Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

877 Comments

  1. NAMA : DESRY DESWITA AMALIA HARAHAP
    NIM : 855865011
    UPBJJ : MEDAN
    POKJAR : SEI BALAI
    Setelah melihat video pembelajaran tadi saya menyimpulkan mengenai ” siswa tidak menyukai pelajaran Matematika” Menurut saya :
    Kelemahan cara penyampaian dalam video ini adalah guru tidak menggunakan media yang real dan konkritdalam menjelaskan materi pelajaran sehingga siswa merasa bosan dan jenuh.
    Saran saya : guru harus menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik yang bisa membuat daya tarik siswa terhadap materi tersebut.

  2. Nama : Desry Deswita Amalia Harahap
    NIM : 855865011
    UPBJJ : MEDAN
    POKJAR : SEI BALAI
    Setelah melihat video mengenai ” Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika” Menurut saya: dalam video pembelajaran ini guru tidak menggunakan media yang konkrit dalam menjelaskan materi pelajaran sehingga siswa merasa bosan dan jenuh.
    Saran saya : guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah di mengerti oleh siswa

  3. Nama : Nur Diana
    NIM :858708458
    UPBJJ-UT : Surabaya
    Pokjar : Bangkalan
    Analisis video pembelajaran berbasis kasus yang ada di menu Laboratorium Pembelajaran pada Portal Guru Pintar .
    Judul video yang di analisis : “Siswa tidak menyukai pelajaran matematika”
    Dalam video yang saya analisis yang bersinopsis :
    Berisi gambara tentang upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan agar siswa tidak lagi bermalas-malasan untuk belajar matematika. Dalam program tersebut guru mengundang narasumber dari profesi lain untuk menjelaskan manfaat dan syiknya belajar matematika.
    Video tersbeut juga menggambarkan sangat jelas bahwa masih banyak anak yang kurang menyukai pelajaran matematika dan menganggap matematika pelajaran yang sulit. Makanya banyak dari siswa merasa tidak bersemangat jika pembelajaran matematika sedang berlangsung. Keadaan ini bisa kita simak dari video tersebut tentang keadaan kelas yang sangat tidak kondusif, siswa mengobrol dengan teman sebayanya serta ramainya keadaan kelas yang membuat guru menjelaskan pembelajaran matematika menjadi terabaikan.

  4. Nama : Siti Saharani
    Nim : 856028811
    Semester : 8 – c
    Pokjar : Asahan
    UPJJ : Medan

    Setelah mencermati video pembelajaran tersebut, benar adanya pada awal pelajaran semua siswa terlihat sangat tidak menyukai pelajaran matematika. Siswa terlihat banyak yang bersorak kecewa saat guru memberi tahu pelajaran matematika akan segera dimulai. Akan tetapi guru tersebut memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan mendatangkan seorang narasumber yang bisa memotivasi siswa untuk menyukai pelajaran matematika. Menurut saya yang dilakukan oleh guru tersebut sangat tepat. Seorang guru harus mempunyai berbagai macam cara untuk mengatasi berbagai masalah didalam kelas, terutama tentang meningkatkan minat belajar siswa.

  5. Nama : Novi Widiyanti Rambe
    Nim : 856058054

    memang benar banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika. kita sebagai guru tidak bisa hanya menyalahkan siswa, mungkin penyebabnya ada pada guru itu sendiri. kita tahu bahwa matematika pelajaran yang yang sangat sulit, karena berhubungan dengan rumus dan angka. banyak siswa yang enggan belajar matematika karena mereka sudah membuat opini sendiri bahwa matematika itu sulit, padahal mereka belum mencoba. maka dari itu, kita sebagai guru harus bisa membuat suasana belajar menjadi menyenagkan dengan terus meningkatkan kreativitas kita. dengan begitu siswa akan muncul minat belajarnya karena kita selama pelajaran berlangsung suasananya tidak monoton.

  6. setelah saya melihat video tersebut, saya berpendapat bahwa siswa tidak menyukai pembelajaran matematika memang benar adanya. Akan tetapi hal tersebut dapat dikondisikan dengan kreativitas seorang guru. Jadi seorang guru dituntut memiliki kreativitas yang tinggi sehingga dapat membuat siswa tertarik dengan pembelajaran matematika tersebut. Seperti halnya dalam video tersebut, seorang guru mendatangkan seorang insinyur supaya dapat memotivasi siswa dalam belajar matematika. Dan masih banyak hal yang dapat digunakan dalam menarik minat siswa dalam belajar matematika, seperti menggunakan game dalam pembelajaran, menggunakan teknologi yang saat ini sudah mudah untuk di akses, dan menggunakan media lingkungan sekitar dalam pembelajaran matematika.
    Video tersbeut juga menggambarkan sangat jelas bahwa masih banyak anak yang kurang menyukai pelajaran matematika dan menganggap matematika pelajaran yang sulit. Makanya banyak dari siswa merasa tidak bersemangat jika pembelajaran matematika sedang berlangsung. Keadaan ini bisa kita simak dari video tersebut tentang keadaan kelas yang sangat tidak kondusif, siswa mengobrol dengan teman sebayanya serta ramainya keadaan kelas yang membuat guru menjelaskan pembelajaran matematika menjadi terabaikan.

  7. Nama : Meta Purnawasih
    Pokjar : arga makmur
    Nim : 856818362

    Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa pelajaran matematika memang masih menjadi pelajaran yang paling tidak diminati oleh kebanyakan siswa, menurut pendapat saya inovasi dalam sebuah KBM sangat diperlukan untuk meningkatkan minat para siswa, media pembelajaran secara kongret misalnya, metode pengajaran dengan mengajak murid-murid bermain lewat benda ataupun sejenisnya, kegiatan yang banyak melibatkan siswa, dan mengurangi metode ceramah mungkin dapat mebantu minat dan pemahaman siswa

  8. Nama : Putri Andini
    NIM : 855867742
    Semester : 6-c
    Pokjar : Asahan
    UPBJJ : Medan

    Setelah saya menonton vidio diatas yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” saya menarik kesimpulan, siswa yang tidak menyukai matematika dikarenakan kurangnya motivasi tentang pendidikan Matematika. Dari vidio diatas guru mendatangkan langsung seorang Insinyur yang membuat siswa termotivasi dan menarik minat siswa terhadap matematika. Dengan memberikan contoh Matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, siswa akan lebih tergerak dan rasa ingin tahunya akan semakin meningkat. Insinyur tersebut memberikan contoh nyata bahwa membuat sebuah bangunan harus tepat perhitungannya, ini membuat siswa terdorong untuk menjadi teliti dan berhati-hati dalam menghitung.

  9. Nama : Nur Hidayah
    NIM : 856591045
    UPBJJ : UT- Kota Jambi

    * Dapat dilihat dari video tersebut bahwasanya kebanyakan siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika, bahkan ada beberapa anak yang beranggapan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat sulit dipahami, ada yang hanya menganggap pelajaran matematika hal yang membosankan, sehingga kebanyakan siswa yang bermain-main dari pada mendengar guru menjelaskan. Tetapi jika guru memahami dan tahu bagaimana cara mengatasi siswa yang tidak suka pelajaran matematika maka kegiatan pembelajaran matematika tersebut akan berlangsung dengan baik dan penjelasan tentang pelajaran matematika pun akan mudah dipahami dan digemari oleh siswa.

  10. Nama : Dita Zulhijjah Panjaitan
    Nim : 856048609
    Pokjar : Labuhan Batu Selatan

    Setelah melihat video tersebut, menurut saya memang benar jika banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika. Upaya untuk mengatasi siswa yang tidak suka pelajaran matematika yaitu dengan menanyakan alasan mengapa siswa tersebut tidak suka matematika, setelah diketahui alasannya lalu guru dapat mengajarkan matematika menggunakan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa tersebut. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan mudah dan menyenangkan, lebih menarik lagi jika menggunakan metode yang dapat menarik perhatian siswa.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/