah para siswa kurang tertarik dengan pembelajaran matematika. Mungkin karena siswa merasa bosan, kesulitan dalam memahami rumus atau konsep matematika, atau lainnya. Pak guru tersebut sudah melakukan perbaikan pembelajaran yang baik. Pak guru melakukan refleksi, lalu mendatangkan narasumber agar pembelajaran dikelas lebih menarik, bertujuan untuk membangkitkan semangat siswa, sebagai motivator, dan meningkatkan minat belajar matematika. Metode pembelajaran lain yang dapat guru lakukan ialah dengan menggunakan alat peraga pembelajaran matematika yang sangat beragam, mengajak siswa melakukan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan matematika, seperti berdagang, mengamati benda di sekitar, dll. Apabila siswa semangat untuk belajar, ilmu akan mudah di pahami siswa.