silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : Deti Sugiarti
    NIM : 857382166
    UPBJJ : Bogor
    POKJAR : Pelabuhan Ratu

    Hasil analisis saya mengenai video dengan kasus di atas adalah sebagai berikut :

    1. Ketika guru memberitahu bahwa materi yang akan disampaikan adalah pembelajaran matematika, maka reaksi peserta didik terlihat sangat enggan untuk mengikutinya. Matematika terlihat begitu sulit dan bahkan mungkin sangat menyeramkan dimata mereka.

    2. Secara keseluruhan kelemahan guru yang pada video tersebut menurut pendapat saya adalah, ketika guru terlihat kurang begitu baik dalam berkomunikasi dengan peserta didik, guru masih terlihat kaku. Guru tidak melakukan apersepsi di awal untuk merangsang ketertarikan peserta didik pada topik yang akan di bahas, hal ini menyebabkan tidak adanya semangat untuk belajar matematika. Di tambah dengan tidak adanya media ajar yang relevan dengan topik yang akan di bahas.

    3. Kelebihan guru dalam video tersebut adalah dapat berinovasi dalam menumbuhkan rasa ketertarikan peserta didik dalam materi pembelajaran matematika dengan mendatangkan narasumber yang relevan dengan pembelajaran, yakni mendatangkan Insinyur.

    4. Hal unik yang saya temukan pada sosok guru dalam video, adalah dengan ia mendatangkan Insinyur ke dalam kelas. Itu cukup membuat peserta didik menjadi tertarik pada matematika.

    Menurut pendapat saya mengenai video di atas, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya, di antaranya:
    – Guru dapat memberikan pengenalan atau rangsangan awal yang relevan dengan topik yang akan di bahas, kita biasa menyebutnya dengan apersepsi.
    – Guru dapat mengubah stigma buruk mengenai matematika kepada peserta didik dengan membiasakan peserta didik mengucapkan kata “mudah dan menyenangkan” setiap guru memberitahu bahwa akan belajar matematika. Hal ini sudah saya praktikan di kelas dan terbukti berhasil. Karena kita dapat memberi pemahaman kepada peserta didik bahwa apa yang kita ucapkan, itulah yang akan terjadi. ketika kita mengucapkan “matematika mudah dan menyenangkan”, maka hal itu pula yang akan terjadi.
    – Guru dapat menambahkan selain Insinyur, masih banyak lagi profesi yang membutuhkan kecakapan dalam berhitung, misalnya contoh profesi yang sederhana adalah seorang pedagang. jika pedagang tidak memiliki kecakapan dalam berhitung maka akan mudah dikelabui oleh pembeli.
    – Guru dapat mempersiapkan media ajar yang menarik pada setiap pembelajaran matematika, sehingga akan menumbuhkan rasa ketertarikan pada matematika, anak akan bersemangat ketika akan belajar matematika.
    – Guru dapat mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik akan dengan sendirinya memahami bahwa matematika penting untuk dipelajari.

    Demikian pendapat saya mengenai video di atas, Mohon masukannya apabila ada kekeliruan. Terima kasih.

  2. Nama :NUR AINI
    NIM : 859671656
    Prodi : S1 PGSD
    Dati video yang saya lihat, kemungkinan anak tidak menykai pelajaran matematika dikarnakan kurangnya model atau metode yang diterapkan saat proses pembelajaran. Penambahan media pembelajaran pun sangat boleh digunakan, apalagi kalo media itu menyenangkan dan menarik minat belajar siswa.
    Kita juga bisa memberi contoh contoh yg sederhana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, misalnya proses jual beli atau seperti jajan di warung, melakukan contoh bentuk transaki dll.
    Pada saat guru menghadirkan narasumber lain itu pun sudah bagus, dengan narasumber yang baru dan ahli membuat rasa penasaran dan antusias siswa muncul, karna dirasa narasumber ini membawa nilai positif di fikiran dan hati mereka.

  3. Nama : EFI SUSIANINGSIH
    NIM : 858182784
    Program Studi : PGSD BI
    Judul Vidio : “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”

    Setelah menyimak vidio tersebut, tampak siswa tidak menyukai pelajaran matematika sehingga kegaduhan yang terjadi di dalam kelas. Siswa sibuk sendiri-sendiri dengan aktifitasnya masing-masing. Ada yang bermain dengan temannya, ada yang sibuk dengan benda- benda yang ada didepannya dan lain-lain. Perhatian kepada guru yang ada didepan kelas seolah olah tidak dihiraukan. Guru tersebut juga tampak kurang menguasai kondisi kelas. Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa terlibat pada pembelajaran iti sehingga siswa hanya sebagai pendengar setia apa yang disampaikan oleh guru karena guru hanya menerapkan metode ceramah. Hal ini jika terus berlanjut dan tidak ada perbaikan dalam pembelajaran maka tujuan pembelajaran tidaka akan tercapai.
    Dengan menghadirkan nara sumber (arsitertur) dapat memberikan motivasi dan arahan kepada siswa bahwa pelajaran matematika itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan untuk masa depan. Dengan adanya narasumber diharapkan siswa termotivasi untul menumbuhkan semangat belajar matematika dan belajarnya lebih giat lagi.

  4. Nama : Desi Ratna Sari
    NIM : 856502199
    UPBJJ : Pekanbaru

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    banyak nya siswa yang tidak menyukai matematika sehingga kelas terlihat ramai seperti yang ada didalam video tersebut

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    a.cara mengajar guru yang ada divideo tersebut masih kelihatan kaku (kurang menyenang kan).
    b.tidak menggunakan media pembelajaran.
    c.tidak dapat memanajemen kelas dengan baik.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    berusaha mengundang narasumber yang berkaitan dengan ilmu matematika.

    4.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    guru di harapkan dalam memberikan pembelajaran matematika menggunakan cara mengajar yang menyenangkan dan tidak menggunakan sistem ceramah sehingga siswa menjadi tidak merasa bosan. dan guru juga dapat memamfaatkan media pembelajaran yang menyenangkan seperti membuat permainan sehingga siswa merasa tertantang.

  5. Nama : ANDI
    NIM : 858189382
    Program Studi : PGSD
    Judul Vidio : “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”

    Hasil analisis saya setelah menyaksikan dan mengamati video di atas adalah,Kedepannya guru tersebut harus lebih kreatif dalam membuat dan menggunakan alat peraga yang menarik untuk meenyampaikan materi pelajaran matematika agar motivasi dan semangat siswa dalam mempelajari matematika tetap terjaga dan meningkat. Sehingga, diharapkan siswa akan senantiasa untuk lebih bersemangat dalam belajar matematika.

  6. Nama : Cici Pratiwi
    NIM : 858043597
    Program Studi : PGSD S1
    Judul Video : Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika.

    Setelah melihat tayangan video tersebut saya menjadi tau alasan siswa kurang menyukai pelajaran matematika. Yg pertama mereka menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yg susah karena berkaitan dengan angka angka dan rumus rumus. Hal ini menyebabkan mereka malas untuk menghafal dan belajar matematika. Mereka menggap kegiatan menghafal adalah kegiatan yang membosankan. Ditambah lagi ketika mereka tidak menghafal rumus, maka mereka akan kesulitan untuk mengerjakan tugas. Yang kedua dari video tersebut nampak bahwa seorang guru mengajar dengan metode klasik hanya mengandalkan papan tulis sehingga anak anak mudah jenuh dan bosan. Seorang pengajar bisa memanfaatkan media pembelajaran maupun alat peraga yang dapat menarik perhatian siswa agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak monoton. Terus yang ketiga kurang nya motivasi belajar dari guru. Mereka tidak memahami langsung manfaat apa yg mereka dapatkan dari belajar matematika. Ini terbukti dari video yang di tayangkan bahwa anak anak merasa tertarik dan termotivasi setelah di datang kan langsung narasumber yang ahli dalam bidang matematika. Narasumber tersebut memotivasi anak anak dengan karya yang telah di buat nya sehingga anak anak menjadi termotivasi dan lebih semangat lagi dalam mengikuti pembelajaran matematika.

  7. NAMA : NORSINAH
    NIM : 858098157
    jurusan : S1 PGSD
    judul : SISWA TIDAK MENYUKAI PELAJARAN MATEMATIKA

    Setelah saya melihat tayangan video tersebut, saya menanggapi bahwa mengapa siswa tidak menyukai pelajaran matematika dikarenakan sudah terekam dibenak siswa bahwa pelajaran matematika merupakan pembelajaran yang menyusahkan, yang berkaitan dengan rumus dan angka-angka, tetapi sebagai seorang guru kita tidak boleh berkecil hati dan berputus asa dalam memberikan ilmu yang bermanfaat dan menyenangkan.
    Salah satu alternatif yang dapat guru gunakan adalah memperhatika masalah yang dihadapi oleh siswa, membuat siswa merasa nyaman, karena biasanya juga siswa merasa setiap pembelajaran matematika pasti gurunya juga garang atau galak jadi kita harus berkolaborasi sebaik mungkin terhadap siswa, mendatangkan narasumber yang dapat memotivasi siswa dan mencari strategi pembelajaran yang menarik bakat dan minat siswa dalam belajar matematika.

  8. Nama : Yesyid
    NIM : 858528119
    Prodi : PGSD Semester 6

    Menurut pendapat saya tentang video tersebut :
    Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran pada video tersebut tidak kondusif atau dalam keadaan ramai. Perlunya kemampuan pengelolaan kelas bagi seorang guru agar suasana kelas menjadi tenang. kelemahan guru pada video tersebut adalah guru tidak melakukan asessmen awal dalam pembelajaran sehingga ada beberapa anak yang kurang siap dalam mengikuti pembelajaran serta perlunya kepedulian guru dalam memberikan motivasi agar siswa dapat menyukai pelajaran matematika. kelebihan guru pada video tersebut adalah guru sangat kreatif dalam upaya menumbuhkan minat siswa terhadap pelajaran matematika yaitu dengan cara mengundang tokoh/figur yang dapat menjadi inspirasi bagi siswa. hal unik yang saya lihat dari video tersebut adalah guru tersebut mempunyai tekad yang luar biasa agar siswa menyukai pelajaran matematika . secara keseluruhan sudah baik, hanya saja guru tersebut perlu meningkatkan kreativitas dalam menggunakan metode yang tepat sesuai dengan materi agar pelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan dan mengasyikan. Karena dengan mengundang tokoh inspiratif saja tidak cukup kalau kita tidak menumbuhkan minat anak dalam mengikuti pembelajaran matematika.

  9. Nama : Rahma Arbaiyah Harahap
    Nim : 877530385
    Upbjj : Labuhanbatu

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab : Ketika di awal pembelajaran siswa merasa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran matematika, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa kelas akan akan kedatangan seorang narasumber yang telah sukses karena dengan maksimal menggunakan ilmu matematika yang pernah dipelajarinya, siswa menjadi termotivasi untuk belajar matematika secara sungguh-sungguh.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    jawab : Guru masih belum bisa menggunakan media pembelajaran yang bervariasi untuk menjaga minat da fokus belajar siswa, sehingga guru masih ketergantungan kepada sumber belajar dari tokoh masyarakat tertentu.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    jawab : Guru mampu menghadirkan narasumber yang sesuai dengan yang dibutuhkan untuk membangkitkan kembali motivasi siswa agar kembali menyukai belajar matematika.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    jawab : perubahan sikap siswa yang awalnya tidak berminat untuk belajar matematika berubah drastis sangat antusias untuk belajar matematika ketika siswa mengetahui betapa pentingnya belajar matematika untuk masa depan mereka.

    5. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    jawab : kedepannya guru harus lebih kreatif dalam membuat dan menggunakan alat peraga yang menarik untuk menyampaikan materi pelajaran matematika agar motivasi dan semangat siswa dalam mempelajari matematika tetap terjaga dan meningkat. Sehingga, diharapkan siswa akan senantiasa untuk lebih bersemangat dalam belajar matematika.

  10. Dari video diatas tentang siswa tidak menyukai pelajaran matematika dapat dilihat bahwa vidio tersebut menjelaskan seorang guru yang berupaya atau berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika.
    Menurut saya dari vidio tersebut alasan yang membuat siswa kurang menyukai pembelajaran matematika yaitu kurangnya media atau metode pembelajaran yang menarik dalam kegiatan belajar mengajar yang digunakan guru sehingga siswa malas dan tidak menyukai pelajaran matematika. Menurut saya pembelajaran matematika cukup sulit sehingga cara pembelajaran nya harus dikemas semenarik mungkin agar siswa bisa menyukai pelajaran tersebut. Dan guru juga harus membuat suasana yang nyaman dan menarik untuk menarik perhatian siswa agar siswa tidak bermalas-malasan untuk belajar.
    Dalam video tersebut juga guru berusaha menarik perhatian siswa dengan menggunakan narasumber dari berbagai profesi. Disini guru menghadirkan seorang insinyur arsitek untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika . Ini dapat membuat motivasi siswa untuk mau belajar matematika agar dapat bisa seperti arsitek tersebut. Dimana betapa hebatnya seorang arsitek bisa membuat berbagai macam bangunan dengan menggunakan hitungan matematika. Selain itu gunakan strategi yang menarik dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Leave a Reply