silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.
Mulyadi
Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .
Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.
Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)
- Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
- Penggunaan strategi metode masih ceramah.
- Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
- Kesesuaian sudah, Masih teacher center.
Etty Misawati
Menurut pendapat saya:
Pemikiran lama tentang pembelajaran Matematika yang cenderung sulit dan membosankan bagi siswa termasuk ajak SD. Pada video yang telah saya tonton, awalnya anak-anak merasa tidak senang dan malas ketika guru menyuruh untuk mengeluarkan alat tulis untuk belajar matematika bangun ruang. Untuk menyikapi hal tersebut guru mendatang kan sosok tokoh yang bekerja sebagai arsitek membangun gedung dan sarana umum lainnya. Pada saat Ir. Krisna memperkenalkan diri, ia memperlihatkan salah satu bangunan yang telah ia buat yaitu jembatan, anak-anak memperhatikan dengan penuh saksama dan merasa takjub akan keindahan jembatan tersebut. Bapak Krisna menjelaskan betapa penting nya harus pandai belajar Matematika misalnya menghitung dan mengukur, jika tidak pandai atau salah menghitung, maka bangunan tersebut tidak akan kokoh
Sekian terima kasih
Nama: Veni Lia wati
Nim: 858413557
Program studi: PGSD- S1
Dari video yang di tonton mengenai siswa tidak menyukai pelajaran matematika, dalam hal ini guru harus terus menerus belajar untuk memperoleh ide-ide dengan tidak putus asa dalam membangun minat murid dalam belajar.
1. Memperhatikan masalah yang di hadapi siswa.
2. Memberi strategi belajar yang baik dan menyenangkan.
3. Seperti video yang di tonton mendatangkan Nara sumber membantu memotivasi belajar siswa.
Nama: fajar dwi darmawan
Nim : 858791912
Prodi: S1 PGSD
setelah saya menyimak video diatas, matematika menjadi pelajaran yang kurang disukai oleh peserta didik karena anak berfikir abstrak tentang fungsi, penting dan keseruan dalam matematika. hal tersebut dapat kita tanggulangi dengan memberikan suasana yang tidak monoton dalam pembelajaran. Guru juga bisa menggunakan media pembelajaran yang menarik serta mengajak siswa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari seperti berdagang atau melakukan kegiatan jual beli untuk menumbuhkan minta belajar siswa pada mata pelajaran matematika .
Nama : Rike Silvia pangestika
Nim : 835183049
Prodi : S1 – PGSD
Setelah saya melihat video tersebut, siswa tidak bersemangat dan tidak tertarik pada pembelajaran. Mungkin disini guru harus lebih kreatif lagi dalam menyajikan pembelajaran. Contoh nya tadi mendatangkan narasumber yang membuat siswa penasaran dan tertarik dalam pembelajaran. Melakukan pendekatan kepada siswa juga sangat penting agar siswa lebih bersemangat lagi dalam pembelajaran.
Nama : Desti Sandra
Nim : 856457022
Assalamu’alaikum
Dari video yang saya lihat, dengan tema permasalahan yang di angkat dalam video pembelajaran ini yaitu ” “Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika “.
Hal ini merupakan tugas berat dan sekaligus tantangan yang harus di hadapi oleh seorang guru Matematika di kelas. Dan seorang guru, di tuntut untuk harus memiliki skill (kemampuan) dan mempunyai banyak strategi didalam menyampaikan pembelajaran, agar siswa dapat belajar dengan asyik dan semangat di kelas.
Pada awal video ini, kita melihat anak anak kurang bersemangat, bermalas malasan dan ribut untuk belajar Matematika. Ini karena, langkah langkah pembelajaran, (Kegiatan Awal,dan kegiatan Inti) tidak di laksanakan dengan baik oleh guru seperti tidak adanya Apersepsi dan Motivasi) dari guru. Jadi, kurangnya kemampuan penguasaan dalam kelas .
Namun, seorang guru berusaha untuk mengatasi masalah “Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika ” ini, dengan cara mengundang Narasumber lainnya, dengan maksud dan tujuan agar siswa siswi nya bersemangat dan termotivasi dalam belajar Matematika.
Tapi menurut saya, tidak salah kalo kita merubah atau memberi varisi dalam mengajar, namun mungkin agak berlebihan jika harus mendatangkan nara sumber lainnya.. Alangkah lebih baik, jika seorang guru itu,membuat sendiri variasi dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran serta melihat kemampuan dan kondisi belajar anak di kelas.
Trima kasih.
Nama : sri kadarwati
NIM : 856835795
Prodi : PGSD S1
Semester : 6
setelah saya lihat vidio pembelajaran siswa kurng minat dalam belajar matematika
dikarnakan siswa nya ribut dan tdk pokus dan guru juga mencari media pembelajaran yang menarik yg dpt meningkat kan minat siswa belajar .contohnya 1 .mendatangkan narasumber .2. belajar tidak selalu di ruang kelas .
Nama : Desti Sandra
Nim : 856457022
Assalamu’alaikum
Dari video yang saya lihat, dengan tema permasalahan yang di angkat dalam video pembelajaran ini yaitu ” “Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika “.
Hal ini merupakan tugas berat dan sekaligus tantangan yang harus di hadapi oleh seorang guru Matematika di kelas. Dan seorang guru, di tuntut untuk harus memiliki skill (kemampuan) dan mempunyai banyak strategi didalam menyampaikan pembelajaran, agar siswa dapat belajar dengan asyik dan semangat di kelas.
Pada awal video ini, kita melihat anak anak kurang bersemangat, bermalas malasan dan ribut untuk belajar Matematika. Ini karena, langkah langkah pembelajaran, (Kegiatan Awal,dan kegiatan Inti) tidak di laksanakan dengan baik oleh guru seperti tidak adanya Apersepsi dan Motivasi) dari guru. Jadi, kurangnya kemampuan penguasaan dalam kelas .
Namun, seorang guru berusaha untuk mengatasi masalah “Siswa tidak menyukai pelajaran Matematika ” ini, dengan cara mengundang Narasumber lainnya, dengan maksud dan tujuan agar siswa siswi nya bersemangat dan termotivasi dalam belajar Matematika.
Tapi menurut saya, tidak salah kalo kita merubah atau memberi varisi dalam mengajar, namun mungkin agak berlebihan jika harus mendatangkan nara sumber lainnya.. Alangkah lebih baik, jika seorang guru itu,membuat sendiri variasi dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran serta melihat kemampuan dan kondisi belajar anak di kelas.
Trima kasih.
Nama : Indah Sari
Nim : 856024781
Semester : 6
Pokjar : Labuhanbatu Selatan
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut , siswa kurang minat dalam pelajaran Matematika. Hal ini menyebabkan siswa ribut dan tidak fokus di dalam kelas dalam mengamati pelajaran matematika tersebut . Karena sudah beranggapan Matematika itu sulit. Guru juga tidak menggunakan media atau metode pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Matematika. Namun, guru juga mulai menemukan cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari Matematika dengan mendatangkan narasumber yang memotivasi siswa agar lebih semangat dan mengetahui bahwa Matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga siswa mulai semangat dan siap untuk belajar Matematika.
Nama : I Gusti Ayu Putri Satryawati
NIM : 859032859
Prodi : PGSD BI
Setelah saya menyimak video tersebut, terlihat siswa kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran Matematika di kelas. Hal tersebut mungkin disebabkan karena guru tidak menjelaskan apa tujuan kita belajar matematika, apa manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kejadian tersebut, guru mencoba mencarikan solusi yaitu mendatangkan narasumber yaitu seorang insinyur yg pekerjaan sehari-harinya adalah seorang arsitek. Dengan adanya narasumber tersebut, siswa menjadi lebih semangat belajar matematika, karena bisa tahu apa tujuan dan manfaat kita mempelajari matematika. Dengan demikian siswa menjadi lebih semangat untuk mempelajari matematika.
Nama: Ormiyati
Nim :858417855
Prodi :PGSD S1
Semester :6
Menurut saya dalam video tersebut sangat anak sangat tidak suka dengan pelajaran matematika dan guru kurang bisa membuat siswa menyukai matemati setelah mengambil narasumber dari luar membuat siswa banyak mau mendengar dan mau belajar matematika