silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
setelah saya menyaksikan video pembelajaran tersebut, siswa memang terlihat kurang semangat dalam mengikuti pelajaran matematika.Upaya seorang guru untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan mendatangkan narasumber sudah benar, tapi saya tidak tau tujuan pembelajaran yang diinginkan oleh serang guru tersebut, belajar matematika atau mengambar. seharus memberikan cara mengambar bangun ruang baik dan benar agar mendapatkan hasil yang baik dan benar pula. Hala ini agar siswa termotivasi untuk mengukur dan menghitung pada penjang lebar dan luas pada bangun ruang yang siswa gambar.
Nama : Rustina
NIM : 859642891
UPBJJ : Palu
Pokjar : Luwuk
Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatu…
setelah saya mengamati video di atas dengan judul “siswa tidak menyukai pelajaran matematika” saya sangat terkesan dengan guru tersebut yang telah mendatangkan seorang arsitek yang menjelaskan dan menggambarkan betapa pentingnya Matematika dalam pendidikan dan kehidupan nyata. ada hal yang perlu juga diketahui bahwa pentingnya bagi guru untuk memahami setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda. alangkah baiknya kita menyesuaikan pendekatan-pendekatan yang tepat dengan kebutuhan individu tiap anak.
Nama : Rustina NIM : 859642891 UPBJJ : Palu Pokjar : Luwuk Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatu…
memberikan siswa berbagai pilihan dengan membebaskan mereka memakai cara mereka sendiri dalam mengeksplorasi serta mengekspresikan tentang pelajaran tersebut. dengan tujuan dapat meningkatkan minat belajar mereka.
Nama : Julia hikmah
NIM : 855860194
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut banyak siswa tidak menyimak pembelajaran ya dikarenakan kondisi kelas tidak kondusif. Memang kenyataannya banyak siswa yang kurang suka pelajaran matematika, oleh karena itu diharapkan kepada guru lebih kreatif lagi dalam menyampaikan pembelajaran.
Nama: Septiliana Nasution
Nim:855863627
Pokjar:Labusel
Setelah melihat video ini didalam ruangan kelas tersebut hal yang dapat saya lihat banyak sekali murid yang tidak fokus belajar disaat pembelajaran di mulai dan yang saya lihat seorang guru tersebut mengundang narasumber untuk meningkatkan keaktifan belajar dan setelah saya analisis mengundang narasumber lain belum tentu bisa meningkatkan keaktifan belajar siswa ,jadi sebagai seorang guru yang profesional kita lebih harus memberikan motivasi bahwa pelajaran matematika itu sangat menyenangkan dengan memberikan motivasi membuat anak perlahan demi perlahan menyukai pelajaran matematika tersebut ,dan sebagai seorang guru kita harus mampu menciptakan suasana yang nyaman dan aman dengan begini kelas akan menjadi kondusif tidak seperti yang terlihat di dalam video ini,serta ketika kita menjelaskan materi kita harus mampu menguasai materi secara jelas dan mudah dipahami oleh murid-murid tersebut , selain itu kita juga bisa menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan permainan seperti tentang cerita yang mengenai matematika,teka teki dan tidak hanya itu memadukan pembelajaran matematika dengan dunia nyata akan membuat anak-anak tersebut lebih menyenangkan dan mudah dipahami dengan begini anak akan menyukai pelajaran matematika
Setelah melihat vidio tersebut memang benar mayoritas anak-anak takut dengan pembelajaraqn matematika.Mereka menganggap matematika adalah monster yang penuh dengan pemahaman dan hafalan rumus.Dengan adanya keadaan seperti itu guru harus berperan aktif mengubah maindset anak-anak bahwa pembelajaran matematika bisa menjadi pembelajaran yang mengasikkan.Berdasarkan vidio tersebut Guru mendatangkan seseorang dengan profesi Arsitek yang menjelaskan pekerjaannya.Dengan demikian peserta didik merasa bahwa pekerjaan arsitek adalah pekrjaan keren sehingga mereka mulai tumbuh minat yang lebih dalam pembelajaran matematika.Solusi yang bagus untuk membantu peserta didik menggugah minat belajarnya dengan cara mendatangkan berbagai profesi lain.
Nama : KARNIA EKA PUJA WINDARTI
NIM : 858685519
UPBJJ : PUTERA BANGSA JOMBANG
Setelah melihat vidio tersebut memang benar mayoritas anak-anak takut dengan pembelajaraqn matematika.Mereka menganggap matematika adalah monster yang penuh dengan pemahaman dan hafalan rumus.Dengan adanya keadaan seperti itu guru harus berperan aktif mengubah maindset anak-anak bahwa pembelajaran matematika bisa menjadi pembelajaran yang mengasikkan.Berdasarkan vidio tersebut Guru mendatangkan seseorang dengan profesi Arsitek yang menjelaskan pekerjaannya.Dengan demikian peserta didik merasa bahwa pekerjaan arsitek adalah pekrjaan keren sehingga mereka mulai tumbuh minat yang lebih dalam pembelajaran matematika.Solusi yang bagus untuk membantu peserta didik menggugah minat belajarnya dengan cara mendatangkan berbagai profesi lain.
NAMA ; Del Efendi
NIM ; 856590011
POKJAR; Kerinci
reaksi siswa;
Dari video diatas , kelihatan kurangnya minat belajar para siswa terhadap pelajaran mate matika, karena sulitnya untuk difahami materinya.
kelebihan;
mendatangkan nara sumber dari luar sekolah dan dari latar belakang yang bukan guru matematika
kekurangan;
penyampaian materi yang kurang menarik dari guru, dan kurangnya media pembelajaran
solusi;
guru harus lebih kreatif lagi, dan membuat suasana belajar yg menarik, dan memperbanyak media yg menarik dalam belajar matematika.
RATU AULIA SALSABILA
856590645
UPJJ Jambi Pokjar Kerinci
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran adalah : susasana kelas kurang kondusif ada beberapa siswa yang nakal dan tidak tertib dan waktu guru nya Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran adalah : susasana kelas kurang kondusif ada beberapa siswa yang nakal dan tidak tertib dan waktu guru nya menjelaskan dan waktu guru menegur baru lah siswa tersebut memperhatikan.
Hal unik pada video tersebut adalah apabila ada narasumber kelas lebih berwarna dan hidup karena siswa yang lebih suka dengan hal baru pada waktu arsitek memaparkan gambar tersebut didepan kelas.
kekurangan dalam video yang telah ditonton adalah kondisi kelas yang tidak kondusif karna dipelajaran mtk dimulai kelebihan siswa lebih aktif berbicara apabila ada narasumber siswa lebih mau berinteraksi.
Solusi agar siswa mau belajar matematika adalah buatalah sebagaimana bisa pembelajaran tidak membosankan kita harus sering Latihan menggunakan media pembelajaran agar mudah dipahami apalagi sebagai guru sd dan sering lah mengajak siswa untuk Latihan terus rutin untuk megulang Pelajaran.
Nama saniasa
Nim 859643428
Pokjar luwuk banggai..
Saat saya menonton video pembelajaran, siswa terlihat kurang antusias mengikuti pembelajaran matematika. Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan melibatkan sumber daya sudah tepat, namun saya tidak tahu tujuan pembelajaran mana yang diinginkan guru, belajar matematika atau menggambar. anda harus bisa mendeskripsikan bentuk ruangan dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang baik dan benar. Dengan cara ini siswa diajak untuk mengukur dan menghitung lebar dan luas bangun datar yang digambar siswa..