silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

910 Comments

  1. Nama : INMAS BUDIARTI
    NIM :856619768
    UPBJJ : Pokjar kota jambi
    Dari video yang saya lihat diatas bahwa banyak murid yang kurang memiliki minat dan tidak suka dengan pelajaran matematika. Hal itu menyebabkan siswa menjadi gaduh dan tidak fokus didalam kelas karena efek pelajaran matematika yang membuat mereka takut sehingga menjadi malas.
    Menurut saya sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkat minat siswa dengan cara ajak bernyanyi atau alat peraga yang berhubungan dengan matematika sehingga tidak membuat anak menjadi takut. Metode guru yang digunakan terlalu monoton dan jangan terus menerus menggunakan metode ceramah sehingga membuat anak tidak tertarik

  2. Nama : Wulan Rahayu
    Nim : 857860208
    Matkul: Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Diskusi : 1
    Dari video dapat dilihat bahwa para siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Hal ini terlihat dari raut wajah siswa yang tidak bersemangat mengikuti pelajaran matematika. Untuk itu guru harus mencari strategi pembelajaran yang menarik sehingga siswa bisa tertarik dengan pelajaran matematika. Misal pada saat pelajaran menghubungkan dengan peristiwa atau benda-benda di sekitar kita yang sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. Atau guru menggunakan media pembelajaran yang menarik siswa dan bisa memudahkan siswa dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Bisa juga guru mendatangkan narasumber seperti dalam video dimana narasumbernya adalah salah seorang wali murid yang berprofesi sebagai arsitek.

  3. NAMA : NURFITRI
    NIM : 858072534
    UPBJJ : 47/PONTIANAK
    POKJAR : OPU DAENG MANAMBON

    Dari vidio yang telah saya tonton, dari banyak siswa ada beberapa yang terlihat tidak menyukai belajar Matematika, walau bapak guru sudah memberikan solusi cara mengingat luas bangun datar dengan cara bernyanyi tapi masih nampak anak yang menggaruk kepalanya dan menyender di kursi, dikarenakan mmg banyak orang yng menganggap ilmu matematika itu rumit (termasuk sy dgn siswa dikelas),ditambah dgn jumlah siswa yang banyak dan penyampaian materi juga pada siang hari disaat anak sudah merasa lelah belajar.

  4. NAMA : NURFITRI
    NIM : 858072534
    UPBJJ : 47/PONTIANAK
    POKJAR : OPU DAENG MANAMBON

    Dari vidio yang telah saya tonton, dari banyak siswa ada beberapa yang terlihat tidak menyukai belajar Matematika, walau bapak guru sudah memberikan solusi cara mengingat luas bangun datar dengan cara bernyanyi tapi masih nampak anak yang menggaruk kepalanya dan menyender di kursi, dikarenakan mmg banyak orang yng menganggap ilmu matematika itu rumit (termasuk sy dgn siswa dikelas),ditambah dgn jumlah siswa yang banyak dan penyampaian materi juga pada siang hari disaat anak sudah merasa lelah belajar.

  5. NAMA : NURFITRI
    NIM : 858072534
    UPBJJ : 47/PONTIANAK
    POKJAR : OPU DAENG MANAMBON

    Dari vidio yang telah saya tonton, dari banyaknya siswa tersebut masih ada beberapa anak yang kurang menyukai pelajaran matematika. Dikarenakan banyak anak yang kurang menyukainya maka mereka akan merasa cepeat bosan, sehingga apa yang telah dipelajari tidak akan paham.
    Sikap tidak suka anak terhadap pelajaran matematika adalah hal yang umum terjadi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyikapi perilaku tersebut:

    1. Cari tahu penyebabnya:

    Langkah pertama adalah memahami mengapa anak tidak menyukai matematika. Apakah karena kesulitan memahami konsep, merasa bosan dengan cara mengajar gurunya, atau memiliki pengalaman traumatis di masa lalu?

    2. Komunikasi yang baik:

    Bicarakan dengan anak tentang kesulitannya dengan matematika. Tunjukkan rasa simpati dan pengertian. Hindari paksaan atau omelan, karena hal ini hanya akan memperburuk keadaan.

    3. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan:

    Buatlah belajar matematika menjadi menyenangkan dan menarik. Gunakan permainan, media belajar yang interaktif, atau contoh-contoh konkret dari kehidupan sehari-hari.

    4. Berikan pujian dan dorongan:

    Berikan pujian dan dorongan kepada anak atas setiap usaha dan kemajuannya, sekecil apapun. Hal ini akan meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka.

    5. Cari bantuan profesional:

    Jika kesulitan anak tergolong parah, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional seperti tutor atau psikolog pendidikan. Mereka dapat membantu anak memahami konsep matematika dengan cara yang lebih mudah dan sesuai dengan gaya belajarnya.

    Perlu diingat bahwa setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda. Temukan cara yang paling efektif untuk membantu anak anda belajar dan menyukai matematika. Dengan kesabaran, ketekunan, dan pendekatan yang tepat, anak Anda akan mampu menguasai matematika dan mencapai potensinya.

  6. assalamu’alaikum wr.wb.
    izin menanggapi video,
    Nama : Legiyem
    Nim : 855752034
    Program Study : S1 PGSD
    Semester : 6
    UPBJJ UT : Bandar Lampung
    Pokjar : Banjar Agung

    dalam belajar matematika yang menarik dan mengasyikan, seorang guru harus memahami/ menemukan masalah apa yang di hadapi siswa dalam belajar matematuka, kemuadian menggunakan strategi baru dalam pembelajaran atau dengan mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan manfaat serta asyiknya dalam belajar matematika.

    demikian, wassalamu’alaikum wr. wb

  7. Khiliyatus Saadah
    858422398
    PDGK4501 PKP

    Dari video tersebut anak-anak tidak kondusif saat guru memberikan arahan untuk belajar matematika, di mana anak-anak langsung berteriak dan tidak semangat saat mata pelajaran matematika dimulai. Hal ini terjadi karena guru tidak memberikan motivasi terlebih dahulu kepada peserta didik agar tidak beranggapan bahwa matematika itu susah. Namun guru dapat mengatasi masalah tersebut dengan memberikan media pembelajaran yang menarik dan metode pembelajaran yang asyik seperti diskusi kelompok dan presentasi. Pada video di atas guru sudah mengupayakan untuk berusaha membuat peserta didiknya menyukai pelajaran matematika dengan menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan manfaat dan asyiknya belajar matematika.

  8. Nama : Ginang Praditia
    NIM : 858919594

    Menurut saya banyak siswa yang merasa kurang tertarik dengan pelajaran matematika karena berbagai alasan. Kesulitan Memahami Konsep matematika yang sering kali melibatkan konsep yang kompleks dan abstrak.
    Jika siswa mengalami kesulitan memahami dasar-dasar matematika, mereka mungkin merasa frustrasi dan kehilangan minat.
    Kurangnya Relevansi dan siswa mungkin merasa bahwa matematika tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Tanpa melihat bagaimana matematika dapat digunakan dalam konteks yang praktis, mereka mungkin kehilangan motivasi untuk mempelajarinya.
    Pengalaman Negatif di Masa Lalu. Beberapa siswa mungkin memiliki pengalaman buruk dengan matematika, seperti nilai buruk atau interaksi negatif dengan guru. Pengalaman ini bisa menciptakan rasa takut atau kecemasan terhadap matematika.

  9. NAMA : FAUZIA
    NIM : 858070942
    UPBJJ : 47/PONTIANAK
    POKJAR : OPU DAENG MANAMBON

    Analisis video “Seri Pengembangan Matematika SD”
    . Belajar matematika yang menarik dan mengasikan
    3. Siswa tidak menyukai pelajaran metematika

    Berdasarkan analisis dari video tersebut menunjukan bahwa reaksi anak/siswa terhadap awal kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru terlihat tidak bersemangat. Bahkan, ada dari beberapa siswa yang justru ribut dan bergurau dengan temannya.

    Secara keseluruhan dapat kita lihat kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran dalam video tersebut salah satunya adalah kurangnya keterampilan mengelola kelas hal tersebut dapat kita lihat saat guru langsung memulai pembelajaran tanpa menertibkan/membuat suasana kelas menjadi santai. Serta, belum menemukan strategi pembelajaran yang menarik.

    Meskipun ada terdapat kelemahan pada guru tersebut namun, ada juga kelebihan yang dapat kita lihat yaitu adanya usaha dari guru untuk memperhatikan masalah yang dihadapi siswa dan membangkitkan minat/ketertarikan siswa terhadap pelajaran matematika dengan mendatangkan narasumber “Ir.Krisna” yang berprofesi sebagai arsitek. Sehingga, siswa lebih tertarik.

    Adapun hal unik yang dapat kita temui dari video tersebut adalah adanya perubahan semangat belajar serta antusia siswa sebelum dan sesudah didatangkannya narasumber.

    Upaya yang dapat diusulkan setelah mengertahui kekurangan dan kelebihan dari guru yang diamati antara lain :
    1. Sebelum memulai kegiatan belajar hendaknya seorang guru untuk memperhatikan keadaan kelas/pengelolaan kelas. Buat suasana kelas lebih nyaman dan tidak tegang untuk memfokuskan siswa sebelum masuk ke materi.
    2. Memperhatikan masalah yang dihadapi siswa.
    3. Menemukan strategi belajar yang menarik dan,
    4. Mendatangkan narasumber jika diperlukan untuk memacu semangat belajar siswa.

  10. Nama : ANA YUSTIKA
    NIM : 857731193
    Banyak siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit, membosankan, dan tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Jika guru hanya menggunakan metode ceramah dan latihan rutin, siswa dapat merasa bosan dan tidak tertarik dengan pelajaran matematika.
    Dari video tersebut, guru mencoba mengatasi masalah dengan mengundang seorang arsitek sebagai narasumber tamu. Namun, tampaknya narasumber tersebut kurang mampu membangkitkan semangat dan minat siswa terhadap matematika. Sebaiknya Guru dan narasumber arsitek dapat menggunakan pendekatan yang lebih interaktif, visual, dan menarik bagi siswa. Misalnya, menggunakan alat peraga, permainan, atau teknologi digital untuk menjelaskan konsep matematika. Kolaborasi antara guru dan narasumber arsitek dapat membantu siswa memahami manfaat matematika dalam profesi-profesi yang menarik bagi mereka.

Leave a Reply