silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : ST Faidah Quamilasari Arizki
NIM : 858172697
PRODI : PGSD-BI Semester 2
1. Masalah bagi anak kenapa tidak minat dengan pelajaran matematika karena kurang nya perhatian guru dalam pembelajaran untuk menarik siswanya agar menyukai matematika
2. Cara atau strategi apa yang dilakukan untuk menarik minat siswa dalam pembelajaran matematika:
A. Guru harus bisa menampilkan suatu metode yang dimana metode itu siswa bisa mengikutinya dengan mudah contoh misalnya metode jarimatika untuk perkalian . Metode jarimatika memudahkan siswa dalam memecahkan masalah perhitungan perkalian. Sehingga siswa tidak kesulitan dalam mengerjakannya.
B. Guru harus berpenampilan yang menarik , karena siswa jaman sekarang lebih realistis , siswa sekarang menyukai guru yang bersih, wangi dan murah senyum, agar matematika terlihat asyik dimata siswa.
Nama : Dwi Putri Idayana Masnur
Nim : 859752375
Pokjar : Unaaha
Prodi : PGSD S-1
Menurut saya dari video di atas bapak guru masih kaku dalam menyampaikan materinya dan belum terlalu menguasai keadaan di kelas.
Namun untuk menarik perhatian dan minat siswa yang awalnya tidak menyukai matematika dan tidak memerhatikan penjelasan guru, guru mengundang narasumber untuk menumbuhkan minat siswa dalam belajar matematika.
Kemudian dari penjelasan narasumber tersebut siswa dapat mengetahui bahwa ternyata matematika sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
Untuk membuat proses pembelajaran berjalan lebih baik, guru bisa menggunakan media belajar yang menarik.
Nama : Friska Oktapiannauli
Nim : 856457079
Dalam video 1 guru tidak menguasai Kelas. Dimana Siswa masih sibuk dengan kesibukan masing-masing. Siswa Juga Tidak Memperhatikan guru. Guru tersebut mengajar secara monoton dimana model guru mengajar membuat siswa bosan.
Dalam Video ke 2 Guru Mengubah cara mengajar peserta didik dengan Membawakan Seorang Narasumber dimana Memiliki peran sebagai Media Dalam Pembelajaran. Sehingga peserta didik secara langsung berkontak dan berinteraksi dengan Narasumber dan Dapat memotivasi siswa dalam belajar Matematika.
Saran : Dari video diatas seharusnya guru harus memberikan pendahuluan sebelum memulai pelajaran. guru juga harus mempersiapkan media pembelajaran agar anak tertarik mengikuti pelajaran metematika menggunakan gambar buah apel ditambahkan, sehingga anak bisa lebih tertarik dan mengikuti pembelajaran. anak-anak kebanyakan tidak mau belajar matematika sulit, rumit dan juga harus menggunakan rumus, kita sebagai guru harus bisa mengajarkan cobalah menggunakan media yang membantu murid bisa mau belajar dengan semangat atau pun dengan cara menggudang orang-orang yang ahli media dalam pembelajaran matimatika. Dan media yang pas akan memudah kan kita mengajarkan matimatika kepada anak lebih menyenangkan ,kita juga bisa belajar matematika menggunakan lingkungan di sekitar kita kalau media sulit di dapat sperti daun bisa kita gunakan dalam matematika bahan-bahan yang tidak di pakai lagi yaitu botol air minum tutup botol air minum saya rasa banyak media yang bisa membantu kita dalam mengajarkan matematika kalau kita sebagai guru memang betul- betul mau membuat muridnya lebih bersemangat belajar.
Nama : Moch. Fadelan Sokhib
NIM : 858744519
Pokjar : Lamongan
UPBJJ UT Surabaya
Berdasarkan pengamatan atau observasi video dapat diketahui bahwa :
1. Siswa atau anak dalam pelajaran matematika tidak begitu berminat atau tidak menyukai, semua terlihat saat baru masuk kelas guru memberikan sapaan guru memberikan pembukaan jika pembelajaran matematika akan dimulai, namun anak-anak ramai berteriak seakan mengkode bahwa ada keganjalan pada pelajaran ini atau memang anak-anak yang bermasalah.
2. Di aat kegiatan dimulai pun para siswa atau anak-anak nampak kurang bergairah, kurang berenergi, seakan lemas dan tidak mau menerima pembelajaran. Guru sangat berjuang dan berusaha untuk membuat stuasi berubah khususnya dalam meningkatkan minat belajar para siswa dengan mendatangkan orang lain atau guru lain ,semoga bisa merubah cara pandang dan cara berfikir anak-anak terhadap pelajaran matematika atau lebih tepatnya bisa menyukai matematika.
Nama : TRI MIARSIH
NIM : 859768352
Setelah saya melihat vidio tersebut, saya melihat bahwa minat belajar matematika sangat kurang atau bisa dikatakan siswa tidak menyukai belajar matematika hal tersebut yang menyebabkan siswa tidak fokus pada saat guru menerangkan didepan, guru juga tidak menggunakan alat peraga padasaat menerangkan matapelajaran matematika sehingga pembelajaran kurang menarik, apalagi matematika itu sudah dikenal dikalangan siswa matapelajaran yang sulit sehingga jika tidak dibawakan dengan alat peraga atau model pembelajaran yang menarik maka siswa pun tidak tertarik untuk belajar matematika.
Namun setelah itu guru mulai menemukan cara untuk menumbuhkan minat belajar siswa dalam belajar matematika dengan mendatangkan narasumber yang bisa memotivasi siswa agar semangat belajar matematika, dan siswa pun menemukan manfaat belajar matematika dalam kehidupan. Selain mengundang narasumber lain, penggunaan alat peraga yang menarik juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar matematika pada siswa.
Nama : TRI MIARSIH
NIM : 859768352
BI S1 PGSD
Setelah say melihat Vidio tersebut, saya melihat bahwa minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika sangatlah kurang, bisa dikatakan bahwa siswa tidak menyukai belajar matematika hal tersebut yang menyebabkan siswa ribut didalam kelas dan tidak fokus pada saat guru menerangkan di depan.Guru juga tidak menggunakan alat peraga pada saat menerangkan matapelajaran matematika sehingga pembelajaran kurang menarik. Apalagi matematika itu sudah dikenal dikalangan siswa bahwa matematika adalah matapelajaran yang sulit, sehingga jika tidak d bawakan dengan alat peraga yang menarik atw model pembelajaran yang marik maka siswapun tidak tertarik untuk belajar matematika.
Namun setelah itu guru mulai menemukan cara untuk menumbuhkan minat belajar siswa agar semangat belajar matematika, yaitu dengan cara mendatangkan narasumber yang bisa memotivasi siswa agar semangat belajar matematika,dan siswapun menemukan manfaat belajar matematika dalam kehidupan. Selain mengundang narasumber lain, penggunaan alat peraga yang menarik juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar matematika pada siswa.
Nama:Nofa UTami
NIM :857916754
Prodi:PGSD S1
Pokjar:Wonosobo
Izin memberikan tanggapan dalam video yang telah tersaji,dari pembelajaran diatas penyebab siswa kurang minat terhadap mata peajaran matematika adalah guru tidak terlebih dahulu memberikan stimulus atau apersepsi yang dapat membangun semangat belajar siswa,guru seharusnya memberikan suatu sugesti bahwa mata pelajaran matematika merupakan sebuah ilmu yang harus dimiliki peserta didik dalam menjalani kehidupan kedepan ,suasana kelas dan penataan ruang belajar berpengaruh pula terhadap minat siswa dalam belajar,saran dalam video tersebut mungkin alangkah baiknya guru lebih memberikan perhatian dan mengemas pembelajaran dengan lebih menariklagi.Dengan menghadirkan narasumberdari luar yang memiliki kaitan dnegan matapelajaran matematika merupakan salahsatu cara yang tepat yang dilakukan dalam video tersebut,namun jauh akan lebih menarik lagi jika anak anak diajak untuk berkunjung langsung mengamati dan mengidentifikasi bangunan yang telah dibangun agar motivasi anak anak dapat terbangun melalui pengamatan langsung dari hasil yang telah ditunjukkan .
Motivasi siswa dalam meningkatkan minat belajar pada matapelajaran matematika dapat ditingkatkan melalui berbagai cara yang tentunya harus beragam dan dimulai dari kemauan seorang guru dalam meningkatkannya.
Nama : Anggraini Rischa Dewi Br Sitorus
Nim : 856024158
Pokjar : Asahan
Setelah melihat tayangan video tersebut, menurut saya cara penyampaiannya Pak guru sudah baik namun terlalu kaku jadi kurang menarik perhatian siswanya. Mungkin Pak guru bisa menggunakan alat peraga atau video pembelajaran agar proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa.
Pada saat Pak Guru mengundang narasumber lain, secara tidak langsung siswa akan penasaran dengan narasumber dan memperhatikan apa yang narasumber jelaskan, hal ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk giat dalam belajar sera meningkatkan semangat siswa dalam memperlajari pelajaran Matematika yang terkesan sulit dan membosankan.
Setelah melihat tayangan video tersebut saya memperhatikan bahwa guru kurang menggunakan pembukaan pelajaran yang menyenangkan dan kelas masih terlihat gaduh, apalagi setelah diketahui bahwa pelajaran yang akan diterima oleh murid-murid ialah pelajaran Matematika. Seharusnya terlebih dahulu menggunakan icebreaking agar suasana kelas lebih ceria dan murid tertarik mempelajari matematika.
Mendatangkan narasumber seperti di video sungguh dapat menarik dan membuat murid tertarik seperti contoh di video tersebut mereka mendatangkan Ir.Krisna seorang insinyur yang ahli dalam bangunan.
Saran saya juga dalam penerapan ilmu matematika sebaiknya di terapkan metode games/ permainan sehingga belajar menjadi lebih fun dan menyenangkan, pada saat perasaan anak senang ilmupun akan lebih mudah diserap.