silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Nama : Khofiifatul Muawanah
NIM : 857563411
Prodi : PGSD S1
Setelah saya menyimak video diatas, matematika adalah salah satu pelajaran yang kurang disukai oleh banyak siswa karena menurut siswa, matematika adalah pelajaran yang sangat sulit, susah dan terlalu banyak rumus dan berhubungan dengan hitungan dan angka. Dilihat dari cara penyampaian guru sudah baik namun masih menggunakan metode ceramah jadi kurang menarik perhatian siswanya dan menyebabkan siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika. dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat dan mengetahui bahwa Matematika sangat bermanfaat serta siswa bisa lebih tertib dan kondusif.
Nama : putri tri utami
nim : 856455201
prodi : pgsd
berdasarkan dari video di atas kita menyadari bahwa sebagian siswa memang tidak menyukai pelajaran matematika. Beberapa alasan yang membuat siswa tidak suka matematika adalah karena pelajaran Matematika dianggap terlalu sulit, rumit, menguras pikiran, dan juga membosankan. hal ini dikarenakan guru yang mengajarkan matematika biasanya masih menggunakan metode ceramah dan meminta siswa untuk belajar dengan serius tingkat tinggi.
untuk merubah pemikiran siswa yang seperti itu, kita dapat melakukan beberapa cara, yaitu
1. menggunakan metode belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan
2. menggunakan media belajar menarik
3. belajar dengan suasana yang berbeda , misalnya di luar kelas
4. apalagi jika dapat mendatangkan narasumber yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika
5. tidak lupa pula menyelipkan beberapa permainan (ice breaking) yang dapat membuat suasana pembelajaran tidak lagi membosankan
Nama : Moh Feryan Asrul Asidqi
Nim : 858773724
Prodi : S1 PGSD
setelah saya menyimak video pembelajaran diatas tersebut, memang sangat banyak siswa yang tidak menyukai pembelajaran matematika tersebut, mungkin mereka beranggapan bahwa matematika itu tidak penting dan juga sulit. terlihat dalam video tersebut semua siswa nampak gaduh dan juga ramai, dan guru pun nampaknya kurang menguasai kelas. pada video tersebut guru mendatangkan narasumber seorang Arsitek dari luar dengan ini siswa menjadi penasaran, dengan di datangkan narasumber bertujuan agar dapat memotivasi siswa dan juga menumbuhkan minat untuk lebih semangat belajar matematika.
Nama : Ega Wahyu Sindi Saputri
NIM : 858782597
Prodi : PGSD S1
Semester : 8
Setelah saya melihat video pembelajaran, siswa kurang minat dalam pelajaran Matematika. Hal tersebut menyebabkan siswa ribut dan tidak fokus di dalam kelas. Karena sudah beranggapan Matematika itu sulit. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Matematika. Namun, guru mulai menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat dan mengetahui bahwa Matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga siswa mulai semangat dan siap untuk belajar Matematika.
Betul bu Reka.. Siswa menganggap pemeblajaran Matematika itu sulit. Siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan ini “mungkin” karena guru tidak menggunakan alat peraga. Hal ini dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas bawah membutuhkan alat. Alat peraga berguna untuk menarik perhatian siswa dan membantu siswa memahami konsep abstrak.
Menghadirkan arsitek di kelas tentunya membuat siswa belajar matematika. Arsitek harus dianggap sebagai profesi yang berhubungan dengan bangunan . Profesi ini membutuhkan pengetahuan konsep bangunan yang baik dan ketelitian yang tinggi dalam memperkirakan volume bangunan .
Betul bu Reka.. Siswa menganggap pemeblajaran Matematika itu sulit. Siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan ini “mungkin” karena guru tidak menggunakan alat peraga. Hal ini dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas bawah membutuhkan alat. Alat peraga berguna untuk menarik perhatian siswa dan membantu siswa memahami konsep abstrak.
Menghadirkan arsitek di kelas tentunya membuat siswa belajar matematika. Arsitek harus dianggap sebagai profesi yang berhubungan dengan bangunan . Profesi ini membutuhkan pengetahuan konsep bangunan yang baik dan ketelitian yang tinggi dalam memperkirakan volume bangunan .
Nama : Cornelia Richa Angkasa
NIM : 858082298
Program Studi : PGSD BI
Selamat sore, setelah saya melihat vidio di atas guru mengajar secara monoton, guru tidak memberikan variasi metode mengajar selalu menggunakan metode ceramah dan minimnya media belajar membuat anak tidak fokus terhadap pelajaran yang disampaikan, sehingga anak menjadi ribut, mengobrol bersama temannya di saat guru menjelaskan, dan merasa bosan dengan pelajaran yang disampaikan. Guru mulai menemukan cara dengan mendatangkan seorang narasumber untuk memotivasi siswa dalam belajar. tidak lupa juga guru harus memberikan contoh pengaplikasian matematika dalam dunia nyata, mempergunakan alat peraga, dan mengajak siswa belajar diluar kelas. sehinngga siswa mulai semangat dan siap belajar Matematika
Nama : Cornelia Richa Angkasa
NIM : 858082298
Program Studi : PGSD BI
Selamat sore, setelah saya melihat vidio di atas guru mengajar secara monoton, guru tidak memberikan variasi metode mengajar selalu menggunakan metode ceramah dan minimnya media belajar membuat anak tidak fokus terhadap pelajaran yg di sampaikan, sehingga anak menjadi ribut, mengobrol bersama temannya disaat guru menjelaskan, dan merasa bosan dengan pelajaran yang disampaikan. Guru mulai menemukan cara dengan mendatangkan seorang narasumber untuk memotivasi siswa dalam belajar. Tidak lupa juga guru harus memberikan contoh pengaplikasian matematika dalam dunia nyata, mempergunakan alat peraga, dan mengajak siswa pelajar diluar kelas. Sehingga siswa mulai semangat dan siap belajar Matematika
Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut, dapat saya simpulkan bahwa peserta didik tidak tertarik untuk belajar pelajaran matematika. Hal tersebut dikarenakan pelajaran matematika merupakan pelajaran yang rumit, membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi, kemampuan berhitung dan menganalisis dan memecahkan masalah. Siswa cenderung malas dan tidak mau berusaha. Dalam hal ini, seorang guru belum mampu menguasai kelas dan tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik dan konkret seperti penggunaan benda-benda secara nyata. Menghadirkan narasumber memang tidak salah tetapi harus juga memerhatikan kebutuhan belajar siswa. Selain penggunaan media pembelajaran, melakukan pendekatan kepada siswa juga penting misalnya penguatan motivasi agar siswa bersemangat untuk maju dan menggugah rasa ingin tahu siswa. Sebab matematika merupakan ilmu yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari.
Nama : Wiwin Warliati
Nim : 819466733
Prodi: PGSD-SI
Setelah saya menonton video tersebut , saya melihat siswa kurang berminat dan kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran karena guru tidak mengkondisikan anak dan tidak melakukan apersepsi. Karena anak beranggapan matematika itu susah, guru juga kurang tepat menggunakan media pembelajaran . Namun dalam sesi berikutnya guru mulai menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam pembelajaran matematika. Guru mendatangkan narasumber untuk menggali informasi/ mengetahui bahwa matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, dan siswa mulai semangat dan siap untuk belajar.