silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
NAMA:NURUL ROBIAH ADAWIYAH
NIM:857001232
UPBJJ: BANDAR LAMPUNG
SEMESTER:6
Setelah video tersebut saya cermati benar adanya bahwa siswa siswi banyak yang tidak suka dengan pelajaran matematika.karna pembelajaran nya berpacu pada pemikiran terus menurus.disini guru dituntut untuk bisa membuat kelas menjadi lebih efektif dan siswa bisa memperhatikan dengan baik
Nama : DEVA DWI AZIS PRISWANTO
NIM : 858685612
POKJAR : JOMBANG
setelah saya melihat video tersebut, saya berpendapat bahwa siswa tidak menyukai pembelajaran matematika memang benar adanya. Akan tetapi hal tersebut dapat dikenda
Nama : DEVA DWI AZIS PRISWANTO
NIM : 858685612
POKJAR : JOMBANG
setelah saya melihat video tersebut, saya berpendapat bahwa siswa tidak menyukai pembelajaran matematika memang benar adanya. Akan tetapi hal tersebut dapat dikondisikan dengan kreativitas seorang guru. Jadi seorang guru dituntut memiliki kreativitas yang tinggi sehingga dapat membuat siswa tertarik dengan pembelajaran matematika tersebut. Seperti halnya dalam video tersebut, seorang guru mendatangkan seorang insinyur supaya dapat memotivasi siswa dalam belajar matematika. Dan masih banyak hal yang dapat digunakan dalam menarik minat siswa dalam belajar matematika, seperti menggunakan game dalam pembelajaran, menggunakan teknologi yang saat ini sudah mudah untuk di akses, dan menggunakan media lingkungan sekitar dalam pembelajaran matematika.
Nama : siti marpiah
Nim : 857317778
Pokjar : Bogor Selatan
Menurut saya, setelah melihat video tersebut bahwa memang batul sudah pasti setiap sekolah siswa kebanyakan tidak suka dengan mata pelajaran matematika, banyak yang merasa takut, bosan dan tidak berantusisas. Akan tetapi kita sebagai guru dan tenaga kerja profesional harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengajarkan matematika. Terutama seperti yang ada di video hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan media pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih penasaran dan menyenangkan, utamakan media pembelajaran sebagai alat untuk mengajarkan matematika. Tentunya kita sebagai guru harus selalu berinovasi dalam pengajaran dalam memberikan materi pun harus singkat jelas namun padat.
Nama : Wahyu Pratama
NIM : 856742297
Pokjar : Selat Kuningan
MK : PKP
Setelah video tersebut saya cermati benar adanya bahwa siswa siswi banyak yang tidak suka dengan pelajaran matematika. karena pelajaran matematika dianggap terlalu sulit, rumit, menguras pikiran dan juga membosankan. Disini guru dituntut untuk bisa membuat kelas menjadi lebih efektif dan siswa bisa memperhatikan dengan baik, sesering mungkin menyelipkan humor segar atau energizer-energizer untuk menyegarkan suasana supaya tidak terlalu tegang.
Nama : Wahyu Pratama
Nim : 856742297
UPBJJ : UT-PALEMBANG
MK : PKP
Menurut saya, masalah dari video tersebut adalah guru hanya menggunakan metode belajar yang terlalu monoton, misalnya hanya menggunakan metode ceramah, yang mana sudah pasti siswa merasa bosan karna kurangnya motivasi untuk siswa. Siswa sehingga kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran.
Kurangnya perhatian kepada siswa sehingga ada beberapa siswa yang tidak semangat untuk mengikuti pelajaran Matematika.
Nama : Eli Sutiamsah
Nim : 857024071
Pokjar : Natar
UPBJJ : Bandar Lampung
Assalamu’alaikum wr. Wb
Setelah menyaksikan vidio ” Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika” Menurut saya:
Kelemahan pembelajaran dalam vidio ini adalah guru tidak menggunakan media dalam menjelaskan materi pelajaran sehingga siswa merasa bosan, tidak suka dan bermalas- malasan dalam belajar.
Kelebihan dari vidio tersebut adalah guru mendatangkan arsitek untuk memberikan materi sehingga siswa terkotivasi dan aktif dalam pembelajaran.
Saran : dalam pembelajaran matematika sebaiknya guru menggunakan media kongkrit agar siswa dapat melihat secara langsung sehingga tidak bosan, apalagi bila materi disampaikan dalam bentuk permainan. Terobosan yang dilakukan gurubdalam vidio ini sangat bagus yaitu dengan mendatangkan narasumber dari luar untuk memotivasi siswa.
Nama : Rifda Afiva Salsyahbila
NIM : 855863562
Program studi : S1 PGSD
Pokjar : Labuhanbatu Selatan
Menurut pendapat saya dari video ini guru tidak menguasai kondisi kelas, baik kendala apa yang dialami siswanya sehingga membuat mereka tidak senang siap mengikuti pembelajaran tersebut namun guru tersebut memiliki ide untuk mendatangkan narasumber seperti arsitek yang mana dapat menarik daya tarik siswa dengan pelajaran ini. Maka bisa kita ambil kesimpulan untuk mendapatkan daya tarik siswa dalam pembelajaran, kita harus bisa menguasai materi kemudian mempraktekkan dengan cara menyenangkan agar siswa tidak merasa bosan dan menyukai pembelajaran matematika tersebut
Nama: Binti Faizatul Humaida
NIM: 858830018
Mohon izin untuk menyampaikan pendapat, setelah mengamati video tersebut setiap sekolah pasti ada sebagian anak yang tidak menyukai pelajaran matematika. Sebagai seorang guru kita harus bisa membimbing peserta didik agar antusias dalam pelajaran matematika dengan cara membuat pembelajaran semenarik mungkin agar peserta didik tidak merasa bosan dan kesulitan dalam mempelajari matematika. di video tersebut pak guru dapat mengatasinya dengan menghadirkan seorang insinyur sebagai motivasi peserta didik untuk semangat dalam pembelajaran matematika. terlihat peserta didik merasa tertarik dan terpancar dari wajah polos mereka peserta didik sangat termotivasi.
NAMA : FAUZIA
NIM : 858070942
UPBJJ : PONTIANAK
POKJAR : OPU DAENG MANAMBON MEMPAWAH
Setelah menonton video pembelajaran tadi dapat kita lihat bahwa pada awal pembelajaran matematika siswa tampak tidak bersemangat, dan bahkan ada dari beberapa siswa yang bergurau. Sangat terlihat sekali bahwa siswa tidak senang belajar matematika. Namun, setelah didatangkan narasumber siswa tampak lebih bersemangat dan aktif bertanya.
Kita sebagai seorang guru memang harus memahami permasalahan yang dihadapi siswa. Hal yang dilakukan guru pada video tersebut sudah tepat, beliau menyadari permasalahan siswa dan segera mencari upaya untuk meningkatkan semangat belajar siswa pada mapel matematika dengan mendatangkan narasumber yang berprofesi sebagai arsitek tentunya berkaitan dengan pelajaran matematika.