silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Eni Rahayu
NIM : 858071525
Makul : PKM – Semester 6
Sesi 1
Dari video tersebut, terlihat bahwa anak-anak tidak begitu tertarik dan tidak fokus pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak dalam pelajaran matematika dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan ketika didatangkan seorang narasumber Mereka terlihat lebih antusias dalam pembelajaran.
Ketika seorang guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek. Anak-anak mulai merasa ingin tahu dan sedikit tertarik dengan pembahasan yang narasumber tersebut bahas. Ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa bangunan yang telah ia buat ada beberapa anak yang mulai menerima pembelajaran tersebut dengan antusias dan mulai sedikit-sedikit bertanya pada narasumber.
Sebagai seorang guru kita harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu dalam keadaan yang menyenangkan harus menyediakan media pembelajaran yang lebih tepat agar anak tertarik dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Eni Rahayu
NIM : 858071525
Makul : PKM – Semester 6
Sesi 1
Dari video tersebut, terlihat bahwa anak-anak tidak begitu tertarik dan tidak fokus pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak dalam pelajaran matematika dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan ketika didatangkan seorang narasumber Mereka terlihat lebih antusias dalam pembelajaran.
Ketika seorang guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek. Anak-anak mulai merasa ingin tahu dan sedikit tertarik dengan pembahasan yang narasumber tersebut bahas. Ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa bangunan yang telah ia buat ada beberapa anak yang mulai menerima pembelajaran tersebut dengan antusias dan mulai sedikit-sedikit bertanya pada narasumber.
Sebagai seorang guru kita harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu dalam keadaan yang menyenangkan harus menyediakan media pembelajaran yang lebih tepat agar anak tertarik dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Eni Rahayu
NIM : 858071525
Makul : PKM – Semester 6
Sesi 1
Dari video tersebut, terlihat bahwa anak-anak tidak begitu tertarik dan tidak fokus pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak dalam pelajaran matematika dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan ketika didatangkan seorang narasumber Mereka terlihat lebih antusias dalam pembelajaran.
Ketika seorang guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek. Anak-anak mulai merasa ingin tahu dan sedikit tertarik dengan pembahasan yang narasumber tersebut bahas. Ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa bangunan yang telah ia buat ada beberapa anak yang mulai menerima pembelajaran tersebut dengan antusias dan mulai sedikit-sedikit bertanya pada narasumber.
Sebagai seorang guru kita harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu dalam keadaan yang menyenangkan harus menyediakan media pembelajaran yang lebih tepat agar anak tertarik dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Eni Rahayu
NIM : 858071525
Makul : PKM – Semester 6
Sesi 1
Dari video tersebut, terlihat bahwa anak-anak tidak begitu tertarik dan tidak fokus pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak dalam pelajaran matematika dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Dan ketika didatangkan seorang narasumber Mereka terlihat lebih antusias dalam pembelajaran.
Ketika seorang guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek. Anak-anak mulai merasa ingin tahu dan sedikit tertarik dengan pembahasan yang narasumber tersebut bahas. Ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa bangunan yang telah ia buat ada beberapa anak yang mulai menerima pembelajaran tersebut dengan antusias dan mulai sedikit-sedikit bertanya pada narasumber.
Sebagai seorang guru kita harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu dalam keadaan yang menyenangkan harus menyediakan media pembelajaran yang lebih tepat agar anak tertarik dalam pembelajaran tersebut.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama: Laili Nur Azizah
NIM: 858543942
Program Studi: PGSD
UPBJJ: UT Semarang
Judul video “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”. Menurut pendapat saya, video tersebut menggambarkan kurangnya minat dan semangat anak dalam belajar Matematika. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor, diantaranya alasan yang membuat siswa tidak suka hitung-hitungan adalah karena pelajaran Matematika dianggap terlalu sulit, rumit, menguras pikiran dan juga membosankan.
Lalu bagaimana mengatasi masalah tersebut?
Salah satunya dengan cara mendatangkan narasumber dari berbagai provinsi. Seperti video di atas yaitu mendatangkan seorang Insyinyur atau arsitek, kemudian siswa-siswi terlihat antusias karena pembelajarannya menggunakan peraga.
Menurut saya, juga banyak cara untuk mengatasi masalah ini, diantaranya:
1. Menentukan metode pembelajaran yang menyenangkan.
2. Mengubah perspektif siswa terhadap pelajaran Matematika bahwa Matematika bukan pelajaran sulit melainkan pelajaran yang mudah dan menyenangkan.
3. Mengajar Matematika dengan cara yang berbeda, yaitu bisa menyelipkan humor segar/energizer -energizer, game, kuis-kuis, dan metode yang kreatif untuk menyegarkan suasana supaya tidak terlalu tegang.
4. Gunakan media belajar yang menarik.
5. Ajarkan metode yang mudah dan menyenangkan.
6. Kaitkan dengan kehidupan nyata.
Dan masih banyak cara lainnya.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
NAMA: AFIF FATHURROKHMAN
NIM :858918671
POKJAR :UMBULSARI
PRODI :PGSD_S1
UPBJJ76 : JEMBER
MATA KULIAH : PKM
SEMESTER : 6
Dari video tersebut,
Mengatasi masalah ketidakminatan siswa terhadap pelajaran matematika bisa menjadi tantangan, tetapi ada beberapa pendekatan yang dapat membantu:
1.Menyajikan Materi dengan Cara yang Menarik: Cobalah untuk mengajarkan matematika dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Gunakan permainan, aplikasi, atau materi video yang menarik perhatian siswa. Anda juga bisa menggunakan contoh kasus nyata atau aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari untuk membuatnya lebih relevan bagi mereka.
2.Berikan Dukungan dan Dorongan: Siswa mungkin merasa tertekan atau tidak percaya diri dalam mempelajari matematika. Jadi, pastikan Anda memberikan dukungan positif dan dorongan kepada mereka. Jangan membuat mereka merasa gagal atau rendah diri jika mereka mengalami kesulitan, tetapi bantu mereka untuk mengatasi hambatan tersebut.
3.Menyesuaikan Pembelajaran: Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Cobalah untuk menyesuaikan metode pengajaran Anda sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa. Beberapa siswa mungkin lebih memahami matematika melalui pendekatan visual, sementara yang lain mungkin lebih responsif terhadap pendekatan auditif atau praktik langsung.
4.Memberikan Konteks yang Relevan: Banyak siswa merasa kesulitan memahami relevansi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Bantu mereka melihat bagaimana konsep matematika dapat diterapkan dalam situasi dunia nyata. Misalnya, jelaskan bagaimana matematika digunakan dalam bidang seperti teknologi, ilmu pengetahuan, atau bahkan dalam perencanaan keuangan pribadi.
5.Kolaborasi dan Diskusi: Fasilitasi diskusi kelompok atau kerja sama antar siswa dalam memecahkan masalah matematika. Ini tidak hanya memungkinkan siswa untuk belajar satu sama lain, tetapi juga membantu mereka membangun rasa kepercayaan diri dalam kemampuan matematika mereka.
6.Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif: Berikan umpan balik yang konstruktif dan spesifik kepada siswa tentang kemajuan mereka dalam memahami konsep matematika. Ini akan membantu mereka mengidentifikasi area di mana mereka perlu meningkatkan dan merasa lebih percaya diri saat mengatasi tantangan.
7.Melibatkan Orang Tua: Libatkan orang tua atau wali siswa dalam proses pembelajaran matematika. Beri tahu mereka tentang cara mereka dapat mendukung anak-anak mereka di rumah dalam memahami konsep matematika.
8.Membuat Pembelajaran Menyenangkan: Terakhir, jadikan pembelajaran matematika sebagai pengalaman yang menyenangkan. Buat suasana kelas yang positif dan dukung siswa untuk mengeksplorasi, bereksperimen, dan belajar dari kesalahan mereka tanpa takut dihakimi.
Dengan pendekatan yang tepat dan dedikasi untuk membantu siswa merasa nyaman dengan matematika, Anda dapat membantu meningkatkan minat dan pemahaman mereka terhadap subjek ini.
Nama :Rasna Watida
Nim. :856760138
MataKuliah :PKM Semester 6
Kelas. :6 A PGSD
Analisis Permasalahan dari yang saya lihat seperti yang terdapat pada Video di atas,mengenai pembelajaran Tentang matematika.Menunjukkan kurang tertariknya para siswa dan kurang bersemangat dengan cara yang di ajarkan seorang guru tersebut,sehingga para siswa/anak anak kurang fokus untuk belajar matematika.Dan strategi yg di sampaikan oleh narasumber tersebut kurang menarik bagi para siswa sehingga semangat para siswa berkurang.Dan menurut saya seorang guru sebelum memasuki pembelajaran yg akan kita ajarkan/ di sampaikan,terlebih dahulu perlu menghibur para siswa agar tidak mudah bosan dan bisa bersemangat untuk memulai mata pelajaran seperti mata pelajaran matematika.misalnya menghibur atau memberi semangat dengan cara bernyanyi,Dan Lain-lain.
Nama : jelina faujiah
Nim : 858156391
Upbjj :palangkaraya
Pokjar : sampit
Matkul : PKP
Sesi 1
Dari video diatas dapat saya analisa masalah yaitu sebagian besar anak anak tidak menyukai pelajaran matematika karna mareka mengangap itu sulit secara praktik dan tugas.
Tapi dalam video ini sangat bagus sekali karna mempunyai stategi yang menarik untuk mengenalkan kepada anak anak bahwa pelajaran matematika tidak selalu sulit karna ada cara mempelajari nya dengan menarik ,nah untuk menjelaskan itu sangat bagus sekali dengan menghadirkan narasumber sebagai inovasi dan memotifasi siswa bahwa pelajaran matematika samgat berguna dan jika kita mempelajarinya dengan sunguh sungah maka matematika sangat berguna sebagai dasar dalam pekerjaan dimasa depan kita nanti dan sangat keren.
Kita juga bisa menganjarkan kepada anak anak didik cara berhitung yang tidak membosankan sperti mncari referensi pelajaran di di youtube agar matematika yang tadinya sulit bisa dikerjaan dengan begitu manarik misalnya menggunakan alat peraga ataupun trik matematika cepat yang membuat siswa tidak akan cepat bosan dan menggangap matematika itu sulit terimkasih🙏🏻
Nama : Cici Maryani
NIM : 858071492
Makul : PKM
REAKSI SISWA TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN : dari video diatas siswa tampak tidak memperhatikan konsentrasi dan asik sendiri tidak memperlihatkan guru yang berada di depan kelas
KELEMAHAN GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN : dari video diatas tampak guru kurang adanya media pembelajaran kemudian tidak adanya interaksi antara guru dan murid
KELEBIHAN GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN : dari video diatas, melihat siswa kurang menarik terhadap pelajaran matematika tersebut, guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek bangunan. Kemudian anak – anak tampak lebih bersemangat ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa gambar gambar bangunan.
HAL UNIK : Pada awal pembelajaran awal siswa tampak tidak menyukai pelajaran matematika, namun setelah didatangkan narasumber ada beberapa anak yang terlihat antusias dalam bertanya dalam pelajaran tersebut
HAL YANG DAPAT DI TINGKATKAN : Sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru harus mengkondisikan keadaan kelas dalam keadaan yang menyenangkan dan guru harus menyediakan media pembelajaran yang tepat agar anak tertarik dalam proses pembelajaran
Nama : Cici Maryani
NIM : 858071492
Makul : PKM
REAKSI SISWA TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN : dari video diatas siswa tampak tidak memperhatikan konsentrasi dan asik sendiri tidak memperlihatkan guru yang berada di depan kelas
KELEMAHAN GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN : dari video diatas tampak guru kurang adanya media pembelajaran kemudian tidak adanya interaksi antara guru dan murid
KELEBIHAN GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN : dari video diatas, melihat siswa kurang menarik terhadap pelajaran matematika tersebut, guru mendatangkan narasumber yaitu seorang arsitek bangunan. Kemudian anak – anak tampak lebih bersemangat ketika narasumber mengeluarkan media gambar berupa gambar gambar bangunan.
HAL UNIK : Pada awal pembelajaran awal siswa tampak tidak menyukai pelajaran matematika, namun setelah didatangkan narasumber ada beberapa anak yang terlihat antusias dalam bertanya dalam pelajaran tersebut
HAL YANG DAPAT DI TINGKATKAN : Sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru harus mengkondisikan keadaan kelas dalam keadaan yang menyenangkan dan guru harus menyediakan media pembelajaran yang tepat agar anak tertarik dalam proses pembelajaran