silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

911 Comments

  1. nama : nur ilmi
    nim : 857079939
    Pokjar

    Dari video yang saya lihat di atas memang siswa banyak tidak menyukai pelajaran matematika karena pembelajaran tersebut dirancang kurang menarik oleh guru di samping itu juga pada saat memulai pembelajaran guru tidak mengecek kehadiran siswa, mengucapkan salam, tidak mengulang pembelajaran sebelumnya, tidak berdoa sebelum belajar dan pembelajaran yang diberikan tampak tidak menyenangkan dan monoton sehingga menyebabkan siswa malas untuk menyimak dan malas belajar.

  2. Nama : Anggraeni
    NIM : 857101428

    Tayangan video ini menggambarkan bahwa siswa tidak menyukai pelajaran matematika, dan cara mengatasi guru mendatangi seorang insinyur dan memperkenalkan diri, memberikan apresiasi dan semangat untuk menyukai pelajaran matematika dengan gambaran gedung yang besar, setelah itu guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat balok, kubus, dan lain-lain, semuanya sangat baik, akan tetapi lebih baik guru memberikan pelajaran matematika yang mudah dipahami dan pengertian siswa melalui teknik-teknik menarik sesuai kebutuhan siswanya.
    Kelemahan
    1. Kurangnya kreativitas guru dalam mengajar sehingga tidak mampu menarik perhatian siswa.
    2. Kurangnya media pembelajaran yang digunakan.
    3. Penjelasan guru yang monoton sehingga siswa merasa bosan.
    Kelebihan
    1. Sikap sabar guru dalam menghadapi situasi didalam kelas.
    2. Mendatangkan narasumber yang berhasil dalam belajar matematika, sehingga siswa menjadi tertarik dengan pembelajaran tersebut dan termotivasi untuk belajar lebih giat.

  3. Nama : Siti Hayatunupua
    NIM : 857201502
    Pokjar : Serang

    Dari tayangan video tersebut dapat di simpulkan, pada pembelajaran awal siswa terlihat malas mengikuti pelajran matematika. Guru merefleksi bahwa siswa kurang mempunyai motivasi untuk belajar matematika, sehingga guru berusaha bagaimana cara membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa. Salah satu solusinya yaitu dengan mendatangkan narasumber dari salah satu profesi yang erat kaitannya dengan matematika yaitu seorang arsitek. Setelah narasumber menceritakan tentang pengalaman dan menyampaikan pentingnya belajar matematika dalam kehidupan sehari-hari maka siswa mulai tertarik dan termotivasi dalam belajar matematika.
    Langkah yang ditempuh guru dalam memecahkan masalah di kelasnya terbilang efektif, hal ini bisa dilihat dari banyaknya respon positif dari sisiwa

  4. Nama:heni nur diana
    Nim:858170948
    Prodi:PGSD semester 2 kelas B
    1. Masalah yang dihadapi adalah banyak anak yang gaduh saat pelajaran dimulai karena media yang digunakan guru dalam mengajar masih kurang menarik
    2. Strategi yang bisa digunakan guru dalam pemecahan masalah adalah:
    a. Diawal pembelajaran guru harus
    membuat umpan supaya anak semangat dalam belajar. Seperti bernyanyi atau tepuk-tepuk supaya anak rileks dan tidak takut saat belajar
    b. Guru harus menyiapkan media penbelajaran yang menarik seperti media gambar agar membuat anak tertarik untuk mempelajarinya
    c. Dalam berhitung guru bisa mengajak anak dengan bermain sambil belajar supaya anak senang dan tidak bosan
    c. Mendatangkan narasumber bisa membuat anak belajar hal yang baru sehingga anak tertarik untuk mencoba dan menambah ilmu pengetahuan juga

  5. Nama : Jelita
    Nim : 837198162
    Priodi : pgsd s1

    Masalah yang dihadapi adalah banyak anak yang gaduh saat pelajaran dimulai karena media yang digunakan guru dalam mengajar masih kurang menarik
    2. Strategi yang bisa digunakan guru dalam pemecahan masalah adalah:
    a. Diawal pembelajaran guru harus
    membuat umpan supaya anak semangat dalam belajar. Seperti bernyanyi atau tepuk-tepuk supaya anak rileks dan tidak takut saat belajar
    b. Guru harus menyiapkan media penbelajaran yang menarik seperti media gambar agar membuat anak tertarik untuk mempelajarinya
    c. Dalam berhitung guru bisa mengajak anak dengan bermain sambil belajar supaya anak senang dan tidak bosan
    c. Mendatangkan narasumber bisa membuat anak belajar hal yang baru sehingga anak tertarik untuk mencoba dan menambah ilmu pengetahuan juga

  6. Setelah melihat vidio di atas. Menurut saya Guru tersebut kurang memberikan perhatian kepada siswa. Memotivasi siswa. Tapi setelah di datangkan narasumber dari salah satu profesi yang erat kaitannya dengan matematika. Tujuan tersebut yaitu untuk membangkitkan semangat siswa dalam pembelajaran matematika. Dari sini guru dapat lakukan yaitu menggunakan alat peraga, mengajak siswa melakukan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan pelajaran matematika.

  7. Alhamdulillah Setelah saya melihat video pembelajaran, siswa kurang minat dalam pelajaran Matematika. Hal tersebut menyebabkan siswa ribut dan tidak fokus di dalam kelas.Mungkin Pak guru bisa menggunakan alat peraga atau video pembelajaran agar proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa.

    Pada saat Pak Guru mengundang narasumber lain, secara tidak langsung siswa akan penasaran dengan narasumber dan memperhatikan apa yang narasumber jelaskan, hal ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk giat dalam belajar secara meningkatkan semangat siswa dalam memperlajari pelajaran Matematika yang terkesan sulit dan membosankan.
    Hal tersebut menyebabkan siswa ribut dan tidak fokus di dalam kelas. Karena sudah beranggapan Matematika itu sulit.

    Maka kebosanan siswa disebabkan Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Matematika.

    Nama: Subhal Khair
    Nim: 858168429
    Prodi: PGSD BI
    Dengan demikian Guru mulai menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat. Sehingga siswa mulai semangat dan siap untuk belajar Matematika

  8. Nama EKO MARIYADI
    Nim 837607643
    Pokjar Jenggawah
    UPBJJ JEMBER menurut saya vidio cara penyampaiannya Pak guru sudah baik namun terlalu kaku jadi kurang menarik perhatian siswanya. Mungkin Pak guru bisa menggunakan alat peraga atau video pembelajaran agar proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa.
    Pada saat Pak Guru mengundang narasumber lain, secara tidak langsung siswa akan penasaran dengan narasumber dan memperhatikan apa yang narasumber jelaskan, hal ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk giat dalam belajar sera meningkatkan semangat siswa dalam memperlajari pelajaran Matematika yang terkesan sulit dan membosankan.
    Perlu memberikan metode baru supaya kelas terlihat sangat kondusif

  9. Nama : Tri Agus Saputra
    Nim : 856982252
    Prodi : PGSD
    Pokjar : bumiratu nuban
    Dalam video tersebut peserta didik memang kebanyakan tidak menyukai mata pelajaran matematika yang dianggapnya sulit akan tetapi tidak semua, dalam video ini penyampaian materi sudah bagus akan tetapi menurut saya akan lebih bagus jika seorang guru tidak hanya memakai metode ceramah agar anak-anak tidak bosan, seharus nya guru lebih bisa memberikan inovasi-inovasi baru dalam penyampaian materi dan mungkin bisa juga menggunakan alat peraga agar anak lebih bisa cepat memahami apa yang disampaikan bapak guru.

  10. Nama : Satya Kismawati
    NIM : 857154886
    P.Studi : PGSD BI
    Kelas : 2A
    Semester 2023.1
    Setelah menyaksikan tayangan video pembelajaran matematika di atas menurut saya mengapa peserta didik pada awalnya tidak menyukai pelajaran Matematika karena biasanya pada guru memberikan metode pembelajaran yang membosankan seperti guru terlalu serius dalam menjelaskan materi, hal ini dapat membuat peserta didik menjadi jenuh.
    Dari video di atas dapat terlihat situasi keadaan di dalam kelas sangat tidak kondusif, guru kurang kreatif dan berinovatif, dan tidak di dukung dengan media pembelajaran sehingga peserta didik tidak tertarik dengan pelajaran matematika. Jadi seharusnya yang guru lakukan adalah memberikan materi yang beragam dan menarik, guru juga harus menjadi kreatif dan menyenangakan agar bisa membuat siswa menjadi nyaman dan suka dengan pelajaran Matematik.
    selain itu guru dapat memberikan pembelajaran matematika dengan metode yang membuat peserta didik merasa senang untuk belajar matematikan dapat juga diberikan stimulus atau membuat suasana kelas menjai lebih nyaman

Leave a Reply