silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

729 Comments

  1. Nama. : Lia Nurhayati
    NIM. : 501222333
    Prodi. : S2 PGSD

    Agar peserta didik dapat tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang kita lakukan, sebagai guru harus menyampaikan manfaat dari materi yang akan dipelajari peserta didik dalam kehidupan nyata mereka. Hal itu kita lakukan dikegiatan pendahuluan, berlaku untuk semua mata pelajaran terlebih lagi untuk matematika, karena rata-rata anak kurang menyukai pelajaran matematika.
    Di video tersebut salah satu strategi untuk menyampaikan manfaat dilakukan dengan mengundang narasumber dari berbagai profesi. Hal itu menjadi pengalaman yang bermakna untuk peserta didik.
    Selain itu juga guru harus menggunakan metode yang bervariasi sesuai dengan karakteristik peserta didik serta menggunakan media pembelajaran yang sesuai serta terdiferensiasi.

  2. Anggarita Wahyuningsih/ NIM. 501272875 / UPBJJ UT Yogyakarta.
    Dari video tersebut, guru memiliki inisiatif untuk mendatangkan guru tamu yang profesinya sejalan dengan pelajaran Matematika. Hal ini, dapat membuat anak menjadi tertarik dengan pelajaran Matematika karena guru tamu yang didatangkan memiliki profesi yang menarik dan membuat Matematika terlihat keren. Selain itu, guru tamu juga dapat mengatasi kebosanan anak dengan kebiasaan yang sudah sering dilakukan dengan gurunya. Anak menjadi ingin tau lebih dalam apa yang akan disampaikan oleh guru tamu tersebut sehingga mereka memiliki semangat dalam belajar.

  3. Nama: Rosa Rachmat
    NIM: 501312384
    MPDr UPBJJ Samarinda
    Izin menanggapi video tersebut.
    Dalam video tersebut terlihat upaya guru dalam meningkatkan minat peserta didik dalam pelajaran matematika. Memang bukan hal yang aneh lagi jika pelajaran matematika mendapat julukan pelajaran yang “susah/menakutkan” dari kebanyakan peserta didik. Maka dari itu kita sebagai guru atau pendidik harus lebih berupaya berinovasi menggunakan media apapun agar siswa lebih tertarik saat pembelajaran berlangsung. Walaupun pada dasarnya tidak semua murid mempunyai minat dan bakat yang sama dalam satu mata pelajaran, setidaknya dengan kita memberikan media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan membuat kita mengetahui dimana minat dan bakat peserta didik tersebut. Sebagai pendidik atau guru kita juga tidak boleh terlalu memaksa kan bahwasanya mata pelajaran matematika “harus” disenangi, karena tidak semua peserta didik memiliki kemampuan, minat, dan bakat yang sama di mata pelajaran tersebut.

  4. Nama : Tito Hadi Susanto
    NIM : 501200528

    Video di atas adalah salah satu upaya guru untuk “memanusiakan” pelajaran matematika dengan menghadirkan tokoh yang berprofesi juga menggunakan matematika dalam pekerjaannya. Upaya ini juga membuat siswa tidak bosan karena bertemu orang lain yang berbicara di depan kelas selain gurunya.
    Penggunaan metode, belajar dan media pembelajaran yang tepat dapat memicu kesukaan siswa akan pelajaran matematika.
    Terima Kasih

  5. NAMA : SRI WATI WENTIWAN LAWOLO
    NIM : 856061006
    POKJAR : IDANOGAWO
    UPBJJ : MEDAN
    Dalam video siswa tidak menyukai pelajaran matematika beberapa hal yang menjadi pertayaan berikut
    1. reaksi siswa dalam belajar pada saat awal-awal membuat mereka bosan dan malas untu belajar bahkan mereka lebih memilih ribut dan bercerita
    2.secara ke seluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran matematika yaitu guru tidak memiliki media atau berupa gambar yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa kurang memperhatikan pembelajaran tersebut
    3.kelebihan guru matematika dalam video di atas, dia mampu mendatangkan orang luar atau ahli dalam bidang bagunan sehingga pembejaran yang dia berikan dapat menarik perhatian siswa, sehingga dengan menunjukan gambar dan sebuah lukisan mereka tertarik dan bahagia
    4. hal-hal unik yang saya lihat di video di atas yaitu,dengan gambar jalan dan bangunan siswa lebih suka belajar yaang awalnya siswa kurang semangat ketika belajar di karenakan matematika bagi mereka tidak menyenangkan, tetapi setelah guru memiliki ide agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik dengan mendatangkan seorang arsitek atau ahli dalam bidangya siswa semuanya menyambut dengan ceria dan penuh semanga, sehingga situasi dalam kelas menjadi ceria dan siswa tidak bosan
    5. upaya yang dapat saya usulakan di video siswa tidak menyukai pelajaran matematika adalah hendaknya guru membuat gambar bangu ruang dan gambar yang mengajari tentang matematika di bahan yang bisa di daur ulang agar siswa mampu meniru dan melakukanya di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pembelajaran matematika tidak membosankan

  6. Nama : HENDI SUHENDRO
    Nim : 837725281

    HASIL REFLEKSI

    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang di lakukan guru ?
    – Reaksi Anata siswa terlihat sibuk dengan teman-temannya dan terkesan tidak tertarik dengan pelajaran yang akan diberikan, namun setelah guru
    mengenalkan kepada seorang arsitek, anak-anak menjadi tertarik untuk belajar.dengan penjelasan dan termotivasi untuk bertanya.
    2. Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut?
    – Guru tidak menyambut dengan gembira di awal pembelajaran,ternyata alat peraga sangat penting dalam membantu guru menjelaskan isi pembelajaran
    agar siswa mengetahui secara praktis melalui benda nyata dengan alat bantu pendukung bahwa ilmu yang dipelajari tidak hanya komprehensif tetapi juga
    dapat mengatasi kesenjangan komunikasi antara guru dan siswa. sehingga guru dapat melakukan hal ini tidak hanya belajar dengan menggunakan metode
    tetapi hanya membicarakannya.

  7. Nama : SURI HANDAYANI
    NIM : 856462894
    POKJAR : DUMAI

    Dalam video pembelajaran tersebut guru tidak melakukan pendahuluan terlebih dahulu.
    Guru langsung menyuruh peserta didik Untuk membuka buku pelajaran.
    Guru belum dapat mengkondisikan peserta didik di kelas, karena ada anak yang bermain dan ada juga anak yang berebut kotak pensil.
    Penyampaian yang dilakukan guru sudah bagus. Namun sebaiknya guru tersebut menggunakan media pembelajaran supaya siswa lebih tertarik untuk belajar matematika.
    Guru harus lebih kreatif lagi dalam menggunakan media pembelajaran supaya pembelajaran lebih menyenangkan dan menghapus minsed peserta didik bahwa belajar matematika itu tidak rumit. Belajar matematika itu sangat asyik.

  8. Nama : Veronica Esa Pangestuti
    NIM : 856078371
    UPBJJ BATAM

    Menurut pendapat saya, Mengundang insinyur untuk membantu meningkatkan minat siswa SD terhadap matematika adalah ide yang menarik dan kreatif. Ini bisa menjadi cara efektif untuk menunjukkan kepada siswa bahwa matematika tidak hanya teori, tetapi juga memiliki aplikasi praktis yang penting dalam kehidupan nyata, seperti dalam dunia teknik dan rekayasa. Kehadiran insinyur dapat memberikan inspirasi dan gambaran nyata kepada siswa tentang bagaimana matematika digunakan untuk memecahkan masalah di dunia nyata.

    Namun, meskipun langkah ini bisa meningkatkan minat siswa, guru tetap perlu memastikan bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan pemahaman dan tingkat perkembangan siswa SD. Penggunaan bahasa yang sederhana, contoh yang konkret, serta aktivitas yang interaktif seperti eksperimen sederhana atau permainan berbasis matematika, akan lebih mudah dipahami oleh siswa SD dan bisa memperkuat minat mereka terhadap pelajaran tersebut. Kombinasi antara pendekatan inovatif ini dengan metode pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami bisa lebih efektif dalam menarik minat belajar siswa terhadap matematika.

  9. Nama: Hesty Nova Linda
    NIM: 857141453
    Semester: 6
    Jurusan: FKIP PGSD
    Upbjj: UT Jakarta

    Berikut ini hasil analisis saya terhadap kasus pembelajaran dengan tema: “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika”

    Menurut saya, alasan yang paling mendasar mengapa anak tidak menyukai pelajaran matematika ialah saat ia tidak menguasai suatu konsep dari matematika tersebut. Ditambah lagi karena stigma yang melekat pada matematika, matematika banyak dianggap sebagai “Pelajaran yang Sulit”. Sehingga dalam penerapannya, jika anak sudah memiliki mindset demikian, maka kedepannya ia akan terus dan terus kesulitan dalam pelajaran matematika sehingga siswa menjadi tidak suka akan pelajaran matematika. Banyak guru matematika pun mengajar dengan terlalu serius sehingga pembelajaran menjadi monoton dan anak menjadi kurang termotivasi dengan mata pelajaran matematika tersebut.
    Adapun reaksi anak yang terlihat dalam video tersebut anak kurang fokus sehingga menimbulkan kesan bahwa anak belum siap untuk belajar. Guru sebaiknya melakukan ice breaking terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran, sehingga motivasi anak untuk memulai pelajaran menjadi lebih besar. Di video tersebut terlihat pula bahwa guru kurang memotivasi siswa, guru perlu menanamkan pada benak siswa bahwa pelajaran matematika itu menyenangkan. Siswa perlu diberikan sugesti yang positif agar tertanam didalam fikirannya bahwa matematika itu menyenangkan. Dan guru pun harus bisa menciptakan suasana kelas yang nyaman serta membangun rasa kepercayaan diri anak.

    Saat menghadirkan seorang arsitek, tentu anak menjadi lebih termotivasi untuk belajar, guru juga bisa mengkaitkannya dengan profesi-profesi yang lain yang relevan dengan pekerjaan yang ada di keluarga mereka.
    Pada intinya, belajar matematika itu harus dibuat senyaman mungkin, dan juga selipkan humor ringan untuk memecah kebosanan siswa dalam pelajaran.
    Guru bisa memulai dengan memberikan konsep yang mudah terlebih dahulu, jika dirasa siswa sudah cukup paham dan menerima konsep yang diberikan. Baru kemudian guru bisa memberikan konsep lanjutan lainnya.
    Siswa perlu ditanamkan dan dipupuk kecintaannya kepada mata pelajaran matematika, dengan begitu mata pelajaran matematika akan menjadi pelajaran yang dinantikan dan di rindukan.

    Sekian analisa saya yang bisa saya berikan, atas kurang lebih nya saya mohon maaf, dan terimakasih.

  10. Nama : Mosimina Telaumbanua
    Nim : 856060652
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : Mandrehe

    Menurut pendapat saya tentang video pembelajarannya kurang efektif karena gurunya kurang aktif memberi pendekatan dan pemahaman yang lebih jelas dalam penjelasan nya maunya guru menggunakan gambar atau media agar siswa mudah memahami dan mereka juga semangat dlm mengikuti pelajaran tersebut makasih.

Leave a Reply